Ads 468x60px

Selasa, 12 Juni 2018

Sentuhan Cinta dari Jemari Ibu


Dear moms, apa yang para moms rasakan begitu si kecil terlahir di dunia? Bahagia, tentu. Rasanya ingin terus memeluk dan menyentuhnya ya? Tahukah Moms, bayi yang disentuh secara rutin melakukan kontak mata 50% lebih banyak dan menunjukkan ekspresi positif tiga kali lebih banyak, dibandingkan bayi lainnya (johnson.id). Lantas bagaimana cara memberikan sentuhan yang penuh cinta itu? 


Sentuhan Pertama Ibu dengan IMD
Ketika si kecil terlahir di dunia, bidan atau dokter spog tentu langsung meletakkan si kecil di dada moms. Itulah yang disebut awal proses IMD atau Inisiasi Menyusu Dini. Tentu, IMD yang tepat ada kriterianya ya Moms. 

§  Berat badan lahir cukup yakni minimal 2000 gram;
§  Bayi dapat bernafas secara normal sejak dilahirkan, tanpa alat bantu apapun;
§  Suhu tubuh bayi berada di antara 36,5-37,5ÂșC;
§  Kadar gula bayi normal agar ia tidka lemas;
§  Kondisi ibu memungkinkan (biasanya lebih efektif untuk ibu melahirkan normal, ibu melahirkan caesar bisa saja namun jika tak bius total dan kondisi perut 'aman').

Proses IMD ini penting banget lho Moms, karena merupakan sentuhan pertama yang didapatkan bayi dari sang ibu. Namanya juga bayi baru lahir, tentu dengan didekap ia merasa lebih aman dan percaya diri. Ingat, IMD adalah sentuhan pertama ibu pada bayi.

Sentuhan Ibu dengan Pijatan Lembut

Nah, pada hari Selasa 5 Juni 2018 lalu, saya berkesempatan menghadiri TUM Bloggers Meet Up bekerjasama dengan Johnson's Baby. Acara yang bertempat di Gudang Yoga, Kemang, ini sungguh mencerahkan sekali bagi saya. Senang sekali datang ke acara ini, apalagi dresscodenya warna kesukaan saya; BIRU. 
sstt ada yang mau ikutan pjat :D
(sumber: dokumen pribadi)

Acara dibuka oleh MC, Mba Siska yang super friendly. Selanjutnya ada Ibu Wine Lukman (Brand Manager Johnsons Baby) selaku perwakilan Johnsons Baby. Beliau menuturkan bahwa sebanyak  70.0000 bayi di Indonesia tidak mampu melewati 28 hari pertama kehidupannya. Sedih ya, Moms? :(

Oleh karenanya Johnsons Baby  bekerjasama dengan Save The Children (Yayasan Sayangi Tunas Cilik) mengadakan kampanye Sentuhan Cinta. Moms bisa banget berpartisipasi lho! Caranya?

Simple enough.  Moms cukup membeli produk Johnsons Baby minimal Rp. 25.000,- di Alfamart atau Johnsons Baby Care  Collection di Tokopedia, secara otomatis Moms menyumbang Rp. 500,- untuk kampanye Sentuhan Cinta.

Seluruh donasi yang masuk akan dipergunakan untuk mengedukasi para ibu di seluruh penjuru Indonesia (terutama di daerah pedalaman) tentang pentingnya pijat bayi dan kesehatan ibu & anak. Keren kan, Moms?

Tak hanya informasi soal kampanye Sentuhan Cinta, selanjutnya ada sharing ilmu dari dr.Matahari Arumdini, Sp. A . Beliau menyampaikan tentang betapa pentingnya sentuhan dan stimulus pada bayi. Salah satu caranya adalah dengan memijat. Apa aja sih manfaat memijat?
kiri-ke kanan (dr. Matahari - Mba Siska selaku MC)
(sumber instagram TUM)

Pertama, membuat tidur bayi lebih lama dan lelap. Kedua, menimbulkan rasa nyaman dan aman pada bayi. Ketiga, meningkatkan berat badan bayi (berkaitan dengan rasa aman, nyaman dan lelap yang dimilikinya membuatnya jauh lebih bahagia). Keempat, membangun bonding antara pemijat dan bayi. Nah dalam hal ini memijat adalah ibu. 

Pijatnya jangan lupa menggunakan baby oil Johnsons Baby ya Moms. :)

Setelah sharing dari dr. Matahari, para peserta diajak untuk belajar pijat bayi bersama Ibu Ina dari tim pijat Johnsons Baby. Sst, tim pijat Johnsons Baby ini telah tersertifikasi lho!
sumber : dokumen pribadi

Lantas apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memijat bayi? Berikut aku share ya Moms.


Nah, yuk kita mulai memijat bayi dengan teknik yang tepat :)


Sejujurnya ilmu pijat memijat bayi belum pernah saya dapatkan. Saya hanya tahu teknik pijat bayi I LOVE YOU. Selebihnya NOL besar. Selama ini pun, sejak si baby lahir saya selalu membawanya ke nenek pijat, yang bahkan saya tidak tahu bagian apa yang dipijat ataupun apakah si nenek pijat telah tersertifikasi. Kalau terjadi apa-apa pada bayi, sangat mungkin karena metode pijat yang salah, tanpa bermaksud men-judge para nenek pijat.

Dari acara ini pikiran saya tercerahkan. Mulai hari ini saya bertekad memijat sendiri bayi saya. Tentunya dengan baby oil Johnson yang lembut di kulit. 

Moms juga yuk, ikut memijat bayi sendiri karena sebaik-baik sentuhan cinta adalah sentuhan jemari ibu. 

Moms ingin tahu informasi lebih lanjut tentang Johnsons Baby? Segera cek ke media sosial Johnsons Baby ya. Dan ikuti kampanye Sentuhan Cinta dari Johnsons Baby. :)

Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter @johnsonsbaby_id
Facebook https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!