Ads 468x60px

Jumat, 09 Agustus 2013

Cerita Lebaranku



me, baby Naufal and Ali ^__^



















Assalammu'alaikum wr wb

Taqobbalallahu minna wa minku, shiyyamana wa shiyyamakum. Mohon maaf lahir dan batin ya ^_^
Yap, tepat tanggal 8 Agustus 2013 umat Islam di seluruh Indonesia secara serentak memperingati Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434. Demi apa, Ramadhan udah pergi? T.T Ya Allah perkenankanlah kami bertemu kembali dengannya di tahun depan, aamiin ya Allah.

Ngomong-ngomong tentang lebaran, so pasti tiap keluarga punya tradisi asing-masing dong, include my big family. Meski sempat sedih ngga bisa ngikutin shalat ied tapi semua terobati tatkala bertemu keluarga ebsar. Hmm aku mau cerita dikit dulu tentan tradisi Lebaran di keluargaku ya..
Setelah shalat ied, satu RT berkumpul lalu bermaaf-maafan. Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah tetangga sekitar. Yak, seperti biasa aku ngekorin mengikuti ayah dan ibuku ke rumah para tetangga. Setelah itu kita ke rumah mbah kakung dan mbah putri yang letaknya ngga jauh dari rumah. Nah, disanalah para keluarga besar kami berkumpul, maklum mbahku ini sesepuh. Sebenarnya mbah kakung maupun mbah putri bukan anak pertama tapi berhubung kakak-kakak mereka sudah almarhum/ah jadi merekalah yang menggantikan :;')
Well, actually mbah kakung dan mbah putri berasal dari Jogja namun sejak puluhan tahun silam hampir 90% kami merantau ke Jakarta. Hmm jadi ingat katanya Imam Syafii (kalo ga salah) tentang 'kewajiban' merantau :)
Oh ya ada yang beda di lebaran ini karena ketidakhadiran mbah putri. Yap, beliau memutuskan untuk berlebaran di Jogja ebrsama ayah dan ibunya, hmm, sedih deh ngga sama beliau secara beliau yang paling cerewet ups, maksudku paling banyak omong (apa bedanya yak?).
Dimulai dari pagi hari hingga malam hari berduyun-duyun bude, pakde, oom, tante dan para sepupuku berdatangan. Ada yang masih bayi, ada pula yang sudah jadi nenenk-kakek. Kalau foto yg di atas itu fotonya dedek Naufal, anaknya Oom Tresno, berarti sepupuku.

Ihh dedeknya lucu banget deh, aku elus-elus dan aku cium-cium, hihihi. Trus dedeknya minta gendong aku, trus aku foto-foto deh. Sampe-sampe sepupuku yang SD, anaknya bude, bilang sesuatu. Asli aku kaget banget dia ngomong gini.... -___-
"Makanya kamu cepet punya anak biar bisa kamu gendong gendong."
dardurderdor! What the maksud, anak umur 9 tahun ngomong gitu ke aku?! Oh ya dia memang manggil aku nama saja karena kalau di adat Jawa, anaknya bude justru harus dipanggil mas/mbak/kak. Tapi yang bikin aku kaget adalah, maknanya itu loooooh! Sekali lagi deh..
"Makanya kamu cepet punya anak biar bisa kamu gendong gendong."
"Jadi maksudmu?" tanyaku.
"Iya kamu nikahlah ."
Jleb...darimana tu anak dapat kalimat itu, masya Allah! =.="
Well, aku ga terlalu ambil pusing sih sama kaliat itu. #purapuralupa
Beralih ke topik lain, berhubung mbah kakung dan mbah putri hanya tinggal ebrdua di satu rumah. So, begitu mbah putri mudik, jadilah aku yg menemani dan mengurusi mbah kakung. Hmm, banyak banget pelajaran yang kudapat dari beliau..
Belia benar-benar laki-laki yang mandiri. Padahal nih ya, mbah putri udah bawel banget berpesan padaku buat "Beresin rumah, masakin mbah, cuciin, dan lain-lain."
Tapi apa coba?
Mbah kakung sama sekali nggak mau ngerepotin bilangnya, smeua mau dilakukan secara mandiri. Subhanallah, mbah :')
Trus juga mbah kakung orangnya nggak pernah mengeluh meski agak pendiam. Mbah itu leih nerimo opo adanya... Subhanallah sekali lah pokoknya ^_^b
Oke sekian dulu cerita Lebaranku, maaf kalo agak geje tapi smeoga ada ibrah yg bisa diambil ya.
Selamat menjalankan amanah-amanah kembali :)

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!