Inisiatif Minim Sampah yang Aku Lakukan dalam Setiap Kegiatan



Hidup minim sampah bukan soal teori saja, tapi lebih penting adalah praktiknya. Eits bukan praktik yang harus sudah sempurna apalagi jika baru kemarin belajar minim sampah. Yang terpenting berproses dan berprogres. 

Inisiatif minim sampah bisa kita lakukan dalam berbagai kegiatan sehari-hari baik di dalam maupun di luar ruamh. Berikut ini beberapa kegiatan yang aku lakukan juga inisiatif minim sampah di dalamnya. 


Berbelanja

Ini bisa dibilang jadi langkah utama dan paling dekat dalam keseharian untuk mempraktikkan hidup minim sampah. Kegiatan berbelanja menjadi kegiatan yang pasti dilakukan setiap orang, baik itu belanja pangan harian maupun produk rumah tangga dan barang-barang lainnya. Dalam kegiatan belanja ini aku membagi menjadi belanja online dan belanja offline. 

Belanja daring

  • Membawa tas kain untuk wadah utama 
  • Membawa wadah ketika membeli bahan pangan seperti ayam, cabe dan lain-lain.


Belanja Online

  • Meminta penjual memakai kemasan kardus atau kertas bekas (kalau pakai istilah ramah lingkungan mungkin ga semua paham). 
  • Memberikan pesan hijau ke penjual

Baca Juga: Upayaku Cegah Sisa Konsumsi di Rumah Tangga dan Bisnis

Berwisata

Ketika pandemi bisa dibilang kegiatan ini minim sekali, berbeda halnya ketika ngga pandemi. Sayangnya sebelum pandemi aku belum mulai menerapkan minim sampah jadi yang aku praktikkan paling-paling hanya ketika main ke taman atau tempat terdekat lainnya.  Beberapa inisiatif Minim sampah yang kulakukan ketika berwisata antara lain. 

  • Membawa tas kain dan tumblr
  • Membungkus makanan dalam wadah reusable
  • Mengganti tissue sekali pakai dengan saputangan atau lap kain
  • Membawa tumbler per orang satu


Berbisnis

Sebagai pemilik bisnis kecil-kecilan, urusan minim sampah ini ngga boleh terlewat. Meski ngga mudah karena berkaitan dengan loyalty pelanggan, tapi selagi arahnya menuj kebaikan, insya Allah ada keberkahan dan kemudahan. Beberapa inisiatif Minim sampah dalam berbisnis yang kulakukan antara lain:

  • Membungkus produk dengan kertas coklat atau kardus
  • Memberikan pesan hijau pada pembeli
  • Memposting pesan-pesan berkaitan dengan hidup minim sampah dalam rangka edukasi followers sosial media bisnis

Sst, usahaku bergerak di bidang perbukuan, kita juga menawarkan jasa titip jual buku bekas atau hasil decluttering. Ke depannya bakal ada jasa pinjam buku juga lho. Yuk titip jual di @birupinkstore! Klik disini ya. 

Berbagi

Sebagai makhluk sosial, kehidupan bertetangga ga bisa dilepaskan, ya karena memang kita butuh bersosialisasi. Bersosialisasi ngga melulu soal ngerumpi tapi juga berbagi apa yang kita punya. Eits berbagi pun ga melulu harus yang mahal asalkan layak konsumsi/guna/pakai dan syukur-syukur dibutuhkan penerima. Dalam hal berbagi khususnya berbagi makanan berikut ini inisiatif minim sampah yang kulakukan

  • Menggunakan wadah pakai ulang
  • Meminimalisasi kemasan tidak ramah lingkungan misalnya dengan membuat makanan sendiri


Kumpul-kumpul

Kalau di era pandemi begini mungkin jarang ada kegiatan kumpul-kumpul, tapi ketika ada kegiatan kumpul-kumpul yang tentunya tetap taat protokol kesehatan, berikut ini inisiatif Minim sampah yang aku lakukan:

  • Membawa makanan dengan wadah pakai ulang
  • Minum dari botol minum sendiri atau gelas pakai ulang
  • Membawa pulang sisa konsumsi untuk dipilah dan disetorkan ke bank sampah, alih-alih dibuang ke TPA


Harus Sedia, Bukan Harus Beli

Dari beragam inisiatif Minim sampah yang pernah dan sedang kulakukan, berikut ini beberapa barang yang sekiranya harus tersedia. Eits tapi bukan berarti harus beli, pakai yang ada itu lebih baik selagi masih layak.

  1. Tas kain
  2. Tumbler/botol minum
  3. Saputangan/lap kain
  4. Wadah makanan pakai ulang


Untuk jumlahnya aku ngga akan share, silakan disesuaikan dengan kebutuhan setiap keluarga. Bisa lihat dari jumlah penghuni, frekuensi kegiatan di luar dan lain sebagainya.

Last but not least, happy having zero waste initiatives!

0 komentar: