Sukses Akademik di Sekolah Internasional Bersama Sinotif Indonesia

 


Sewaktu kuliah, aku diterima di jurusan Pendidikan Matematika. Saat itu ada dua kelas Pendidikan Matematika, reguler dan SBI (sekolah bertaraf internasional). Ternyata aku masuk ke kelas SBI yang nantinya "ditargetkan" akan mengajar di sekolah-sekolah internasional. Tentu ini sebuah kejutan sekaligus tantangan untukku. Pasalnya bahasa pengajaran yang dilakukan termasuk bahasa dalam buku teks berbahasa Inggris. Tentunya bahasa Inggris umum dan bahasa Inggris untuk Matematika berbeda.

Selain itu, di praktik mengajar maupun kegiatan presentasi kita juga diwajibkan menggunakan bahasa Inggris. So, bisa dibayangkan bagaimana challenging-nya dong?


Aku menganggap ini sebuah kesempatan sekaligus tantangan. Kesempatan untuk bisa meningkatkan skill berbahasa Inggris baik menulis, bicara maupun mendengarkan. 

Mengenal Sekolah Bertaraf Internasional

Bicara soal sekolah internasional, di Indonesia sendiri semakin waktu semakin banyak bermunculan sekolah bertaraf internasional. Apa sih sekolah internasional itu?

Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah sekolah di Indonesia (SD, SMP, SMA) yang menyiapkan peserta didiknya berdasarkan standar Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia dan tarafnya internasional sehingga lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasional.


les privat sekolah internasional

sumber: Pixabay.com

Lulusan SBI diharapkan juga menguasai kemampuan-kemampuan global agar setara dengan rekannya dari negara-negara maju. Sekolah internasional mempunyai visi agar para siswanya memiliki kepribadian dan wawasan “internasional” sehingga dapat bersaing dengan anak-anak di belahan dunia lainnya


Kelebihan Sekolah Bertaraf Internasional

1. Belajar Lebih Interaktif

Di sekolah internasional, siswa diberi ruang yang luas untuk mengungkapkan isi pikiran. Guru bukan hanya berperan sebagai pemberi materi dan berceramah, tetapi juga melakukan interaksi dua arah dengan murid. 


2. Belajar Banyak Bahasa

Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris atau bilingual dengan bahasa Indonesia. Tentunya siswa akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam proses pembelajaran sehari-hari. Selain bahasa Inggris, biasanya sekolah internasional juga mengajarkan bahasa asing lainnya, seperti Mandarin, Jerman, dan Jepang.


3. Perbedaan Kurikulum

Saat ini sekolah-sekolah reguler menggunakan kurikulum nasional, yaitu kurikulum 2013. Sedangkan sekolah internasional menggunakan kurikulum tambahan lain dalam proses pembelajarannya, seperti kurikulum IB (International Baccalaureate), CIE (Cambridge International Examination) atau biasa disebut kurikulum Cambridge, dan lainnya. Di sekolah internasional, tidak ada penjurusan IPA-IPS seperti dalam kurikulum nasional. Dikarenakan kurikulum ini diterima secara universal, maka diploma lulusan dengan kurikulum ini juga diakui oleh lembaga di seluruh dunia.


Minimnya Jumlah Les Privat Sekolah Internasional di Indonesia

Tak dipungkiri, sebagian anak merasa belajar di sekolah saja tidak cukup. Mereka membutuhkan ruang belajar di bimbingan belajar (bimbel) ataupun les privat sekolah internasional seperti les Cambridge, les pelajaran IB, les level A dan sebagainya. Sewaktu menjadi mahasiswi sarjana, aku mengajar bimbel dan les private selama lima tahun. 

Sayangnya rata-rata bimbel tempatku mengajar "diperuntukkan" untuk sekolah reguler. Nyaris belum pernah kutemukan bimbel atau les privat sekolah internasional. 

les privat sekolah internasional

sumber: Pixabay.com

Padahal seperti yang kusampaikan di atas, sekolah internasional punya kurikulum berbeda dengan sekolah reguler pada umumnya. Tentunya materi di bimbel pun tidak bisa disamakan dengan sekolah reguler. 


Mengapa Les Privat Sekolah Internasional?

Ada beberapa alasan yang membuat para orangtua murid dan anak-anak sekolah internasional mengambil les privat sekolah internasional, alih-alih bercampur dengan sekolah reguler, antara lain:

  1. Materi pelajaran dan kurikulum sekolah inter lebih menantang dibandingkan sekolah nasional

  2. Banyak tes-tes penting untuk siswa sekolah internasional yang perlu dipersiapkan dan diperlukan bimbingan tambahan di luar sekolah



Sukses Akademik di Sekolah Internasional Bersama Sinotif Indonesia

les pelajaran IB

Sinotif Indonesia bergerak di bisnis pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis pelajaran eksakta. Dengan semangat inovatifnya yang agresif dan etis, Sinotif Indonesia selalu berusaha mencari metode dan teknik pembelajaran yang lebih visual, fun dan membuatnya mudah dipelajari tanpa mengurangi kualitas kedalaman materi pelajaran itu sendiri.


Menghidupkan kembali semangat belajar siswa dan mendudukkan kembali paradigma belajar yang benar melalui seminar, diskusi dan strategi lainnya guna menggali, menyadarkan dan memunculkan potensi dan talenta diri siswanya merupakan visi Sinotif Indonesia yang berdiri sejak 20 tahun lalu. Karena masa belajar harusnya memberikan paradigma yang benar dan kemauan menggali potensi secara terus menerus. Dan inilah salah satu keunggulan Sinotif Indonesia.

Berbagai layanan di Sinotif Indonesia, salah satunya untuk kurikulum Internasional CAMBRIDGE, IB, HSC dan lainnya melalui pemahaman materi, PR hingga ujian kenaikan kelas, serta test khusus internasional: Cambridge Checkpoint, IGCSE, O Level, A Level, As Level, IB HL/SL Diploma.


Dalam pembelajarannya, Sinotif Indonesia menggunakan learning method yang telah diterapkan selama 20 tahun terakhir yaitu:

SPECIALIZED

Belajar langsung dari ahlinya! Guru kami spesialis di bidangnya dan telah melalui pelatihan serta bersertifikasi khusus.


SYSTEMIZED

Belajar eksakta tanpa ribet! Konsep belajar tersistem yang memenuhi gaya belajar linier maupun global.

PERSONALIZED

Fokus bantu raih target. Pendekatan personal sesuai kebutuhan
dan target yang ingin dicapai siswa.

LIMITLESS

Layanan 24 jam nonstop!

Siswa bisa bertanya soal 24jam melalui aplikasi Tanya Jawab Soal dan mengulang pelajaran di situs Seratusinstitute.com.

les cambridge


Keunggulan Sinotif

Beberapa keunggulan Sinotif Indonesia lainnya antara lain:

  • Spesialis matematika, fisika, dan kimia

  • Program belajar sesuai kebutuhan

  • Modul belajar lengkap dan sistematis

  • Pendekatan secara personal

  • Laporan belajar secara berkala

  • Bisa tanya tentang materi 24 jam nonstop

  • Garansi uang kembali

les privat sekolah internasional

Saat ini cabang Sinotif Indonesia tersebar di Jabodetabek dan Bandung. Moms bisa memilih di lokasi terdekat. 

Per Januari nanti, para siswa akan memasuki semester 2. Di semester tersebut ada banyak momen akademik penting seperti ujian kenaikan kelas, kelulusan, ujian sekolah, tes-tes internasional, UTBK dan lain sebagainya. Yuk, pastikan, anak-anak usia sekolah kita mendapatkan pendidikan terbaik dan sukses akademik! 


Referensi:

http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/pendidikan-bertaraf-internasional/

https://globalprestasi.sch.id/gpsblog/kelebihan-sekolah-berstandar-internasional-yang-tidak-dimiliki-sekolah-lokal/


0 komentar: