Review Buku HYGGE: Seni Hidup Bahagia Orang Denmark

 

Review buku hygge


Setelah menamatkan buku LAGOM yang menguatkan seni hidup bahagia ala orang Swedia, di bulan November lalu, aku baru mengetahui bahwa ada konsep yang sama di negara Denmark. Namanya HYGGE. Sayangnya, saat itu buku yang tersedia hanya dalam Bahasa asing dan tahu sendiri harganya berapa untuk satu buku terbitan luar negeri?

Yang jelas overbudget.


Sampai akhirnya, masi di penerbit yang sama dengan LAGOM, buku HYGGE ini diterbitkan. Betapa senangnya aku menjadi bagian dari pembaca pertama buku ini. 

Spesifikasi Buku
Penulis             : Marie Tourell Søderberg
Genre               : Self Help
Halaman         : 244
Ukuran            : 14 x 21 cm
Cover               : Soft Cover
ISBN                : 978-623-6083-01-7
Penerbit          : Renebook
Cetakan           : Maret 2021

Hygge home
Halaman Muka Buku Hygge
(sumber: dokumen pribadi)


Buku yang terdiri dari 244 halaman ini ditulis oleh Marie Tourell Søderberg, seorang aktris Denmark. Buku ini juga merupakan terjemahan dari buku Hygge The Danish Art of Happiness yang diterbitkan pada 2017.

Blurb
Sebuah konsep hidup Skandinavia yang dilafalkan sebagai ‘huu-ga’, menjadikan Denmark bangsa yang paling bahagia di muka bumi. Tanpa padanan kata dalam bahasa Inggris, Hygge menggambarkan perasaan yang muncul dengan sendirinya. Misalnya ketika berjalan-jalan di taman bersama adik, membaca buku yang menarik di tempat favorit. Atau ketika kita berbagi makanan dengan teman baik. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu cara menemukan waktu yang tepat untuk momen-momen tersebut.
Buku self help
Kaver Belakang Buku Hygge
(sumber: dokumen pribadi)


Hygge ada di sekitar kita, dari hal-hal kecil yang terjadi setiap hari. Buku karya aktris Denmark ini tidak saja menjelaskan ide dan langkah-langkah praktis menemukan Hygge kita, tetapi lebih jauh lagi, akan membawa kita kerahasia Hygge paling dalam—untuk hidup yang lebih berkualitas.

 

Sekilas Tentang Hygge
Jika menelisik data yang ada, kita bisa tahu bahwa negara Skandinavian termasuk Denmark dinobatkan sebagai salah satu dari tiga negara paling bahagia di dunia. Dan.. Hygge adalah kuncinya. 

Bagi sebagian orang Denmark, hygge adalah mengobrol, tertawa, dan bercanda bersmaa orang terkasih, mendengarkan suara hujan atau membaca dengan secangkir teh, kemudian makan malam, dan berlanjut hingga tengah malam, karena tak satu pun dari mereka yang ingin sore itu berakhir.

Hygge merupakan seni bahagia orang Denmark dari hal-hal yang tampak "sepele". Ia menggambarkan special feeling: kenyamanan, keintiman, dan relaksasi bersama orang yang dicintai maupun dengan diri sendiri. Dan pastinya HYGGE setiap orang berbeda-beda. Misalnya, versiku adalah ketika membaca buku dalam suasana tenang. HYGGE juga mirip-mirip dengan hidup minimalis, cukup dan seadanya.

Sekilas Isi Buku
Tidak ada penyebutan bab dalam buku ini. Ada 11 bagian (di luar prakata & inspirasi) antara lain:
Bagaimana Cara Berbahasa Hygge
Hygge adalah istilah umum, Denmark punya kosakata lainnya yang merupakan turunan kata dari hygge seperti 
  • hyggelig (kata sifat, contoh 'malam ini begitu hyggelig')
  • hygger, present tense dari to hygge misal 'kami sedang ber-hygger'.
  • hyggeligst, artinya paling hyggelig misal 'ini kue hyggeligst yang pernah aku makan'.
Dan beberapa turunan kata dari hygge. Namun versi lengkapnya ada di bagian Kamus Kata di bagian akhir buku.

Pelafalan
Disini dijelaskan pelafalan kata hygge. Dibutuhkan sedikit latihan untuk mengucapkannya dengan benar.

Darimana Hygge Berasal
Menjelaskan tentang sejarah munculnya Hygge yang sangat berkaitan dengan sejarah negara Denmark termasuk dalam hal geogragis atau tipografinya.
Bagian ini membahas tentang bagaimana menciptakan suasana hygge di rumah yang dibagi menjadi beberapa sub bagian yaitu
  • Insting dasar hygge
  • Titik hygge
  • Estetika
  • Kepribadian
  • Pencahayaan
  • Kesadaran
  • Ruangan-ruangan di rumah
  • Tambahkan Hygge pada Sekeliling Anda
Dibahas juga hal-hal yang menjadi hygge, juga bagaimana seorang chef mempraktikkan hygge pada sebuah restoran dan seorang desainer setting film mengimplementasikan hygge pada latar beberapa film.

Hal itu akan membantu kita menghargai betapa pentingnya momen-momen tersebut. Dan kita yang sibuk dalam kehidupan modern ini menjadi alasan yang kuat untuk beralih dan meluangkan waktu untuk hygge

Membawa Hygge Meja Makan
Mengundang hygge ke meja makan dengan makanan buatan sendiri, resep-resep hyggelig, camilan hygge. Dibahas juga bagaimana membawa hygge yang berdampak baik bagi kesehatan.
Kegiatan Hygge Sepanjang tahun
Beberapa kegiatan yang direkomendasikan
Kebersamaan
Membahas betapa pentingnya kebersamaan
Potensi dalam Hygge
Apa-apa yang terdapat dalam Hygge
Catatan tambahan
Berisi hal-hal tambahan
Kamus Hygge
Berisi turunan kata dari Hygge. Ada puluhan kata tertulis.

Bersama Marie Tourell Søderberg, aktris Denmark sekaligus penggemar Hygge, kita akan diajak melakukan perjalanan panjang dan melihat luasnya Denmark. Penuh dengan foto-foto indah dan sederhana, langkah-langkah serta ide-ide praktis untuk menemukan Hygge.

Keunggulan Buku
Beberapa keunggulan buku ini antara lain:
Ditulis oleh Aktris Denmark
Buku HYGGE ditulis oleh Marie Tourell Søderberg yangahir 26 Juli 1988. Ia adalah seorang pemain film lulusan Lee Strasberg Theather and Film Institute di New York tahun 2007 dan menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Seni Pertunjukan Nasional Denmark tahun 2012. Ia meneliti tentang hygge bersama jurnalis Kathrine Højte Lynggaard. Mereka mewawancarai orang Denmark tentang hubungannya dengan Hygge.

Dilengkapi Peta Baca
Di halaman awal buku ini, sebelum mulwi membaca, kita akan disajikan semacam peta isi buku. Peta ini memudahkan kita dalam memahami segala hal tentang Hygge.
Mindmapping hygge


Penuh dengan Foto & Beragam Panduan
Tak hanya memaparkan "hasil penelitian" penulis, bagaimana menciptakan Hygge tapi juga ada panduan atau tutorial. Misalnya di bab cara mengundang Hygge ke meja makan, terdapat resep membuat camilan. Ada pula tutorial membuat furniture sederhana.
The Danish Art of Happiness


International Bestseller
Buku Hygge ini juga merupakan buku HYGGE dengan penjualan terbaik. Ya, ada beberapa buku HYGGE yang ditulis di dunia dan inilah versi terbaik, setidaknya versi Publishers Weekly. Buku lain mungkin akan memberi tahu kita cara menjadi Hygge. Namun, buku ini satu-satunya buku yang akan menunjukkan rahasia Hygge untuk hidup yang lebih bahagia.

Apa Kata Mereka tentang Hygge?
“Buku yang menenangkan dan sederhana, sebuah pelarian yang menyenangkan dari dunia yang bising.”
Publisher Weekly

“Sungguh bacaan yang manis dan indah! Hygge mencerminkan kemurahan hati yang tulis dari negara Denmark. Buku ini adalah hadiah pindah rumah yang sempurna untuk teman atu diri sendiri.”
Goodreads

Hygge adalah kebahagiaan jangka panjang, sensasi keakraban yang membuat Anda merasa di rumah dan Anda tidak perlu berpura-pura menjadi apa pun selain diri Anda.”
—Femalefirst.co.uk

“Indah, nyaman, dan terasa akrab, ditulis dengan piawai oleh seorang Denmark.”
—Guardian

FYI buku Hygge  Seni Hidup Bahagia Orang Denmark ini bisa kamu Beli melalui Penerbit Rene Book dengan harga Rp99.000.


Jadi, apa hygge versi kamu?

54 komentar:

  1. Wah, Jd makin tertarik utk beli dan baca nih mbak. Nyesel jg, beberapa saat lalu ada paket bundling dari penerbitnya saya belum terlalu tertarik

    BalasHapus
  2. Ini mondar-mandir di goodreads dan sebenernya udah masuk di wishlist. Tapi harganya..... Aku nunggu koin syopi ku agak banyak dikit biar gak terlalu kerasa harganya 😅😅😅.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi udah ngga asing ternyata sama buku ini Kak.

      Semoga cepet terkumpul :D

      Hapus
    2. Sama daku pun demikian kak hihi

      Hapus
  3. Oh ternyata dalamnya banyak ilustrasi ya, Mbak. Menarik juga. Lagi malas baca buku non fiksi yang panjang-panjang. Btw terjemahan bahasa Indonesianya ini enak dibaca kah? Coba cari ebooknya di Gramedia ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak Mbaak, meski teteup butuh konsntraasi dibandingkan baca fiksi hehe.

      Hapus
  4. Wah keren jujur aku baru tau dan langsung tertarik banget..

    BalasHapus
  5. ini review kedua yang ku baca tentang buku Hygge ini, jadi penasaran ingin baca juga.
    Denmaark keren ya mereka itu, tapi kebahagiaan kan emang kita yang ciptakan ya, dari hal terkecil aja bisa datangkan kebahagiaan.

    BalasHapus
  6. Iya bener yang versi english-nya mahal banget. Hahaha. Jadi pengen baca juga nih aku mbak versi terjemahannya.

    Btw aku punyanya buku Finding Sisu hidup seimbang versi orang Finlandia. Memang ya negara-negara Scandinavian ini keren-keren banget gaya hidupnya, nggak heran negaranya pada maju, penduduknya bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I know this book. Mau dong pankapan pinjem hehe

      Hapus
  7. Kayaknya dalam bukunya menarik, banyak gambar dan gak membosankan ya mbak?
    Hyggeku apa ya? Pokoknya saat aku ngrasa tak ada maslah gtu ya? hehe mungkin saat liburan, tenang, gak banyak kegiatan, memanfaatkan waktu baik tk keluarga dll
    Hihihi
    Jd pensaran sama bukunya pengen baca jg :D

    BalasHapus
  8. Keluargaku dulu, di kampung kayak gini, sebelum internet menyerang hp. Sejak sore udah di rumah semua, ngobrol bareng, makan, kumpul di ruang keluarga.

    BalasHapus
  9. Buku ini mengajarkan bahwa bahagia itu sederhana dan bisa dari cara yang tak terduga.

    BalasHapus
  10. Jadi mikir, hygge ku apa ya? Mungkin tidur lama tanpa beban dan tanpa ada yg ganggu, hahaha. Keren deh Denmark termasuk negara paling bahagia di dunia.

    BalasHapus
  11. Menarik banget nih. Tapi kayaknya harus nabung dulu yaa buat beli bukunya. Bismillah masukin ke wishlist ❤️🤲

    BalasHapus
  12. Rekomendasi buku Ka Visya selalu bikin hati dugdugser.. Pengen baca juga bukunya... Tapi.. Aku harus tuntasin dlu baca buku-buku yang masih terbungkus rapi di lemari sebelum mulai mengadopsi lagi buku baru.. Hehe

    BalasHapus
  13. Masya Allah, keren yaaa :) kayanya gak perlu jadi manusia yg terlalu modern banget tuh bikin hidup lebih damai dan nyaman ya hehee

    BalasHapus
  14. Ku baru tahu soal Hygge ini. Ternyata merupakan seni bahagia orang Denmark dari hal-hal yang tampak "sepele".

    Menarik jika kita bicara soal kenyamanan, keintiman, dan relaksasi bersama orang yang dicintai maupun dengan diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess ada kalanya sendiri, ada kalanya bersana orang tersayang

      Hapus
  15. Dilihat dari tampilan bukunya, menarik sekali ya, apalagi ada peta baca dan banyak dilampirkan gambar-gambar juga, bisa bikin kita lebih mudah paham sama isi bacaannya.

    BalasHapus
  16. sungguh konsep yang menarik Hygge ini ya, padahal bisa dicapai semua manusia di dunia. Bisa juga nih kita belajar sama orang Denmark

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess dengan tetap membawa nilai keindonesiaan

      Hapus
  17. Ada banyak ilustrasi ya didalamnya mbak, jadi baca sambil bisa lihat ilustrasinya. Jadi penasaran sama isi bukunya, makasih udah sharing buku ini yang pasti sangat menarik isinya

    BalasHapus
  18. saya pernah ikut diskusi tentang kebahagiaan bangsa Skandinavia

    serta bagaimana prestasi matematika anak-anak mereka

    Diskusi ditutup oleh Prof. Iwan Pranoto (dosen ITB founder Moedomo Learning Center) untuk jangan membandingkan prestasi mereka dengan prestasi kita, karena latar belakang sosial budaya, ekonomi dan politik yang berbeda

    mmm.... bener juga ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga aku juga menemukan kegiatan serupa.

      Betul, sepakat Bu! :)

      Hapus
  19. Negara Skandinavian termasuk Denmark dan Norwegia adalah negara-negara di peringkat tinggi untuk kebahagiaannya. "Hygge", buku yang menarik mengangkat tentang kebahagiaan dimana orang yang diwawancara tinggal di negara bahagia. Jadi pastinya org itu adalah bagian dari kebahagiaan. Momen mencari kebahagiaan juga penting, tidak perlu mencari tetapi mendapatkan hal-hal kecil yang dijumpai di saat yang tidak diduga. Wah sudah pengin baca buku ini.

    BalasHapus
  20. Akhir-akhir ini saya lagi pingin nyari buku non-fiksi tentang lifestyle atau pengembangan diri mbak, kebetulan saya juga suka baca-baca buku terjemahan gitu. Thanks kak atas rekomendasi bukunya

    BalasHapus
  21. Apa yang digambarkan tentang Hygge di ulasan ini, sering kali juga saya temukan di film-film Eropa. Yang kadang menjadi ciri khas film-flm tersebut dibanding film dari negara lain.

    BalasHapus
  22. klo dari judulmyay, ini termasuk buku pengembangan diri ya mbak
    tapi dgn banyaknya ilustrasi, pasti jadi lebih ringan untuk dinikmati ya mbak

    BalasHapus
  23. Seni bahagia dengan Hygge ini patut diterapkan juga ya oleh kita, karena berbagi kebahagiaan bersama orang terkasih makin merekatkan hubungan

    BalasHapus
  24. Ah, aku suka banget buku-buku Denmark. Ini juga lagi baca The Danish Way of Parenting. Cara pengasuhan orang Denmark. Bagus ya isinya Mbak, ini bakal masuk daftar wishlist bukuku yang semakin panjang, hihi. Bahagia yang sederhana dengan hygge.

    BalasHapus
  25. Buku yang menarik nih mba. Apalagi tentang seni bahagia, pasti banyak yang dipelajari.

    BalasHapus
  26. Saya punya kenalan org Denmark. Memang benar kalo diajak ngobrol, mereka (sekeluarga) itu selalu menyenangkan. Setuju deh klo Denmark jadi negara paling bahagia di dunia. Banyak hal kecil terasa besar klo dinikmati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah tapi bisa Bahasa Indonesia Mbak?

      Hapus
    2. Gak bisa bhs indo. Jdnya kalo ngobrol pake bhs inggris. Skrg udh balik ke Denmark tp mereka blg pasti balik ke Indonesia krn bnyk tempat wisata yg indah

      Hapus
  27. Buku yang menarik ya. Jadi pengin baca :)

    BalasHapus
  28. Meskipun buku ini terjemahan tapi lihat menjadi salah satu internasional best seller jadi pengen ikut membacanya, apalagi banyak pengetahuan yang di dasarkan penelitian di buku ini yang patut dibaca siapa saja

    BalasHapus
  29. kalau dari buku-buku yang terbit kayaknya kehidupan orang denmark itu benar-benar santai dan bahagia ya, mbak. kayak yang danish way parenting itu juga dari denmark kan, ya? jadi penasaran sama buku ini

    BalasHapus
  30. Ada peta baca dab banyak ilustrasi di buku ini.
    Jadi makin relax sepertinya pas baca dan jadi happy.

    BalasHapus
  31. SUkak banget kalo udah mampir ke blog ini pasti dapet rekomendasi buku yang bagus-bagus. Baca reviewnya bikin penasaran dan jadi ingin punya. Aku juga jadi mau baca buku Hygge ini

    BalasHapus
  32. Jujur aja aku udah lam ga baca buku non-fiksi secara serius dan menyisihkan waktu, tapi melihat buku yang mba evi review aku jadi tertarik deh

    BalasHapus