Enam Cara Menghasilkan Uang dari Menulis yang Recommended Kamu Lakukan

 

cara menghasilkan uang

Menulis, hobi yang muncul ketika aku duduk di bangku kelas 8 SMP. Saat itu genre yang aku tulis adalah fiksi sampai duduk di bangku SMA. Di bangku kuliah, genre tulisanku menjadi scientitic paper. Dan kini, tulisanku cenderung bergenre non fiksi. Kesimpulannya, beda fase usia, beda kecenderungan genre tulisan.

Ah walau bagaimanapun aku tetap cinta menulis!


Beberapa tahun terakhir, menulis tak terbatas dengan media buku dan artikel saja, melainkan ada pula terobosan-terobosan terbaru. Menulis bisa dibilang menjanjikan untuk dijadikan sebuah profesi. Lagipula, bukankah pekerjaan yang menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar? Hehe.

Meskipun baru 13 tahun malang melintang di dunia kepenulisan aku ingin berbagi bagaimana cara menghasilkan uang dari menulis. Tentunya, berdasarkan pengalamanku dan ilmu yang aku dapat hingga detik ini.

1. Menulis Buku Solo & Antologi Cerita
Menulis buku solo adalah cara terjitu menghasilkan uang dari menulis. Jika buku solo dianggap masih sulit, kamu bisa mencobanya dengan antologi atau buku berisi kumpulan cerita yang ditulis banyak penulis.

Apabila antologi/buku kita terbit khususnya dari penerbit mayor, maka ada royalti yang akan didapatkan. Ada pula penerbit yang memberlakukan sistem beli putus. Eits, meskipun tidak di penerbit mayor, melainkan indie, kita tetap bisa menghasilkan uang yaitu lewat margin harga jual dikurangi modal dari penerbit.

2. Menulis Postingan Blog Bersponsor
Di era digital seperti saat ini, blog tidak bisa dipandang sebelah mata sebagai media curhat saja. Blog pribadi mulai dilirik oleh banyak brand untuk mempromosikan produk maupun hal lai n berkaitan dengan brand. Ada yang berupa review produk, press rilis acara ataupun sekadar penanaman backlink. Bisa dibilang ini adalah cara konsistenku menghasilkan uang lewat menulis.

3. Mengikuti Lomba Kepenulisan
Bagi kamu penulis yang suka tantangan & apresiasi namun ingin sekaligus menghasilkan uang, bisa mencoba cara ini. Memang sih tidak pasti menang, tapi sangat kayak dicoba, setidaknya bisa tahu kemampuan menulismu. Hadiahnya setiap lomba kepenulisan pun beragam, tak melulu uang tunai, kamu bisa memilih lomba mana yang ingin kamu ikuti.

4. Menulis Artikel di Website Perusahaan
Ini biasanya diistilahkan dengan copywriter. Tak hanya menulis artikel untuk website sebuah perusahaan, copywriter biasanya juga membuat pesan atau caption di sosial media.

5. Menulis di Media Cetak/Daring
Meskipun ini bisa dibilang old school, nyatanya pekerjaan ini masih hype lho di era sekarang. Masih banyak media cetak maupun daring menerimanya tulisan dari para penulis lepas. Aku pribadi pernah mencobanya, mengirimi cerpen ke sebuah majalah remaja.

6. Menulis Fiksi di Platform
Nah bisa dibilang ini cara paling mutakhir menghasilkan uang lewat menulis. Belakangan marak bermunculan platform baca-tulis buku dimana kita bisa menjadi penulis maupun membaca karya orang lain. Setiap platform punya kebijakan tersendiri soal penghasilan yang didapat dari jumlah kunjungan naskah. Silakan mencaritahu ya. 

Dimana ada penulis, disitu ada pembacanya. Disadari atau tidak, menulis membuat kita punya pembaca setia lho!

Mereka inilah bagiku adalah salah satu sumber motivasi untuk terus berkarya melalui tulisan.

SociaBuzz Tribe, Cara Dapat Dukungan dari Pembaca Setia

SociaBuzz Tribe adalah salah satu fitur dari SociaBuzz Pro untum mempermudah blogger & penulis menerima dukungan dari pembaca dan penikmat karyanya. Nah SociaBuzz Tribe ini termasuk cara baru bagi para blogger dan penulis untuk menghasilkan uang, yaitu dengan membuat halaman SociaBuzz Tribe dan mengajak para pembaca mereka untuk menyampaikan apresiasi dan dukungan melalui halaman SociaBuzz Tribe tersebut.

Sociabuzz
Landing Page SociaBuzz Tribe
(sumber: dokumen pribadi)

SociaBuzz Tribe ini juga bisa digunakan oleh live streamer untuk terima dukungan dari penonton live streaming, social activist untuk galang dukungan untuk kegiatan amal/sosial, para pekerjaan dunia kreatif untuk galang dukungan untuk kegiatan proyek kreatif, dan lain-lain. Tentunya GRATIS. Hanya biaya admin 5% per transaksi (untuk biaya payment gateway & operasional).

Keunggulan SociaBuzz Tribe
Untuk lebih meyakinkan, berikut beberapa keunggulan dari SociaBuzz Tribe:

Dana Bisa Dicairkan Lewat Bank/EWallet
Hasil dukungan bisa dicairkan ke rekening (bank apapun) atau ke ewallet (Gopay). Tentunya ini memudahkan sekali.
Metode pembayaran ewallet
Metode Pembayaran
(sumber: SociaBuzz Tribe)

Dana Cepat Cair
Hasil dukungan dicairkan dalam waktu 3 hari kerja sejak tanggal penarikan uang dilakukan. So, ngga perlu tunggu lama!

Bisa Tahu Siapa  Pendukungmu
Penasaran siapa aja sih yang udah ngedukung kamu? No worries. Kamu bisa lihat pendukung (nama dan email) dan bisa download ke excel. Barangkali kamu mau kirimkan ucapan terimakasih :)

Tampilan Homepage SociaBuzz Tribe
(sumber: dokumen pribadi)


FYI, SociaBuzz Tribe telah digunakan oleh banyak para pekerja dunia kreatif seperti Ginda Bestari (pemusik), Den JC (youtuber), Catch Me Up (newsletter), Tepe46 (game streamer) dan masih banyak lainnya.

Melalui SociaBuzz Tribe, kamu juga bisa bikin konten ekslusif yang hanya bisa diakses oleh pendukungmu yang sudah memberi dukungan sebagai bentuk terimakasih.
Contoh Konten Eksklusif
(Sumber: SociaBuzz Tribe)


Bagaimana SociaBuzz Tribe Bekerja?
FYI, SociaBuzz Tribe ini bisa digunakan siapapun, perorangan secara pribadi maupun perusahaan.

Membuat Akun
1. Buka website SociaBuzz disini
2. Jika kamu sudah punya akun SociaBuzz, login ke akunmu. Jika belum, kamu harus membuat akun SociaBuzz terlebih dahulu.
3. Jika sudah memiliki akun SociaBuzz, otomatis kamu punya akun SociaBuzz Tribe 
4. Upload foto profil + header image untuk akun SociaBuzz Tribe kamu
4. Share link ke audience & komunitasmu

Membuat Proyek
1. Login dan buka halaman profile SociaBuzz Tribe kamu
2.  Klik tombol tambah pilihan dukungan
3. Lengkapi data-data seperti judul dukungan, harga yang dibayar pendukung, reward pendukung (jika ada), cover image, batas jumlah pendukung, periode akhir dukungan dan dua kolom centang optional.
4. Klik aktifkan. Selamat, proyek dukunganmu berhasil dibuat dan siap didukung!
Contoh Beberapa Proyek
(sumber: SociaBuzz Tribe)

Setelah Periode Dukungan Selesai
Uang hasil dukungan akan terkumpul di akun SociaBuzz kamu di halaman Saldo. Kamu bisa cairkan ke rekening bank apapun atau akun Gopay-mu.

Hingga bulan November ini, SociaBuzz Tribe telah berhasil mengumpulkan lebih dari  Rp5.000.000.000 dari para pengguna lho! So, sekarang giliranmu! Segera buat halaman dukunganmu disini https://sociabuzz.com/tribe

0 komentar: