Review Buku Transisi: Memahami Proses Perubahan dalam Hidup


Life is like a roller coaster. Ada kalanya kita bahagia, ada kalanya sedih. Ada kalanya bangga, ada kalanya kecewa. Perasaan-perasaan negatif tidak bisa benar-benar dienyahkan. Jika saat ini kami mengalami kejenuhan, burn out, bahkan depresi, mungkin itu salah satu tanda kamu membutuhkan sebuah transisi. 

Wait, memang apa sih bedanya transisi dan perubahan?


"Salah satu perbedaan penting antara perubahan dengan transisi adalah bahwa perubahan merupakan dorongan untuk mencapai suatu target, tetapi transisi dimulai dengan melepaskan segala yang tidak lagi Sesuai atau memadai untuk tahap kehidupan Anda saat itu."


Setidaknya itulah perbedaan keduanya yang kudapatkan dari buku berjudul Transisi yang baru-baru ini aku baca. Apakah kalian sedang atau sudah membacanya juga?


Spesifikasi Buku

Judul: Transisi: Memahami Proses Perubahan dalam Hidup

Penulis: William Bridges, PhD (with Susan Bridge)

ISBN: 9786246083167

Penerbit: Renebook

Tahun Terbit: Agustus 2021

Jumlah Halaman: 273




Buku ini merupakan terjemahan dari buku Transition Making Sense of Life's Change oleh penulis yang sama pada tahun 2019 di New York. Meskipun sebenarnya buku ini pertama kali terbit tahun 1980. Saat itu jugalah ustilah “transisi” mulai populer setelah diperkenalkan oleh William Bridges. Transisi merupakan buku pertama yang mengeksplorasi pola dasar dan universal dari proses transisi.


Blurb

Mengapa perubahan itu sulit? Mengapa move on itu kadang tidak nyaman? Apakah masa lalu itu lebih baik dan memulai yang baru itu kekeliruan? Bagaimana cara mengatasi masa-masa sulit dalam setiap proses perubahan hidup kita?

Dalam buku yang harus dibaca oleh siapa saja yang ingin melalui setiap perubahan dengan baik, William Bridges menawarkan sebuah pola yang bisa membuat perubahan dalam hidup kita menjadi lebih baik dan lancar: Transisi !

William menawarkan 3 pola konseptual bagaimana transisi bekerja (Pengakhiran—Zona Netral—Permulaan Baru). Jika disadari dan diketahui sejak awal, niscaya akan membuat saat-saat sulit kita dalam hidup bisa menjadi lebih mudah dipahami.

Transisi adalah buku pertama yang mengeksplorasi pola dasar dan universal dari pergeseran dalam hidup. Buku ini telah membantu jutaan pembaca mengatasi kebingungannya dalam segala transisi hidupnya. Tak heran jika ia diinobatkan sebagai salah satu dari 50 buku self-help terbaik dunia.

“Buku yang luar biasa! Harus dibaca oleh siapa saja yang telah lulus sekolah, menikah, kehilangan pasangan dan anggota keluarga, berganti pekerjaan atau karier.”—Goodreads

“Sangat bermanfaat! Sangat membantu Anda mengembangkan kebiasaan baru dan menambah kepercayaan diri Anda dalam menangani perubahan.”— Jovita Maria Ferliana, M.Psi, Psikolog Anak, Remaja, & Keluarga



Baca Juga: Review Buku Hygge Seni Hidup Bahagia Orang Denmark

Sekilas Tentang Buku

Dua pertanyaan utama yang akan terjawab melalui buku ini antara lain; apa yang harus dilepaskan dalam kehidupan sekarang? Apa yang menanti dan menunggu untuk masuk ke kehidupan Anda?

See, bisa dilihat, melalui buku ini, Bridges tidak hanya memandu “bagaimana cara mengatasi”, tetapi juga membuat kita melihat bahwa kekacauan, kematian, dan pembaruan merupakan dasar kehidupan. Buku ini merupakan panduan penting untuk menghadapi perubahan yang tak terhindarkan dalam hidup.

Transisi membawa pembaca selangkah demi selangkah melalui tiga tahap ekstrem (Pengakhiran—Zona Netral—Permulaan Baru),menjelaskan bagaimana setiap tahap dapat dipahami dan diterima. Bridges menawarkan jalan keluar yang elegan, sederhana, tetapi sangat berwawasan.

Dinobatkan menjadi 1 dari 50 buku self-help terbaik, Transisi merupakan pendukung dan motivator sempurna bagi pembacanya. Melalui buku ini, mata kita akan terbuka bahwa transisi bukanlah akhir dari segalanya melainkan sebuah proses yang akan membuat hidup menjadi lebih cerah dari sebelumnya.



Pada dasarnya hanya ada tujuh bab utama yang terbagi menjadi dua bagian. Berikut ini daftar isi dari buku tersebut:

  • Kata pengantar oleh Michael Bungay Stanie, Penulis buku laris The Coaching Habit
  • Pendahuluan untuk edisi peringatan tahunan ke-40
  • BAGIAN 1: Kebutuhan akan Perubahan
Pada bagian ini terdiri dari empat bab utama yaitu
- Berada dalam Transisi
- Transisi Sepanjang Usia
- Relasi dan Transisi
- Transisi dalam Kehidupan Kerja
  • BAGIAN 2: Tiga Fase Transisi
Pada bagian ini terdiri dari empat bab utama antara lain:
- Pengakhiran
- Zona Netral
- Selesai dengan Permulaan Baru
  • EPILOG
  • PENUTUP
  • LAMPIRAN
  • HALAMAN PERSEMBAHAN
  • TENTANG PENULIS
  • CATATAN
Sebagaimana khas buku Renebook, di bagian awal buku ini terdapat peta buku agar kita lebih mudah memahami inti dari buku ini. Juur, aku suka dan terbantu sekali!


Keunggulan Buku Ini

Sejak awal kehadirannya di tahun 1980, buku ini sudah meraih predikat terlaris sehingga bisa dibayangkan betapa orang-orang membutuhkan buku ini, yang tentunya ada banyak keunggulan dari buku ini antara lain:

  1. Sudah terjual lebih dari 500.000 eksemplar di seluruh dunia.
  2. Dinobatkan sebagai 50 buku self-help
  3. Solusi untuk mengatasi masa-masa sulit dalam setiap proses perubahan hidup.
  4. Ditulis oleh konsultan profesional.
  5. Panduan terbaik saat mengalami transisi, buku ini sudah membantu jutaan orang di dunia melewati masa sulit. Sangat cocok untuk dibaca sendiri maupun sebagai hadiah

Memang tak ada gading yang tak retak. Namun sejauh aku membaca buku ini, belum kutemukan kekurangan dalam buku ini. Hanya saja emmamg sebagaimana membaca buku non fiksi lainnya, para oembaca harus dengan sadar dan hadir penuh ketika membacanya agar bisa menyerap inspirasi maupun informasi utuh dari buku ini.

Bagi kalian yang ingin membaca buku ini, bisa kontak Penerbit Renebook. Dengan harga Rp99,000 saja (syukur-syukur sedang ada potongan) kalian bisa mendapatkan buku ini. 

Jadi, sudah siapkan bertransisi dalam kehidupan? Atau justru kalian sudah atau baru saja mengalaminya? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya :)



0 komentar: