Pengalaman & Tutorial Jualan Online Menggunakan TOKKO dengan Langganan TOKKO Plus




Juli 2017 adalah salah satu peak moment dalam hidupku. Di bulan tersebut aku melahirkan anak pertama, otomatis pengalaman perdana menjadi ibu aku rasakan. Di bulan tersebut juga aku memulai karir baru sebagai pemilik toko online Birupink Bookstore. Ya, kesukaanku pada kegiatan membaca buku membuatku akhirnya memberanikan diri jualan online. 

Sebenarnya semua bermula ketika suami menawarkan untuk menjadi reseller salah satu buku bertema pendidikan yang saat itu baru naik terbit. Tak disangka, open pre order tersebut bisa tembus ke angka ratusan eksemplar! Tak hanya Jawa tapi juga sampai Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. TakdirNya memang tak terduga!


Setelah selesai masa pre order, suami menyarankan aku untuk berjualan buku. Setelah dimotivasi akhirnya aku yang awalnya paling malas jualan online, pun luluh. Tak hanya soal profit namun aku juga ingin berbagi manfaat dengan berbagi referensi bacaan. 

Saat ini sudah empat tahun bisnis toko buku online-ku, Birupink Bookstore, berjalan. Dunia digital sales atau marketing terus meroket dan mengalami berbagai perkembangan. Aku melihat banyak toko yang memiliki website sendiri, kelihatan lebih profesional dan pastinya banyak manfaat lainnya. Setelah mempertimbangkan beberapa hal aku mulai mencari tahu bagaimana membuat website jualan sendiri. 

Aku memang punya blog, tapi soal website jualan ini tentu berbeda dengan membangun blog. Sampai aku berada di suatu fase,

"Ternyata tidak mudah membuat website sendiri.."

Masalah dominonya mengikuti, mulai dari mencari pelanggan baru, bagaimana membuat web friendly user hingga ke urusan budget. Ya, meski sudah empat tahun berdiri tapi sejujurnya aku masih mengurus tokoku sendiri. Hingga akhirnya di bulan September 2021 aku mengikuti sebuah webinar tentang entrepreneurship yang diadakan oleh TOKKO. 

Tentang TOKKO 

TOKKO adalah aplikasi D2C (direct-to-consumer) yang dapat membantu para UMKM di Indonesia untuk bisa #JualanOnlineBeneran dengan berbagai fitur  dan layanan yang ditawarkan di dalamnya. Hanya dalam hitungan menit bahkan detik, TOKKO  bisa membantu kita memiliki website atau toko resmi online serta berjualan langsung ke  konsumen.

Bagi penjual, TOKKO diciptakan untuk memberikan pengalaman belanja online yang mudah, anti ribet, aman dan menyenangkan bagi para pelanggan secara langsung.

Setelah mendengarkan beragam penjelasan detail tentang TOKKO, akupun langsung membuat akun TOKKO Birupink Bookstore. 

Ternyata oh ternyata, TOKKO didirikan oleh nama-nama besar di dunia digital dan e-commerce, yang merupakan profesional terbaik dari Lazada, Zalora,  Sephora, Fabelio, dsb. TOKKO juga punya Sister Company yaitu BukuKas yang telah dipercaya oleh lebih dari 5 juta pengguna di Indonesia.

Beberapa hal yang membuat aku semakin mantap berjualan di TOKKO antara lain

● Registrasi yang mudah 

● Sistem komisi hanya berlaku di fitur-fitur tertentu saja

● Customer bisa belanja tanpa harus membuat akun TOKKO

● Pesanan bisa masuk melalui whatsapp dan juga aplikasi

● Pembayaran langsung ke penjual

Setelah membuat akun, aku segera melengkapi tiga syarat yaitu unggah minimal 3 produk, atur pengiriman dan metode pembayaran sehingga tampilan menjadi sebagai berikut 

Tentang TOKKO Plus

Begitu membuka dashboard akun TOKKO-ku, ada fitur yang sangat menarik untukku namanya TOKKO Plus. Setelah aku gali lebih dalam ternyata TOKKO Plus adalah layanan premium berlangganan untuk memaksimalkan kebutuhan bisnis online merchant di dalam aplikasi TOKKO. Dengan  fitur TOKKO Plus, penjual bisa mendapat lebih banyak traffic menggunakan Integrasi Ads melalui Google, Facebook, dan Instagram. 


Nggak hanya itu, TOKKO Plus juga akan meluncurkan banyak fitur baru dalam waktu dekat. Huaahh.. #JualanOnlineBeneran jadi makin gampang dan seru. Ada 3 pilihan periode yang bisa kamu pilih; 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. Semakin lama tentunya semakin hemat. 

Nah, untuk saat ini, sedang berlangsung promo diskon berlangganan  hingga 50% dengan berbagai keuntungan seperti bonus kupon diskon dan cashback top up digital ads hingga Rp3,2 juta dan marketing ads hingga 4,2 juta (promo berlaku sampai tanggal 31 oktober).


Kenapa Harus Langganan TOKKO Plus Sekarang?

Pertama, bisa menggaet pelanggan yang lebih luas melalui Marketing Ads. Kedua, promosi biaya langganan terbatas. Ketiga, banyak fitur baru akan diluncurkan. Layak banget buat kita pertimbangkan untuk berlangganan lho! 

Fitur TOKKO Plus Akan Makin Banyak 

Yap, dalam 3 bulan ke depan, fitur di TOKKO Plus akan semakin banyak dan pastinya semakin memudahkan penjual. Apa aja sih fitur terbarunya nantinya?


Loyalty Program

Merchant bisa membuat promo loyalty program khusus untuk customer dalam bentuk cashback & voucher.

Personalisasi Poster 2.0

Merchant dapat menggunakan  lebih banyak jenis poster yang  menarik untuk diposting di social media & whatsapp.

Fitur Admin & Manajemen

Pemilik merchant dapat menambahkan fitur Owner, Admin, dan memonitor manajemen pengguna aplikasi.

Personalisasi TOKKO Advance & Tema Pilihan
TOKKO akan menyediakan fitur untuk memperindah TOKKO Merchant dan memberikan tema pilihan yang menarik.

Grouping Pelanggan & Fitur CRM

Merchant dapat memiliki fitur kelompok pelanggan dan memilih promosi atau komunikasi yang sesuai dengan pelanggan.

 Apakah semua fitur coming-soon di atas sudah cukup membuat kalian memutuskan untuk berlangganan TOKKO Plus?


Cara Daftar TOKKO Plus

Teknis berlangganan layanan TOKKO Plus tergolong mudah. Pastikan kamu sudah masuk ke website TOKKO melalui mobile browser atau desktop di https://web.tokko.io/login

1. Klik tombol “Langganan TOKKO Plus” di halaman utama. Kamu akan diarahkan ke landing page TOKKO Plus.

 2. Klik tombol “pilih paket”. Silakan pilih periode paket yang kamu inginkan, lalu konfirmasi bahwa kamu tertarik untuk langganan program TOKKO Plus.

Yeay, order pesanan kamu sudah berhasil dibuat dan diterima oleh tim TOKKO. Selanjutnya tim khusus TOKKO akan menghubungimu untuk menjelaskan detail terkait program.

Nantinya Tim TOKKO akan memandu kamu untuk melakukan pembayaran melalui Virtual lakukan pembayaran, kamu dapat melihat aktivasi TOKKO Plus-mu di TOKKO Website ataupun Mobile App.

No worries, jika ada kendala atau pertanyaan silakan hubungi tim khusus TOKKO yang memandumu  ya. Kamu juga bisa langsung hubungi Customer Service TOKKO.

Setelah berhasil berlangganan, langsung aja manfaatkan marketing Ads yang ada supaya memaksimalkan jangkauan produk dan merchant-mu. 



Tutorial TOKKO Marketing Ads

For your information, agar lebih maksimal, disarankan untuk menggunakan  browser pada desktop untuk membuat Ads. Setelah kamu login melalui desktop,  kamu akan masuk ke dalam dashboard TOKKO.

Cara Menyambungkan Akun TOKKO dengan Akun Facebook

1. Klik TOKKO lalu pilih “Marketing” dan klik tombol “Mulai Buat Iklan

2. Sambungkan link akun Facebook-mu dengan klik tombol “Link”

3. Masukan ID & password Facebook-mu. Jika akun Facebook-mu terhubung  dengan FB Business Manager, maka TOKKO akan langsung menghubungkan dengan halaman / Page FB. Jika belum, kamu dapat menghubungkan akun FB Business Manager baru.

Cara Menyambungkan Akun TOKKO dengan Akun Google

1. Sambungkan link Google kamu dengan klik tombol “Link”.

2. Masukan ID & password Google kamu. Jika akun Google kamu terhubung  dengan Google My Business, maka TOKKO akan langsung menghubungkan dengan akun Google My Business. Jika belum, kamu dapat menghubungkan akun baru dengan cara:

- Masukan detail dari bisnis usaha kamu.

- Masukan lokasi area dan map untuk menyesuaikan audience dengan lokasimu


Top Up Wallet Ads Credit

Charge untuk ads di fitur TOKKO play diambil dari Wallet Ads Credit. Kamu
dapat melakukan top up dengan cara berikut:

- Klik tombol “Top-Up” pada dashboard “Marketing"

- Masukan jumlah top up yang diinginkan

- Lakukan pembayaran dengan menggunakan Bank Transfer & ewallet.


Cara Membuat Post di TOKKO Plus

Nah urusan langganan, selesai. Urusan top up, selesai. Urusan link akun Facebook dan Google juga selesai. Saatnya mulai membuat postingan untuk memanfaat fitur TOKKO Plus! Pada dashboard pembuatan post kamu dapat membuat 4 jenis post.

- “What’s New” adalah bentuk post simple pada social media (1 gambar).

- “Multiple Images” adalah post yang dapat menampilkan carousel images (sampai 10 gambar dalam 1 post).

- “Event” adalah post dalam bentuk format acara.

- “Offer” adalah post dalam bentuk penawaran penjualan atau program.

Pilih channel yang kamu inginkan dengan 2 opsi yaitu Facebook atau Google Ads. Atur jadwal penayangan post dan tambahkan tagar yang sesuai dengan postinganmu.


Sebagai contoh, kamu ingin membuat postingan "Rekomendasi Buku Parenting Millennial". Kamu dapat menggunakan tipe multiple images untuk menampilkan banyak produk.

1. Masukan deskripsi post dan foto produk yang diinginkan beserta deskripsinya.

2. Cek kembali post kamu untuk pastikan tidak ada typo atau kesalahan upload foto produk. Post akan muncul sesuai dengan jadwal penayangan yang kamu tentukan.


Pilih Campaign yang Akan Dijalankan

Ada 2 jenis campaign yaitu “Engagement” dan “Visitors”.

- Engagement akan berfokus pada meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

- Visitors akan berfokus mencari sebanyak-banyaknya  pengunjung yang sesuai dengan konten kamu.

Pastikan kamu memilih tipe campaign yang kamu butuhkan ya. Campaign Dashboard akan menunjukan berapa banyak biaya yang sudah digunakan dan berapa engagement dan visit yang didapatkan. Edit campaign berfungsi untuk memilih post mana yang akan di-boost dengan budget yang dikeluarkan pada campaign tersebut.

Tinjau Campaign yang Sedang Berjalan

Saat campaign mulai berjalan, kamu bisa meninjau campaign yang sedang berjalan mulai dari total budget, total impresi, dan total klik. Kamu juga dapat meninjau performa secara harian, mingguan, dan bulanan.

Cek Performa Ads yang Sudah Berjalan
Saat mengecek performa Ads yang sudah berjalan, kamu dapat menyortirnya berdasarkan nama post, waktu post berjalan, impresi, dan tolak ukur lain yang diinginkan

Cek Ulasan & Komentar Pelanggan
Kamu bisa mengecek ulasan dan komentar pelanggan dari post yang kamu jalankan. Kamu juga disarankan untuk selalu membalas ulasan dan komentar dari pelanggan. Kamu dapat melakukan tindakan berdasarkan komen positif dan negatif yang ada dalam postingan


Gimana, sudah cukup jelas kan penjelasan dan tutorial memulai jualan online beneran di TOKKO dan memanfaatkan fitur TOKKO Plus?  

Sudah saatnya perempuan mandiri secara finansial, bisa mulai dengan jualan dari rumah. No worries, sekarang mau JUALAN ONLINE BENERAN jadi makin mudah dengan TOKKO, aplikasi direct-to-consumer no. 1 di Indonesia untuk bantu UMKM buat usaha online dan website online beneran langsung dari smartphone dalam hitungan detik.


Download TOKKO untuk memaksimalkan jangkauan tokomu dan penjualan produkmu!


3 komentar:

  1. Buat akun, cara post nya semuanya mudah yah di TOKKO. Jualan jadi semakin mudah juga 😊

    BalasHapus
  2. Wah menarik sekali ini.. makin mudah jualan online dengan TOKKO, aplikasi direct-to-consumer no. 1 di Indonesia untuk bantu UMKM.

    BalasHapus
  3. TOKKO mempermudah ya buat pelaku UMKM kecil ky saya :)

    BalasHapus