Ads 468x60px

Selasa, 27 November 2018

5 Tips Agar Tetap Berkarya Lewat Tulisan Walau Sudah Jadi Bunda


Memasuki dunia ibu, aku banyak bertemu para ibu dengan beragam karakter dan hobi. Terlebih ketika aku gabung ke komunitas para ibu, makin beragam kenalanku, dari Sabang sampai Merauke. Paling senang tuh kalau ketemu yang sepassion: sama sama hobi nulis dan baca.

Aku orang yang ngga pernah mau berhenti berkarya. Moms sekalian tentu demikian juga kan? Jujur, aku merasa gelisah rasanya kalo ngga punya karya. Kosong. Hampa. Nah makanya sejak jadi ibu mau fokus berkarya lewat tulisan di blog. Meskipun sebemarmya hobi nulis sudahbsejak SMP, berlanjut ke SMA dan kuliah.

Ngga jarang aku dihujani pertanyaan:
"Pengen deh bisa aktif nulis juga.""Aku susah nyari idenya."


Kalau dulu ketika mahasiswa aku dihujani pertanyaan yang sama tapi oleh teman  seangkatan atau adik kelas. Nah kalau sekarang oleh sesama ibu. Dari situ, tiba-tiba kepikiran buat berbagi tips supaya bisa menghasilkan karya berupa tulisan. Yuk disimak!

- Mulailah dengan Reportase
Kadang bingung, dapat ide nulis kenapa sulit banget ya? Tips ini simple, menurutku. Ini aku terapkan dari awal suka nulis nonfiksi di bangku kuliah tahun 2013 yaitu demgan datang event dan membuat reportasenya. Kenapa ini aku bilang simple? Karena sebenarnya sumber utama materi tulisan adalah dari pembicara, kita hanya perlu mencatat poin-poin dan menerjemahkan dengan bahasa sendiri.

- Mereview Buku
Kopi, Buku, Bunga Bunga, Pengaturan
sumber: disini
Nah, cara lain menghasilkan tulisan selain membuat reportase adalah dengan membaca buku kemudian mereviewnya.

- Bergabung dengan Komunitas

Percaya ngga dengan istilah "Seseorang itu tergantung dengan siapa dia berteman?". Well, pepatah ini ada benarnya lho! Kalau kita bergaul dengan teman-teman sepassion, kemungkinan besar itu jadi trigger bagi kita untuk terus berkarya. So, penting banget bergabung di komunitas kepenulisan, Moms. Lebih terperinci lagi, di komunitas ibu-ibu penulis atau mom blogger. Selain ngomongin dunia tulis menulis, bisa ngomongin dunia pengasuhan juga. Hehe.

- Punya Target
Target, Tiba, Mencapai
sumber: disini
Setelah sebelumnya bergaul dengan sesama penulis, pastinya kita bakal terpancing untuk berkarya dan memiliki target. Kenapa sih target itu penting? Supaya konsistensi kita terjaga. Notice, hal terpenting dalam berkarya adalah konsistensi.

- Mengatur Jadwal Pribadi
sumber: disini
Yang namanya ibu tentu hidup bukan lagi sol diri sendiro, tapi kiga suami dan anak-anak kita. Aku merasakan banget bagaimana hecticnya mengurus bayi, di satu sisi ingin berkarya lewat tulisan. Nah disinilah kemampuan Moms dalam mengatur waktu diuji.

Kalo aku pribadi biasanya gemar mencatat. Apapun. Mulai dari jadwal hari itu mau ngapain aja, weekend mau kemana, sampai catatan keuangan keluarga. Mencatat target itu perlu, misal buat daftar lomba yang ingin kita ikuti.

Biasanya aku mulai bekerja di atas jam 19.00 WIB ketika si bayi sudaj tertidur. Kopi siap diminum, laptop siap disentuh dan...jengjeng, jari mulai bermain!

- Mengikuti Lomba Kepenulisan
sumber: disini
Biasanya kita bingung mau menulis tema apa ya Moms? Nah dengan mengikuti lomba kepenulisan, tentu tema sudah ditentukan panitia, kita tinggal mengembangkannya. Lebih bagus lagi jika bersumber dari pengalaman pribadi dan data terpercaya. Misal, lomba tentang seribu hari pertama kehidupan anak. Moms bisa ceritakan pengalaman pengasuhan Moms yang punya klimaks dan resolusi.

Aku pernah menjalani fase dimana sempat vakum menulis. Sungguh itu membuatku tertekan. Tapi kktika aku sudah kembali menulis, perasaan jauh lebih plonh, apalagi saat aku semakin mendalami dunia blogging.

Percayalah Moms, menjadi ibu, terlebih stay at home mom bukanlah penghalang untuk tetap berkarya. Bilik rumah bukanlah pembatas. Yuk kita kuatkan tekad kembali, untuk apa menulis? Insya Allah niat baik selalu ada jalannya :)

Dengan berkarya pun kita akan lebih mampu menghargai diri sendiri. Jika kita tidak menghargai diri sendiri, bagaimana dengan orang lain?

Demikian tips seputar bagaimana bisa menghasilkan tulisan walau sudah jadi seorang ibu, ala aku. Semoga bermanfaat ya Moms! Ditunggu sharing tulisannya ya!

Kalau Moms, ada tips lain, boleh yuk berbagi di kolom komentar! ;)

2 comments:

  1. Aku termasuk yang sedang berusaha mulai berkarya setelah punya anak. Semoga tetap konsistes dan menghasilkan banyak karya karya.. amin..

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!