Berikan Stimulasi dan Kehangatan Untuk Anak Bersama Telon Lang

Mengatasi perut kembung pada bayi


Tiga tahun lalu saat menjadi ibu, sejujurnya ilmu pengasuhan yang kumiliki masih begitu sedikit. Terlebih saat itu aku menjalani peran bunda sekaligus menjadi mahasiswi sarjana. Mengurus bayi kulakukan sambil menyelesaikan skiripsi. Sungguh momen tak terlupakan!


Bicara soal pengasuhan, bicara juga soal stimulasi anak sejak dini yang menjadi faktor pemengaruh perkembangan anak selain nutrisi dan afeksi (kasih sayang). Jika nutrisi bicara soal gizi dan makanan, afeksi bicara soal kepedulian dan kasih sayang, stimulasi ini "wilayahnya"  lebih luas.

Pentingnya Stimulasi Bagi Anak
Stimulasi merupakan rangsangan untuk perkembangan anak dari aspek motorik, sensorik, kognitif (kecerdasan) hingga spiritual. Stimulasi juga merupakan proses bermain sambil belajar bagi anak. Stimulasi tak melulu dilakukan secara formal namun juga melalui media permainan. Ya, bermain adalah dunia anak, tinggal bagaimana orangtua menyelipkan pembelajaran di dalamnya dan terus membersamainya.

Beberapa jenis stimulasi yang dapat Moms berikan pada si kecil antara lain
  • membaca buku high contrast untuk stimulasi visual
  • bermain water beads untuk stimulasi sensorik
  • mengenalkan nama benda untuk stimulasi kognitif
  • mengenalkan konsep Tuhan untuk stimulasi spiritual
  • memijat bayi/balita untuk stimulasi sensorik

Oh ya kita sudah bicara tentang stimulasi, memang apa sih manfaat dari pemberian stimulasi ini?

Merangsang Perkembangan Anak
Fase bayi dan balita merupakan salah satu fase perkembangan tercepat bagi seorang manusia, baik dari sisi fisik maupun perkembangan otak. Terlebih bayi/balita belum mengetikkan banyak hal, makar disinilah peran stimulasi yang tepat dibutuhkan

Memberikan Kebahagiaan pada Anak
Stimulasi yang diberikan pada anak umumnya berupa kegiatan bermain ataupun kegiatan lainnya yang disukai anak dan memberikan kebahagiaan. Fase bayi/balita ini memang penting untuk menciptakan anak yang bahagia tapi juga jangan lupa mengajarinya perasaan lainnya seperti marah, sedih, takut dan lain sebagainya agar ia mampu menerjemahkan apa yang dirasakannya.

Membangun Kedekatan Anak dan Orangtua 
Pemberian stimulasi paling efektif dan penting dilakukan oleh orangtua sendiri, bukan pengasuh, anggota keluarga lain atau orang lainnya. Sebab disinilah kesempatan bonding time anak dan orangtua terbangun. Penelitian menunjukkan, membangun kedekatan anak dengan orangtua sejak kecil adalah cara  agar anak  percaya diri dan punya karakter positif. Tentunya kita mengharapkan dan mengupayakan hal tersebut pada anak kita kan, Moms?

Salah satu bentuk stimulasi pada bayi dan balita adalah melalui pijatan. Beberapa manfaat pijat untuk bayi antara lain
  1. membantu perkembangan fisik & mental bayi
  2. merangsang pernapasan, meningkatkan stamina dan peredaran darah
  3. Membantu dan mempercepat perkembangan saraf maupun fisik bayi prematur
  4. membangun bonding time anak dan orangtua sebagai pemijat

Pijat yang terkenal adalah pijat I Love U (ILU) dengan membentik huruf I, bentuk hati dan huruf u terbaik pada perut bayi secara perlahan. Hal ini pun aku lakukan sejak Cham bayi, memijat dengan cinta dan tentunya juga minyak. Aku biasanya menggunakan baby oil atau minyak telon. Jika baby oil hanya memberikan efek melembabkan dan memberikan aroma harum, minyak telon lebih dari itu. Penggunaan minyak telon untuk pijat bayi selain melembabkan, memberikan aroma wangi, juga menghangatkan dan melindungi anak dari serangan nyamuk.

Minyak telon yang belakangan sedang dan pernah kucoba adalah Telon Lang dan Telon Lang Plus dari Cap Lang. Untuk memberikan gambaran lebih jelas pada Moms, berikut ulasanku terhadap dua produk tersebut.

Review Telon Lang dan Telon Lang Plus
Telon Lang dan Telon Lang Plus adalah minyak telon yang telah teruji dapat memberikan perlindungan, menghangatkan tubuh bayi, melembabkan kulit, menghindari masuk angin dan membantu meredakan perut kembung. Untuk Telon Lang Plus memiliki kegunaan tambahan yaitu anti-nyamuk yang menghindari bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam.


Packaging
Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus dikemas dalam botol ramping berwarna hijau dengan ukuran 100ml dan label bertuliskan kandungan, cara pemakaian, klaim dan informasi produk dengan warna dasar putih dan oranye.  

Tutup flip top bersegel membuat produk ini anti tumpah ketika dibawa, untuk Telon Lang berwarna oranye dan Telon Lang Plus berwarna putih. Ukurannya yang travel friendly membuat produk ini bisa dibawanya kemana-mana.


Selain wadah botol, produk ini juga dikemas dengan wadah kardus dengan tulisan seperti di label.

Kandungan 
Tiap ml minyak Telong Lang mengandungoleum anisi (70,8mg), oleum cajuputi (287,62mg) dan oleum Cocos (526,58mg). Sedangkan tiap ml minyak Telong Lang Plus mengandung oleum olivarum (4%), oleum anisi (8,5%), oleum cajuputi (31,5%), oleum Cocos (50%), Natural Rhodinol (3%) dan oleum chamomillae (3%).



Ya, kandungan natural Rhodinol dan oleum chamomillae menjadikan Telon Lang Plus anti nyamuk hingga 10 jam. Meskipun kandungannya yang aman untuk pemakaian luar, namun tetap perhatikan juga reaksi kulit si kecil ya Moms.

Cara Pemakaian
Balurkan Telon Lang/Telon Lang Plus secara merata pada bagian perut, dada, punggung, punggung, lengan serta Kali bayi sehabis mandi atau pada saat dibutuhkan seperti menghindari gigitan nyamuk, udara dingin dan perut kembung. Bisa juga digunakan untuk pijat bayi.

Saat Pemakaian
Wangi dari Telon Lang ini tidak semenyengat minyak kayu putih, karena memang diperuntukkan bagi bayi dan balita. Namun wangi Telon Lang Plus lebih harum, hal ini dikarenakan kandungan chamomile di dalamnya.



Warnanya yang hijau menjadi ciri khas produ-produk daru Cap Lang meski isi dalamnya bening. Ketika dioleskan ke bagian tubuh, ternyata langsung menyerap.  Kulitpun terasa lembab.

FYI, ini bukan kali pertama aku memakai Telon Lang, sebelumnya sudah pernah pakai untuk menghangatkan tubuh Cham setelah mandi. Aku sendiri pun masih suka memakainya terutama ketika sakit perut.

Telong Lang dan Telon Lang Plus tersedia dalam tiga jenis ukuran 30 ml, 60 ml, 100 ml, dan 150 ml. Moms bisa membelinya di toko/apotek terdekat atau e-commerce ya.  

Oh ya Moms jangan lupa untuk selalu menyimpan kedua produk di atas pada suhu di bawah 30C dan hindari dari matahari langsung.

Tentang Telon Lang, Telon Lang Plus dan Cap Lang
CAP LANG senantiasa konsisten melestarikan warisan budaya leluhur Indonesia dan berinvestasi menciptakan produk-produk berkualitas seperti TELON LANG dan TELON LANG PLUS seperti sentuhan dan cinta tulus seorang ibu pada buah hatinya lewat kehangatan, stimulasi dan perlindungan.

Kata “telon” berasal dari kata “telu” dalam bahasa Jawa yang artinya “tiga”, memiliki makna “campuran tiga jenis minyak alami”, yang terdiri dari : Minyak Kayu Putih, Minyak Adas Manis dan Minyak Kelapa.  

CAP LANG mengembangkan TELON LANG dan TELON LANG PLUS mengikuti formulasi turun temurun dari budaya leluhur yang sudah digunakan dari masa ke masa.



Cap Lang berada di bawah naungan  PT. Eagle Indo Pharma. Cap Lang konsisten melayani dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penyediaan produk-produk farmasi yang berkualitas tinggi, efektif dan aman digunakan. Produk-produknya terdiri dari balsem, minyak angin, minyak gosok, krim dan minyak telon.

Menjadi seorang ibu adalah sebuah anugerah. Selain bersyukur dan belajar adalah suatu "keharusan" hingga akhirnya kita bisa menyatakan "My children are lucky to have me as a mother".



Informasi lebih lanjut seputar Telon Lang dapat Moms dapatkan melalui;

Instagram: @telonlang


45 komentar:

  1. Minyak telon memang sudah seperti produk yang wajib dimiliki bagi buah hati yang baru lahir. Bahkan anak-anak yang sudah balita pun banyak loh yang masih memakai produk minyak telon.

    BalasHapus
  2. Ah iya benar ini, membangun kedekatan anak dengan orangtua dengan cara simple, yaitu pijat dengan minyak telon Lang ya mbak

    BalasHapus
  3. Jangankan bayi dan anak2, papanya juga masih demen pakai minyak Telon Lang loh hehehe. Si bungsuku demen gowes sore2, kan suka ada aja nyamuk tuh. Dibalurin aja Telon Lang Plus biar nyamuk nakal enggan mendekat. Kalau habis mandi juga pakai Telon Lang biar anget badannya hehehe.

    BalasHapus
  4. Kebetulan aku juga lagi persiapan menyambut dede bayi nih, dan aki juga sedia telon lang nih bund. Nanti aku oraktekin oijat ILU nya ya, Hihi.

    BalasHapus
  5. Minyak telon lang ini kemasannya rapi banget ya mom, tutup fliptop membuat minyak telon tidak mudah tumpah meski dibawa main sama anak, wanginya juga harum bayi banget

    BalasHapus
  6. yang aku suka dari telon lang itu, aman buat bayi karena nggak ada campuran apa2 lagi selan 3 minyak itu

    BalasHapus
  7. Masyallah keren banget mbak, sambil mengurus anak juga menyusun skripsi. Perjuangan tetap warasnya ituloh tapi hasilnya pasti memuaskan...
    Stimulasi anak sejak dini memiliki banyak manfaat, syukurnya lagi dengan adanya Telong Lang ini sedikit kekhawatiran membebaskan anak bermain berkurang ya mbak

    BalasHapus
  8. Tutupnya ini flip beneran nyaman kalau dibawa bepergian ya mbak, nggak takut tumpah namanya anak kecil kemana-mana wajib bawa telon lang kan?

    BalasHapus
  9. dari anak pertama sampai anak kedua ini tetap setiap pakai telon lang dan masih pakai juga minyak kayu putihnya karena wanginya itu khas banget dan enak banget di ciumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya khas banget tapi yang Plus aku pling sukaa

      Hapus
  10. Orang di rumah suka banget pake minyak telon ini. Lebih hangat katanya

    BalasHapus
  11. Memang stimulasi untuk anak itu penting sekali untuk perkembangannya ya Mba. Aku sendiri lumayan rajin membacakan buku untuk anak, main mainan montessori, latihan practical life, juga tidak lupa memijat anak dengan minyak telon sehabis mandi.

    BalasHapus
  12. gak usah anak kecil dan balita, aku aja masih rajin pakai minyak telon lang setiap pagi biar hangat dan nyaman saat beraktivitas

    BalasHapus
  13. Dari anakku lahir sampai sekarang nggak pernah absen balurin dia minyak telon. Selain memberikan rasa hangat, terhindar dari gigitan nyamuk, wanginya yang khas juga bikin makin sukaaa ❤️

    BalasHapus
  14. Wah, ini sih andalan keluargaku banget. Anak-anak cocoknya pakai ini, kalau merk lain, mereka malah nggak mau pake. Tapi, memang beda sih, wangi dan hangatnya itu loh, khas banget.

    BalasHapus
  15. minyak telon lang ini emang uda kebutuhan buat bayi ya mbak
    selain bisa memberikan kehangatan, juga melindungi anak dari gigitan nyamuk

    BalasHapus
  16. aku sering banget memberikan pijatan untuk anakku dan memang bagushasilnya untuk perkembangannya. lain kali bisa dicoba ini minyak telonnya.

    BalasHapus
  17. Nggak cuma untuk anak-anak, yang dewasa juga suka pakai telon lang kayak keluargaku hihi. Biasanya aku pakai kalau perut kembung

    BalasHapus
  18. setelah 30 tahun aku hidup baru tau mbaa ini artinya; Kata “telon” berasal dari kata “telu” dalam bahasa Jawa yang artinya “tiga”, memiliki makna “campuran tiga jenis minyak alami”, yang terdiri dari : Minyak Kayu Putih, Minyak Adas Manis dan Minyak Kelapa. thankyouuu ahhahah

    BalasHapus
  19. Jangankan bayi, aku juga pake telon lang punya anakku mba, aku suka banget sama baunya yang khas banget

    BalasHapus
  20. Minyak telon ternyata dari kata telu, maksudnya 3 minyak yang dicampur jadi satu. Hooo baru ngeh tentang ini.

    Tiap abis mandi atau kalau udara dingin, anakku pakai telon supaya perutnya terasa hangat.

    Kalau pijat ILU waktu newborn sering agar BAB lancar dan bonding juga buat ibu dan bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah bener itu manfaatnya ya Mbak. Akupun baru tahu setelah baca2 nih hehe

      Hapus
  21. Menurutku paling enak minyak telon baunya ini. Wangi bayi tahan lama. Aku juga pakai :)

    BalasHapus
  22. Anak itu memang harus bahagia. Ortu zaman dulu blm paham soal konsep ini hehe jadinya banyak yg gak ngutamain kebahagiaan anak2 mereka. Telon lang ini produk unggulan dari dulu. Kualitasnya selalu terjaga.

    BalasHapus
  23. Mba Visya aku masih pake i ni loh, hahaha meski belum ada bayik di rumah aku tapi suka aromanya. Nyaman.

    BalasHapus
  24. Keluaran caplang juga ya mom? Cap Lang sejak dulu udah jadi merk terpercaya buat keluarga. Senang banget udah ada telon Lang yang khusus buat anak2.

    BalasHapus
  25. mbaa fotomu cakep amat siihhh... suka deh ama propertinya. btw aku juga pakai telon lang ini loh buat anakku :D

    BalasHapus
  26. Gak perlu mahal untuk bonding dengan anak ya, mom. Cukup pijat dengan telon lang, anak pasti merasa nyaman

    BalasHapus
  27. ini wanginya emang enak ya, kecium telonnya lebih sedeep yaa :)

    BalasHapus
  28. Wah, Telon andalanku buat anak-anak nih, Selalu pake sejak anak pertama bayi, 19 tahun lalu. Hangat dan wanginya itu lho, suka. Bikin perit anak nyaman. Formula barunya semakin disempurnakan ya kini.

    BalasHapus
  29. Minyak telon Lang sudah menjadi minyak langganan buat baby saya. Dari anak pertama sampai yang kedua masih tetap pakai telon Lang

    BalasHapus
  30. minyak telon ini memang wajib banget ada kalau punya anak bayi yaa. anakku juga suka banget habis mandi dikasih minyak telon atau minyak kayu putih

    BalasHapus
  31. Minyak telon ini salah satu senjataku setiap anakku habis mandi, biar lebih hangat juga badannya. Apalagi kalau malam mau tidurm biasanya suka aku oles-oleh dulu sambil dipijat.

    BalasHapus
  32. Aku juga pakai mom , wanginya enak banget emang. Khas bayi gitu selain itu menurut aku kemasannya juga unik sih ...

    Tp yg paling bikin nagih emang wanginya yg bikin nyaman

    BalasHapus
  33. Banyak banget manfaat stimulasi buat anak ya. Aku jg newbie mom, gak terlalu pandai pijat bayi juga, hiks... Telon Lang udah legendaris ini, aku pernah pake juga...

    BalasHapus
  34. Efek pijat memang besar ya...apalagi jika dibalur dengan minyak telon seperti ini. Bisa mencegah kembung dan masuk angin juga. Yang jelas meningkatkan bonding ibu dan anak

    BalasHapus