Tips investasi Emas Bagi Pemula yang Mudah dan Lengkap




Sudah setahun terakhir aku menerjunkan diri pada dunia investasi. Mom investor atau bunda investo begitulah aku mengistilahkan para ibu yang terjun ke dunia investasi sepertiku. Mulai dari investasi reksadana hingga merembet kemama-mana. tentunya aspek keamanan diutamakan, yaitu terdaftar dan di awasi oleh OJK.

Namun jujur aku belum pernah mencoba investasi emas. Sehingga aku membutuhkan tips investasi emas bagi pemula.


Dengan melakukan investasi juga bisa mengajarkan kita tentang hidup bijak; bijak mengelola masa kini dan merencanakan masa depan. Bagi Moms yang sudah mempunyai penghasilan, baik penghasilan sendiri atau dari suami, perlu sekali untuk melakukan investasi untuk masa depan yang lebih cemerlang. Tujuannya adalah untuk menjamin masa depan lebih baik lagi. Apapun jenis investasi yang ingin Moms pilih, bukan menjadi masalah selagi penghasilan masih memungkinkan.

Saat ini juga banyak bermunculan jenis-jenis saham yang bisa memberikan Moms keuntungan. Walaupun begitu, akan tetapi pilihan tetap berada di tangan Moms. Perlu Moms ketahui juga, bahwa saat ini sedang maraknya investasi saham yang berupa emas. Sebagai seorang pemula Moms juga bisa memulai investasi jenis emas pula. Banyak yang mengatakan bahwa dengan melakukan investasi tersebut itu lebih aman.

Emas bukan hanya kondang sebagai sebuah perhiasan. Moms juga bisa berinvestasi dengan logam mulia tersebut. Alasannya karena mempunyai kecenderungan harga naik, juga jarang mengalami penurunan dengan jumlah yang signifikan.

Beberapa Tips investasi Emas Bagi Pemula yang Perlu Moms Perhatikan

Keberadaan emas juga mempunyai popularitas yang sangat tinggi. Dengan begitu juga banyak yang beralih ke investasi ini. Akan tetapi bukan itu masalahnya, umumnya pemula masih kurang begitu paham mengenai bagaimana cara yang baik dan benar untuk investasi tersebut. Untuk yang masih bingung, berikut ini penjelasannya untuk Moms.

Pastikan Tujuan investasi Moms Itu untuk Apa

Sebelum Moms mencoba melakukan investasi emas, pastikan juga tujuan berinvestasi untuk apa. Tips investasi untuk pemula ini merupakan hal utama yang paling penting dan utama. Pasalnya ada banyak tujuan yang bisa Moms jadikan target dalam berinvestasi. Bisa untuk tabungan membeli rumah/kendaraan, pendidikan atau bisa juga untuk investasi di hari tua kelak.

Sebagai contohnya adalah misalnya Moms sudah menargetkan untuk 10 tahun kedepan untuk berhenti bekerja. Gaji yang Moms dapatkan sudah disimpan sebagai investasi guna membuka usaha. Inilah investasi yang aman bagi pemula.

Pantau Terus Perkembangan Harga Emas dengan Berkala

Kemudian tips investasi emas bagi pemula yang ke selanjutnya adalah harus melakukan pemantauan terhadap perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, terasa sulit untuk memantau harga emas tersebut. Pasalnya banyak situs-situs internet yang menampilkan perkembangan harga emas pada setiap harinya. Bahkan ada juga aplikasi pada ponsel.

Sebenarnya apa tujuan untuk memantau harga emas tersebut? Banyak yang mengenal emas itu sebagai alat investasi yang paling stabil meskipun juga mengalami penurunan harga. Walaupun jarang, tak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian jika harganya naik, maka Moms bisa menjualnya. Ketahuilah, bahwa investasi emas itu cocok untuk jangka pendek.

Lakukan Pembelian Emas di Tempat yang Sudah Moms Percaya

Kemudian tips investasi emas bagi pemula yang harus Moms lakukan adalah melakukan pembelian tersebut di toko langganan. Pastikan juga sudah percaya dan bisa saling memberi kepercayaan. Alangkah lebih baiknya juga jika Moms membeli di tempat yang resmi. Resmi memiliki artian bahwa barang yang dijual disertakan dengan surat beserta sertifikatnya. Salah satunya dengan mengunjungi Pegadaian Digital.



Pilihlah Tempat Penyimpanan yang Aman

Pemilihan tempat penyimpanan juga menjadi tips investasi emas bagi pemula yang harus benar-benar diperhatikan. Penyimpanan yang paling mudah untuk Moms lakukan adalah di rumah sendiri terus dalam brankas ataupun safety box. Jika dengan penyimpanan tersebut merasa masih kurang nyaman, Moms bisa menyimpannya di SDB (Safe Deposit Box) yang biasanya ditawarkan oleh Bank. Ketika Moms memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

Mengenai harganya juga tergantung dengan kebijakan masing-masing fungsi dari SDB bukan hanya untuk menyimpan emas saja, akan tetapi bisa juga untuk menyimpan surat-surat berharga lainnya. Misalnya adalah sertifikat tanah maupun rumah. Berkaitan dengan penyimpanan juga pembeliannya yang aman, Moms bisa mengunjungi Sahabat Pegadaian.

Tetap Fokus untuk Masa Depan

Tips investasi emas bagi pemula yang selanjutnya adalah fokus kepada masa depan. Maksudnya adalah Moms harus menyadari bahwa investasi merupakan tabungan yang baik untuk masa depan. Bisa jangka panjang maupun pendek.

Saat melakukan investasi, maka sabar juga harus selalu Moms genggam. Semua usaha Moms tersebut tidak bisa langsung berubah menjadi gunung banyaknya. Butuh sabar, usaha yang konsisten dan pantang menyerah. Dengan demikian, maka hasil jerih payah yang akan Moms rasakan kelak dikemudian hari. Pastinya juga akan merasa bangga dengan diri Moms sendiri. Karena sudah berusaha dengan keras tanpa kenal menyerah.

Wahai kawula muda, cobalah untuk berinvestasi sejak dini. Amalkan beberapa tips investasi emas bagi pemula tersebut untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan. Jangan hanya menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.


 referensi gambar :

universalboker

tokopedia

0 komentar: