Ads 468x60px

Rabu, 30 Januari 2019

Empat Skill yang Wajib Dimiliki Digital Entrepreneur & Marketer di Era Revolusi Industri 4.0


Dulu semasa saya SD, saya belum kenal yang namanya ponsel, laptop apalagi internet! Sungguh bagaikan sebuah benda asing, tak hanya bagi saya, tapi juga teman-teman sebaya saya.

Beranjak ke bangku SMP, itulah kali pertama saya punya ponsel sendiri. Mulai detik itu akses internet pun saya nikmati. Anyway, internet users di Indonesia termasuk tertinggi di dunia lho! Sebesar 51% penduduk Indonesia sudah menjadi internet users per Januari 2017.

Ngomongin soal akses internet dan teknologi, ngga jauh-jauh dari revolusi industri 4.0.

Wah, apa tuh?


Revolusi Industri 4.0 dan Sejarahnya
Revolusi Industri 4.0 merupakan terobosan baru pemerintah demi berkembangnya dan majunya Indonesia. Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah fase yang fokus pada interkonektivitas, automasi, learning machine dan real time data.

  • Pada industri 1.0 mulai 1784, baru muncul mesin uap dlm industri.
  • Pada industri 2.0 (tahun 1870) penggunaan mesin produksi massal tenaga listrik/BBM.
  • Pada industri 3.0 (1969) penggunaan teknologi informasi dan mesin otomasi.
  • Pada industri 4.0 (diperkenalkan mulai 2011) mesin terintegrasi oleh jaringan internet.

Dalam revolusi industri, ada beberapa sasaran dan kesempatan bagi produk Indonesia dalam menggapai pasar global, antara lain tekstil, alas kaki, furniture,  farmasi, industri kreatif, dan lain-lain.

Skill Digital Marketer & Entrepreneur
Berbicara tentang Revolusi Industri 4.0, ngga jauh-jauh bicara soal kecanggihan teknologi. Sebagai seorang entrepreneur, saya juga harus melek teknologi. Kemudahan teknologi, akses internet dimana saja benar-benar membantu saya dalam berwirausaha.

Ngga heran, muncul istilah Digital Entrepreneur dan Digital Marketer. Sesuai namanya, digital entrepeneur adalah mereka para wirausahawan yang memanfaatkan dunia virtual dalqm mengembangkan usahanya. Sedangkan digital marketer adalah mereka para pemasar produk yang juga memanfaatkan dunia virtual dalam mempromosikan produk jualannya.

Digital entrepreneur bukan hanya mereka yang memiliki toko online. Dalam menjadi seorang digital entrepreneur dan marketer, berikut beberapa skill yg harus kita kuasai:

Analytics
Seorang digital marketer harus memiliki kemampuan analisa yang baik. Ini diperlukan dalam menganalisa trend marketing di dunia digital. Ia harus mengoptimalkan media online sebagai sarana promosi sekaligus melacak reaksi konsumen serta meresponnya dengan baik.


SEO
Seorang digital marketer/entrepreneur harus tahu soal SEO (search ingine operations) yang meliputi kemampuan menguasai Google analytics, mengenali trend terbaru baik bulanan, harian ataupun musiman dalam trafik para viewers.

Design
Di era sekarangdimana tekonolog kian canggih, ilnu desain rasanya bisa dan harus dikuasai oleh setiap orang termasuk seorang digital entrepreneur/marketer dalam membuat publikasi yang mengedapnkan kreativitas, mendesain presentasi Power Point dan desan web. 


Content Creation
Berbeda dengan skill CEO, dalam skil content creation, seorang digital entrepreneur/marketer harus mampu membuat email pemasaran dalam beberapa bagian, mengedit konten, menganalisa kompetitor, memahami kata kunci pencarian.

"Pengen deh belajar jadi digital entrepreneur, tapi gimana ya? Dan dimana?"

Banyak banget pertanyaan serupa muncul dari pikiran kaum nuda. Meskipun saat ini segala sesuatunya sudah bisa diakses lewat internet tapi sebagian besar orang mengingin belajar secara offline dan ter-manage.

Tentang GeTI dan Detalase
GeTI (Global Entrepreneur and Talent Incubator) adalah sebuah pusat pelatihan dan inkubator untuk menjadi seorang digital entrepreneur dan digital marketer. GETI juga memfasilitasi UKM yg ingin merambah ke pasar ekspor.
Tampilan web GeTI (www.geti.id)


GeTI mendorong para pelaku bisnis dari B2C  (bussiness to consument) menjadi B2B (bussiness to bussiness) dengan alur sebagai berikut:

Menjadi inkubator kelas dunia yg menyediakan perjalanan emas mencapai M2C (manufactures to consument) adalah visi GeTI. Itulah mengapa konten yang dirancang terstruktur meliputi real implementation and operation (40%), ecommerce ecosystem (35%) dan entrepreneurship (40%).

Program studi yang tersedia adalah Digital Marketing Specialist dengan alur Restructuring Class, Mastering Class, Specialist Class dan Hot Trend.

Kurikulum tersedia bagi:

  1. Digital Salespreneur, meliputi digital marketing, bussiness proccess management, creativity dan character.
  2. Entrepreneur Incubator, meliputi understanding entrepreneurship, grow interest and entrepreneurial drive, business ethics, consulting and strategic marketing plan dan entrepreneur character building.


Hingga detik ini, GeTI telah bekerjasama dengan Gramedia Academy, IDMC, perusahaan swasta, pemerintahan hingga BUMN lho!

Apa saja keunggulan GeTI?

  • Kurikulum aplikatif
  • Fasilitator internasional dan atraktif
  • Ada trial class-nya

sumber: instagram @geti.incubator

Sedangkan Detalase merupakan web penyedia barang dropship bagi para digital marketer dengan misi membangun sebanyak mungkin onlinepreneur  di Indonesia dengan menyediakan produkjasa logistikmetode pembayaran yang aman, dan customer service yang responsif


Kelebihan Detalase antara lain:

  • Bebas biaya
  • Jutaan produk
  • Tanpa perlu menyetok
  • Tanpa install aplikasi
  • Barang pasti dikirim
  • Quality kontro terbaik
  • Ranpa pusing siaa pajaj
  • Transaksi anan 100%

Sstt.. ada kelas terdekat dari GeTI lho!


Berminat belajar menjadi digital marketer handal melalui GeTI?
Yuk segera kunjungi:

Office:
Grand Slipi Tower

Jalan Jend. S. Parman No.22-24
Palmerah, Kota Jakarta Barat
Jakarta 11480

Instagram: @geti.incubator
Website: www.geti.id

 Email: campus.hq@geti.id

 +62 21 50 111 319



54 comments:

  1. Detalase ini fungsi nya dalam dunia enterpreneur nih apa aja kak? Dia hanya berupa web aja ya yang mengkoordinir semua penjualan gitu ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia menjadi perantara antara produsen dg marketer kak ;)

      Hapus
  2. saya banget ini sukanya berjualan dengan sistem dropship, karena lebih simpel aja :D saya gak perlu keluar rumah kirim-kirim paket. Kepoin ah Detalase ini :D makasih ya mba infonya.

    BalasHapus
  3. Jadi digipreneur ini khusus bergerak di bidang online ya mom. Kita bisa berwirausaha dengan memanfaatkan adanya digital marketing ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps kayaknya skrg mau berwirausaha udh ga sesulit bebrrapa tahun lalu ya mom.

      Hapus
  4. Setuju banget dengan skill yang wajib dimiliki ini. Zaman serba internet bikin kita kudu mumpuni ya dalam hal skill2 di atas itu.

    BalasHapus
  5. Detalase..web penyedia barang dropship untuk para digital marketer. Menarik ini..jadi pengin kepoin siapa tahu ada peluang di situ, bisa untuk bisnis sampingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, akubjuga baru tahu da perantara dropship begini 😍

      Hapus
  6. Wah info keren ini. Makemak milenial macam saya harus tahu. Makasih mba

    BalasHapus
  7. Detalase memudahkan untuk yang ingin berbisnis tanpa modal yah, jadi nggak susah buat jadi enterpreneur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget nih mba Fen 💙

      Hapus
    2. Karena sudah banyak cara kan menjadi entrepreneur

      Hapus
  8. 4 skill ini penting banget ya Vi, namun 4 diantaranya belum ada satupun yg sepertinya belum aku kuasai, hiks. Padahal, tantangan kedepannya pasti akan bersinggungan dengan 4 skill tadi dan dijamin bakal kepake banget, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba. Aku nih yg SEO masih awwam, hihi.

      Hapus
  9. mantap nih detalase buat yang mau usaha awal bisa cobain ini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba. Ada lembaga pembelajaran marketingnya juga, GeTI ;)

      Hapus
    2. btw untuk skill yang SEO aku pengen belajar masih buta dan awam banget sama SEO :(

      Hapus
  10. Jangan takut memulai usaha kan sekarang udah ada detalase

    BalasHapus
  11. Belum bisa desain. Pengen banget belajar, minimal infografis, tapi kalau gak ada gurunya kok desainku gk banget haha. Apa kudu punya jiwa seni ya :P

    BalasHapus
  12. Aku nih basih belajar banget tentang SEO, selain mau konsisten nulid untuk blogku. Seru banget ya ini acaranya dan pembahasannya bagus pulak.

    BalasHapus
  13. Waah, ini mah jelas cocok banget ya vis buat kamu, secara kamu punya usaha toko buku online kan? Detalase, digital etalase, so cool euii

    BalasHapus
  14. mbaa makasih sharingnya, setuju banget sama 4 skill yang harus dimiliki digital entreprenuer. Aku masih lemah dalam analisa dan SEO an nih mbaa hahaha. Intinya harus mau belajar dan mengupgrade diri terus yaa..

    BalasHapus
  15. Keren juga ya detalase ini, sangat support bagi mereka mereka yang punya keinginan untuk berbisnis secara online

    BalasHapus
  16. Wah keren nih buat emak-emak yang kau berbisnis di sela waktu luang. Mudah dan praktis ya kelihatannya.

    BalasHapus
  17. Aduh kalo ngomongin internet sekarang rasanya udah kaya makanan pokok seperti nasi aja ya mom hehe.. internet di zaman digital mempengaruhi perkembangan terlebih dalam hal usaha, lebih menjangkau pasar ya .. kalo dulu jadi dropshipper repot sekarang ada detalase jadi mudah ya buat jadi entrepreneur bukan mimpi lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal klik klik, kirim barang, dapat profit deh mom.

      Hapus
  18. Dengan pendampingan dan beragam kemudahan, semoga kian banyak entrepreneur andal ya Mba, untuk kemajuan Indonesia juga.

    BalasHapus
  19. Mesti banyak belajar nih tentang digital marketer, saya nanti mau tanya langsung ke GeTI

    BalasHapus
  20. Semakin canggih teknologi manusia dituntut untuk bisa mengikutinya. Karena kalau tidak, kita akan diam di tempat atau justru malah ketinggalan ya

    BalasHapus
  21. Secara tak langsung saya mengasah skil digital entrepreneurship saya selama ini rupanya. Saya punya blog dan sering secara tak langsung juga menyingung-nyinggung produk yang saya jual di sana. Dan sekarang sedang pengen banget belajar SEO :)

    BalasHapus
  22. Oaalaah, ini toh maksudnya industri 4.0,kemarin diriku bertanya2 apa maksudnya.... Thanks mba, nambah info jalan2 kesini

    BalasHapus
  23. Era digital serba canggih dan dipermudah dan itu harus diimbangi dengan skill ya. Semoga ini membuka peluang bagi yang ingin buka usaha online.

    BalasHapus
  24. Baru tau tentang GeTI dan Detalase. Makin takjub sama inovasi2 yang ada di era digital ini. Keren semuaa

    BalasHapus
  25. Internet bener2 memegang peranan penting utk industri zaman now ya mbak?
    Zaman skrng enak ya bisa jualan "tanpa modal", dropship2 dulu, lama2 nyetok, bisnis jd besar deh :D

    BalasHapus
  26. Di era internet seperti sekarang ini segala hal kian beranjak menuju digital, pun demikian dalam.bidang start up semakin banyak yg berinovasi

    BalasHapus
  27. Jadi kalau Detalase ini kayak marketplace-nya dropshiper gitu bukan ya? Atau cuma web-nya aja, tapi tidak memfasilitasi transaksi dengan dropshiper?

    BalasHapus
  28. Generasi sekarang sepertinya dituntut jangan gaptek. Sekarang apa-apa serba internet

    BalasHapus
  29. Para milenial wajib tahu nih. Biar selain gaul, mereka juga jadi milenial yang cerdas. Biar gak ketinggalan zaman di era digital.

    BalasHapus
  30. Wah ini banget yg kucari selama ini...btw 4 kemampuan di atas memang penting ya klo mau terjun di.dunia digital marketing ini..

    BalasHapus
  31. Waah....SMP baru kenal internet, beda umur jauh banget nih kita hehe. Tp berkat internet ya dunia bisnis dan ekonomi jadi makin dimudahkan, contohnya model dropship yg dulu mungkin ga pernah terpikirkan.

    BalasHapus
  32. Mba visya, bagian design banyak yang typo hehe.

    BalasHapus
  33. wah aku langsung kepoin nih, pgn gabung biar nambah skill deh. thanks infonya ya

    BalasHapus
  34. Kayaknya seru nih, mau gabung deh..

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!