Stimulasi Perkembangan Karakter Anak dengan Dongeng Aku dan Kau dari Nestlé DANCOW


Saat duduk di bangku kuliah, aku tidak sekadar kuliah tapi juga berorganisasi dan mengajar. Saat itu aku menjadi guru TPA di masjid fakultas, mengajar anak-anak usia dini yang tinggal di wilayah sana. Selain mengajar ngaji Al Qur'an, aku juga selalu mendongengkan mereka, tentunya dengan cerita-cerita Islami.

Tidak hanya itu, aku juga beberapa kali emngikuti kegiatan kerelawanan dan menjadi pendongeng amatir bagi anak-anak. Ya, masih amatir, tanpa properti ini itu, tapi aku menyukainya. Jujur saat itu orientasiku hanya karena aku suka dengan anak-anak.

Mana paham aku bahwa ternyata bercerita atau mendongeng punya banyak manfaat buat anak-anak?


Iya benar, banyak manfaat! Sampai akhirnya aku menikah dan hamil, aku suka sekali bercerita pada anakku, mulai dari cerita Islami, membacakan buku sampai cerita receh curhatan bundanya, hehe.


Manfaat Mendongeng Bagi Anak

Balik lagi ke manfaat mendongeng, memang apa saja sih manfaat mendongeng itu khususnya bagi anak?

  • membantu  anak memperkaya  kosa  kata,  meningkatkan  rasa  percaya  diri
  • membantu  mempelajari  bahan  bacaan  yang  lebih  sulit
  • studi menunjukkan  adanya  korelasi  mendongeng  dengan  pembentukan  nilai  moral  dan  karakter
  • membangun imajinasi dan kreativitas anak
  • memberikan afirmasi positif nilai-nilai kehidupan, yang membantu memastikan tumbuh kembang anak yang optimal


See, banyak kan! Jadi, mendongeng ini bisa dibilang kegiatan wajib bagi para orangtua terhadap anaknya.  


Dongeng Aku dan Kau dari Nestlé DANCOW

Ngomong-ngomong soal dongeng, buat generasi millenial dan gen Z, ingat ngga sih dongeng Aku dan Kau yang hadir di sekitar tahun 2005? Siapa hayo yang kangen dongeng Aku dan Kau? 



No worries, karena dongeng Aku dan Kau kembali hadir, kali ini untuk anak-anak kita! Yap, berkomitmen untuk mendukung Bunda dan Ayah guna memastikan tumbuh kembang optimal anak, Nestlé DANCOW hadirkan kembali Dongeng Aku dan Kau dengan tema “Indonesia Mendongeng” yang mengangkat dongeng asli Indonesia yang kaya dengan nilai nilai budaya Indonesia yang penting untuk diperkenalkan kepada anak sejak usia dini.

Informasi ini aku dapatkan ketika mengikuti press conference "Indonesia Mendongeng" pada Kamis (2/9) secara virtual. Kegiatan ini dibuka oleh pemandu acara Sophia Tobing dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Gonesan selaku perwakilan direktir PT Nestlé Indonesia. 



Tak hanya itu, kegiatan ini juga didukung dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang diwakili Dr. Muhammad Hasbi, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek RI.



“Kami senang dan menyambut baik Program DANCOW Dongeng Aku dan Kau: Indonesia Mendongeng ini yang sejalan dengan visi-misi Kemendikbudristek, khususnya Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, yang bercita-cita agar setiap anak Indonesia berkesempatan mendengarkan cerita dongeng. Kemendikbudristek pun terus mendorong peningkatan kompetensi mendongeng untuk guru (PAUD) dan orang tua.” ungkap Dr. Muhammad Hasbi.

Ada juga para bunda inspiratif yaitu  Ibu Fery Farhati (istri gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan), istri gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil) dan Nurasia Uni (istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno) yang menyampaikan pesan-pesan berharga seputr pentingnya mendongeng untuk anak. 




Sebelum masuk ke sesi sharing oleh Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis, dan Kak Aio, seorang pendongeng, Lydia Sahertian selaku Brand Manager DANCOW Nutritods menyampaikan bahwa Nestlé DANCOW percaya, stimulasi sejak dini sangatlah penting, dan mendongeng untuk anak memberikan manfaat positif bagi kemampuan kognitif, bahasa, emosional, dan perilaku sosial anak. 



Karenanya, Nestlé DANCOW kembali menghadirkan Dongeng Aku dan Kau berisi dongeng-dongeng asli Indonesia yang sangat disukai anak-anak seperti Kancil dan Kerbau, Pangeran Palasara dan Kluntung Waluh.  Melalui 15 cerita dongeng asli Indonesia ini, semoga orang tua bisa lebih aktif lagi membacakan dongeng untuk anak. 



Nah ini dia sesi yang ditunggu-tunggu. Sesi pertama ada bunda Ratih Ibrahim, M.M. yang memaparkan betapa pentingnya mendongeng dilihat dari perkembangan fisik dan psikologis anak. 

Menurut beliau, mendongeng adalah kegiatan stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang anak. Membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu anak mengenal dan mengapresiasi budaya Indonesia, ia akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Mendongeng jadi momen menyenangkan bersama Bunda Ayah yang akan ia kenang sampai usia dewasanya nanti karena masa kecil akan terus terbawa sampai dewasa, bahkan lansia.



Dalam webinar ini, hadir pula Meisya Siregar selaku Brand Ambassador Dancow Nutritods. Bunda Meisya bercerita bagaimana ia membiasakan kegiatan mendongeng bagi anak-anaknya terutama si bungsu Bambang.



Sesi berikutnya ada Arioyo Zidni atau akrab disapa Kak Aio, pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Kak Aio bilang, dongeng rakyat Indonesia mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kerajinan, gotong royong, berbuat baik dan menolong orang lain, yang dapat membantu Si Buah Hati dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari. Kisah dongeng Pangeran Palasara misalnya, dapat mengajarkan anak tentang pentingnya berbesar hati dan berbuat baik pada sesama.

Kemampuan anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah umumnya muncul pada usia 18-24 bulan (Colson et al., 1997). Memasuki masa Toddler dan Prasekolah (3-6 tahun), kemampuan kognitif, bahasa, emosional dan perilaku sosial anak mengalami perkembangan pesat serta menjadi fondasi perkembangan kognitif (Rosales et al., 2009). Agar stimulasi yang diberikan melalui mendongeng dapat diterima anak secara maksimal, orang tua juga perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi serta aktivitas Si Buah Hati dan lingkungan penuh cinta dari Bunda dan Ayah. 

Beberapa hal yang harus Moms perhatikan ketika mendongeng antara lain:

  • Sesuai cerita dengan fase perkembangan anak
  • Upayakan untuk ekspresif mengikuti isi cerita
  • Luangkan waktu untuk mendongeng bukan mencari waktu luang

Oh ya, 15 seri dongeng Aku dan Kau bisa Moms dapatkan dalam buku Dongeng Aku dan Kau lho! Buku tersebut bisa Moms dapatkan secara gratis dengan membeli Nestlé DANCOW 1+/3+/5+ Nutritods ukuran 800 gr atau 1 kg semua varian (bertanda khusus). Berbagai kegiatan Indonesia mendongeng akan didukung berbagai keseruan secara digital di antaranya mewarnai karakter via website DANCOW, tepatnya www.dancow.co.id/dpc/dongengakudankau.

Dengan mendongeng cerita rakyat Indonesia, Moms telah mendukung eksplorasi budaya si kecil lho!

Tentang Nestlé DANCOW Nutritods

Masa  tumbuh  kembang usia balita dan pra sekolah merupakan masa pertumbuhan yang  pesat  bagi  anak. Mereka membutuhkan perlindungan tambahan melalui nutrisi seperti vitamin A, C, D dan zat besi. Nestlé DANCOW Nutritods adalah susu pertumbuhan bergizi dan berkualitas yang diformulasikan secara khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan  nutrisi  anak  Indonesia usia  1-5  tahun.  Nestlé DANCOW Nutritods hadir dengan 0g Sukrosa, bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus, serat inulin, dan tinggi Vitamin D. Dilengkapi juga dengan protein, kalsium, .inyak ikan, serta omega 3 & 6 untuk membantu mencapai pertumbuhan serta perkembangan yang optimal bagi anak.

Kehadiran Nestlé DANCOW Nutritods dibarengi dengan program Nutritods 101 Academy yang didukung oleh para Nutritods Council Expert menjadi mitra terpercaya orangtua membantu lindungi langkah eksplorasi anak serta mengedukasi orang tua dalam menghadirkan lingkungan penuh cinta untuk tumbuh kembang anak optimal. Oh ya buat Moms yang memerlukan ragam informasi dan informasj dalam membersamai tumbuh kembang anak, DANCOW Parenting Center dapat diakses melalui https://www.dancow.co.id/dpc.


Tentang Nestlé Indonesia

Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestlé telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 187 negara di seluruh dunia, dengan lebih dari 2.000 merek 

Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan. Nestlé S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Nestlé berkomitmen menggunakan potensi makanan guna meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang.

Nestlé Indonesia sendiri berdiri pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan. Beberapa merem susu, makanan atau minuman Nestlé Indonesia antara lai  DANCOW, MILO, NESCAFÉ, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEAR BRAND, dan lain-lain. Tahun 2021 ini Nestlé Indonesia memperingati 50 Tahun di Indonesia.


0 komentar: