Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami







Mata yang sehat menjadikan awal yang sempurna dalam menjalani hari. Aku baru merasakannya ketika SMP aku mulai merasa penglihatanku tidak begitu jernih, terlebih ketika guru menuliskan sesuatu di papan tulis. Awalnya aku sempat denial bahwa aku mengalam rabun jauh. Tapi akhirnya aku menurut saat ayahku mengajakku memeriksakan mata di optik.


Hasilnya? Sudah bisa diduga. Kedua mataku rabun jauh dengan minus kanan 1 dan minus kiri 1,25! Kacamata rabun jauh pun bertengger di hidungku sejak saat itu.

Aku sangat suka membaca buku. Saat itu aku menyadari, kebiasaan membaca sambil tiduran menjadi faktor utama penyebabnya, setidaknya itu yang bisa kusimpulkan.

Namun tak hanya kebiasaan membaca sambil tiduran, tak bisa dipungkiri, di zaman yang serba canggih seperti saat ini membuat kita tak bisa jauh dari layar ponsel. Hal ini membuat mata menjadi lelah dan cepat kering, sehingga berdampak pada kesehatan mata.

Pentingnya menjaga kesehatan mata tak lain karena mata merupakan salah satu indera yang sering digunakan dalam keseharian. Cara menjaga kesehatan mata secara alami ini bisa kamu lakukan sedini mungkin, agar saat bertambahnya usia kesehatan matamu tidak menurun.

Jika retina mata bermasalah maka penglihatan pun akan mengalami gangguan. Retina mata adalah lapisan tipis di belakang mata yang berguna untuk menangkap cahaya. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara menjaga kesehatan mata secara alami. 

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mata secara alami yang bisa kita lakukan? Pertanyaan seperti itu mungkin sering melintas di pikiranmu dan mencari tahu hal apa yang harus dilakukan. Mending simak langkah berikut ini!

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Ternyata cara paling mudah dalam menjaga kondisi mata adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zinc, dan karotenoid.

Karotenoid merupakan antioksidan yang baik untuk mata, membantu melindungi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan melalui sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), wortel, jeruk, telur, kacang-kacangan, dan ikan berlemak (sarden, salmon, tuna).

Menerapkan pola makanan sehat juga bisa mengurangi risiko obesitas dan terhindar dari penyakit diabetes tipe 2, yang menjadi salah satu penyebab utama kebutaan pada orang tua. Tentu kamu tak ingin hal ini terjadi, bukan? So, cara menjaga kesehatan mata secara alami ini bisa kamu terapkan.

Mengatur Pencahayaan Ruangan yang Tepat

Cara lain menjaga kesehatan mata yang tepat adalah dengan mengatur pencahayaan di dalam ruangan. Beraktivitas dalam ruangan dengan pencahayaan yang baik dapat meningkatkan konsentrasi, dan kerja pun jadi lebih semangat ketimbang suasana remang-remang.

Ketika mengatur pencahayaan dalam ruangan perlu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan mata saat itu.Kamu yang punya masalah pada mata seperti, minus, plus, silinder, katarak, glaukoma, dan degenerasi makula tentu butuh pengaturan cahaya khusus agar bisa melihat dengan baik.



Lakukan Senam Mata

Senam mata bisa dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan otot mata, di pagi hari, sebelum tidur atau saat mata terasa lelah. Caranya pun mudah, lakukan saat duduk santai sambil tutup mata dan gerakkan mata sejauh yang kamu bisa, tahan beberapa saat kemudian jatuhkan pandangan ke bawah dan ulangi gerakan dari awal. 

Bisa juga dengan cara menutup mata, dengan mata tertutup lirik ke kanan kemudian ke kiri, ulangi beberapa kali kemudian ganti arah. 

Hindari Asap Rokok

Siapa sangka asap rokok tanya hanya berbahaya bagi kesehatan paru-paru tapi juga bisa mengintai kesehatan matamu. Perokok aktif memiliki peluang lebih besar mengalami mata kering.

Perokok berat memiliki risiko 3 kali lebih tinggi mengalami katarak di matanya. Bahkan kamu yang hobi merokok juga akan mengalami degenerasi makula, serta tingginya risiko terkena glaukoma.

Hindari Pemakaian Lensa Kontak Terlalu Lama

Jangan gunakan lensa kontak terlalu lama. Batasi waktu menggunakan lensa kontak selama 8 jam saja. Jika merasakan mata kering sebaiknya cepat teteskan obat mata. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Bahkan kerusakan mata akibat lensa kontak bisa bersifat permanen atau tidak bisa disembuhkan. Jadi cara menjaga kesehatan mata secara alami alias tidak memakai lensa kontak bisa kamu terapkan.

Kurangi Penggunaan Tetes Mata yang Berlebihan

Menggunakan obat tetes mata saat mata merah atau iritasi memang salah satu cara yang ampuh untuk menyembuhkannya. Namun, jika pemakaian obat tetes mata berlebihan justru akan berdampak bagi kesehatan mata.

Jangan Mengucek Mata

Kebiasaan yang satu ini sering dilakukan saat mata terasa gatal atau perih. Secara spontan kamu akan mengucek mata untuk mengurangi rasa gatal dan perih, bukan?

Mengucek mata terlalu sering tidak disarankan, karena bisa berakibat fatal pada kesehatan mata yang bisa mengakibatkan iritasi. Selain itu, mata bisa bertambah merah atau mengalami pendarahan.

Rutin Memeriksa Mata

Pemeriksaan mata tak hanya dilakukan saat mata mengalami gangguan saja, tapi bisa dijadikan kebiasan dan dilakukan secara berkala.Melakukan pemeriksaan mata dapat membantu memantau seberapa baik kemampuan penglihatanmu.

Kamu bisa mengunjungi KMN EyeCare untuk memeriksakan kesehatan mata secara berkala. Dengan begitu kamu bisa mendeteksi sejak dini masalah pada mata. Meskipun tak memiliki keluhan apapun, pemeriksaan yang tepat bisa membantu mengatasi adanya gangguan mata yang tidak bergejala.

Ternyata cara menjaga kesehatan mata secara alami bisa kamu lakukan di rumah dan kapanpun. Karena langkah-langkah di atas tergolong mudah untuk diikuti, Selamat mencoba!


sumber gambar:

Pixabay

1 komentar:

  1. aku sendiri termasuk rabun jauh. mungkin karena dulu terbiasa membaca sambil tiduran.
    dan wortel pun aku ga begitu suka, yang katanya bagus buat kesehatan mata

    BalasHapus