Ads 468x60px

Rabu, 21 November 2018

Yuk Cari Tahu Tips Meraup Penghasilan dari Tulisan (Blog)


Sejak mendalami dunia mom blogger, saya makin semangat menimba ilu di dunia perblog-an. Alhamdulillah-nya info forum belajar bersliweran di depan saya, mulai dari bagaimana menciptakan tulisan kreatif, teknik fotografi hingga teknik SEO yang pernah bikin angkat tangan, wkwk.


Sabtu, 17 November 2018 saya berksempatan lagi gabung di forum belajar para blogger. Nama eventnya Viva Talk Life. Awalnya sempat batal berangkat karena si bayi jatuh Jumat sorenya. Alhamdulillah sudah sembuh pagi harinya. Eh galau lagi, jauh deh kayaknya. Karena saya berangkat dari Parung Bogor (kalo dari rumah ibu di Jakarta lebih dekat).

Emang ya, mau bekajar itu niatnya kudu gede 😂 Hingga akhirnya semua tantangan berhasil saya kalahkan #tsah.

Pukul 09.00 WIB setelah menempuh 40 km berkendara motor (diselingi istirahat) saya, suami dan si baby tiba dengan selamat di DLab Menteng, Jakarta.

Event kali ini diadakan oleh Viva bekerjasama dengan GENIEE Indonesia, dengan tema How to Monetize Your Blog. Di postingan kali ini saya akan fokus di materinya. Stay tuned!


Materi pertama dari mba Maya Sofia (editor viva.co.id) dengan tema Tips Commercial Blog Writing. Apa aja ya tipsnya?

Pertama, persering baca buku untuk memperkaya kosakata. Dengan sering membaca buku, tulisan pun akan jauh lebih mengalir.

Kedua, original dan jujur. Hal ini untuk meraih kepercayaan pembaca.

Ketiga, gunakan rumus umum 5W 1H untuk mnulis cerita yg utuh. Yap, kalo bingung mau mulai darimana, pakai jurus jitu itu deh!

Keempat, maksimalkan seluruh panca indera kita. Sudah dianugerahi panca indera ya harus dimaksimalkan nuntuk membuat karya dong, salah satunya tulisan. 😎

Kelima, gunakan EYD. Untuk apa? Terlihat profesional. Bagaimana memaksimalkannya? Bisa cek EYD online di web KBBI Kemendikbud.

Keenam, miliki dan hargai copyright. Hal ini untuk mengapresiasi karya org lain. Kalo butuh foto, bisa ambil di web penyedia jasa foto gratis. Mis: Pixabay, Pexels. Jangan lupa cantumkan sumbernya. Tentu kita sendiri ngga ingij karyabkita diplagiat dan dicomot begitu aja, bukan?

Last but not least, kenali siapa pembaca blog Anda? Buat judul menarik. Sediakan informasi yg dibutuhkan pembaca, hindari SARA dan JANGAN PERNAH membandingkan.

Wah senangnya dapat ilmu langsung dari editornya Viva.Sekarang, kita masuk ke Q and A yuk!

"Bagaimana sih membuat judul yg menarik?"

Berdasarkan pengalaman mba Maya, judul yang menarik adalah bertema 'How-To' misal cara menuju destinasi air terjun X, cara membersihkan rumah yg efektif, dan seterusnya. Wah noted banget nih, sevara saya pribadi masih jarang blogpost berjudul serupa itu, hehe.

Lanjut yuk ke sesi kedua bersama mas Febri Frastian, media consultant dari GENIEE Indonesia. Temanya SEO Writing & Content Distribution. Duh kayaknya berat ya? Wkwk gapapa lah yaa teteup disimak ya!

Apa sih manfaat menerapkan SEO dalam tulisan kita? Ada hubungannya dengan komersialisasi blog?

Dulu saya pun bmempertanyakan hal ini. Bisa dibilang ini kali kedua saya mengikuti sharing session bertema SEO. Dengan menerapkan SEO, blog kita akan muncul di halaman pertama pencarian Google. Selain itu jika kita menggunakan keyword yang tepat, ketika orang mencarinya di Google, tulisan kita dengan keyword itu akan muncul. Siapa tahu ternyata yang menvari adalah brand, kecipratan job deh. #eh

Untuk menghasilkan tulisan yang SEO-friendly, ini nih tips dari mas Febri.


  • Pastikan konten sesuai dengan kategori.
  • Tentukan keyword dan long tail keyword sebelum menulis konten.
  • Buatlah unique content.


Catatan: 1000-1200 kata umtuk membuat konten yang ditujukan utk SEO dan 2000-2500 kata untuk membuat konten bertema review.

Beberapa SEO Content Distribution Tools alias perantara konten SEO antara lain:

  • blog/artikel
  • ebook
  • podcast
  • newsletter
  • video
  • Infographic
  • how to guide
  • socmed post


Selanjutnya, mas Febri memberikan tips penutup: miliki jati diri webmu, sekalipun itu bertema lifestyle. Misal, miliki gaya penulisan tersendiri.

Di sesi kedua ini saya missing sesi tanya jawabnya karena si bayi mulai crancky, hiks.

Selesai ngulik soal SEO, yuk beranjak ke sesi terakhir bersama mas Yudha (media manager) dari GENIEE Indonesia, tentang How To Monetize Your Traffic. Gimana sih menghasilkan uang dari pembaca blogmu?

Kamu bisa menggunakan programmatic advertising, sebuah iklan digital berbayar. Bentuknya ada native ad, banner ad dan video ad. Native ad dibedakan menjadi native in feed dan native in news feed.

Anyway di awal aku bilang event ini featured Viva dan GENIEE. Nah ada yg udah tau apa itu GENIEE? Lemme explain it for short. GENIEE adalah digital advertising platform yg bakal ngebantu kamu menghasilkan rupiah lewat blog. Ibarat kata psikolognya blog kamu gitu lah.

GENIEE menghubungkan kamu dengan Google Adsense. Tau dong Google Adsense itu apa? FYI, GENIEE menyediakan jasa website consultancy, content niche, dll. Ada banyak publisher yg uda bekerjasama dg GENIEE. Misal, Kompas.com, UZone.id, dll.

Ngomong-ngomong soal monetize traffic, ngomongin ad, nah gimana sih posisi iklan yg baik? Tentunya yang mengikuti perjalanan si user. Key points nya adalah 80-90% pengunjung masuk ke halaman artikel dan 70-80% pengunjung menggunakan mobile phone.

Yuk kita masuk ke sesi tanya jawab!

"Adakah persyaratan khusus utk menggabungkan blog kita ke GENIEE?"

Oh, ternyata ngga ada batasan traffic. Tapi direkomendaikan untuk blog dengan pageviews >100k per bulannya. Hal ini supaya lebih cepat ngetrafficnya.


"Apakah native ad dibayarkan per bulan?"

Jawabannya, yaps, per bulan.


Terimakasih ilmu dan kesempatannya, Viva dan GENIEE! Terimakasih, Blogger Jakarta, yang udah jadi perantara saya bisa gabung di event kece ini

That's all sedikit ilmu yang bisa aku bagikan. Ngeblog bukan melulu soal komersial dan mendapatkan materi, bagiku pribadi ngeblog adalah panggilan hati.

Yuk Moms semangat ngeblognya sebagai ladang pahala menyalurkan passion, syukur syukur bisa menambah penghasilan, hehe. :)

39 comments:

  1. Makasih sharingnya, mba ... Bikin tambah semsngat ngeblog ��

    BalasHapus
  2. Kemarin saya ke acara ini juga, kita gak ketemu ya Mba? :)
    Saya suka banget sama tips yang dibagikan oleh semua narsum. Apalagi soal SEO ya? Penting banget dipelajari. Eh semuanya penting juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa yaa teh? Huhu.

      Betul, aku tertarik soal SEO meski praktiknya masih harus memitar otak lagi :D

      Hapus
  3. Wah, alhamdulillah dapet ilmu berfaedah nih mampir ke sini. Makasih udah share yah.

    Aku pun tiap bikin judul buat postingan sering bengong dulu susah nyari ide :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo judul ketemu, isinya bngung. Pun sebaliknya. Aku banget itu :D

      Hapus
  4. Wah aku juga hadir di acara ini. Acaranya mantap.

    Ohiya enak banget hubungkan blog ke geniee

    BalasHapus
  5. Buat saya ngeblog juga panggilan hati Mba. Belum dipakein ads dll soalnya ngga paham hihi.

    BalasHapus
  6. Aku suka quotenya. Ngeblog bukan sekedar materi, ngeblog adalah panggilan hati. Setuju banget mbak
    Pernah lho ada yang nanya aku, "ngapain sih repot-repot nulis, emang ada yang baca?'
    hehe aku sih percaya, setiap tulisan akan menemukan jodohnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akubjuga suka kata kata mba, setisp tulisan akan menemukan jodohnya. Mantaaap.

      Hapus
  7. baru tahu Geniee mba ternyata banyak cara ya mba meraup rezeki lewat blog makasih sharingnya mba buat aku yg jarang dtg event jadi bisa dapet ilmunya juga

    BalasHapus
  8. waah makasih tipsnya mba...mau juga dung meraup penghasilan dr blog hehehe...
    tp so far, paling enak ngeblog klo dr hati sih yaa...
    tp alhadulilah monetasi jg saya ada meski bukan yg utama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya monetize dr event dan promo produk aja utk skrg, hihi.

      Hapus
  9. Saya gak hadir di acara ini. Jadi saya ikut menyerap ilmunya dari beberapa blogger yang ikut, deh :)

    BalasHapus
  10. Wah senang banget dapat ilmu perblogan ..jd haus terus ya Mba..

    BalasHapus
  11. Iya, kalau tulisan ttg "cara" itu biasanya lbh dicari org dan sifatnya evergreen ya, bisa mendatangkan pv. Setuju, hal lain yg lbh berharga ketimbang sekadar materi dr ngeblog adalah kalau tulisan kita bermanfaat ya mbak, buat amal kita jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena tulisaa insya Allah ga akan mati sekalipun penulisnya wafat :''

      Hapus
  12. Setuju sekaliiii..Ngeblog bagiku juga panggilan hati. Kalau enggak dah dari kapan-kapan pasti aku sudah berhenti:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku selalu suka tulisan di blog mba Dian 😍

      Hapus
  13. Senangnya...belajar itu ga pernah kenal ada keta berhenti ya mba. Selama ada kesempatan harus dimanfaatkan sebaik mungkin meskipun berbagai halangan datang menghadang

    BalasHapus
  14. Terima kasih infonya, bagus nih untuk le ih serius nge-blog

    BalasHapus
  15. Aku masih perlu belajar lagi tentang SEO nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun mba. Walau udh dua ksli dapat penjelasan hehe.

      Hapus
  16. Wah nulisnya harus 1000 kata ya. Mantap banget deh keriting jari demi SEO wkwk

    BalasHapus
  17. Salut banget semangatnya mba, 40 KM memotoran hiks.
    Emang bener, kalau mau belajar, NIAT itu nomor 1 hihihi.

    Makasih juga ilmunya udah di share di sini, saya banget nih pengen belajar SEO, meski otodidak dan lumayan puyeng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi ilmu :''' yg ketjeh itu suami mboncengin aku hihi

      Hapus
  18. Makasih sharingnya mbak, aku rasanya harus belajar lebih mendalam soal seo nya nih

    BalasHapus
  19. Tipsnya bermanfaat bgt mba, hrs belajar byk dari mba ni

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!