Sehat Mental &Sehat Jiwa Bersama Izi Health & Pulih@thePeak


Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

Sebagian besar dari kita tentunya tidak lagi asing dengan istilah tersebut, bukan?

Bukan sekadar istilah yang dicetuskan, kalat di atas berlaku juga dalam realitanya meskipun tidak selalu, namun sebagian juga berlaku bolak balik. Di dalam jiwa yang kuat, ada tubuh yang sehat. Hal ini membuktikan bahwa kesehatan itu bukan sekadar sehat mental saja atau sehat fisik saja namun juga keduanya.


Bicara soal kesehatan, tahukah, Moms, bahwa tanggal 12 November 2021 lalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional ke-57?

Bertepatan dengan hari itu, aku berkesempatan mengikuti webinar bertema "Mengenal Lebih Dalam Mens Sana in Corpore Sano bersama IziHealth dan Pulih@thePeak" pada hari Jumat 12 November 2021. 

Narasumber yang hadir antara lain Christian Adhi Putra (Head of Operational Izi Sehat Eternal), Dra Diah Astarini (Yayasan Pulih@thePeak) & Anggina Salamah (Certified Nutrition Coach). Webinar ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih aware terhadap kesehatan mental. Ada banyak insight yang aku dapatkan melalui webinar ini khususnya seputar topik yang dibicarakan, baik dari sisi kesehatan fisik maupun kesehatan mental. 



🌱 Pentingnya Mengenali Kebutuhan Diri Sendiri

Sebelum mulai mengenal orang lain, kenali terlebih dahulu diri kita. Bukan sekadar mengenal karakter dan sifat diri melainkan kebutuhan secara fisik dan mental. Seseorang yang mengenali dirinya dengan baik, akan bisa memenuhi kebutuhan dirinya termasuk memenuhi nutrisi seimbang untuk tubuhnya, dengan kata lain tidak makan asal makan, bahkan memakan apa yang tubuhnya tidak bisa terima. 


🌱Menunda-nunda Makan Bukan Pilihan yang Tepat

Menjalani pola makan teratur salah satunya bertujuan adalah menghindari rasa lapar berlebihan. Menunda-nunda makan saat perut mulai terasa lapar mendatangkan banyak dampak buruk seperti mengambil makan berlebih, hanya memilih menu tertentu yang tidak memenuhi gizi seimbang, dll. Intinya, menunda makan bukanlah sikap yang tepat. Makan teratur dengan porsi yang cukup dan seimbang senantiasa penting adalah pilihan yang bijak.



🌱 Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Seperti yang aku sampaikan di awal, kesehatan bukan sekadar sehat fisik saja, hal ini diamini oleh para narasumber khususnya Dra Diah Astarini. Tidak masuk rumah sakit jiwa tidak berarti mental kita selalu sehat, apalagi di era digitalisasi seperti saat ini, kesehatan mental menjadi isu yang semakin hangat diperbincangkan karena beragam kasus bisa muncul akibat kesehatan mental yang buruk. 

Sebaliknya, apabila kesehatan mental terjaga, terwujudlah tubuh yang sehat dan bahagia. Jika Moms mulai merasa burnout, lelah, stres, berhentilah sejenak dari aktivitas rutin, temukan hal-hal yang bisa me-release perasan tersebut. Memang, kita tidka bisa sepenuhnya menghindari perasaan tersebut tapi kita bisa meminimalisasi dan mengatasinya. 


🌱Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Ada yang masih apakah psikiater dan psikolog itu berbeda?

Jawabannya, ya. Keduanya memang sama-sama bergerak di bidang kesehatan mental namun dalam tupoksinya dan beberapa hal berbeda.

Psikiater merupakan dokter yang memberikan terapi pengobatan kepada pasiennya. Mereka dapat meresepkan obat untuk terapi kesehatan mental dan emosional pasiennya.

Sedangkan, psikolog lebih fokus pada psikoterapi untuk merawat gangguan emosional dan mental pasiennya.

