Berbagi Rezeki Jelang Idul Adha dengan Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Kurban

Tak terasa Dzulhijjah sudah menjelang. Ah iya itu artinya Hari Raya Idul Adha sebentar lagi akan tiba. Hmm tapi pastinya berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun-tahun sebelumnya setiap Hari Raya Idul Adha sejak kecil mungkin kita terbiasa menonton penyembelihan kambing. Anak-anak pun demikian, kelihatan sukacita. Tapi tidak untuk tahun ini. Tahan diri, di rumah aja.


Makna dan Sejarah Berkurban
Hari Raya Idul Adha atau biasa disebur Hari Raya Kurban merupakan salah satu perayaan besar bagi umat Muslim. Ratusan ribu kambing, domba, kerbau dan sapi dipotong sebagai bbentuk ketaqwaan pada Allah SWT. Ah jadi teringat kisah Nabi Ibrahim dan sang anak, Nabi Ismail. Ketika Ibrahim diperintahkan Allah lewat mimpi untuk menyembelih anaknya. Kegalauan menderanya tapi justru sang anak menguatkannya untuk melakukannya. Hingga akhirnya rahmat Allah datang, yang disembelihnya ternyata seekor domba, Ismail pun selamat. 

Berkurban atau menyembelih hewan kurban yang dilakukan setelah melakukan shalat Idul Adha, menjadi salah satu amal kebaikan yang 
disukai oleh Allah. Selain untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan pada Allah SWT, berkurban adalah bentuk rasa empati pada sesama. Dengan berkurban kita juga diajarkan untuk berbagi. Ah betapa banyak hikmah Dari perayaan Idul Adha dan kurban, ya?



Berbagi Daging di Masa Pandemi, Bisa?
Hidup di kota besar seperti Jakarta, membuatku lupa bahwa di daerah sana ternyata masih banyak yang belum bisa merasakan daging kurban. Ini diperkuat dengan data daru IDEAS (Indonesia Development Islamic Studies) Dompet Dhuafa, masih banyak masyarakat yang belum merasakan daging kurban karena keterbatasan ekonomi, terutama di wilayah luar Jakarta. 

Terlebih di masa pandemi begini, rasanya kesulitan ekonomi semakin menjadi, terutama oleh mereka yang bergantung pada penghasilan harian. Puluhan ribu orang terpaksa kehilangan mata pencaharian. Padahal tentu di antara mereka ada yang memiliki niatan untuk berrbagi daging kurban namun dana yang tak mendukung membuat niat tersebut harus ditahan.

Memahami hal tersebut, Dompet Dhuafa mengajak #OrangBaik yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban, namun ingin ikut berbagi dan membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban, terutama di wilayah pelosok melalui program Sedekah Daging.

Apa Itu Sedekah Daging?
Jika biasanya kurban identik dilakukan oleh satu orang atau patungan beberapa orang, berbeda halnya dengan Sedekah Daging. Sedekah daging adalah sedekah daging kurban yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha. Dimulai dengan donasi atau sedekah senilai Rp 100.000, kalian sudah dapat berpartisipasi dalam program ini. Donasi yang terkumpul akan dikonversi menjadi hewan kurban yang disalurkan di pelosok nusantara.

dompetdhuafa kurban


Sedekah Daging memang nilai pahalanya tak sebesar kurban individu atau kelompok, namun nikmatnya berbagi tetap bisa dirasakan. Sedekah Daging merupakan bentuk lain sedekah selain uang, barang tak habis pakai dan jasa yang diberikan pada yang berhak, sekalipun sedekah diberikan dalam bentuk uang.


Niat, Akad, dan Dalil Sedekah Daging
Mungkin sebagian besar dari kita masih asing dengan istilah Sedekah Daging. Penting bagi kita mengetahui niat, akad dan dalil sebelum melakukan Sedekah Daging. Sesuai dengan namanya, program sedekah daging termasuk pada ibadah sedekah, bukan kurban. Walaupun nantinya, sedekah akan dikonversi menjadi hewan, ibadahnya bukan termasuk kurban. Niat dan akadnya pun adalah akad untuk 
sedekah atau berdonasi bukan niat dan akad berkurban. 

"Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan." [QS. At Thalaq: 7]

Melalui ayat di atas, Allah memerintahkan umatnya untuk berbagi, salah satunya dengan bersedekah guna mensucikan harta. Sebab harta yang kita miliki hari ini bukanlah sepenuhnya milik kita, melainkan juga ada hak orang lain. Sedekah insya Allah bisa membersihkan harta.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga amil zakat terpercaya sejak 27 tahun silam, tidak lagi diragukan kredibilitasnya. So, teman-teman tak perlu khawatir menyalurkan sedekah Daging melalui Donor Dhuafa. Insya Allah manfaatnya tepat sasara, meluas dan merata.

Bagaimana, teman-teman, apakah tertarik berbagi jelang Idul Adha dengan Sedekah Daging bersama Dompet Dhuafa?

Kalian bisa menyalurkan sedekah melalui link  ini. Ditunggu ya, Teman, sedekahmu. Semoga Allah mampukan kita untuk berbagi lewat sedekah Daging bersama Dompet Dhuafa.

55 komentar:

  1. DD memang sangat membantu kita menyalurkan infak ataupun zakat kita. Pengalaman menyalurkan zakat fitrah lewat DD.

    BalasHapus
  2. selama ini memilih dompet duafa buat menyalurkan sedekah yg nggak seberapa, respon dr Tim Dompet Dhuafa selalu menyejukan, semuanya jelas, transparant, ada pelaporannya juga. sampai ditlpn beberapa kali sama tim DD, hanya untuk menjelaskan pelaporan sedekah kita. mantap sih :)

    BalasHapus
  3. Oo berarti sedekah daging ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja kan Mba... Karena bukan ibadah kurban.
    Memudahkan banget ya dompet dhuafa.. jadinya kita bisa ikut berpartisipasi.

    BalasHapus
  4. Dompet Dhuafa emang terkenal dengan pelayanannya dan amanahnya.
    Di masa seperti ini, memilih sedekah daging melalui Dompet Dhuafa itu adalah pilihan yang bijak sih menurut saya :)

    BalasHapus
  5. Ini jadi solusi banget ya Dompet Dhuafa, walau belum bisa melakukan qurban tapi kita tetap bisa sedekah daging juga ya. Masya Allah... Semoga banyak yang ikutan ini ya, karena walau sedikit yang pasti bisa bermanfaat untuk yang menerima.

    BalasHapus
  6. Enggak kerasa ya, Jumat besok udah idul adha aja nih. Btw, menarik banget deh sedekah daging ini. Apalagi distribusinya juga dikerjakan oleh DD ya, insya Allah amanah pula.

    BalasHapus
  7. Halo Mbak!
    Baca postingannya Mbak, g tau kenapa kok terenyuh bener..
    Kayak tiba-tiba diingetin dan dikasih solusi yang praktis. Melakukan kebaikan sekarang dipermudah banget. Aku emang belum nyoba Dompet Dhuafa sih, habis ini aku main-main ke web mereka. Makasih buat postingannya Mbak

    BalasHapus
  8. DD membantu daging qurban tersebar merata pada yg membutuhkan ya kak

    BalasHapus
  9. Banyak cara untuk membantu sesama ya. Semoga sedekah daging ini jadi jalan yang baik juga untuk mereka yang membutuhkan

    BalasHapus
  10. wah saya baru mnegerti ini akadnya sedekah ya bukan qurban gt.cuman dilaksanakannya pas musim idul adha ya. idenya keren nih DD. semoga DD makin bermanfaat bagi sesama ya

    BalasHapus
  11. Semoga selalu bisa berbagi ya mbak dengan sedekah daging apalagi menjelang Idul Adha ya mbak. Dompet Duafa dan Kita Bisa.com memang keren banget, semoga banyak yang bisa menyumbang ya mbak.

    BalasHapus
  12. Wah.. kita juga bisa ikutan sedekah daging ya.. inovatif sekali dompet dhuafa ini.. :D

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ya mbak.kl bisa bersedekah daging, meskipun.pandemi.spt sekarang. Smg makin banyak dan tergerak buat bersedekh

    BalasHapus
  14. Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari sedekah yang di lakukan. Dompet dhuafa salah satu penyalur dana kemanusiaan paling ok menurutku.

    BalasHapus
  15. Sudah puluhan tahun, pasti kualitasnya tidak diragukan lagi. Dan memang pelayanannya profesional serta transparan ya

    BalasHapus
  16. Masyaallah makin dipermudah untuk berbuat amal dan membantu sesama. Kebetulan program ini juga ada di salah satu platform kebaikan juga ya mbak? Saya langsung cek kesana.

    BalasHapus
  17. Bagus banget ya ini programnya ngebantu banget untuk orang kaya aku yang tahun ini kebetulan belum bisa berkurban nih tapi tetep pengen ikutan sedekah daging. Semoga jadi program rutin yaaa tiap tahun.

    BalasHapus
  18. Ini program nya keren banget sih, dengan 100rb kita bisa bersedekah & membantu org" yg mungkin jarang mengkonsumsi daging apalagi di pelosok

    BalasHapus
  19. Kemarin beberapa teman juga cerita bahwa di kampung halaman mereka masih ada daerah yang jarang masyarakatnya yang berkurban, padahal masih di Pulau Jawa juga. Nah, kalau seperti sedekah daging ini, sekiranya bisa mengajak beberapa teman gitu, bisa milih enggak ya tempat tujuannya, Mbak?

    BalasHapus
  20. Dengan bersedekah sebenarnya nggak perlu menunggu momen apa gitu ya, bisa langsung dilakukan ketika kita sedang berlebih rezekinya

    BalasHapus
  21. Semoda sedekah daging ini menjadi kebiasaan baik berbagi yah, barakallah.

    BalasHapus
  22. Programnya dompet dhuafa ini bagus siy ya jadi ada pemerataan, masyarakat terpencil yang saat idul adha sedikit menerima daging kurban berkat program semacam ini jadi lebih lumayanlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups setuju kak. Jadinya kita tetap bisa saling berbagi kepada yang membutuhkan ya

      Hapus
  23. Alhamdulilah langsung donasi dan langsung dapet notif kalo donasi kita sudah disalurkan dengan baik ya kak.

    BalasHapus
  24. Makin banyak cara mudah untuk kita berdonasi, ya, Mbaa. Menyesuaikan dengan kemampuan diri, tetapi juga memaksimalkan kemampuan membantu orang lain juga

    BalasHapus
  25. Dompet dhuafa emg slalu berinovatif ya mba, lengkap skali pas dgn moment2nya

    BalasHapus
  26. Ide yang bagus ya, memberi kesempatan yang belum mampu untuk sedekah daging..mungkin bisa jugs ya, dibuat arisan, jd nanti yang dapat jatah kurban bergiliran...

    BalasHapus
  27. Bagus ya inovasinya, Dompet dhuafa . Membantu orang2 yg ingin berkurban dan membantu orang2 yg membutuhkan di daerah terpencil.

    BalasHapus
  28. Aku jadi inget orang2 di kampungnya bapak. Mereka jarang nemu daging. Jadi sekaliny kami mudik trus ngundang tetangga makan dan dimasakin daging, itu pasti abis ga bersisa.
    Kebayang ga sih sama daerah yang lebih pelosok. Program sedekah ini bagus banget, jadi solusi dan jalan buat orang yang ingin membantu sesama. Meski bukan kurban, tapi Insya Allah pahala sedekahnya ngalir. Aku berharapnya program ini akan terus ada

    BalasHapus
  29. Program Sedekah Daging Kurban bersama Dompet Dhuafa ini memang bagus dan jadi solusi banget yaa Kak

    BalasHapus
  30. Program sedekah daging dari Dompet Dhuafa bener-bener luarbiasa dan berkah. Semoga penyaluran daging kurbannya tepat ke sasaran ya aamiin

    BalasHapus
  31. Sedekah qurban ini menarik banget, kita jadi bisa ikut qurban meskipun cuma dengan uang 100.000. Duh, jadi pengen qurban juga tahun depan. Semoga tahun depan bisa qurban juga, aamiin aamiin

    BalasHapus
  32. Aku jadi ingat, dulu waktu masih kecil, pakde aku jualan hewan kurban. BAwa sapi, kambing dari desa di jual ke jakarta. Setiap tahun seperti itu. Itu sudah sekitar 15 tahun lalu. Sekarang untuk berkurban jadi lebih mudah ya

    BalasHapus
  33. seneng banget program Kurban yg diinisiasi Dompet Dhuafa ini bisa terlaksana dengan baik.. semoga manfaatnya bisa dirasakan seoptimal mungkin di lokasi penyebaran daging kurban..

    BalasHapus
  34. InsyaAllah kmrn ikutan program sedekah ini.
    Semoga segala amal ibadah dan pengorbanan baik kurban maupun sedekah daging diterima-Nya aamiin

    BalasHapus
  35. program sedekah daging ini program yang bagus banget. kita masih tetap bisa berbagi kebahagiaan berqurban dengan bersedekah daging.

    BalasHapus
  36. Bagus juga ya programnya, kalau belum sanggup untuk qurban tahun ini, bisa sedekah lewat program sedekah daging ini. Keren!

    BalasHapus
  37. Aku juga baru dengar nih sedekah kurban. Inovatif banget ya programnya dompet dhuafa

    BalasHapus
  38. Ga mesti nunggu hari raya qurban kalau ingin sedekah daging kurban ya mba. Keren nih, kalau melalui Dompet Dhuafa malah bisa menjangkau daerah terpencil di Indonesia.

    BalasHapus
  39. enaknya bisa berkurban dengan mudah dan semoga semua bisa berkurban ya, terima kasih dompet dhuafa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak. Semoga dimampukan tahun depan.

      Hapus
  40. Alhamdulillah, jadi kita bisa tetap berbagi walaupun di masa pandemi ini ya mbak. Emang banyak yang turun ekonominya, tapi tetep bisa berbagi dengan sedekah daging ini.

    BalasHapus
  41. Dulu aku kira kalo mau berbagi berbagi saat Idul Adha cuma bisa melalui kurban aja, ternyata bisa dengan cara sedekah daging juga. Alhamdulillah ya semakin mudah jalan untuk kebaikan.

    BalasHapus