Ads 468x60px

Selasa, 26 Juni 2018

Perkembangan Bayi 3 Bulan





Memiliki bayi merupakan suatu anugerah tersendiri. Bayi, baik itu yang berada dalam kandungan, maupun yang sudah lahir akan terus mengalami pertumbuhan seiring bertambahnya usia dari hari ke hari. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pertumbuhan apa saja yang terjadi pada perkembangan bayi 3 bulan. Untuk anda para calon ibu ataupun ibu yang sedang ataupun akan memiliki bayi yang berusia 3 bulan wajib untuk mengetahuinya. Mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada bayi kita akan bermanfaat untuk kita dalam merawatnya. Apalagi, dengan usianya yang menginjak 3 bulan, maka fisik bayi sudah mulai besar dan sangat menggemaskan. Selengkapnya berikut ini pertumbuhan apa saja yang terjadi dalam tahap kembang bayi usia 3 bulan.


Pertumbuhan Secara Fisik
Perkembangan bayi 3 bulan ke atas sudah semakin kuat, terutama pada otot leher, kepala, tangan, dan dada. Sehingga, ketika bayi tengkurap, mereka sudah bisa mulai menahan berat badan diperut dan menggunakan tangan untuk mencoba bergerak. Otot kakinya pun juga semakin kuat, sehingga mereka sudah memiliki kemampuan yang baik dalam menendang atau meluruskan kaki ketika dalam posisi tengkurap atau telentang. Pada usia ini, bayi juga sudah bisa membuka dan menutup telapak tangan dengan baik, terutama ketika ada mainan atau benda yang menarik.

Pertumbuhan Secara Motorik
Secara motorik, perkembangan bayi 3 bulan pada bagian kepala, tangan dan kaki sudah berkembang dengan baik. Mereka juga sudah memiliki sistem koordinasi yang baik, sehingga bisa meluruskan kaki dan tangan. Pada bagian mulut, bayi sudah sangat senang melakukan komunikasi dengan orang lain, misalnya dengan tersenyum ketika disapa atau menangis ketika merasa takut. Jika anda mengajak berkomunikasi bayi anada, maka bibir bayi akan berusaha untuk bergerak dan mengenali ekspresi wajah anda. Selain itu, bayi juga sudah memiliki koordinasi yang sangat baik untuk mendengarkan percakapan orang lain.

Pertumbuhan Secara Sensorrik
Pada perkembangan bayi 3 bulan secara sensorik sudah memiliki kemampuan pendengaran yang semakin baik. Bayi juga sudah bisa merasakan sensasi, seperti rasa sedih dan gembira. Kemampuan penglihatannya pun juga sudah berkembang dengan baik. Pada masa ini, untuk melatih indra penglihatannya, anda bisa memberikan mainan yang berwarna cerah dan kontras. Mereka juga sudah bisa mengenali bayangan mereka sendiri. Jadi, ketika anda mengenalkan bayi anda di cermin, maka mereka akan tertawa atau takut saat melihat bayangannya sendiri tersebut. Mereka juga sudah bisa merasakan sensasi sentuhan dari orang lain. Maka dari itu, anda perlu untuk memberikan pijat bayi pada masa ini guna meningkatkan respon indranya terhadap sentuhan. Kemampuan otaknya pun juga semakin berkembang yang mana memiliki respon yang sangat berbeda terhadap ribuan sinyal.

Perkembangan Secara Emosi Pada Perkembangan Bayi 3 Bulan
Secara emosi, bayi sudah bisa menangis, berteriak, menunjukkan ekspresi senang ataupun sedih ketika bertemu orang asing, mereka juga memiliki keinginan tertentu seperti bermain, dan melihat berbagai hal di luar ruangan. Anda bisa melatih kemampuan bayi secara emosi dengan membacakan cerita atau dongeng.

Dilansir dari babyologist.com Kemampuan indra dan fisik bayi berusia 3 bulan sudah berkembang dengan baik. Untuk mendukung dan melatih fungsi indranya, maka sebagai orang tuanya anda bisa memberikan mainan yang lembut dan tidak berbahaya. Mainan yang digantung bisa membuat bayi memiliki koordinasi mata yang baik. Selain itu, mainan yang berwarna cerah bisa membantu bayi mengenali warna dan berbagai objek benda yang cerah. Sebaiknya, jangan memberikan bayi mainan yang keras, runcing atau tumpul. Mainan ini bisa membuat bayi terluka, karena mereka sudah memiliki kemampuan gerak yang lebih bagus. Pada masa perkembangan bayi 3 bulan ke 4 bulan ini, pola makannya masih bergantung pada ASI atau susu formula. Demikianlah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai pertumbuhan apa saja yang terjadi pada perkembangan bayi 3 bulan. Semoga dapat bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!