Ads 468x60px

Selasa, 10 Desember 2013

Atomos Day 2013 (Anniversary of BATAN)


the pamphlet

Assalammu'alaikum wr wb..
Halohalohalo, readers!

Introduction
Melalui status share seorang sobat tentang sebuah acara, aku pun mengetahui tentang Atomos Day yang diadakan oleh BATAN dan KOMMUN (Komunitas Muda Nuklir Nasional). Atomos Day diadakan untuk memperingati Anniversary BATAN. Yap, pada tanggal 5 Desember hari ini (karena aku menulis cerita ini tepat tanggal 5 Desember), BATAN ulangtahun ke-55 lho! Artinya nuklir udah berumur 55 tahun di Indonesia. What a great!



Jakarta, 1 Desember 2013
Setelah hari Sabtunya tepar di rumah, selanjutnya aku mau move lagi lah. Nah di GBK ada acara kece banget. Yap Atomos Day diadakan di GBK, tepatnya di Tennis Indoor Senayan.
Acaranya mulai dari jam 07.00. Berhubung aku jam 9 harus pergi mengajar dan jam 13.00 harus pergi lagi ke tempat lain (ga bisa diam banget sih, Sya =_= at last aku memutuskan untuk datang pagi-pagi.
Jam 6.15 aku berangkat dari rumah, jam 6.45 sampe di GBK. Nah disini mulai adventure ku. Ceritanya aku kan ga tau Tennis Indoor Senayan dimana, kata bapak penyapu jalanan GBK
A road to ring road of GBK

"Masuk aja ke stadion, belok kanan."
Yaudah masuklah aku ke dalam stadion, langsung ke arah kanan. Masya Allah, ramai banget dipadati warga Jakarta! Ada yang senam ria, ada yang olahraga di pinggir dan ga sedikit pula yang jogging. Dan tahukah kamu? Aku melawan arus orang-orang yang jogging. Ya Allah. Tapi aku harus berjuang! Semangat!

Please banget ya, aku udah mengitari stadion yang lebar banget ini sebanyak 1,5 putaran selama 20 menit tapi aku tidak menemukan Tennis Indoor. Sebenarnya rupa itu tempat kayak gimana sih? Oke aku emang udah bertahun-tahun tinggal di Jakarta dan berpuluhkali ke GBK tapi tongkronganku paling banter di Istora Senayan yang ada pameran buku... Oh ya Allah..
"Maaf, Bu. Mau tanya, tennis indoor di sebelah mana ya?" tanyaku pada ibu penjaga toilet.
"Dari sini ke arah kanan. Di depan pintu XII, dia di sebelah kiri."
"Oh oke. Terimakasih, Bu."
Aku pun mengikuti wejangan si ibu. Tepat di depan pintu XII, aku ke arah kiri, keluar stadion. Dan yak.. Dapatlah tennis indoor. Dan tahukah kamu, itu dekat ya dari pintu pertamaku masuk stadion. Jadi tadi ngapain aku mengitari ring road sampe belasan menit. Gapapalah, hitung-hitung olahraga...

Aku masuk dari pintu belakang, dan langsung disambut dengan para pesenam di depan panggung. Ya Rabb, malu banget. Langsung saja akau ke meja registrasi, dapat baju, snack, minum.
Cool T-Shirt, fresh mineral water and yummy snack

"Mau ikut nuclear challenge, Mbak?" tawar penjaga registrasi.
"Apa itu?"
"Modelnya seperti Ranking Satu. Mau ya? Saya daftarin. Acaranya habis senam."
"Oh iya, boleh." kataku yang padahal belum ada banyak ilmu nuklirnya
Ada beberapa stand outdoor disini tapi rata-rata belum buka. Ada juga expo di indoor tapi belum buka juga. Ya iyalah, secara aku datang jam 7, pagi banget.
Eh ternyata ketemu anak-anak KMSN (Komunitas Mahasiswa Sadar Nuklir) dari UIN, ketemu Kak Cia yang juga sesama peserta NYS. Daaann.. Aku ketemu Nusaki! Lagi joget senam di depan panggung. Masya Allah lucunyaaa.. Masya Allah tiba-tiba teringat kenangan di Yogya :')

Nusaki selesai senam, langsung saja aku berfoto dengannya bersama teman-teman KMSN. FYI di outdoor ada stand :
Let's Grow The Atom-> belajar menanam padi varietas unggul
Science Fair -> pameran teknologi sains seperti robot, permainan, pesawat, dan lain-lain
Time Trapper -> games memindahkan 'kaleng nuklir'
Pusat Informasi Pengendali dan Pengaman Nuklir
Wah, ternyata stand science fair udah buka. Pengisinya ada Fisika UI yang menampilkan permainan Fisika. Ada Tim Robotik UI yang menampilkan robot wayang. Ada tim pembuat pesawat UGM yang menampilkan pesawat, waah.. Ada pula beberapa poster penelitian yang so amazing!

Senampun selesai, duo MC yang super duper heboh pun beraksi. Saatnya nuclear challenge..jengjeng.­. Mumpung masih ada waktu, browsing dulu ah buat preparation (yang super mendadak).. Yg ikut ini lumayan banyak, campuran antara mahasiswa, ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan anak-anak! Dan yak, the competition was start!
Oke mungkin aku lebay atau apalah menurut kalian karena aku sampe browsing materi nuklir di internet pada menit-menit akhir jelang nuclear challenge. Oke mungkin dugaanku salah banget, kukira soal-soalnya berkaitan dengan nuklir.. Ga taunya...
"Pertanyaan pertama, siapakah nama wakil presiden pertama RI?"
"Kedua, berapakah jumlah partai di pemilu 2014?"
Masya Allah.. Unpredictable.. Udah mana salah satu huruf aja, langsung gugur dan aku gugur di pertanyaan kedua, haha. Dan di pertanyaan kelima semua udah gugur. Dan kau tahu apa pertanyaan kelima? Kau tahu siapa pemenangnya?
"Pertanyaan kelima, apakah nama varietas padi yang memanfaatkan radiasi nuklir?"
Eaa, pertanyaan kelima baru berbau nuklir dan yak..yang berhasil menjawab dengan tepat dan mendapatkan TV 21inchi adalah bapak pejabat BATAN! *clap my hands*
Berhubung bapaknya baik dan tidak sombong, so dilemparlah hadiahnya ke 4 finalis lain dan pemenangnya adalah mahasiswi Teknik Fisika UGM! Masya Allah...
Cukup berlapang dada dengan kekalahan, akupun beranjak menuju nuclear expo di indoor. Ada beberapa stand seperti BATAN, BAPETEN, IPB, dll.
Ok, target pertama adalah stand IPB. Mereka menyajikan penelitian tanaman yang memanfaatkan nuklir. Langsunglah kukepoin. Puas ke IPB aku keluar, jalan ke stand stand. Kali ini ngepoin stand anak Fisika UI. Puas, balik lagi ke dalam.
Nah sekarang ngepoin BATAN. Widih lebih dari 30 menit anteng aku disana mewawancarai bapak pejabat BATAN yang ternyata pejabat di PLTR alias Pusat Limbah Tenaga Nuklir (betul ga?). Aku tanya banyak hal, mulai dari yang penting-penting...
"Berapa banyak volume limbah yang diolah setiap triwulan, Pak?"
"Bagaimana awal sejarah BATAN dan BAPETEN?"
"Bagaimana cara mengolah limbah liqud?" (padahal udah pernah dijelasin pas kunjungan ke reaktor Kartini >.<)
Sampe pertanyaan yang ga penting..
"Kenapa nama acaranya Atomos Day, Pak?"
"Bapak dulu kuliah dimana?"
Ampun dah, Syahidaaaaa...
Maap ya bapaknya, aku bawel banget, maklum Visya emang rasa keingintahuannya pada sains kayak gitu deh. ^^v
Disana ternyata aku ketemu dengan beberapa sobat NYS. Kece deh. Oia di exponya itu ditampilkan poster para ilmuwan. And you know what? Ada foto MARIE CURIE, ilmuwan wanita favouriteku! Waaaah, heboh sendiri. :')
MARIE CURIE, woman scientist  ^^

Setelah dari outdoor, balik lagi ke indoor ngeliatin bocah-bocah pada lomba mewarnai Nusaki
Puas gitu, balik lagi ke outdoor buat menyaksikan pengocokan doorprize. Widih macam-macam hadiahnya. Ada kompor gas, handphone, sepeda, dan lain-lain. Sayangnya nomor tiketku belum beruntung. Gapapa, alhamdulillah udah dapat banyak fasilitas disini, banyak atribut gratis. Hehehe.
Jam sudah menunjukkan pukul 12.00, saatnya Visya melanglangbuana kembali untuk mendidik anak bangsa. Hahaha.
Masya Allah sungguh senang sekali lah hari itu. Apalagi ketemu Nusaki! Nusaki, Nusaki, Nusaki! Nuclear For Welfare!

Hikmah hari ini:
-Nyasar membawa berkah karena bisa sambil jogging
-Menjalin ukhuwah kembali setelah 6 bulan yang lalu dengan sobat NYS
-Dapat ilmu baru hasil 'kepo'-in orang BATAN

Mei: kunjungan ke reaktor Kartini
Juli: kunjungan ke reaktor Siwabessy
September: kuliah umum nuklir di MIPA Untuk Negeri
November: debat nuklir di Model United Nations, Atomos Day
"Kamu ga takut mainan sama nuklir mulu?" tanya ibu.

Kenapa lama-lama hidupku ga jauh-jauh dari nuklir yak? -___-a

Oke deh, sampai jumpa di Atomos Day tahun depan! ^^
Halo, aku NUSAKI!

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!