Tiga Barang Multifungsi yang Harus Dimiliki Reseller Pemula

 



Memulai bisnis sejak lima tahun belakangan adalah suatu hal yang sepertinya tidak sesulit sebelum lima tahun terakhir. Pasalnya kesempatan berbisnis saat ini terbuka lebar.  Tak sedikit yang mengklaim tanpa modal materi yang banyak, bahkan hanya butuh smartphone dan paket data.

Bisnis reseller menjadi jawabannya.  Semakin banyak merek dagang baru yang melebarkan sayapnya untuk membuka "jalur" reseller. Merek-merek dagang lama pun tak mau ketinggalan.

Tunggu.. memang menjadi reseller bisa dikatakan sebagai bisnis?

Eits, jangan salah, bisa banget lho! Bicara soal bisnis tak selalu soal mereka sebagai produsen yang memproduksi barang sendiri dan punya merek dagang sendiri.

Sudah tiga tahun terakhir aku menjalani bisnis rumahan yaitu membangun Birupink Bookstore ke bergerak dalam Jual beli buku bacaan. Meskipun "statusnya" masih reseller tapi aku tidak underestimated karena bisnis reseller yang aku lakukan memang sesuai passionku yaitu jual beli buku bacaan. Akupun tidak asal pilih supplier. Buku-buku yang aku jual berasal langsung dari penerbit jadi sudah bisa dipastikan keasliannya.

Kalian tentu paham bagaimana rasanya menjalani bisnis rasa passion? Bahagianya dapat, cuannya juga dapat.

Reseller sendiri secara bahasa artinya orang yang menjual kembali, maksudnya orang atau pihak ke-empat yang mempromosikan dan menjual barang-barang produksi pihak pertama. Mengapa disebut pihak ke-empat?

Karena biasanya di atas reseller ini masih ada distributor dan agen secara berurutan. Meski ada pula yang langsung menurunkan dari produsen ke reseller. Beda produsen, tentu berbeda metode marketing-nya.

Menjadi reseller saat ini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih didukung dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat yang mampu membuat jangkauan produk lebih masif dan luas lagi.

Tips Menjadi Reseller Pemula
Meskipun berawal dari reseller namun tak menutup kemungkinan bisnis kita bisa menjadi lebih berkembang dan besar. Hal ini secara nyata sudah aku temukan pada beberapa teman reseller lainnya yang berbeda produk. Contohnya saja si A yang menjadi reseller produk kesehatan. Di tahun kedua ia berhasil "naik pangkat" menjadi agen dan bisa membuat toko produk resell-nya hingga menggaji karyawan!

Kunci utamanya tentu niat. Berikut tips menjadi reseller pemula yang berkembang.
1. Fokus dan Totalitas
Segala sesuatu yang dilakukan berawal dari passion, tentunya akan melahirkan gairah dan fokus. Fokus dan totalitas dalam Mengurus bisnis sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Totalitas yang dimaksud tentunya tidak mengenyangkan kewajiban lainnya, melainkan punya skala prioritas dan manajemen waktu yang baik.

2. Memilih Supplier/Produsen da Produk Terpercaya
Berbisnis reselling artinya menjual barang milik orang lain. Oleh karenanya kita harus jeli memilihnya produsen atau supplier produk. Pastikan produk yang kita jual sudah ada standard BPOM & halal untuk makanan, minuman dan obat-obatan serta standard SNI untuk perangkat keras. Menjual produk yang kita sendiri menggunakan atau pernah menggunakannya tentunya menjadi nilai tambah sendiri. Selain punya pengalaman yang bisa dishare tentu juga menambah kepercayaan dari calon pembeli. 
Tak hanya produk, pastikan juga supplier atau distributor/agen adalah orang yang terpercaya dan amanah. Akan lebih baik memahami akad jual bel di awal dan disertai hitam di atas putih guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

3. Mencatat Arus Keluar Masuk Kas
Ketika mengawali bisnis reselling aku sempat mencampuradukkan rekening pribadi dan bisnis. Akibatnya aku kebingungan sendiri ketika neraca masuk dan keluar tidak seimbang. Ruwet! Oleh karenanya penting sejak awal pebisnis memisahkan keuangan pribadi/keluarga dengan rekening bisnis. Jangan lupa pula untuk selalu mencatat transaksi jual beli yang dilakukan, bisa menggunakan Ms Excel, Google Spreadsheet atau aplikasi daring sejenis lainnya.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan (Calon) Pelanggan
Berapapun orderan yang masuk di awal, patut disyukuri. Bagaimanapun karakter (calon) pembeli yang kita hadapi, berusahalah untuk tetap ramah dan memberikan pelayanan terbaik sebab itu menjadu modal dasar menjaga hubungan yang baik dengan pembeli maupun calon pembeli.

5. Belajar Teknik Softselling dan Marketing
Era digitalisasi membuat kita bisa menemukan iklan dimanapin dan kapanpun. Namun ini seolah jadi boomerang lantaran lambat lain kita merasa tak nyaman dengan direct marketing/selling yang dilakukan. Teknik softselling pun menjadi pilihan yang bijak. Teknik Softselling ini fokus pada edukasi lalu setelah pembaca menyimak, kita mengarahjan ke produk yang dijual.

Tiga Barang Multifungsi Bagi Reseller Pemula
Setelah mengetahui ilmu dasarnya, tahap selanjutnya tentu mempersiapkan tools yang dibutuhkan. Dari pengalaman pribadi menjalani bisnis reseller selama tiga tahun terakhirz berikut tiga barang multifungsi yang wajib dimiliki para reseller pemula.
1. Smartphone
Barang pertama yang wajib dimiliki bagi seluruh pebisnis termasuk bisnis reselling adalah smartphone dengan fitur pendukung seperti kamera dengan resolusi baik, storage yany cukup dan koneksi pada WiFi serta tentunya paket data.
Smartphone memiliki beragam kegunaan seperti melakukan foto produk, menyimpan kontak dan menjalani komunikasi lewat chat/sosial media, membuat copywriting iklan, marketing produk di e-commerce maupun sosial media hingga editing foto.

2. Kertas bungkus
Jika bisnis reselling kita menggunakan sistem stock opname (menyimpan stok barang, non dropship), tentu ada baiknya kita memfoto sendiru produk yang dijual. Tentunya ini menjadi nilai tambah bagi pembeli. Kertas pembungkus yang biasanya dipakai untuk membungkus kiriman barang, bisa juga digunakan sebagai alas foto. Kalian bisa menggunakan sampul coklat atau kertas daur ulang ramah lingkungan.

3. Printer
Ketika mengirimi pesanan, tentu kita perlu menuliskan alamat. Agar tampak profesional, kita bisa menggunakan sticker alamat dengan desain sederhana. Untuk alamatnya sendiri, kita bisa tulis tangan atau dicetak. Disinilah peran printer dibutuhkan bagi bisnis reselling.

Itu hanyalah salah satu dari beberapa fungsi printer lainnya seperti memindai dokumen atau kertas lainnya, mencetak tag atau label sederhana dan menyalin. Tak perlu khawatir, primer saat ini bukan lagi barang elektronik yang sulit terjangkau secara harga. Kini, beragam printer hadir dengan harga ekonomis namun tetap berkualitas.

HP DeskJet Ink Advantage 2335 All-in-One Printer Untuk Bisnis Reselling Pemula
Beragam jenis printer yang hadir memiliki fungai tersendiri sesuai kebutuhan. Jenis-jenis printer yang ada antara lain inkjet, laserjet dan officejet printer.

Inkjet printer sendiri merupakan yang paling banyak dipakai di pasaran. Harganya yang lebih terjangkau dibandingkan jenis printer lainnya serta mampu mencetak dengan warna-warni mencolok, membuat printer inkjet menjadi incaran konsumen termasuk bisnis reselling pemula.

Printer jenis ini bekerja dengan teknologi dor on demand, yaitu menyemprotkan titik-titik tinta kecil ke dalam kertas melalui lubang pipa (nozzle).

Di dalamnya terdapat 2 buah catridge yaitu catridge untuk tinta hitam dan tinta warna. Beragam dokumen dalam bentuk teks maupun gambar dihasilkan dengan resolusi hingga 5760 x 1440 dpi. Seiring berkembangnya teknologi,  inkjet printer menggunakan teknologi panas untuk mempercepat proses percetakan.

Istilah inkjet digunakan oleh banyak merek printer namun untuk merek tertentu seperti HP menggunakan istilah diskjet.

HP DeskJet Ink Advantage 2335 All-in-One Printer adalah jenis printer diskjet yang layak menjadi pilihan para pebisnis reselling pemula. Printer yang didesain untuk pencetakan di atas kertas berukuran A4 dan sejenisnya yang cocok untuk bisnis rumahan seperti reselling.





Sesuai namanya, all in one, printer ini tentunya merupakan printer multifungsi yaitu untuk jome print, copy dan scan. Kecepatan pencetakannya hingga  7.5 ppm (black) and 5.5 ppm (color) dengan 1 Hi-Speed USB 2.0. 

printer hp


Dengan bobot 3,42 kg, HP DeskJet Ink Advantage 2335 All-in-One Printer  hadir dengan warna lavender (ungu) dengan spesifikasi sebagai berikut.

spesifikasi printer


Ketika membeli printer ini, kamu akan mendapatkan HP DeskJet Ink Advantage 2335 Printer, HP 682 Setup Black Cartridge, HP 682 Setup Tri-color Cartridge, regulatory flyer, Setup guide dan reference guide.

Keunggulan
Beberapa alasan mengapa printer ini kayak dijadikan pilihan khususnya bagi bisnis reselling pemula antara lain:

Penyiapan mudah
Kita bisa mencetak dokumen dari smartphone dengan cepat menggunakan aplikasi HP Smart. Mencetak dokumen,  melakukan pemindaian dengan hasil berkualitas tinggi, dan fotokopi - semuanya bisa melalui smartphone.

Kualitas yang Dapat Diandalkan
Dapatkan teks yang jelas dan gambar yang hidup dengan kartrid kos rendah Tinta Asli HP.

Harga Terjangkau
Untuk mendapatkan HP DeskJet Ink Advantage 2335 Printer dalam kondisi baru dan original, kita hanya perlu merogoh kocek 690ribu-an. Meski harganya terjangkau, jangan lupa tetap melakukan perawatan terbaik. Salah satunya dengan menggunakannya secara rutin. Karena pengalamanku sendiri sempat berhenti menggunakan printer beberapa bulan dan alhasil printer tidak dapat digunakan ketika akan dioperasikan kembali.

Oh ya tadi aku sempat menyebutkan soal aplikasi Smart HP yang Dapat digunakan untuk mencetak dokumen dari smartphone atau tablet. 
  1. Pertama-tama kalian harus mengunduh aplikasi HP Smart  ini. Untuk fitur/perangkat lunak tertentu hanya tersedia dalam bahasa Inggris.
  2. Klik menu print untuk mencetakmenggunakan PDF atau foto. Kalian juga bisa Share atau Export file ke dalam printer.
  3. Klik ikon printer di HP print plugin untuk mulai mencetak. Selanjutnya sesuaikan pengaturan printer.
  4. Klik tanda panah untuk melihat printer yang tersedia.
  5. Pilih printer-mu yang ada dalam daftar printer
  6. Atur ukuran kertas dan pengaturan lainnya. Klik more options untuk pengaturan tambahan lainnya.
  7. Terakhir, klik ikon print jika kamu sudah yakin dengan setting-an-mu. 

Diperlukan akses internet untuk mengoperasikannya. Jangan lupa sediakan kabel USB yang bisa kalian beli secara terpisah.

HP DeskJet Ink Advantage 2335 All-in-One Printer dan printer HP lainnya bisa malian beli di Era Supplies Indonesia.  Era Supplies Indonesia merupakan partner resmi printer, laptop, cartridge dan toner HP dengan kualitas pelayanan yang terbilang baik. Era Supplies Indonesia dikenal sebagai rajanya tinta dan toner di Indonesia karena pengalamannya yang sudah bertahun-tahun.

,

Bisnis Reselling Bisa Berkembang
Jangan anggap remeh berbisnis sistem reselling, Apabila dilakukan dengan fokus, totalitas dan ilmu yang cukup sangat mungkin bisnis ini bisa berkembang besar. Kalian bisa "naik kelas" menjadi agen atau distributor bahkan memiliki website dan membuka toko offline! Menjaga pelayanan dan kualitas adalah keharusan. Memilih perangkat-perangkat penunjang juga harus jeli, termasuk perangkat-perangkat elektronik seperti printer.

Berbisnis bukan sekadar soal cuan tapi ada imbal balik lainnya, memaajukan ekonomi pribadi, sekitar juga negara. Yuk mulai bisnis reselling-mu dengan printer all in one dari HP!

13 komentar:

  1. Aku punya 2 printer di rumah dan kebetulan semuanya merk HP. Hehehe, entah kenapa keluarga sudah nyaman pakai printer ini karena nggak ribet dan minim error :D

    BalasHapus
  2. wah penting nih ya kalo punya bisnis di rumah jadi membantu banget :)

    BalasHapus
  3. Bener nih temenku bisnis resellernya juga maju bangeet! Yang penting niat dan serius yaa.. aku juga punya bisnis tapi printernya udah rusak kayaknya butuh printer baru kayak HP ini kece banget siih

    BalasHapus
  4. Jd kangen nih awal2 jualan aku juga reseller dulu.
    Wah printernya desainnya mirip printerku, cuma beda warna di sini lavender.
    Cakep juga mbak warnanya makinbikin semangat buat jualan ya hehe

    BalasHapus
  5. Pas sekali nih, saya juga sedang belajar menjadi reseller sebuah produk dan ingin mengetahui juga apa yang harus dipersiapkan

    Di rumah ada printer nih, tapi jarang dipakai dan kemungkinan memang harus ada printer yang lebih baik lagi untuk menunjang pekerjaan ya, Mbak. Makasih banyak info printernya

    BalasHapus
  6. Aku juga pakai printer ini kak, praktis banget di 1 printer bisa semuanya. Btw, aku dulu pernah jadi reseller tapi akhirnya gulung tikar gegara belum bisa ngatur keluar-masuk uang, bodoh banget huhuhu

    BalasHapus
  7. Aku pernah beli air mawar, kualitasnya bagus tapi hasil print sticker di packagingnya nge-blur banget, aku kasih masukan dan Alhamdulillah didengar dan pas beli kedua kalinya hasil printnya jelas. Walaupun sepele ternyata hasil print untuk barang jualan penting juga ya

    BalasHapus
  8. printer jadi alat yang penting di rumah karena ngebantu banget dalam proses melengkapi dokumen yang dibutuhkan. selain itu juga bisa buat bantu usaha online

    BalasHapus
  9. Racun bgt mba visya, mana printernya ungu. Pas bgt lgi butuh buat printable Azka auto minta acc pak suam

    BalasHapus
  10. Setuju kak, jualan juga harus rapi dalam pengemasan biar pembeli makin jatuh hati. Btw, printer sekarang modelnya udah kece-kece ya, fiturnya juga udah makin canggih

    BalasHapus
  11. Printernya kece badai. Aku juga butuh printer nih walopun bukan reseller. Buat ngeprint tugas anak-anak hehehe..

    BalasHapus
  12. bisnis reselling ini lagi marak.
    saya juga salah satu yang jalankan bisnis reseller ini, walau masih serabutan, iyah produk yang dijual masih beragam hehehh.
    printer di rumah juga HP, emang udah nyaman sih dengan kemudahan dan kecanggihan HP ini :)

    BalasHapus
  13. Canggih sekali printer nya, warnanya juga cantik bgt suka liatnya. Apalagi bisa pakai aplikasi melalui smartphone ya, jadi mudah diatur. Cocok bgt buat yang mau mulai berbisnis karena fiturnya yang lengkap.

    BalasHapus