Sedangkan psikolog adalah lulusan kuliah sarjana dan kuliah profesi psikolog. Mereka bisa merekomendasikan tes psikologis untuk menakar kondisi mental seseorang dan merekomendasikan jenis terapi yang paling efektif untuk pasiennya.

Keduanya seringkali bekerja di bagian kesehatan mental rumah sakit namun tupoksi berbeda. Psikolog bertugas merawat pasien dengan kondisi yang efektif dibantu dengan perawatan psikologis. Kondisi tersebut antara lain gangguan perilaku, kesulitan belajar, depresi, sampai gangguan kecemasan.

Sedangkan psikiater bertugas membuat penilaian dan diagnosis awal, kemudian merujuk pasien ke psikolog untuk mengikuti terapi psikologis atau konseling.

Tugas psikiater lainnya antara lain memberikan pengobatan, memeriksa kondisi kesehatan fisik dan memantau efek pengobatan, perawatan psikologis, terapi stimulasi otak seperti terapi elektrokonvulsif (ECT). Psikiater juga umumnya merawat pasien yang membutuhkan pertimbangan medis seperti depresi berat, skizofrenia, bipolar, dan sebagainya.

Jika kalian tidak yakin harus menemui psikiater atau psikolog, tanyakan dengan dokter umum yang menangani. Dokter dapat memberikan rekomendasi paling tepat apakah masalah kesehatan kita perlu ditangani psikiater atau psikolog

Oh ya, menurut informasi yang aku dapatkan dalam webinar tempo hari, biaya untuk konsultasi kesehatan mental baik konsultasi psikolog maupun psikiater, cukup terjangkau lho! Mungkin karena semakin banyak permintaan sehingga biaya pun menjadi lebih terjangkau. 


Tentang IziHealth

Izihealth adalah situs online untuk konsultasi dan belanja keperluan produk kesehatan keluarga. Terdapat berbagai macam pilihan jasa maupun produk kesehatan di dalamnya. Masyarakat bisa mendapatkan layanan konsultasi kesehatan mental bersama psikolog dan bahkan mendapat pengobatan dari psikolog maupun psikiater. 

Beberapa fitur di dalam situs IziHealth antara lain konsultasi online, buat janji, belanja kesehatan, kelas online dan voucher. Beberapa layanan kesehatannya antara lain chiropractic, acupuncture, fisioterapi, mental health, derma and hair, dental, body and face, nutrition, get fit, Covid 19 dan vaksinasi.


Tentang Pulih@thePeak

Melansir dari situsnya, Pulih@thePeak merupakan kewirausahaan sosial yang didirikan pada 21 April 2014, yang didedikasikan sebagai keberlanjutan dari Yayasan Pulih yaitu organisasi nirlaba yang berkiprah sejak tahun 2002 dalam pemulihan trauma psikologis dan psikososial.

Pulih@thePeak hadir dengan visi menjadi pusat pemberdayaan perempuan, remaja dan keluarga yang terdepan di Indonesia dan diakui secara internasional melalui pemberian layanan jasa serta dukungan bagi perempuan, remaja, keluarga, dan masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan yang bersifat kuratif, preventif, dan edukatif untuk membangun keluarga yang sehat, sejahtera, dan bahagia.


Kolaborasi IzinHealth & Pulih@thePeak

Izi Health dan Pulih@The Peak melakukan kolaborasi berkaitan dengan kesehatan mental lho! Terdapat sub fitur baru di situs IziHealth yaitu fitur konsultasi online mental health atau konsultasi kesehatan mental. Hal ini dilakukan oleh PT Izi Sehat Eternal mengembangkan inovasi tersebut sebagai wadah untuk membantu masyarakat untuk tetap hidup sehat fisik dan mental selama pandemi.


Yuk hidup sehat fisik dan mental!

#IziHealthxPtP #Konsultasikesehatanmental #IziHealth

0 komentar: