Ads 468x60px

Jumat, 01 Juni 2018

Layout Menarik Bikin Blog Cantik dan Pageviews Naik

Pemaparan dari perwakilan CNI
sumber: dokumen pribadi

Dear bloggers. Bagaimana harimu? Sudah menulis berapa buku #eh halaman hari ini? Sudah membaca berapa buku ahri ini? Ngomong ngomong soal buku, ada yang tau persamaan penulis buku dengan bloggers? 
"Sama-sama nulis."
Yap, tentunya. Tapi, kalo bedanya penulis buku dengan bloggers? Anyone knows?
Yang jelas, seorang bloggers HARUS multitalented. Maksudnya apa ya?



Nyatanya hidup sebagai  seorang bloggers tak cukup hanya dengan tau ilmu tulis menulis yang baik. Seorang blogger paling tidak harus tahu soal analisis blog (DA, PA, PV, dll, spam score, dll), ilmu per-SEO-an, desain-desain simple nan ketjeh, layouting, teknik fotografi yang oke hingga ilmu marketing. Ingat, tahu, tidak harus jago alias mahir lho! Karena bloggers juga manusia yang tak sempurna. #tsah

Salah satu yang saya sebutkan di atas adalah ilmu tata letak. Nah, pada hari Minggu 27 Mei 2018 saya dan teman-teman Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) belajar bareng soal layout bersama Dama Vara, seorang mahasiswi yang jago soal desain dan berhasil menjadi delegasi Mozilla Indonesia di Amerika Serikat. Acara ini diselenggarakan bersama CNI di sebuah restoran di daerah Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Tema sharing session ini adalah "Easy Step To The Perfect Layout Website". Wow banget!
Dama memaparkan materi
sumber: dokumen ISB

Layout atau tata letak adalah suatu gaya pemformatan dalam penulisan (wikipedia.com). Dalam blog tentu diidentikkan dengan pengaturan dan desain blog. Sementara itu, pesona, persona atau personae, dalam penggunaan sehari-hari dari kata tersebut, adalah sebuah peran sosial atau karakter yang dimainkan oleh seorang aktor (wikipedia.com). Persona ada dua kategori, primer dan sekunder. 
Lalu apa hubungan PERSONA dengan BLOG?


Sama halnya dengan persona, setiap postingan blog memiliki dua kategori pembaca; primer dan sekunder.

Di era digital seperti saat ini kita sudah amat dimudahkan dengan adanya smartphone dan segala aplikasi yang tersedia di Playstore. Mau apa apa, tinggal ketak-ketik di smartphone. Mulai dari chatting, browsing hingga order makanan, termasuk blogging.

Beragam aplikasi layouting pun bermunculan, siap diunduh dan digunakan kapanpun. Sebagian besar GRATIS. Kali ini aplikasi yang kita gunakan adalah CANVA. Dear boggers tentu tau--atau setidaknya pernah mendengar tentang aplikasi ini kan? Saya pribadi tahu aplikasi ini dari suami saya. Karena berpikir aplikasi ini hanya bisa dipakai di laptop sementara bagi emak emak rempkng macam saya, me time dengan laptop itu terbatas, aplikasi ini pun ter-skip begitu saja. Padahal kata suami, template nya bagus-bagus dan friendly user banget.

Tapi lewat sharing session kemarin saya baru tau ternyata CANVA bisa diunduh di playstore. Artinya, bisa diutak-atik lewat ponsel. W-o-w banget! Fixed, masuk aplikasi must-to-use saya nih.
Ada beberapa tips dari Dama dalam layouting: 
  • - Jika ingin mempertebal judul sebaiknya gunakan background gelap;
  • - Jika ungin mempertipis judul, gunakan background terang;
  • - Lebih baik menggunakan huruf non dekoratif agar lebih mudah dibaca, khususnya untuk konten postingan;
  • - Jika ingin menggunakan font dekoratif sebaiknya pada layout judul postingan/blog yang notabene tidak banyak kata;
  • - Jika ingin menggunakan font dekoratif pada postingan, boleh-boleh saja, tapi sebaiknya untuk beberapa kata saja.

Lantas apa sih gunanya layouting cantik?
Pertama, membuat blog sedap dipandang. Kedua, membuat pembaca lebih mudah memahami informasi di postingan. Ketiga, memperpendek durasi pemahaman informasi dari penulis ke pembaca.
Peserta tampak antusias
sumber: dokumen ISB


Setelah materi, dilanjutkan praktik. Setiap peserta diminta membuat desain sederhana dari CANVA. Saya pun langsung bereksplorasi. Karya perdana dengan CANVA.

Materi sudah. Praktik sudah. Saatnya berbuka puasa. Hmm, alhamdulillah. 

By the way, dear bloggers sudah pernah dengar tentang CNI dong? Saya pribadi udah beberapa tahun lalu tahu tentang CNI, secara kakek saya agen CNI. Jangan tanya udah berapa produk CNI saya coba XD.

CNI dengan tagline "Hebat produknya, mudah belanjanya" adalah produsen produk-produk herbal dan kesehatan yang sudah ada sejak tahun 1986 di Bandung. Kalo dulu sistemnya fully offline, saat ini CNI sudah berekspansi ke dunia online shopping lho. Untuk kalian yang ingin berbelanja produk CNI, cukup akses geraicni.com. Bisa juga unduh aplikasinya di playstore. Jadi tinggal duduk manis, pesananan produk CNI mu sampai di depan rumah. Easy life banget kan?
tampilan mobile geraicni.com
sumber: dokumen pribadi

Eits, CNI juga ada program afiliasi dengan keuntungan hingga Rp20juta! Yuk lah bagi yang tertarik langsung go to the web.

Last but not least.. sudah siap mengeksplorasi CANVA dan layouting blogmu? Yuk, segera! Karena layouting menarik, bikin blogmu cantik dan pageviews naik. Mau kan? Mau dong? 

Anyway terimakasih kesempatannya, CNI dan ISB. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya ya!

8 comments:

  1. Wah info menarik nih, canva bisa didonlot lewat android 😁. Cuss ah hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba aku jg baru tau hehe cusss download yuks

      Hapus
  2. Kayaknya canva ini populer banget ya di kalangan blogger. Saya juga pakai canva buat bikin gambar di postingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti saya kudet soalnya baru tau bulan Februari kemarin 😆

      Hapus
  3. Saya juga klo foto blog pake canva Mba dan karena saya ngeblog pake hp. Jadk seneng bangt dulu waktu tahu canva bisa di download pake hp. Udah gitu penggunaannya gampang lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss samaan kita mba sama sama smartphone blogger hehe. Alhamdulillah yah..

      Hapus
  4. Tips dari kak Dama emang membantu banget buat aku yang buta soal desain. Apalagi aplikasinya juga mudah digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul kakm thanks berat kak Dama, hihi.

      Hapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!