Peran Herbal Indonesia Sebagai Imunomodulator Alami Untuk Kesehatan Keluarga

 

Imunomodulator herbal

Tidak ada yang menduga pandemi akan menimpa bumi termasuk Indonesia. Bahkan terlintas dalam benakpun tidak. Tapi inilah yang terjadi. Pandemi sudah genap setahun terjadi. Tapi tetap masih tidak bisa dianggap sepele. 


Berikhtiar menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan adalah kunci. Dari yang awalnya 3M menjadi 5M yaitu memakai masker dengan baik, menjaga jarak minimal 2 meter, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, membatasi mobilitas dan interaksi dan menghindari kerumunan.

Protokol kesehatan


Pandemi adalah penyebaran penyakit menular berbahaya secara global, sedangkan covid 19 adalah penyakit Corona virus 2019 yang belum ada obatnya tetapi butuh imunitas untuk mencegah dan mengobati.


Sistem Imunitas Tubuh
Bicara soal imunitas, sistem imun sendiri adalah semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya dari luar tubuh maupun dalam tubuh sendiri. Berbagai patogen, bakteri, virus, jamur, parasit ditemukan dalam lingkungan hidup yang berpotensi masuk ke dalam tubuh kita dan menyebabkan penyakit. Bila tidak disingkirkan, patogen  menyebabkan penyakit dan kerusakan jaringan bahkan berujung pada kematian.
Ibu Jaga Imunitas


Penjelasan ini aku dapatkan ketika mengikuti Zoom Meeting bertema 'Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga'. Kegiatan yang berlangsung pada Senin 22 Maret 2021 pukul 14.00 diselenggarakan oleh IMUGARD.
Dokter umum
Dr. (Cand) dr. Inggris Tania M.Si 
sumber: dokumen pribadi

Apa itu Imunomodulator?
Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif sehingga mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Terbagi menjadi imunostimulan dan imunosupresif.

Imunostimulan (up regulation) adalah suatu senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun. Imunostimulan diberikan untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi, seperti isoprinosin, ekstrak herbal (echinacea, elderberry, ginseng, ganoderma, saffron, meniran, jinten hitam, kunyit, sambiloto, bawang putih, kelor, jahe, pegagan, temulawak, dll).

Sedangkan imunosupresif (down regulation adalah suatu senyawa yang digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper-inflamasi, mengatasi penyakit autoimun, atau mencegah penolakan transplantasi.

Mengenal Imunomodulator Herbal
Imunomodulator herbal antara lain:
  • Echinacea (Echinacea purpurea) yang bersifat imunostimulasi yaitu mempercepat penyembuhan selesma dan infeksi saluran pernafasan atas. Maksimal pemakaiannya adalah selama 8-16 minggu berturut-turut, perhatikan untuk penyakit autoimun.
  • Meniran (Phyllanthus niruri) bersifat imunostimulasi untuk membantu memelihara daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air dan aman untuk pemakaian jangka panjang.Phyllantus niruri dapat meningkatkan aktivitas dan fungsi imunitas nonspesifik serta imunitas spesifik, baik humoral maupun selular. 
  • Kunyit (Curcuma longa / Curcuma domestica) bersifat imunostimulasi juga bersifat anti-radang. Bermanfaat untuk memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit aman untuk pemakaian jangka panjang. Curcuma domestica meningkatkan efek terhadap fungsi utama dari sel T, sel natural killer (NK) dan makrofag, sebagai antioksidan juga antiinflamasi.
  • Daun Kelor (Moringa oleifera) bersifat imunostimulasi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, sebagai sumber nutrisi kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin. Kelor aman untuk pemakaian  jangka panjang. Kelor juga sebagai antivirus, antiinflamasi dan berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kelor kaya akan Ca sehingga dapat mencegah osteoporosis.
  • Kombinasi Meniran, Daun Kelor dan Kunyit sebagai Imunomodulator rhebal asli Indonesia.
Mengenal Imugard Sebagai Imunomodulator

IMUGARD adalah produk herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan 3 in 1 herbal formula yaitu meniran, daun kelor dan kunyit,  3 in 1 herbal formula. Penjelasan ini disampaikan oleh Agie Avionico Gaudart selaku Brand Manager Deltomed.
Apoteker
Apt. Agie Avionico Gaudart S.Farm
sumber: dokumen pribadi

Keunggulan Imugard
Sesuai dengan Aturan CPOTB Kemenkes
CPOTB adalah petunjuk yang menyangkut aspek produksi dan
pengendalian mutu obat tradisional yang meliputi seluruh rangkaian pembuatan obat tradisional yang bertujuan agar produk obat tradisional yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaan.

Memiliki ISO 9001
ISO 9001 merupakan standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu (QMS). Organisasi menggunakan standar untuk mendemonstrasikan kemampuan untuk secara konsisten menyediakanproduk dan layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan.

Cara & Panduan Konsumsi Imugard
• 1 kaplet setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh.
• 2 kaplet saat kondisi tubuh dirasa sedang turun / drop sampai membaik, lalu lanjutkan dengan 1 kaplet setiap hari.
Dapat diminum oleh anak diatas 12 tahun, dewasa, dan lansia.

Imugard dikemas dalam wadah box. Dalam satu box terdapat 3 blister dengan masing-masing blister berisi 10 kapsul. Harganya antara RpRpR0.000 Rp35.000/blister. 

Moms bisa membeli Imugrad secara offline di Century, Watson's maupun apotek terdekat. Imugard juga dapat dibeli secara online di Deltomed Store (Official) yang ada di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada & Bukalapak.

Banyak herbal Indonesia yang memiliki khasiat sebagai imunomodulator yang dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek modulasi respon imun yang lebih optimal dengan tetap mengutamakan pertimbangan keamanan pemakaian jangka panjang. Manfaat lain dari kombinasi imunomodulator herbal yaitu meniran, kunyit dan daun kelor adalah sifat anti- peradangan yang bersinergis, manfaat kunyit dalam memperbaiki sistem pencernaan, serta keunggulan daun kelor sebagai sumber nutrisi 
yang cukup seimbang.

0 komentar: