Ads 468x60px

Jumat, 25 Januari 2019

Gerakan Sejuta Pohon Wujud Aston Simatupang Peduli Lingkungan


“Let’s nurture the nature, so that we can have a better future.” — Unknown

Membaca sebaris kalimat itu melambungkan ingatan saya semasa SD.

Saat itu saya duduk di kelas 3 SD, para guru meminta setiap murid menbawa satu pohon. Saya yang emang ngga melihara tanaman, otomatis langsung mengajak bapak membelinya.

Tak hanya sampai disitu. Beranjak ke kelas 4 SD, kali ini bukan pohonnya melainkan bibitnya. Dalam hati saya sempat terheran-heran buat apa sih? Alhasil saya tidak merawatnya dengan baik. Tanaman saya rusak bahkan sampai mati. Hiks!

Sampai akhirnya mata saya terbuka *duh bahasanya* ketika melihat maraknya bencana alam di Indonesia apalagi beberapa bulan terakhir.

Longsor.. banjir.. tsunami.. Banyak korban jiwa, orang-orang kehilangan keluarga, harta benda.. Sedih mendengarnya! 😭 Salah satu hal yang menjadi faktornya adalah minimnya pepohonan. Sebab ternyata pohon bisa menghambat bajir, longsor bahkan tsunami!

Pas banget, beberapa waktu lalu saya mendapatkan undangan kegiatan Environmental CSR dari CSR Squad Aston Priority Hotel and Conference atau biasa disebut Aston Simatupang. Saya? Excited banget dong untuk join!

Atas dasar rasa kepedulian terhadap lingkungan dan rasa tanggung jawab sosial, Aston Simatupang mengadakan Environmental CSR berupa Gerakan Sejuta Pohon di SDN Kebagusan Jakarta. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Movement of Million Trees (Gerakan Sejuta Pohon) 2019 dan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh di bulan Januari.




Pukul 07.30 saya berkumpul bersama teman-teman dari Bloggercrony di lobi Aston Priority Hotel and Conference Center. Setelah sarapan di restoran dan briefing sejenak, kami pun meluncur ke sekolah yang letaknya hanya 1km dari hotel.

Lho kok dekat banget?

Of course guys.

"Dalam melaksanakan kegiatan CSR ada kriteria yang harus dipenuhi. Di antaranya sustainable dan targetnya harus sekitar lokasi perusahaan terkait. Biar dampaknya lebih terasa." tukas Pak Paundra, Marketing Communication and Public Relation Manager Aston Priority Hotel and Conference Center.

Yap betul banget kata Pak Paundra. CSR (Coorporate Social Responsibility) adalah bentuk tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Masa iya, perusahannya ada di Jakarta, pengabdiannya di Papua. Duh, ada yang dekat kenapa harus yang jauh? πŸ˜…



Saat pertama kali menginjakkan kaki di sekolah ini, tampak anak-anak tengah belajar olahraga di luar bersama guru, sisanya belajar di dalam kelas. Kesan saya terhadap sekolah ini: waah, beda banget sama SD saya dulu! Ya iyalah, time changes, technology and infrastructures do! πŸ˜…

Setelah segala persiapan selesai oleh para CSR Squad anak-anak diajak keluar dan menikmati acara di lapangan yang luas. Yeya, kami siap bergembira dan belajar bersama!

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari General Manager Aston Priority Hotel and Conference Center, Bapak S. Aulia dan Kepala SDN Kebagusan, Bapak Sulaiman

Secara simbolis Bapak Aulia menyerahkan sebuah pohon kepada Kepala SDN Kebagusan 01 dan Pengawas SDN Kebagusan yang turut hadir.

Meski gerimis sempat turun menemani, namun semangat anak-anak tak terlunturkan. Mereka masih kelihatan  antusias banget lho!

Acara kemudian dilanjutkan dengan story telling dari pendongeng, Kak Maulana, yang super ekspresif. Anak-anak yang tadinya ricuh, mulai duduk tenang dan teratur. Melalui dongeng bertema 'Pohon Penting Bagi Semua', Kak Maulana berusaha mengedukasi anak-anak tentang betapa pentingnya menanam pohon dan menjaga lingkungan. Dongeng dan ekspresi dari Kak Maulana sukses membuat anak-anak tertawa bahagia dan terhibur.

Jangankan anak-anak, saya aja dibuatnya tertawa terhibur. Lumayan lah hiburan buat emak-emak berbayi macam saya πŸ˜‚


Ini bukan kali pertama beliau diundang oleh Aston, sebelumnya sudah pernah dan beliau mampu membuat anak-anak usia balita terpana dengan dongeng super kreatifnya. Keren ya!
“Program Penghijauan lingkungan yang dilakukan oleh Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ini merupakan bagian dari kepedulian dan tanggungjawab sosial perusahaan dalam menjaga lingkungan.” tukas Bapak Aulia.

“Harapan dari program ini adalah agar dapat memberikan sumbangsih bagi kelestarian lingkungan dan menjadi sarana pembelajaran bagi anak – anak untuk mengerti arti pentingnya pohon buat kita ”. lanjutnya.

Kebahagiaan adik-adik SDN Kebagusan bertambah ketika mendapatkan hadiah dari kakak MC bagi mereka yang aktif dan bisa menjawab pertanyaan. Nah, begini nih, ngga hanya sekadar formalitas penyampaian materi tapi ada semacam reviewnya *duh dasar ibu guru*.

Sebagai penutup dan puncak acaranya, jajaran Aston Simatupang dan anak-anak perwakilan SDN Kebagusan bersama sama menanam pohon sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Pohon ini nantinya setiap hari akan disiram dan dirawat oleh anak-anak perwakilan SDN Kebagusan.

Ada pohon bungur, dan lain-lain. Tentunya yang berjenis besar, rindang dan meneduhkan.



Para staf sekolah, jajaran Aston Simatupang dnn tentunya kami para undangan begitu menikmati momen ini lho!

Terimakasih Aston Simatupang atas inisiasi acara yang super keren ini. Terimakasih segenap guru dan siswa SDN Kebagusan atas atensinya dan terimakasih BloggerCrony untuk undangannya kepada saya.
Bloggercrony dan anak-anak (credit to Bloggercrony)

Foto pasca kegiatan (credit to Bloggercrony)
Honestly, saya jadi semacam  dejavu ketika mengikuti acara ini karena semasa kuliah dulu saya sering melakukan kegiatan sosial ke SD. That's why i really happy to come to this event 😍

Buat kalian yang penasaran event kece ini, sikakan lihat video cuplikan berikut ya 😊

Pohon dan Sejuta Manfaatnya
Pemilihan gerakan sejuta pohon sebagai program CSR oleh CSR Squad Aston Simatupang bukan tanpa alasan. Nyatanya ada begitu banyak manfaat pohon lho!

Berikut manfaat pohon bagi kehidupan dan manusia:
  • Meningkatkan usia harapan hidup
  • Mengusir stres dan depresi
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan koordinasi tangan dan ketajaman pikiran
  • Memperindah lingkungan
  • Mengendalikan kelembaban suhu dan udara
  • Pengendali banjir dan abrasi

Nah udah tahu 'kan manfaat pohon apa saja? So, udah ngga ada alasan buat tidak ikut serta Gerakan Sejuta Pohon ya, guys! πŸ˜‰

Tentang Aston Priority Hotel and Conference (Aston Simatupang)
Begitu selesai berkegiatan di sekolah kami diajak makan siang bersama di hotel serta hotel tour. FYI, hotel ini terletak di kawasan bisnis strategis yakni di Jalan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan.

Terdapat 3 jenis kamar antara lain Junior, Deluxe (Queen/Twin) dan Governor Room yang dilengkapi kecanggihan teknologi terkini seperti TV berbasis internet, pendingin berbasis sensor gerak yang membantu tamu mengendalikan power hanya dengan menggerakan badan saja. Tak hanya itu guys, kecepatan sambungan internet dapat dinikmati secara cuma-cuma di setiap kamar juga area hotel.

Hitech banget ya!





Fasilitasnya SANGAT lengkap.  Untuk rekreasi Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center melengkapi hotelnya dengan puat kebugaran, spa serta kolam renang untuk dewasa dan anak-anak.

Buat kalian yang pengen ngadain event besar semisal wedding, graduation dan sebagainya, no worries, hotel ini dilengkapi dengan 15 ruang rapat dan ballroom yng dapat menampung tamu hingga 700 orang!

Yang paling saya suka, makanannya beragam dan sangat enak! Terdapat Canary Coffee Shop yang akan menjamu tamu dengan berbagai hidangan prasmanan  dan minuman dengan khas Asia dan Western.

Selain itu hotel ini juga memiliki Momiji Restaurant yakni restaurant yang akan memanjakan setiap pengunjungnya dengan hidangan khas Jepang.

Tentang Archipelago International
Archipelago International mengoperasikan portofolio terbesar di Indonesia dengan lebih dari 138 hotel dan 100 properti baru yang sedang dikembangkan di seluruh Indonesia, Malaysia, Filipina, Karibia, dan Arab Saudi. Dengan lebih dari 18.000 kamar dan 10 brand mulai dari ultra mewah hingga layanan terpilih di lebih dari 55 kota. Brand yang termasuk di dalamnya antara lain Aston, Alana, Aston Heritage Collection, Huxley, Kamuela, Harper, Quest, Neo, favehotel dan NOMAD Hostels.


Setelah hotel tour, Bapak Aulia selaku General Manager Aston Simatupang mengajak kami mengobrol bersama di Momiji Restaurant, ditemani secangkir ocha hangat, ditambah suasana gerimis. Mantap!

Yap, nama restoran ini  sudah saya sebutkan di atas. Momoji Restauran adalah salah satu restoran yang berada di dalam hotel Aston Simatupang yang mengusung konsep Japanesse. Momiji sendiri merupakan bahasa Jepang yang berarti bunga. Tempatnya instagramable banget lho!

"Kami berusaha sebisa mungkin membuat para pengunjung baik lokal maupun asing merasa nyaman berada disini." ungkap Bapak Aulia.


Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan. Semoga pihak lain turut terinspirasi dengan Gerakan Sejuta Pohon dari Aston Priority Hotel and Conference Center dsn kian banyak pohon tumbuh. Kalau bukan kita yang peduli lingkungan, siapa lagi? 😊

Anyway, kalian tertarik menginap disini? Silakan hubungi kontak berikut ya.

Aston Priority Hotel and Conference

Jl. Let. Jend. T.B. Simatupang Kav. 9 Kebagusan South Jakarta 12520 Indonesia
mobile :
+62 817 946 0145
phone  :  +62 21 7883 8777
fax :  +62 21 7883 9777
e: Simatupangmm@astonhontelsinternational.com 
web:  simatupang.astonhotelsinternational.com

28 comments:

  1. Aku seneng banget kalau ada perusahaan yang peduli lingkungan atau sering ngadain charity kemarin juga aku baru ada acara charity gt sama brand yang gak niat nyari pasar tp murni charity. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom karena bussiness is not only about money but the identity ;)

      Hapus
  2. Melestarikan lingkungan dengan gerakan menanam sejuta pohon ini sangat daku dukung agar bumi tetap hijau dan asri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mba Fen, akupun demikian. Makanya hepi banget waktu tahu Aston ngadain event ketjeh begini :D

      Hapus
  3. Hotel Aston SImatupang nih dekat ama rumahku, mba. Dan ngebayangin kapan ya bisa nginap di sana, Gerakan yang mereka lakukan tuh harus didukung bener karena emang pas buat jaga lingkungan ya jadi lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah daerah sana ya tinggalnya mom? Sekota dong kita ehhe aku juga deket siu, hehe.
      Semoga bisa segera dapat kesempatan main ke Aston mom :)
      Yups ayoo kita dukung mom!

      Hapus
  4. SUngguh aku paling suka sama CSR begini, turun langsung buat menyelamatkan bumi dari darurat pohon. Good job aston simatupang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom. Dampak positufnya kerasa ya 😊

      Hapus
  5. Keren nih inisiasi dari Aston Simatupang..berawal dari satu dua pohon tentu akan berarti bagi bumi dan lingkungan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba. Satu pohon aja udha berarti banget yaa.

      Hapus
  6. Sip banget mba programnya untuk mencintai lingkungan. Apalagi untuk anak-anak, jadi mereka bisa sejak kecil mencintai lingkungan hidu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kebiasaan cinta lingkungan harus dimulai dr kecil ya mba.

      Hapus
  7. Wah, keren program CSR-nya. Sangat bermanfaat bagi kita dan lingkungan. Semoga pohonnya bisa dirawat dengan baik, ya. Dan semoga, banyak juga perusahaan, korporat, dan pihak-pihak swasta lain yang juga melakukan hal ini. Ngomong2 soal Aston Simatupang, aku pernah ke sana. Homy dan cozy nginep di sana. Makanannya pun enak-enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.

      Waaah ada customer Aston. Indeed ya mba. Enyak enyak makanannya dan homey 😍

      Hapus
  8. Kegiatan ini sifatnya edukatif banget ya ke anak. Anak-anak pun jadi bisa mengerti makna atau pentingnya menanam tanaman untuk masa depan, sekaligus menjadi motivasi kebiasaan baik.

    BalasHapus
  9. Kesadaran lingkungan sehat memang harus ditanamkan sejak usia dini. Edukasi yang asyik dan banyak manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edukasibdengan cara yg mudah dipahami anak ya mom 😍

      Hapus
  10. Semoga program ini berkelanjutan ya krn kesadaran thd lingkungan harus diupayakan secara berkala, ga cuma sesekali doank. Bagus nih, bagus banget programnya. Harapanku semoga next time ada lagi, terus dan terus

    BalasHapus
  11. Alhamdulilah mantap CSR Aston gerakan menanam pohon ya mba, aku jadi ingat kalau pas SD dulu juga suruh bawa tanaman dalam pot nanti ditaruh di halaman sekolah seru menyenangkan :) semoga banyak perusahaan juga ikuti jejak langkah ASTON y mb

    BalasHapus
  12. Wah CSR-nya Aston ini beda ya? Menanam pohon sambil ngajarin anak mencintai lingkungan gtu.
    Apalagi di Jakarta gtu, lahan hijau makin berkurang. InsyaAllah ini kelak pohon2nya tumbuh besar dan lumayan nyumbang oksigen buat Jkt ya :D

    BalasHapus
  13. Kegiatannya bagus banget, mendukung kelestarian alam. Oh, hotelnya juga keren banget yaaa. He

    BalasHapus
  14. Mantap banget program seperti ini... Apalagi sekarang jumlah pohon banyak berkurang...

    BalasHapus
  15. Suka sama orang-orang yang memperhatikan lingkungan, setidaknya bumi ini bisa diselamatkan meski sudah terjadi banyak kerusakan akibat pembangunan dan lain-lain

    BalasHapus
  16. Bagus programnya, semoga bisa di rutinkan ke sekolah-sekolah lain atau tempat lain. Karena kalo bukan kita siapa lagi yang ngerawat bumi

    BalasHapus
  17. aksi menanam pohon ini memang bagus banget dilaksanakan. aku jadi ingat belasan tahun lalu ada anak-anak pramuka menanam pohong ketapang di pinggir jalan di kotaku. sampai sekarang pohonnya masih ada dan bermanfaat banget buat mengurangi terik matahari

    BalasHapus
  18. Wah bahkan sekarang itu agenda tanam sejuta pohon sudah jsdi kegiatan anak2 TK lho mba biasanya tiap tahun suka ada undangan dr univ UI yg mengadakan acara tanam sejuta pohon,btw aku salfok juga sma kamar hotelnya kece dan nyaman banget deh.kapan2 boleh jg nginep dsna deket juga dr depokπŸ˜†

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!