Ads 468x60px

Minggu, 25 Agustus 2013

Realisasi Dua Mimpi dalam MPA UNJ 2013



i am speaking in front of five thousand students of UNJ 2013 with 6 achieved students :')

Bismillahirrahmanirrahim..
"Setiap kali kau memiliki mimpi, tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan bersemangatlah untuk meraihnya. Fokus, fokus, fokus!"


Yap, sebuah mimpi kembali ter-checklist. Sebuah mimpi yang muncul begitu saja. Sebuah mimpi yang berawal dari sesuatu yang kecil. Gadis yang dulunya begitu pemalu itu kini perlahan melawan rasa takutnya di depan umum. Gadis yang dulunya pendiam itu kini perlahan angkat bicara di depan umum. Hingga akhirnya ia berkata..
"Aku bisa!"

Agustus 2011
Ia masih menjadi seorang mahasiswa baru, tengah mengikuti MPA 2011. Saat itu sesi MPA Jurusan diisi oleh materi yang dibawakan salah seorang kakak tingkatnya, seorang akhwat angkatan 2008. Dengan saksama ia memperhatikan materi dan pembicara. Seketika sebuah mimpi tercetus dalam benaknya.
"Ya Allah, kakak itu kok hebat banget deh? Bisa berdiri dan berbicara di depan sana. Mungkin ngga ya suatu hari nanti aku bisa berdiri disana?
Setahun.. hingga dua tahun berselang setelah ia mengucapkan kalimat-kalimat itu yang ia sendiri bahkan hampir melupakannya jika saja suatu hari itu terjadi..
Hari itu hari Selasa tanggal 13 Agustus 2013 saat ia tengah berada di rumah neneknya. Tiba-tiba seorang adik kelas menghubunginya.
"Kak sudah tahu belum nanti tanggal 16 Agustus jadi pembicara di MPAJ Matematika?"
Kontan saja ia terkejut. Ia hanya tahu beberapa bulan yang lalu seorang adik kelas meminta izin untuk memuat artinya di buletin MPAJ Matematika. Namun setelah diklarifikasi, ternyata panitia yang seharusnya menghubunginya sejak jauh hari lupa menghubunginya. Akhirnya ia menyanggupi Menjadi Pembicara Motivasi Berprestasi tanggal 16 Agustus di MPAJ Matematika, 3 hari lagi sejak pemberitahuan.
Semula ia akan bersanding dengan salah seorang dosen. Lagi-lagi hal itu membuatnya terkejut sebab di tahun-tahun sebelumnya hanya 2 orang mahasiswa yang menjadi pembicara, tak melibatkan dosen. Namun tiba-tiba dosen tersbeut berhalangan hadir sehingga digantikan oleh salah seorang senior 2008.
H-2 ia belum mempersiapkan apa-apa, saking disibukkan dengan persiapan MPA FMIPA.
H-1 lagi-lagi ia masih disibukkan dengan persiapan MPA FMIPA. Beruntung ia sempat sharing dnegan kakak akhwat yang akan menjadi partnernya tersebut. Berkali-kali kakak itu memujinya, membuatnya kadang merasa tak enak hati. 
Jum'at, 16 Agustus 2013
Hingga tibalah hari H. Hari itu merupakan hari yang hectic baginya.. Bayangkan saja.. Pukul 04.00 ia sudah standby di kampus.
Pukul 09.00 - 09.35 temu pendamping dengan maba. Pukul 09.45 - 11.15 briefing mentor. Pukul 11.15 - 12.15 mengisi mentoring. Pukul 13.00 - 14.30 mengisi materi di MPAJ Matematika. Namun tiba-tiba pukul 10.00 Kak Desval memebritahu tidak bisa hadir. Tentu saja ia merasa was-was takut tampil sendiri. ALhamdulillah ada Kak Mimi yang menggantikan.
Dan di saat itu pun tiba.. Ia berdiri di hadapan 170-an maba Matematika. Berbicara panjang lebar tentang motivasi berprestasi. Berusaha mengajak maba secara interaktif terlibat. Perasaannya sungguh bahagia, dapat berusaha menginspirasi adik-adiknya..
Tiba-tiba ia teringat mimpinya itu.. Ya, itu semula hanya mimpi tapi Allah dengan sigap menjawab mimpinya.. Allahuakbar!

Tak berhenti sampai di situ.. Beberapa hari selang hari itu, ia diminta menjadi perwakilan FMIPA dalam talkshow Mahasiswa Berprestasi sebagai rangkaian acara closing MPA UNJ 2013. Padahal di hari itu ia masih menjadi panitia MPA FMIPA.
Saat itu pun tiba, ke-delapan perwakilan mapres di-briefing di ruang panitia. Di situlah awal perjumpaan merekaberdelapan. Setelah itu MC memanggil nama kami satu per satu naik ke podium disaksikan 5000-an maba.
"Dan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, kita panggilkan Evi Syahida!"
Deg-deg, ia berjalan di atas karpet merah, membelah barisan maba. Satu per satu mapres diminta berbicara, ketika tiba gilirannya ia pun menutup perkataannya dnegan kata-kata.
"Jangan pernah takut bermimpi, sekecil atau sebesar apapun! Fokus, fokus, fokus! Semangat berprestasi dan menginspirasi!"
Setelah mereka berdelapan berbicara satu per satu, sesi tanya jawab pun dimulai.
"Bagaimana memanage waktu dengan baik?'
"Bagaimana mengatasi rasa minder?"
"Bagaimana menghadapi kekalahan?"
Itulah sekilas pertanyaan yang diberikan oleh para maba serta merta dijawab oleh mereka secara bergantian.
Sekitar 1,5 jam mereka berbicara disana. Setelah itu mereka pun kembali ke ruang  berdiskusi dan ditutup berfoto bersama..
Subhanallah.. Allah ijabah dua mimpi sekaligus dalam satu masa, MPA UNJ 2013..
Siapa sangka, seorang gadis yang bertahun-tahun lalu amat pemalu dan pendiam--bahkan kata-kata yang diucapkannya per hari dapat dihitung jari--kini jadi seperti ini? Rencana Allah amat hebat!
Kini saatnya mengejar kepingan mimpi lainnya.. Fokus, fokus, fokus!


2 comments:

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!