My Minimalist Skincare-ing With Scarlett



Merawat wajah atau aku biasanya mengistilahkan dengan skincare-ing mulai aku lakukan sejak tahun 2018 saat usiaku sekitar 23 tahun. Entah ini sebuah keterlambatan atau keterlalu-cepat-an. Yang jelas aku tidak merasakan keduanya. Sebelum-sebelumnya aku memang cukup acuh soal perawatan wajah. Untungnya kulit wajahku tidak rewel, nyaris tidak pernah mengalami masalah kulit yang mengganggu. 

Perkenalanku dengan skincare-ing bermula ketika aku sedang menghadapi skripsi  Oh ya sebagai informasi, aku menikah dan memiliki anak saat masih mengurus skripsi. Mungkin karena energi dan mood terkuras alhasil kulitku sering bermasalah. Sejak itulah aku memulai skincare-ing yang 5 step itu. Iya benar-benar 5 step.


Barulah di tahun 2020 ketika aku semakin menerapkan hidup minimalis, aku mulai me-reduce tahap face skincare-ku hingga akhirnya menjadi dua tahap saja; face wash dan serum. Eh ya ditambah body lotion dan sesekali body scrub, tapi keduanya khusus wajah.

Ya, aku menerapkan minimalist skincare-ing dalam keseharianku. Seperti apa sih Minimalist Skincare-ing itu? Bisa kalian baca disini. Inti Minimalist Skincare-ing adalah mempertimbangkan masak-masak sebelum membeli (berkesadaran, sesuai kebutuhan dan anggaran), memakai sampai habis hingga bijak mengelola sisa konsumsi skincare. 

Kembali soal skincare. Pada dasarnya kulit wajahku tipe yang cocok memakai segala jenis, setidaknya itu yang aku rasakan selama kurang lebih tiga kali ganti produk. Tapi selama ini serum yang aku pakai kurang "nampol" rasanya. Hingga akhirnya aku mencoba serum Scarlett. Ada dua jenis serum Scarlett ini; Brightly Ever After Serum dan Acne Serum. Berhubung saat itu kulitku cenderung normal, aku mencoba Brightly Ever After Serum.


Baca Juga: Skincare-ing With Less

Agar makin mantap akupun juga mencoba Scarlett Brightening Facial Wash. Kedua produk yang aku pakai ini merupakan rangkaian Scarlett Face Care. 

Oh ya, keputusan untuk memakai produk Scarlett murni bukan karena "kena ratjun" apalagi ngikutin tren. Aku sudah membaca beberapa ulasannya dan memastikan bahwa memang sesuai dengan yang aku butuhkan, dan tentunya sesuai budget juga, hehe. Yap, sebisa mungkin aku mencoba bersikap mindful ketika memutuskan untuk mengkonsumsi dan membeli sesuatu sebagaimana dalam hidup minimalis yang aku jalani.

Karena aku sudah memakainya selama kurang lebih tiga pekan, akhirnya aku bisa membagikan ulasanku tentang kedua produk ini. Semoga ulasan ini membantu Moms and Ladies yang sedang mempertimbangkan untuk membeli/memakainya atau tidak ya. 

Scarlett Brightening Facial Wash

Facial wash ini merupakan komposisi dari Aqua demineralisata, coconut fatty acis, diethanolamide, glycerin, Rosa canina flower (rose petals), cocamidopropyl betaine ammonium ssalt, niacinamide, gluthatione (glycine), tocopheryl acetate (vit E), aceylates copolymer, Aloe Vera leaf exctract, teiispopropanolamine, dmdm hydantoin, edta dan glass beads.


Empat kandungan utama serta manfaatnya antara lain:

  1. Gluthatione untuk meningkatkan kelembabu dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas dan mencerahkan kulit.
  2. Vitamin E untuk melembabkan kulit, membantu meredakan peradangan dan menenangkan kulit.
  3. Rose Petals untuk menyegarkan kulit wajah
  4. Aloe Vera untuk menenangkan kulit, meredakan peradangan, melembabkan dan menghaluskan kulit wajah.

No worries Moms, produk ini sudah tersertifikasi BPOM NA18211202458.


Packaging & Tekstur

Facial wash ini memiliki volume 100 mL yang sepengelaman aku pribadi, penggunaan tiga pekan hanya menghabiskan 20% isinya saja. Packaging luarnya berbentuk kotak dengan warna dominan pink dan ungu. Di bagian depannya terdapat nama produk dan kandungan bahan utama. Sedangkan di bagian belakangnya terdapat klaim produk dan cara pemakaian. 


Untuk packaging dalam, berbentuk botol transparan dengan tutup flip top. Somehow aku suka sekali dngan tutup flip top karena selain aman, anti tumpah, juga mudah dibuka-tutup. Ukurannya yang ramping membuatnya mudah dibawa kemana saja. Teksturnya gel bening dengan gelembung dan sedikit kelopak bunga di dalamnya. Setelah aku cari tahu, ternyata itulah rose petals!


Cara Pemakaian

Tuangkan facial wash ke tangan secukupnya. Aku pribadi 3 tetes sudah cukup. Tidak perlu ditambah air. Setelah diusap ke tangan langsung aplikasikan ke wajah dengan memijatnya secara lembut. Seperti yang aku infokan sebelumnya, penggunaan selama tiga pekan, aku hanya menghabiskan 20%. Jadi 1 kemasan 100mL ini kurang lebih untuk 3 bulan. Wow hemat sekali!

Untuk hasil lebih maksimal, gunakan setiap pagi dan malam sebelum tidur ya, Moms. Oh ya facial wash ini bukan tipe yang berbusa banyak, minim busa tapi saat diaplikasikan, pas menurutku. Wanginya yang ditimbulkan tidak terlalu menyengat atau bahan kimia, tapi wangi-wangi khas perempuan. 


Pasca Pemakaian

Selama tiga pekan aku mencobanya. Sebisa mungkin rutin memakai di pagi dan malam hari ya meski ada 1-2 malam aku terskip, huhu. Setelah mencobanya wajahku tidak langsung seglowing Amanda ManopošŸ˜‚ Tapi setidaknya aku merasa wajahku menjadi lebih segar dan lembab. Sekali lagi, untuk hasil maksimal aku sarankan banget untuk memakai di pagi dan malam hari.



Moms and Ladies bisa mendapatkan facial wash ini dengan harga Rp75,000. Nah setelah facial wash, mari kita beranjak ke ulasan serum-nya. 


Brightly Ever After Serum

Serum ini merupakan salah satu produk dari Scarlett Whitening Face Care terdiri dari 2 series:

  • Brightly Ever After yang terdiri dari Brightly Ever After Serum,  Day Cream dan Night Cream
  • Acne Series yang terdiri dari Acne Serum,  Day Cream dan Night Cream

Aku mencoba yang Brightly Ever After series, tapi untuk produk serum-nya saja. Kandungannya antara lain Niacinamide, Hexapeptide-8, Glutathione, Rainbow Algae, Aqua Peptide Glow, Rosehip Oil, Poreaway, Triceramide, Natural vit C, dan Green Caviar. Semua kandungan tersebut memiliki manfaat yang diklaim antara lain:

  • Membantu mencerahkan kulit
  • Menyamarkan noda di wajah seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, flek dan bekas luka
  • Membantu mengontrol kadar minyak berlebih
  • Mengecilkan pori-pori
  • Menutrisi dan melembabkan kulit
  • Membantu membuat kulit lebih relax dan calm
  • Menghaluskan kerutan garis halus
  • Bekerja sebagai anti oksidan dan anti polusi.

No worries Moms and Ladies, produk ini cruelty free dan tentunya sudah tersertifikasi BPOM dengan nomor NA 18201901367


Packaging & Tekstur

Serum ini memiliki volume 15 mL. Packaging luarnya berbentuk kotak dengan warna dominan pink dan putih. Di bagian depannya terdapat nama produk dan kandungan bahan utama. Sedangkan di bagian belakangnya terdapat komposisi, cara penyimpanan dan cara pemakaian. 

Untuk packaging dalam, berbentuk botol kaca dengan tutup pipet. Somehow aku suka sekali dengan tutup pipet untuk serum karena mudah diaplikasikan ke kulit dan mudah untuk menakarnya dengan pas, tidak kurang, tidak lebih. Teksturnya cair dan tidak terasa lengket di tangan setelah pemakaian. Wanginya tidak sewangi facial wash, sepertinya memang serum manapun wanginya tidak ada wangi feminim gitu, hehe. 


Cara Pemakaian

Teteskan 2-3 tetes ke wajah, pijat secara perlahan sampai merata dan biarkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah. Oh ya karena teksturnya agak cair, menurutku, serum ini cepat dalam menyerap ke lapisan kulit. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan setiap pagi dan malam sebelum tidur ya, Moms, setelah menggunakan facial wash.


Pasca Pemakaian

Selama tiga pekan aku mencoba produk ini. Sebisa mungkin rutin memakai di pagi dan malam hari ya meski ada 1-2 malam aku terskip, huhu. Setelah mencobanya, lagi-lagi wajahku tidak langsung seglowing Anya GeraldinešŸ˜‚ Tapi setidaknya aku merasa wajahku menjadi lebih lembab. Flek hitam pun sedikit berkurang. Sekali lagi, untuk hasil maksimal aku sarankan banget untuk memakai di pagi dan malam hari.

Sejujurnya aku tidak tahu pasti berapa persen yang terpakai karena permukaan kaca yang solid membuat aku tidak bisa melihat jelas sisa produk setelah pemakaian. 


Ke depannya secara rutin akan menggunakan serum dan facial wash ini dan memakainya sampai habis. Yap, memakai suatu produk sampai habis adalah salah satu praktik hidup minimalis & berkesadaran. Di luar ada case tertentu misal tidak cocok di kulit. 

Kelebihan Scarlett Face Care

Kelebihan Scarlett Face Care secara keseluruhan menurutku adalah tersertifikasi BPOM, kemasannya travel friendly dan kandungannya full manfaat. 

Sedikit saran dariku, untuk packaging serum-nya cukup packaging, tidak perlu ditambah wadah plastik di dalam karena botolnya sendiri terlihat kokoh jadi tidak perlu khawatir pecah atau retak. 

Untuk Moms and Ladies yang butuh membelinya, bisa order melalui https://linktr.ee/scarlett_whitening.

Jangan lupa untuk bijak membeli dan berkonsumsi ya. Beli sesuai kebutuhan dan anggaran, bukan karena ikut-ikutan. Happy Minimalist skincare-ing, Moms and Ladies! 

0 komentar: