Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Anak di Masa New Normal

 


Sebagai orang tua dengan anak balita, aku tahu dan sepakat bahwa perkembangan fungsi kognitif anak berada dalam masa puncak pada usia 2 tahun dan terus berkembang hingga usia 5 tahun. Karenanya nutrisi, stimulasi dan afeksi yang cukup sangatlah penting. Terlebih saat ini kita sedang dihadapi dengan tantangan Covid19. Pemantauan tumbuh kembang dan kesehatan anak pada masa ini sangat penting, mengapa? 


Tempo hari aku menghadiri live talkshow yang mengahdirkan narasumber antara lain Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH, Tyas Mangestuti, M.Psi, Poetri Sudarno, Kimberly Ryder & sang anak, Ryden.


Di sesi dr. Bernie, dijelaskan mengapa sih penting memantau tumbuh kembang anak. Setidaknya ada beberapa alasan.


  1. Untuk mencapai tumbuh kembang optimal anak agar ia siap belajar
  2. Periode kritis perkembangan dan masa ini tidak dapat tergantikan.
  3. Pandemi Covid-19 membuat interaksi anak dengan lingkungannya terbatas 



“1000 hari pertama kehidupan anak yang juga disebut sebagai periode emas adalah periode yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Pada anak usia tersebut terjadi perkembangan otak yang sangat pesat, masa ini disebut dengan periode kritis perkembangan dan masa ini tidak dapat tergantikan. Untuk itu, orang tua harus cermat dalam memahami tahap-tahap perkembangan anak sesuai tahap usianya serta memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil agar ia siap belajar terutama dalam situasi yang kurang kondusif seperti pandemi saat ini.” Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH


Setelah sesi dr. Bernie, ada Psikolog Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi yang memaparkan bahwa tanpa disadari, pandemi berdampak pada hubungan emosional antara orang tua dan anak. Disadari atau tidak, meskipun kuantitas pertemuan anak dan orang tua bertambah, namun seringkali koneksi tersebut berkurang. 


Ada baiknya kedua orang tua bekerjasama untuk mengembalikan kehangatan hubungan bersama anak, serta menghadirkan stabilitas dalam keluarga meskipun banyak tantangan baru. Misalnya dengan menemukan cara baru membangun kembali koneksi emosional dengan anak atau rutin mengajak anak berdiskusi mengenai peraturan yang disepakati di dalam keluarga.


Setelah sesi talkshow, dilanjutkan dengan story telling bersama Ibu Poetri, pendongeng senior. Eits, tak lupa ada Kimberly Ryder dan Ryden turut berpartisipasi! Wow pas banget nih buat bonding dengan anak. Sayang sekali Cham lagi ngga mau ikutan, hehe.




Dukungan dari Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition dengan visinya membantu generasi masa depan untuk mengembangkan potensi sepenuhnya dan menjalankan kehidupan yang lebih sehat dengan menyediakan nutrisi berkualitas tinggi, inovatif, dan terbukti secara ilmiah bagi para ibu dan anak di tahun-tahun pertama kehidupan yang penting,menghadirkan pilihan rasa baru yaitu S-26 Procal Nutrissentials Rasa Madu. 


Susu pertumbuhan untuk anak usia 1 - 3 tahun ini kaya akan kolin, zat Besi dan vitamin B kompleks, tinggi protein, kalsium, vitamin D dan K. No worries Moms, S-26 Procal Nutrissentials Rasa Madu tanpa gula tambahan lho! Dengan rasa madu yang lezat untuk mendukung tumbuh kembang dan dukung proses belajar si Kecil.


"Tumbuh kembang anak secara keseluruhan harus mendapat perhatian orang tua, meskipun saat ini kita berada dalam situasi pandemi. Selain membutuhkan stimulasi dan kasih sayang yang penting untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang dan proses belajar, anak juga membutuhkan nutrisi untuk siap memasuki tahap perkembangan selanjutnya dan mendukung tumbuh kembangnya. S-26 Procal Nutrissentials berkomitmen mendampingi orang tua dalam memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan sesuai tahap usianya. Salah satunya dengan menghadirkan nutrisi yang mendukung pertumbuhan si Kecil, S-26 Procal Nutrissentials rasa madu yang lezat dan disukai si Kecil.” ungkap Vera Niki Gozali, Brand Manager S-26 Procal.


Kita semua tentu sepakat, saat ini para orang tua berada dalam situasi yang cukup menantang. Wyeth Nutrition berharap para orang tua tetap dapat mendampingi dan mencukupi kebutuhan nutrisi, stimulasi dan afeksi bagi anak, terutama selama periode emasnya. Nah, untuk membantu para orang tua memantau setiap jengkal tumbuh kembang anak, Wyeth Nutrition memberikan informasi untuk orang tua mengenai nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang dan tips parenting bersama para pakar melalui platform instagram @wyethnutritionid.


Tentang PT Wyeth Nutrition Sduaenam

PT Wyeth Nutrition Sduaenam mengembangkan produk gizi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi kebutuhan gizi anak-anak. Wyeth memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan gizi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama 100 tahun, Wyeth terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak. 


0 komentar: