Inspirasi Produk Jualan Sesuai Lewat 16 Kategori Produk di Blibli.com



Merintis usaha online Birupink Bookstore sejak tiga tahun belakangan, benar-benar memberikan pengalaman baru buatku. Mulai dari senangnya produk laku keras, bertemu beragam pembeli hingga hampir merugi jutaan rupiah. Iya, alhamdulillah-nya hampir aja.


Sejak beberapa tahun belakangan bisnis online memang marak digeluti. Perkembangannya pun makin cepat. Mulai dari pilihan produk jualan hingga tawaran beragam ekspedisi pengiriman. Kepraktisan pun jadi keunggulan. Tinggal klik, pilih, bayar dan tunggu barang dikirim ke rumah. Tentunya ini jadi peluang bisnis bagi mereka yang jeli.

Suatu kali salah seorang teman dekat pernah menuturkan kegundahannya.

"Aku tuh pengen jualan online, ngisi waktu di rumah. Tapi bingung jualan apa dan dimana?"

Wajar rasanya, seseorang yang sebelumnya belum pernah berkecimpung di dunia bisnisnya ataau jual beli produk, merasa bingung. Akupun sempat mengalaminya. Butuh inspirasi dan juga pengalaman agar tidak salah jalan.


Menurutku ada dua hal PENTING yang perlu diperhatikan saat memilih produk untuk berjualan. 
💙Sesuai passion atau hobi, misal hobi fotografi, jualan aksesoris kamera
💙Sesuai demand pasar, misal kebutuhan Hijab meningkat, hijab bisa jadi pilihan produk berjualan.


Eits, kamu masih maju mundur cantik berjualan online? Masih bingung mau jualan apa?

Cobain deh berjualan online di aplikasi Blibli.com, marketplace yang menyediakan beragam pilihan kategori berjualan. Kami bisa dapatkan inspirasi (calon) produk kualami disini lho!

Nih aku beberkan apa aja sih pilihan kategorinya.

1. Galeri Indonesia
Blibli sangat mengapresiasi para pelaku UMKM dan crafter dengan menghadirkan kategori ini. Galeri Indonesia berisi produk-produk buatan tangan asli Indonesia.  Buat kalian yang punya produk handmade atau punya koneksi dengan penghasil kerajinan, bisa banger menjadikan kategori ini sebagai pilihan berjualan lho!


2. Komputer dan Laptop
Laptop, desktop, monitor tersedia dalam kategori imi. Ada pula aksesorisnya seperti keyboard, hardisk, SSD flashdisk, scanner dan sebagainya.

3. Bliblimart
Di akhir Januari lalu aku mencoba mengunjungi Bliblimart di daerah Jakarta Pusat dan wow aku sangat terpukau. Segitu inovatifnya Blibli menghadirkan Bliblimart dimana para (calon) seller bisa menjual beragam kebutuhan harian seperti personal care, makanan/minuman ringan, dan lain sebagainya. 
Kategori Bliblimart terdiri dari Go Local Bandung/Joglosemar/Jakarta/Medan/Makassar,  perawatan kulit tubuh, rumah tangga, dan-lain. So buat kalian yang punya koneksi supplier kebutuhan rumah tangga atau bahkan sudah punya toko fisik serba ada, cocok menjadikan ini sebagai pilihan.

4. Handphone dan Tablet
Brand smartphone seperti Oppo, Xiaomi, Asus, Samsung, Vivo, iPhone, Realme dan lain-lain termasuk dalam kategori ini.


5. Mainan dan Video Games
Hobi dengan mainan anak? Atau action figure seperti ada seperti robot-robotan transformer, avenger iron man, topeng marvel? Artinya kamu berpeluang until berjualan dalam kategori Mainan & Video Games.

6. Olahraga dan Aktivitas Luar ruang
olahraga lari, olahraga air, golf, yoga & pilates, hiking dan camping, beladiri, skate, hiking & camping, sepakbola, fitness, badminton, bersepeda, basket, tennis, dsb.


7. Peralatan Elektronik
Kategori ini terdiri atas mesin cuci kering, microwave, audio, pemanas air, TV, hingga mesin kopi. Kamu yang punya ketertarikan terhadap elektronik dan punya pasar yang tepat, cocok mengambil sub kategori Darien kategori Peralatan Elektronik.

8. Kamera
Kamu penggemar kamera? Punya supplier produk kamera dan aksesorisnya? Visa banget berjualan di Blibli karena padela kategori Kamera berisi subkategori kamera pocket atau kamera saku, kamera prosummer, kamera DSLR dan juga mirrorless. Untuk subkategori lainnya ada seperti kamera video, tas kamera, flash kamera, lensa kamera, baterai kamera, aksesoris kamera, dsb.

9. Home Living
Produk rumah tangga seperti sprei, selimut, tempat tidur anak, payung, bahan bangunan, jemuran baju, tempat sampah, gantungan baju, peralatan makan, bisa dijual dalam kategori ini.

10. Fashion Wanita
Produk seperti aksesoris wanita, sepatu, tas, baju muslim disediakan Blibli lewat kategori ini. Sst, ada juha subkategori tebus seribu fashion wanita.

11. Fashion Pria
Kategori ini terdiri dari pria, bawahan pria, tas pria, jam tangan pria, baju muslim pria, dan lain-lain. Kamu yang punya passion pada fashion wanita, cocok banget berbisnis produk-produk ini.

12. Ibu dan Anak
Sesuai namanya, sub kategori ini terdiri dari kebutuhan ibu hamil dan menyusui, pakaian anak laki-laki/perempuan, gift set, dan sejenisnya. Sst, menurut survei kecil-kecilan yang kulakukan, berjualan produk ini peluang pembeliannya besar lho, secara orangtua gitu, apa sih yang ngga buat anak?


13. Kesehatan dan Kecantikan
Make up, perawatan tubuh, perawatan kuku, spa, pengharum masuk ke dalam kategori ini. Itue hanya beberapa, masih banyak lainnya lho. Cocok nih buat kamu sang beauty enthusiast.

14. Tiket dan Voucher
Tak hanya tiket kereta ataupun pesawat, ada pula sub kategori tiket seminar, workshop dan sejenisnya. Kamu yang punya passion PR atau traveling bisa coba berjualan produk none fisik ini.


15. Tour and Travel
Tak hanya menyediakan travel assistant, kategori ini juga terdiri dari simcard&wifi hingga dokumen perjalanan. Artinya kalau kitae jeli melihat peluang dan kebutuhan pasar, pasti ada jalan.

16. Otomotif

Gimana? Banyak atau banyak pilihan produknya? Yuk segera temukan produk jualanmu, mulailah berjualan di Blibli.com dan dapatkan beragam keuntungan seperti merchant service hingga pelatihan bagi para seller.

Blibli berhasil menyabet customer satisfaction pada tahun 2017. So, no worries buat kalian yang mau berbelanja. Pun bagi yang ingin berjualan.

7 komentar:

  1. Berbelanja di Blibli itu makin mantap karena tersedia 16 kategori ini ya mba

    BalasHapus
  2. Saking niatnya BliBli kolaborasi sama desaigner ternama buat bikin produk pakaian, hijab yang emang ekslusif ada di BliBli aja. Ada Barli Asmara, Dian Pelangi bagus desainnya

    BalasHapus
  3. Wahh baru tau nih di blibli ada 16 katagori gini.. jd semakin lengkap dan mempermudah pelanggan yaa mantul nih

    BalasHapus
  4. Aku blm pernah nih belanja/liat" di blibli hhi jd penasaran deh tp takut khilaf buat belanja nih🤣

    BalasHapus
  5. Waah ternyata banyak banget pilihan kategori di Blibli. Nyesel deh selama ini nggak pernah ngelirik Blibli, bahkan buat belanja di Blibli pun aku belum pernah. Oke siap otw kepoin Blibli dulu ah.. Makasih mbak infonya...

    BalasHapus
  6. Wohooo, banyak banget ya varian menunya di Blibli ini, emang lengkap banget deh ya.
    Apalagi ada Galeri Indonesia itu yg bisa banget bantu perekenomian negeri juga tuh.

    BalasHapus
  7. Blibli ini aku suka banget karena banyak promonya, apalagi official store nya. Aku cuma beberapa kali belanja sih, tapi suka banget karena pengirimannya cepet banget dan gampang dipakai.

    BalasHapus