Mengenal Hipotiroid & Penuaan Dini





Penuaan dini? Rasanya setiap perempuan berusaha menghindarinya. Menghindari penuaan dini bukan berarti menyangkal angka usia yang bertambah, namun berusaha menghindari segala penyakit di usia senja. Salah satunya hipotiroid. Apa ya hipotiroid itu?


Tempo hari aku mengikuti kulwap yang diadakan MoM Academy dengan narasumber dr.Lisa Silvani, seorang dokter umum yang fokus pada Anti Aging Medicine dengan tema Mengenal Penuaan Dini & Hipotiroid.

Sungguh, insightful, ini kali pertama aku mengikuti kulwap dengan tema ini. Jujur, dulu ngga trlau aware soal penuaan dini tapi seiring waktu jadu menyadari bahwa Penuaan dini harus dicegah sedini mungkin.

Indonesia menempati posisi tertinggi untuk kasus gangguan tiroid dari beberapa negara Asia Tenggara. Kondisi ini umumnya lebih banyak terjadi pada wanita dari pada pria. Parahnya lagi, gangguan tiroid pada wanita biasanya tidak disadari. Sebagai wanita kita perlu untuk mengetahui lebih tentang tiroid apa dan dampak negative dari tiroid itu sendiri yang akhirnya berujung pada penuaan dini.

Perlu ditekankan kembali, kasus hipotiroid itu sebenarnya sangat banyak sekali dan rata2 penderitanya didominasi oleh wanita. Maka hipotiroid sebenarnya perlu mendapat perhatian lebih dari semua masyarakat, karena bukan tak mungkin ternyata kita pun mengalaminya.

Mengenal Penuaan Dini

Penuaan dimulai umumnya sejak usia 25 tahun, atau tepatnya setelah masa tumbuh kembang berhenti. Disebut penuaan dini apabila terjadi sebelum usia tersebut dan atau kecepatan penuaan yang tinggi. Misalnya wanita mengalami menopause sebelum usia 55 tahun.

Penuaan dini pun mempengaruhi bukan sekedar penampilan semata tetapi semua bagian tubuh ikut terdampak. Yang juga mengkhawatirkan, penuaan dini merupakan salah satu penyebab penurunan kualitas hidup.

Mengenal Anti Aging Medicine

Anti Aging Medicine merupakan jenis terapi atau pengobatan yang menangani kasus penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, autoimun hingga masalah hormon dengan penitikberatan pada perubahan gaya hidup.

Yang perlu digarisbawahi dari Anti Aging Medicine itu sendiri adalah bahwa keilmuan Anti Aging bertujuan bukan untuk menghambat usia biologis seseorang melainkan memperlambat penurunan fungsi organ tubuh selama mungkin.

Lantas apa hubungannya hormon tiroid dan penuaan?


Mengetahui kondisi hormon tiroid diri adalah salah satu cara mencegah penuaan dini. Pemeriksaan hormon tiroid sendiri cukup jarang dilakukan karena gejalanya yang mirip dengan gejala penyakit+penyakit lainnya. Maka untuk mereka yang berusia diatas 50 tahun ada baiknya untuk melakukan check up rutin atau melakukan pemeriksaan hormon tiroid minimal sekali seumur hidup dan jika ada gejala bisa dilakukan atau dimonitor setiap dua tahun sekali.

Mengenal Hipotiroid

Dari salah satu penelitian yang dilakukan secara masif didapatkan adanya penurunan kadar hormon tiroid pada penuaan dimana Kadar T3, yaitu hormon tiroid aktif, menurun sementara kadar TSH meningkat. Kadar TSH yang tinggi menandakan kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup (hipotiroidisme). Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi orang-orang yang berusia panjang dengan kesehatan yang terjaga dengan baik.

Hipotiroid merupakan kondisi kadar hormon tiroid seseorang kurang dari:

  • Free T3 0,9-1,95 ng/ml
  • Free T4 4,4-12,5 mikrogram
  • Dengan TSH lebih dari 4 mikroIU/mL
Gejala & Tanda Hipotiroid

sering merasa lelah

Kelelahan umumya dirasakan oleh semua orang namun pada kasus hipotiroid, kelelahan terjadi hampir setiap hari yang juga mengganggu aktivitas sehari-hari.

berat badan berlebih

Ini disebabkan karena perlambatan metabolisme, mengingat hormon tiroid juga mengontrol kecepatan metabolisme seseorang. Selain berat badan berlebih, adanya kesulitan penurunan berat badan juga dapat menjadi tanda kekurangan hormon tiroid lho Moms.

tidak tahan terhadap udara dingin

Kerentanan terhadap udara dingin ini bisa saja menjadi sesuatu yang baru yang sebelumnya tidak dirasakan namun akhirnya menetap lama pada keseharian orang tersebut.

daya tahan tubuh rendah

Umumnya hal ini bisa terlihat dari gejala sering pilek, sering batuk dan demam.

adanya gangguan kesuburan

Pada kasus gangguan kesuburan, tidak selalu disarankan untuk memeriksa kondisi hormon tiroidnya. Salah satu alasan mengapa kekurangan tiroid menyebabkan gangguan kesuburan adalah karena pada seseorang yang menua, seluruh sistem tubuh dan aset yang berada dalam tubuh akan difokuskan untuk upaya penyelamatan diri, dimana fungsi reproduksi dianggap sebagai beban tambahan bagi tubuh.


Terapi & Pengobatan Hipotiroid

terapi pengganti hormon

Terapi ini bisa menggunakan hormon sintetis atau Bio Identikal.

rutin berolahraga

Dengan berolahraga, kadar kortisol dan insulin akan terjaga sehingga tidak mengganggu pembentukan atau menekan kadar hormon tiroid.

memperbanyak makanan berserat

Karena metabolisme yang melambat karena tiroid berkurang salah satu cara yang paling baik untuk meningkatkan kembali proses metabolisme adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat.

Perlu diingat, ketika kita ingin memperbaiki kondisi tubuh terutama yang berhubungan dengan sistem hormon, lakukanlah secara perlahan. Jangan mengharapkan hasil yang nyata dalam waktu cepat, karena butuh waktu untuk memperbaiki semua sistem tubuh yang berhubungan dengan produksi hormon tiroid tadi.

Apapun terapi yang dipilih, selalu tambahkan olahraga dan makanan berserat baik untuk perbaikan hormon tiroid maupun pencegahannya ya.


Tanya Jawab

1. Apakah jika sudah lewat dari usia 20 tahun, sangat sulit mengatasi penuaan dini dan hipotiroid? Adakah perawatan untuk usia di atas kepala 3 dan kepala 4 secara sudah bisa dibilang terlambat untuk penuaan dini? Kalau ada apakah butuh proses lama? Mencegah hipotiroid itu terlambatkah jika sudah kepala 3 dan 4 untuk menghindari penyakit tersebut?
Jawab:
Berapapun usia saat seseorang mulai melakukan perawatan atau terapi anti aging sebenarnya tidak masalah. Tetapi mencegah memang pasti lebih mudah ketimbang mengobati. Namun bukan berarti tidak mungkin.

Untuk usia 30 dan 40 tahun masih banyak yang bisa dilakukan untuk memperlambat atau mencegah penuaan dini. Mulai dari gaya hidup hingga terapi anti aging lainnya. Untuk hipotiroid sendiri, umumnya baru akan terasa pada usia 35 tahun keatas. Sehingga usia dibawah itu jarang sekali didapatkan kasus hipotiroid yang terjaring di klinik atau RS.

Untuk proses pengobatan hipotiroid pasti butuh waktu, bisa beberapa bulan, bisa beberapa tahun tergantung dari beratnya kondisi dan gaya hidup pasiennya juga.

2. Ibu saya pernah alami hipotiroid yang menonjol ke dalam sehingga menyebabkan susah menelan. Awalnya mengira radang,  namun, disusul sulit bernafas setelah periksa ternyata gangguan kelenjar tiroid & efeknya menggemukkan tubuhnya. Diberikan obat selama 6 bulan hingga sembuh. Namun hingga kini tubuhnya sering merasa dingjn di bagian telapak tangan & kaki. Apakah itu berarti kelenjar tiroid yang bermasalah masih ada? Pengobatan apa yang tepat seharusnya agar benar-benar sembuh tanpa efek samping? Apakah Tiroid itu ada yang menonjol keluar & kedalam? Lalu apakah efek di tubuh bisa bikin gemuk/kurus ? Kira-kira BBnya akan menurun tidak ya? Adakah pemeriksaan awal untuk mengetahui lebih dini ttg ada atau tidaknya hipotiroid di tubuh? 
Jawab:
Untuk kasus yang awal apakah hipertiroid mom? Kalau kondisinya saat ini sepertinya hipotiroid dan perlu pemeriksaan hormon lanjutan dulu sebaiknya.

Untuk nodul atau tumor kelenjr tiroid bentuknya bermacam2 mom, bisa karena hipertiroid bisa juga karena autoimun. Maka harus dilakukan pemeriksaan kadar hormon dan terkadang juga dilakukan pemeriksaan jaringan.

Umumnya penampakan hipertiroid kurus sementara hipo berat badan cenderung berlebih.

Hipotiroidnya sendiri tidak diturunkan mom. Tetapi jika pola lingkungan antara anak dan ibu relatif sama, entah itu pola makan, olahraga dan stres nya, maka anak pun bisa jadi mengalami hipo atau hipertiroid juga.

Untuk pemeriksaan panel hormon tiroid umumnya tersedia di banyak laboratorium klinik mom, sperti prodia. Tetapi ada baiknya berkonsultasi dulu ke dokter terutama bila memang ada gejala-gejala seperti yang telah dibahas diatas.

3. Apakah hipotiroid bisa terjadi pada bayi? Dana apa penyebabnnya? 
Jawab:
Hipotiroid pada bayi bisa mom biasanya bersifat kongenital atau bawaan. Nah kalau bawaan ini biasanya terjadi pada masa pembuahan dan kehamilan mom, namun faktornya juga beragam. Dan untuk hipotiroid kongenitak ada baiknya berkonsultasi ke dokter anak, karena memang bukan bidang saya. Maaf ya mom. 

4. Apakah hipotiroid bisa sembuh total? 
Jawab:
Gangguan hormon sebenarnya tidak bisa dikatakan sembuh total. Namun nilainya bisa menjadi normal dan gejala bisa hilang total. Ttapi karena hormon berhubungan langsung dengan pola hidup kita maka kondisi yang sudah membaik pun bisa kembali memburuk bila pola hidup kembali bermasalah.

5. Apakah gula berlebih punya pengaruh besar terhadap penuaan dini?
Jawab:
Gula adalah salah satu yang menjadi penyebab penuaan, dan ini bahas didalam ECourse Anti Aging for Busy Moms juga. Karena gula meningkatkan silent inflammation atau peradangan tersembunyi yang akhirnya bisa mengganggu sistem imun, sistem hormon dan semua sistem tubuh lainnya.

6. Apakah bintik hitam itu salah satu pertanda penuaan dini? Apakah bintik hitam itu bisa hilang? Lalu apakah mengkonsumsi makanan dan minuman yang sembarangan bisa mempercepat penuaan dini? Nah, saya sebagai working mom yang selalu bekerja di bawah matahari, apakah mudah terjadi penuaan dini? Apakah untuk mengetahui hormon tiroid bisa dilakukan di bawah usia 50 tahun?
Jawab:
Malam mom Eflin, bintik hitam salah satu tanda penuaan mom yang sebenarnya menggambarkan bukan hanya penuaan kulit saja. Terapi bintik hitam beragam mulai dari krim, IPL hingga laser. Namun perlu disesuaikan juga dengan jenis bintik hitamnya karena itupun jenisnya beragam.

Untuk mom yang sering terkena matahari sebaiknya menggunakan Spf 30 dengan PA++ ya mom untuk mencegah flek semakin banyak. Pemriksaan tiroid bisa dilakukan pada usia berapa saja kok mom, tapi kalau bisa dilakukan jika memang ada gejala atau tanda ya.

7. Apa saja makanan dan aktivitas yang dapat menimbulkan penuaan dini?
Jawab:
Kalau makanan pada dasarnya lebih ke makanan seperti junk food dan gula ya mom.. Paling sehat memang  makanan yang tidak banyak melalui proses pengolahan sebelumnya. Makanan khusus untuk menghambat penuaan harus yang seimbang sih mom. Mulai dari kalori masuknya harus seimbang dengan kalori keluar hingga kebutuhan vitamin dan mineral harus tercukupi dari makanan yang dikonsumsi tersebut.

8. Apakah ada makanan khusus yang dapat kita konsumsi untuk menghambat penuaan dan benarkah lemak itu bagus untuk kulit jadi halus?
Jawab:
Lemak dibutuhkan untuk pembentukan hormon. Jadi jangan takut makan lemak ya, hanya saja porsi dibatasi dan hindari trans fat.

9. Apakah penggunaan KB mempengaruhi hormon tiroid dan mempercepat penuaan dini?
Jawab:
Penggunaan KB setau saya tidak mempengaruhi hormon tiroid ya tetapi lebih pada keseimbangan estrogen dan progesteronnya saja.

10. Dalam materi dokter bilang, bahwasanya semua proses itu perlahan, "Jadi jangan mengharapkan hasil yang nyata dalam waktu cepat, karena butuh waktu untuk memperbaiki semua sistem tubuh yang berhubungan dengan produksi hormon tiroid tadi".

Apakah mengkonsumsi obat-obatan pelangsing yang bisa memberi hasil cepat juga memperbaiki semua sistem tubuh yg berhubungan dengan produksi hormon tiroid tersebut?
Jawab:
Obat-obatan pelangsing ini yang seperti apa ya mom? Karena banyak sekali jenisnya sehingga tidak bisa disamaratakan efeknya. Hanya saja umumnya obat pelangsing bekerja dengan cara menghambat penyerapan lemak yang justru mengganggu pembentukan hormon. Atau obat pelangsing yang memperlancar pencernaan, ini biasanya kalau dikonsumsi terus menerus bisa menggangu kesehatan pencernaan yang bisa mengganggu sistem hormon juga dalam jangka panjang.

11. Contoh dari hormon sintesis atau bio identikal itu seperti apa ya?
Jawab:
Terapi hormon sintetis biasanya menggunakan obat sejenis levothyroxine sementara bio identikal menggunakan natural dessiated thyroid hormone seperti armour thyroid. Perlu diketahui juga bahwa banyak bio identikal tiroid yang tidak halal ya mom. Maka mungkin itu salah satu alasan mengapa banyak dokter di indonesia lebih memilih levothyroxine.

12. Olahraga apa yang cocok untuk penderita hipotiroid?
Jawab:
Olahraga apapun boleh kok. Berenang, brisk walking, yoga.. apapun selama dilakuka  secara konsisten minimal 3x seminggu selama 30 menit.

Semoga kita semua terhindar dari hipotiroid.

Terimakasih banyaak @drlisasilvani sudah berbagi. Terimakasih @momacademy.id udah ngadain kulwap bertardah ini.

0 komentar: