Ads 468x60px

Selasa, 22 Januari 2019

Lima Cara Optimalkan Keaktifan Si Anak 1 Tahun



Setahun sudah usia Ahnaf, tepatnya di bulan Juli 2018 lalu. Alhamdulillah saya masih bisa mengASIhi hingga detik ini. Meskipin usianya baru menginjak satu tahun, tapi polahnya sungguh luar biasa. Sampai generasi pertama (nenek saya) dan generasi kedua (ibu saya) geleng-geleng dibuatnya. 

"Dulu, kecilnya ibumu anteng-anteng aja. Mbah sampai bisa masak, nyuci, daa lain-lain."
"Sewaktu kamu kecil, rasanya kamu lebih bisa diam dibanding anakmu."



Saya tak ambil pusing dan menganggap itu hanya bentuk lain rasa perhatian ibu dan nenek terhadap Ahnaf. Atau paling-paling saya membalas.

"Namanya juga bayi millenial."


Setiap hari ada-ada saja polah Ahnaf yang out of the box; menumpahkan air, ngeberantakin nasi yang sedang dimakan, sampai numpahin beras setengah karung. Hiks, sungguh kerjaan banget! Meski saya sendiri juga kadang kewalahan tapi saya  berusaha menyadsri bahwa karakter setiap bayi berbeda, apalagi zaman kelahiran saya dan anak saya juga berbeda.

Pada akhirnya saya dan suami sepakat untuk berpikir positif. Ahnaf bukanlah anak yang nakal. Ia adalah anak yang aktif. Berbicara keaktifan anak, tidak bisa lepas dari aspek motorik anak dan perkembangannya. Berikut beberapa perkembangan motorik anak usia 1 tahun:


Kemudian saya dan suami mulai memikirkan cara mengoptimalkan perkembangan motoriknya tersebut. Berikut beberapa hal yang sering kami lalukan dan menjadi acuan kami dalam mengoptimalkan motorik kasar Ahnaf.
  • Mengangkat badan ke posisi berdiri
  • Belajar berdiri selama 30 detik atau berpegangan pada benda lain
  • Dapat berjalan dengan dituntun atau sendiri
  • Menyusun bangunan dari dua buah kubus atau lebih
  • Mengulurkan lengan / badan untuk meraih mainan yang diinginkan


1. Ajak Ia Belajar dengan Bergerak

Usia 0-2 tahun, termasuk anak usia 1 tahun, adalah golden age yang tak akan terulang, dimana fisik dan otak anak sedang berkembang pesat. So, kita harus memanfaatkannya dengan nengajak anak belajar dengan asyik. Moms bisa mengajaknya berkegiatan seperti memindahkan barang, merapihkan mainan. Untuk aktivitas luar, ajak anak bermain di taman sambil mengenalkan pada tanaman. Indeed, dia mungkin belum bisa memahami, tapi ingat Moms, ia sudah mampu mendengar dengan baik lho!

2. Berikan Ia Ruang Luas dan Aman Untuk Bergerak

Anak usia satu tahun sedang aktif-aktifnya belajar berjalan sendiri. Ia juga gemar merwih apa saja yang menarik di hadapannya.

Bagaimana perasaan Moms begitu melihat si kecil menumpahkan air? Yuk, kita berpikir positif! Dulu saya pun sempat merasa kesal. Tapi kemudian saya coba alurkan energi negatif ke positif. Ketika ia menumpahkan air, saya ajak ia mengelapnya. Dari situ ia akan belajar bertanggungjawab secara tidak langsung.

Tapi bukan berarti juga kita mengurangi tingkat kewaspadaan. Misal, tetap jauhkan barang mudah pecah, aliran listrik, api dan benda tajam dari jangkauannya ya Moms!


3. Lakukan Aktivitas Outdoor di Ruang Publik

Fitrah seorang anak adalah gemar belajar di alam. Maka tidak heran ya Moms, jika kita mendapati anak-anak suka sekali bermain di luar, bersentuhan langsung dengan alam.

Saya dan suami setiap weekend pasti mengajak Ahnaf ke luar. Meskipun sekadar ke masjid atau taman dekat perumahan. Mengapa? Dengan begitu ia bisa lebih leluasa bergerak dan tentunya juga belajar bersosialisasi dengan orang lain. Untuk anak usia 1 tahun Moms bis mengajaknya bermain wahana perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, lempar bola atau sekadar bermian cilukba di hamparan rumput

4. Jaga Pola Makan dan Nutrisinya
Salah satu hal yang menjaga dan mengiptinalan keaktifan si kecil adalah pola makan teratur dan nutrisi dari makanan yang seimbang serta tepat. Terlebih usia 1-2 tahun adalah usia awal anak mengenal beragam makanan, sehingga penting dari Moms mengenalkan makanan bergizi dengan rumus menu 4 bintang: karbohidrat, protein ewani, protein nabati dan sayuran. Yap, dalam satu piring paling tidak berisi menu 4 bintang tersebut.m

Tak hanya nutrisinya, tapi perlu njuga menjaga pola makan anak teratur yakni 3 kali makan berat dan 2 kali snackin time di antara waktu makan.


5. Berikan Susu yang Tepat

Kalau ditanya, Ahnaf masih ASI? Jawabannya, YES, he still. Tapi kalau ditanya, Ahnaf cuma minum ASI? Jawabannya NO. Meskipun saya dan suami termasuk orang yang cukup idealis, tapi kami tahu ada fasenya ia benar-benar mengkonsumsi susu selain ASI sebab kini ASI bukan lagi satu-satunya sumber energinya. Ia membutuhkan sumber kalsium tambahan dari makanan dan juga susu.



Ngga mau sembarang milih susu, saya berusaha browsing ilmunya terlebih dahulu da tentunya bertanya ke para ibu yang usia anaknya di atas anak saya. Sampai akhirnya pilihan jatuh pada #IndomilkKidsUHTFullCream

Mengapa #IndomilkKidsUHTFullCream?

Indomilk Kids Full Cream adalah susu UHT Murni
UHT atau Ultra High Temperature adalah jenis susu yang diolah dengan suhu tinggi agar bakteri patogen mati dan susu steril kembali. Salah satu alasan saya memilih susu UHT  adalah karena ia tidak menggunakan tanpa bahan pengawet dan dapat disimpan berbulan-bulan  atau melalui proses pendinginan.

Tanpa Gula dan Garam
Tentunya kita tahu ya Moms, pencernaan anak di bawah 2 tahun masih belum sempurna. Oleh karenanya alangkah bijaknyabkita sebagai oranhtua membatasi asupan gula dan garam pada anak. Nah, rasanya yang fullcream menunjukkan bahwa Indomilk Kids UHT Fullcream tanpa tambahan gula dan garam.

Kemasannya Praktis dan Recycle
Indomilk Kids UHT Fullcream menggunakan packaging tetrapack yang dapat didaur ulang. Apalagi saat ini mulai neredaran komunitas atau NGO berbasis ecofriendly yang menampung bekas kemasan tetrapack untuk didaur ulang. So, Moms tak perlu bingung dengan bekas kemasannya.

FYI, takarannya sejumlah 115 ml sangat cocok untuk para toodler. Cara minumnya simple sekali, tinggal coblos dengan sedotan dna siap diminum.

Sst, jangan lupa ajak si kecil untuk segera dihabiskan begitu susu dalam kondisi terbuka ya Moms! Karena bakteri akan mudah menyebar saat susu terbuka.

Tinggi Kalsium dan Bernutrisi
Kandungan gizi dalam susu Indomim Kids UHT Fullcream antara lain:

lemak, kalsium, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, B2 B5, B6, B12, C, D, E, K, fosfor, magnesium, zat besi, iodium, zink, biotin dan kolin.

Komposisi Indomilk Kids UHT Fullcream terdiri dari susu sapi segar, susu skim bubuk dna penstabil nabati. See, tanpa bahan pengawet bukan?

                   




Nah dari alasan-alasan di atas, susu Indomilk Kids UHT Full Cream sangat tepat dikonsumsi selepas ASI maupun tambahan ASI. Yap, susu Indomilk Kids UHT Full Cream baik diberikan pada si Kecil usia 1 tahun ke atas. So, no more worries, Moms!

By the way, Apakah anak Moms selalu bahagia jika diajak keluar? Sst, selamat! Karena itu tandanya anak Moms sehat dan aktif. Ahnaf juga selalu bahagia lho kalo diajak main di luar. Ini dia video singkatnya :)


Moms, anak yang aktif bukanlah anak yang nakal. Aktif merupakan indikator dari seorang anak yang sehat. Tinggal bagaimana kita sebagai orangtua punya cara jitu mengoptinalkan keaktifan anak. Salah satunya dengan nutrisi lengkap dari Indomilk UHT Kids Full Cream anak, yang juga tanpa tambahan gula dan garam.



Last but not least, saya mau mengajak para Moms selaku blogger untuk mengikuti lomba blog menjadi sehat dan aktif yang diadakan oleh Indomilk Kids UHT Fullcream. Sst.. akan ada pemenang mingguan yang berhak mendapatkan 1 juta rupiah setiap minggu lho! Dan di akhir periode, akan diumumkan 3 pemenang utama dengan hadiah total 10 juta rupiah!
Hasil gambar untuk lomba blog indomilk kids uht

Ayo, Moms, masih ada kesempatan sampai tanggal 31 Januari 2018 untuk ikut LOmb blog Indomilk Kids UHT Fullcream. Jadikan ini sebagai kesempatan untuk saling berbagi ilmu sesama Moms. bersama Indomilk UHT Kids FullCream karena #AktifItuSehat dan menangkan hadiahnya! Info selengkapnya silakan klik di tautan ini ya.


"Karena #AktifItuSehat, Aku Minum Susu #IndomilkKidsUHTFullCream !"

Referensi:
http://www.arfatoys.com/news/11/Perkembangan-Motorik-Bahasa-dan-Stimulasi-Anak-Usia-1-2-Tahun

46 comments:

  1. hai mba, anakku juga termasuk anak yang aktif dan setuju setiap anak punya karakter berbeda gak bisa dipaksa harus sama, oiya anakku juga suka minum susu uht indomilk ini dan dia bahagia bgt kalau diajak mainan di luar, jadi bikin emaknya ini ikutan kontes blognya juga hehe..:)

    BalasHapus
  2. hai dede ahnaf :D semoga sehat terus yaa. susu uhtnya samaan ini sama anak saya, anak-anak saya juga full ASI tapi minum UHT juga sebagai selingan :D

    BalasHapus
  3. Memang ya Mom anak-anak harus mendapatkan stimulasi yang tepat sesuai usianya, agar mereka tumbuh sehat dan optimal, termasuk dengan memperhatikan makanan dan minumannya.

    BalasHapus
  4. Seneng deh anak anak suka sama UHt indomilk ini karena rasanya enak , ga ada amis amis susu sapi nya gitu. Apalagi aman dikonsumsi karna tanpa oengawet, bergizi pula

    BalasHapus
  5. Ahnaf kayak Budhe Dian nih..selalu bahagia kalau diajak main di luar :D
    Semoga sehat-sehat ya Nak
    Memang pemilihan susu yang emnunjang aktivitas dengan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan perlu banyak pertimbangan ya Mbak...Dianatarnya Indomilk Kids UHT Full Cream yang bisa jadi pilihan ini.

    BalasHapus
  6. Ah bayi milenial memang luar biasa ya. Hehehe...
    Btw ini syarat lengkap lombanya ga ada disini. Untuk anak berapa tahun saja nih ikut lomba ini?

    BalasHapus
  7. Wah masih kecil udah aktif banyak diajarin aktivitas luar juga, memang bagus sih buat stimulasi perkembangannya dan yang pasti mamanya harus kuat dan semangat ya �� soalnya anak-anak power nya luar biasa

    BalasHapus
  8. Wah sama nih mom anakku juga super duper aktif sampe aku kewalahan tp aku ambil positifnya aja owh berarti ankku sehat😊

    BalasHapus
  9. Aktivitas outdoor udah yg paling oke ya mbak kyknya :D
    Biar energinya abis, sampai rumah bobo deh hehe. Nah buat mengimbangi keaktifannya, emang sebaiknya diberi susu ya. Aku jg ngasi anakku susu UHT lho :D

    BalasHapus
  10. aktivitas di luar ruangan itu penting agar bergerak aktif dan eksplore ya mom. apalagi ditunjang dengan pemberian susu sehat dan membantu meningkatkan imun seperti indomilk

    BalasHapus
  11. Aktivitas outdoor banyak manfaat nya juga yah mbak, agar anak-anak mengenal dan mengoptimalkan kemampuannya

    BalasHapus
  12. Anak kedua saya juga sedang aktif-aktifnya.
    Dia suka juga minum susu UHT.
    Apalagi diminum dingin.
    Segarrrrr...

    BalasHapus
  13. Tips yang sangat inspiratif, jadi pengen cepet2 dapat pasangan hidup dan punya anal hihi

    BalasHapus
  14. Yup anak harus dpt stimulasi yaa sesuai usianya..dan susu UHT Ini emang bagus loh moms..anakku di sarankan dokternya malah

    BalasHapus
  15. Anak sekarang memang aktif ya. Ibuku sampai geleng-geleng kepala lihat cucu-cucunya hahaha
    Dan tugas kita orang tuanya untuk memberikan stimulasi yang pas sesuai umurnya
    Pun memberinya asupan gizi yang bermanfaat dan sehat

    BalasHapus
  16. Sejak kecil anak memang harus distimulus agar proses motoriknya bisa berkembang dengan baik. Tips-tips yang diberikan sangat berguna. Terima kasih

    BalasHapus
  17. Stimulasi anak yang tepat akan mendukung tumbuh kembang anak ya, ditambah lagi dengan asupan susu yang bergizi. Ngomong2 ponakanku semuanya begitu sudah berusia 5 thn, beralih ke UHT. Lebih sehat dan tumbuh optimal lho.

    BalasHapus
  18. saya juga anak anteng sih kata ibu saya.
    Tapi katanya lagi karena saya anasaya anak cewek dan anak pertama, adek2 saya saya ya aktif banget juga kayak anak2 lain.
    Saya pun penggemar susu UHT indomilk. Wah, ada info lombanya. Boleh nih.

    BalasHapus
  19. usia 1 tahun uda belajar sholat ya mbak.. pinternyaaaa...
    btw naufal juga minum iniiii

    BalasHapus
  20. aku masih bawain anaku indomilk ke sekolah lho. kemasannya mungil, porsinya pas buat teman bekal makan siang :)

    BalasHapus
  21. Lucu banget mom anaknya aktif sekali. Sehat selalu ya dek. Gemes banget liatnya. Setuju loh mom, anak yang aktif bukan berarti nakal. Hanya perlu disalurkan aja keaktifannya itu ke kegiatan yang positif.

    BalasHapus
  22. Mendengar kata stimulasi mah pastinya pikiran langsung lari ke montessori, hahahaha

    Susu ini favorit anak-anakku juga loh. Ah, senangnya

    BalasHapus
  23. Yg penting dijaga supaya keaktifannya itu nggak menggangu orang lain atau membuat orang lain nggak nyaman ya mba.. karena biasanya hal itu yg bikin orang lain kasih label nakal :)

    BalasHapus
  24. Kalo anak tumbuh kembangnya optimal, kita juga seneng ya. an salah satu untuk mengoptimalkannya adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi dari makanan dan minumannya.

    BalasHapus
  25. Wah mba visya anaknya udah umur 1 tahun ya? Pengalaman aku selama stimulasi anakku yang pertama itu lumayan ya gak didenger nya. Wajar karena belum bisa kontak dua arah saat itu jadi aktif banget muter kemana-mana nah tips di atas juga salah satu yg aku terapin saat itu

    BalasHapus
  26. Melakukan aktivitas out door untuk anak-anak dan pastinya bunda pandai memilih asupan bergizi untuk anak-anak agar ceria selalu

    BalasHapus
  27. Haiii Afnaf si anak Milenial.. hihii.. Iya banget ya Mom.. Anak jaman Now itu anak - anak kinestetik.. Butuh ruang luas untuk gerak.. Eh iya.. ini susu Favorit kakak Kifta juga.. paling demen deh bawa ini kemana2.. repottt kalau harus nyeduh sufor kalau lg di luar rumah.

    BalasHapus
  28. Setuju mbak, gak ada yg namanya anak nakal, yg ada anak aktif dan eksplorasi ya.
    Udah bener sih kita fasilitasi dan juga kasi gizi terbaik dengan minum susu ya jd tumbang anakpun bagus.

    BalasHapus
  29. Susu untuk anak-anak sekarang lebih praktis ya Mbak, karena ada yang cair. Gak repot juga nyuci botol susu kalau begini. Semogo Ahnaf berkembang dengan maksimal. Amin

    BalasHapus
  30. Seneng kalau punya anak aktif kayak gini, meskipun capeknya gak perlu ditanya lagi. Kalau susunya sama kayak pilihan anakku. Si Najib udah minum susu ini sejak lepas ASI, sampai sekarang pun masih doyan banget, justru dia nggak suka yang rasa-rasa. Sehat-sehat ya, Afnaf :)

    BalasHapus
  31. mbak aku kok malah tertarik sama foto anaknya yang lucu ya, hehe ... gemes ngeliatnya saat bungkuk2

    BalasHapus
  32. Setiap anak memang memiliki karakter berbeda dan belum tentu sama dengan orang tuanya. Tetapi, selama sehat ya gak masalah. Minum susu UHT memang bergizi dan praktis. Anak-anak saya juga minum

    BalasHapus
  33. Tips-tipsnya penting banget nih. Anak memang harus sering diajak bergerak dan main di alam terbuka untuk perkembangan motoriknya ya.

    BalasHapus
  34. Setiap anak mempunyai keajaibanya masing-masing, aku nyebutnya gitu.. Jadi biarkanan anak aktif dan kita hanya memantau

    BalasHapus
  35. Wah baca kelakuan dek Ahnaf jadi inget dulu anakku Fathir ketika seusia itu sangat terobsesi dengan tombol dispenser. Pokoknya kalo aku meleng sedikit dia langsung melipir ke dapur dan mencet tombolnya sampai dapurku banjir hahaha.

    Dek Ahnaf yang rajin minum susunya biar tambah pinter yah nak :)

    BalasHapus
  36. Tips yang bermanfaat, bisa di terapkan kalau nanti sudah menikah dan punya anak..he

    BalasHapus
  37. Kalau masih tahan tumbuh kembang memang harus banyak gerak biar terangsang sensor motoriknya, duh ibu muda ini kece banget

    BalasHapus
  38. Setelah main, recharge lagi dengan Indomilk, ya. Memang enak, sih. Ngaruh banget ya tanpa gula dan garam tambahan.

    BalasHapus
  39. Setuju anak aktif itu bukan anak yang nakal tapi indikator dari anak sehat. Ortu yang perlu mengoptimalkan stimulasi dan mencukupi nutrisi diantaranya dengan memberikan susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini

    BalasHapus
  40. Halo Dek Ahnaf, main sama Mas Mada di taman yuuuuuk hihihi anakku suka juga kegiatan outdoor. Gak betah di dalam rumah.

    BalasHapus
  41. Aktif bergerak memang bagus untuk kecerdasan dan kesehatan anak2 nih. Plus asupan nutrisi terutama kalsium juga penting agar tulangnya kuat

    BalasHapus
  42. Makasih mbak buat tips menghabiskan susu setelah kemasan dibuka, soalnya seringkali adik ku gak menghabiskan susunya dan malah menyimpanya di dalam kulkas dan melanjutkan minumnya nanti, serem juga yah kalau susu tercemar bakteri.

    BalasHapus
  43. Asupan pola makan dan nutrisinya penting sekali ya mba. Apalagi ruang bergerak, supaya anak makin pintar ya

    BalasHapus
  44. Pas banget nih informasinya mbak. Anak kedua saya saat ini usianya 1 tahun 2 bulan.

    BalasHapus
  45. ohhh bukannya mulai dua tahun ya ? berarti aman ya buat setahun

    BalasHapus
  46. Anhaf..ko ngegemesin banget ya
    Bener ya,anak generasi milenial rata2 memiliki tingkat pola yg lebih aktif, utk itu perlu sekiranya memperhatikan asupan nutrisinya

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!