4 Ide Resep Makanan dan Minuman dari Susu Sapi Segar

Susu sapi Segar

 

"Dasar anak susu!"

Aku ingat betul semasa anak-anak sebutan tersebut lekat denganku. Alasannya apalagi kalau bukan aku sangat suka mengkonsumsi susu. Mulai dari bayi mengkonsumsi ASI, lalu susu formula, susu bubuk hingga susu sapi segar. Tiada hari tanpa mengkonsumsi susu, terlebih saat sesi sarapan. 


Akupun meyakini salah satu faktor pendukung prestasi belajarku di sekolah adalah karena kecukupan gizi termasuk konsumsi susu. Aku sangat bersyukur orangtuaku mampu menyediakan konsumsi susu untukku dan kakakku.


Manfaat Mengkonsumsi Susu Sapi Segar

Meskipun pedoman gizi seimbang saat ini bukan lagi "4 sehat, 5 sempurna" namun posisi susu tetap memegang peranan penting dalam kebutuhan gizi manusia. Mulai dari baru lahir sampai usia lansia, hal ini berlaku. Mengkonsumsi susu khususnya susu sapi segar memberikan banyak manfaat antara lain:

1. Mencegah risiko penyakit jantung

2. Mencegah kanker

3. Menjaga kesehatan otak

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

6. Menjaga kesehatan kulit

7. Menjaga kesehatan mata

8. Membentuk otot

Ngomong-ngomong bagi mereka yang tidak nyanan mengkonsumsi langsung, apakah masih bisa mengkonsumsi susu sapi Segar?


Empat Ide Resep Makanan & Minuman dari Susu Sapi Segar

Mengkonsumsi susu sapi segar bukan sekadar diminum begitu saja, ada banyak cara lainnya. Apalagi buatku yang notabene kurang suka mengkonsumsi langsung namun tetap ingin mendapatkan manfaatnya. Akhirnya aku berkreasi dengan membuat ide resep makanan dan minuman sederhana; mudah dan cepat membuatnya.

Berikut empat kreasi menu makanan dan minuman dari susu sapi segar ala Bunda Visya.

1. Puding Susu

  • Siapkan 1 bungkus agar-agar coklat/strawberry/pilihan rasa lainnya, 3 sdm gula pasir, 200ml air dan 300ml susu sapi segar. 
  • Campurkan agar-agar dan gula. Aduk rata. Tuangkan susu sedikit demi sedikit, dilanjutkan air. Masak di atas api kecil. Aduk hingga mendidih atau kurang lebih 5 menit. Biarkan 1 menit, tuangkan dalam cetakan. Dinginkan dan sajikan.
Susu sapi murni


2. Es Kopi Susu

  • Siapkan 1sdm kopi hitam, 50ml larutan gula aren, 1/2sdt gula pasir dan 200ml susu sapi segar. S
  • eduh kopi dan gula. Masak 2 sdm gula aren dan  100ml air.
  • Tuangkan susu dalam gelas berisi kopi. Tambahkan 50ml larutan gula aren. Bisa disajikan hangat maupun dingin. Eits, kalau disajikan dingin, biarkan dalam suhu ruang terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas ya. 

Syukur sapi Segar Jakarta

3.Omelette Susu

  • Siapkan 50gr mie atau macaroni, 1 butir telur, 50ml susu sapi segar, 1/2 sdt lada dan 1/2sdt garam.
  • Kocok merata telur, lada dan garam. Tambahkan mie atau macaroni rebus.
  • Tuangkan susu sedikit demi sedikit sampai adonan antara kental dan cair. Diamkan kurang lebih 20 menit.
  • Panaskan teflon dengan mentega. Tunggu 15 detik, tuangkan adonan dan masak sampai permukaan atas berlubang. Bisa ditambahkan toping sesuai selera.

Resep omelette


4. Roti Panggang Susu

  • Siapkan 5 lembar roti tawar, 1butir telur, 100ml susu sapi segar, 1sdm gula pasir, 1/4sdt garam.K
  • Kocoktelur bersama gula. Tambahkan susu dan garam.
  • Lanaskan teflon dengan mentega. Tunggu 15 detik.
  • Celupkan roti (depan & belakang) dalam adonan. Panggang sampai permukannya berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan.

Resep roti bakar


For your information, keempat menu di atas aku buat dengan bahann dasar susu sapi segar Hometown Diary.


Berkenalan dengan Hometown Diary

Pertama kali berkenalan dengan Hometown Diary di tahun 2018. Waktu itu masih "awwam" soal bagaimana "memperlakukan" susu segar, yang kukira bisa pertahan sampai berhari-hari setelah segel terbuka. Ternyata Hometown Diary yang terbuka segelnya bertahan 2-3 hari saja. Tentu dikarenakan susu ini berasal dari susu sapi segar tanpa proses penambahan maupun pengurangan apapun.

Susu Hometown Diary


Hometown Diary berasal dari peternakan sapi lokal yang berada di Terbanggi, Lampung. Susu Hometown telah teruji kehalalannya dan memiliki nomor BPOM. Kemasan yang tersedia antara lain 1L, 2L dan 3L. Susu yang hanya terdiri dari satu ingredient yaitu susu sapi segar ini sudah tersedia mulai dari Medan, Palembang, Lampung, Jabodetabek, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.


Oh ya ngga perlu khawatir jika Moms mendapati susu ini mengalami gumpalan (cream separation) saat dibuka. Susu tersebut masih aman dikonsumsi selama tidak berbau tak sedap, rasa asam dan warnanya masih putih solid. Gumpalan tersebut terjadi karena susu Hometown memiliki sedikit proses yang dapat merusak susu. Hanya melalui proses pasteurisasi (dihangatkan dalam suhu 72 Celcius) saja, tanpa tambahan aditif atau stabilizer yang biasanya berfungsi untuk mengikat lemak & air.


Gumpalan krim tersebut juga bisa Mom konsumsi lho. Jika gumpalan tidak terbentuk, Moms bisa mengococok botolnya terlebih dahulu dan nikmati krimnya dengan sendok. Hmm yummy bukan?

Susu penambah berat badan


Susu ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak (di atas usia dua tahun) dan dewasa termasuk ibu ham selama tidak ada alergi susu sapi atau lactose intolerant. Susu Hometown membantu memenuhi kebutuhan kalsium.



Keunggulan Hometown Diary

Beberapa keunggulan susu Hometown Diary antara lain:

Berasal dari Peternakan Lokal

Susu Hometown berasal dari sapi yang dimiliki peternakan sendiri sehingga produsen bisa mengontrol prosesnya secara langsung, memastikan susunya selalu segar dan dalam kondisi baik.

Peternakan yang Berkelanjutan

Semuanya berawal dari peternakan dengan penanaman. Sebagian makanan (ternak) tumbuh dan dicabut sendiri sehingga sapi-sapi merasa senang dan bisa mendapatkan makanan tersegar.


Proses Terintegrasi

Semua proses dilakukan dalam satu lokasi yang berarti susu langsung diperah ke dalam botol kemasan tanpa proses pemindahan yang panjang yang berpotensi merusak susu.


Tidak Ada Penambahan & Pengurangan

Hometown Diary tidak mengandung zat aditif.

Tidak ada yang diambil dr susunya juga jadi keep as it is seperti jaman dulu masih real.


Ada beberapa hal yan harus Moms perhatikan:S

  1. Selalu simpan dalam keadaan dingin  dengan suhu 0-4 celcius.E
  2. Expireddate pada kemasan hanya berlaku selama kemasan belum dibuka.
  3. ika kemasan masih sealed, bisa tahan sekitar 7 hari di kulkas.
  4. Setelah memasan dibuka, susu hanya tahan maksimal 3 hari. Bisa kurang, bisa lebih lama tergantung penyimpanan.


Mengelola Sampah Bekas Botol Hometown Diary

By the way kalian tak perlu bingung bagaimana membuang kemasannya. Jika Moms memiliki lebih dari 30 botol susu Hometown, Moms bisa melakukan request pick up dengan mengirimkan email ke hometowndairy.id@gmail.com dengan subjek Pickup Botol Hometown. Atau, kalian juga bisa mengirimkannya ke Waste4Change, tanpa jumlah minimum.


Selain itu, botol bekas kemasannya juga bisa Moms reuse. Misalnya untuk pot tanaman, penyuram tanaman dan lain sebagainya. Yap, bijak mengkonsumsi sesuai kebutuhan, bijak mengelola sampah ya juga.

Reuse botol bekas


Mengkonsumsi susu sapi segar tak hanya sekadar diminum langsung namun juga bisa dijadikan ide resp makanan dan minuman lainnya. Jadi buat yang tidak nyaman mengkonsumsi langsung, kalian bisa mengkombinasikan dengan makanan, minuman atau membuat menu dari susu sapi segar. Mengkonsumsi susu sapi segar terbukti banyak manfaatnya lho. Yuk konsumsi susu sapi segar sedari dini!


Susu hometown bisa Moms beli di Lulu Hypemart, AEON, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Jakarta Fruit Market, Duta Buah, Hero, Hypermart dan Rumah Buah. Moms juga bisa membelinya secara online di GGL Official Shop (Shopee) di link atau GGF Mart (Tokopedia) di link


Informasi  Seputar Hometown Diary

Instagram: @hometowndiary.id

Facebook: Hometown Diary

Website: hometowndiary.id


1 komentar:

  1. inovatif banget, jadi susu gak sekedar diminum aja ya kak. Aku paling pensaran sama pudding susunya nih, kapan-kapan mau bikin ah

    BalasHapus