Nia Ramadhani, Masa Lalu Keluarga Broken Home & Cerita Ade

 


Di balik ombak yang bergelung, ada pelaut ulung yang berhasil melaluinya

Aku pikir ungkapan itu cocok banget menggambarkan bagaimana perjuangan seseorang dengan masa lalu yang tidak mengenakkan hingga akhirnya bisa bangkit dan meniru kehidupan yang lebih baik. Seperti halnya yang dialami salah satu artis Indonesia, Nia Ramadhani. 

Cantik dan kaya, rasa-rasanya tak sedikit orang ingin memiliki kehidupan seperti Nia Ramadhani. Ia merupakan salah satu artis tanah air yang diperistri oleh seorang konglomerat, Ardi Bakrie. Siapa yang tak kenal? 

Tapi.. siapa yang menyangka jika ibu tiga anak ini juga pernah mengalami masa-masa sulit dalam kehidupannya? 


Mengenal Istilah Broken Home

Sebelum membahas lebih lanjut kisah Nia Ramadhani, aku ingin mengangkat sejenak topik keluarga broken home. Broken home sendiri merupakan istilah untuk keluarga dengan orangtua yang bercerai, terlepas dari apapun alasannya. Sebagian dari kita mungkin punya stigma buruk tentang anak yang berasal dari keluarga broken home.

"Pasti anaknya bandel."

"Nanti bakal nurun ke anaknya."

Sampai yang paling jahat...

"Anak tidak punya masa depan"

Padahal siapa sih anak yang mengharapkan orangtuanya bercerai? Jangankan mengharapkan, tahu apa itu perceraian saja rasa-rasanya tidak. Siapa pula orangtua yang berharap bercerai dari pasangannya? Keluarga harmonis tentu jadi tujuan utama pernikahan, alih-alih broken home. 

Menghadapi kenyataan bahwa keluarga tidak lagi utuh merupakan hal yang tidak mudah untuk anak. Anak akan terluka secara batin. Apalagi jika tidak mendapat bantuan untuk menghadapi kenyataan tersebut, anak tersebut bisa menyimpan traumanya hingga dewasa.

Trauma anak juga memiliki berbagai macam jenis. Ada yang dapat terselesaikan, ada juga yang tidak dapat terselesaikan. Semua hal itu ditentukan oleh kemampuan dan pemahaman sang anak. Sehingga, setiap anak memiliki caranya tersendiri untuk bangkit dan menerima kenyataan.


Nia Ramadhani & Keluarga Broken Home 

Saat usianya masih 4 tahun, Nia Ramadhani sudah dihadapkan pada perceraian orangtuanya. Bayangkan, semuda itu! Orangtuanya berpisah sehingga Nia Ramadhani tidak tinggal satu rumah dengan ayahnya.

Nia Ramadhani atau yang punya panggilan kecil "Ade" ternyata juga punya trauma. Ya, ia trauma menyaksikan pertengkaran orangtuanya. Ia trauma dengan perceraian orangtuanya. Ia trauma punya keluarga "tidak utuh". Aku ngga bermaksud menghakimi orangtua, keluarga atau bahkan Nia sendiri. Karena toh nyatanya Nia Ramadhani berhasil melalui fase trauma tersebut.


Aku yakin, berada di posisi Nia kecil saat itu pasti sungguh ngga mudah. Bertahun-tahun "harus" berdamai dengan trauma dan kondisi yang ada. Beruntungnya Nia tidak melarikan diri pada hal-hal negatif. Sampai akhirnya ia menemukan keluarga barunya. 


Nia Ramadhani & Keluarga Masa Kininya

Saat ini Nia dikaruniai tiga orang anak; 2 laki-laki dan 1 perempuan. Sejak menikah, ia merasa seperti punya keluarga baru yang begitu care. Ya, keluarga dari suaminya, Ardi Bakrie. 





Mama mertua Nia yang tak lain ibu kandung Ardi Bakrie, terlihat begitu sayang sama Nia. Saat awal awal Nia mau melahirkan, beliau terus mendampingi Nia. Sampai sekarang sudah melahirkan tiga kali. Nia dan keluarga suaminya juga ngga jarang menghabiskan waktu bersama dengan bepergian atau liburan bareng.



Beneran deh, dapat mertua yang care sama kita tuh anugerah banget. Ngga semua orang, bahkan mungkin hanya sebagian kecil, bisa mendapatkannya. Betul apa bener?


Nia Ramadhani menyadari, meskipun ia berasal dari keluarga broken home tapi dia masih punya kesempatan membangun keluarga yang lebih baik. Anak-anaknya punya hak mendapatkan kasih sayang utuh dari orangtuanya. Nia pun perlahan bangkit dan menghapus traumanya. 


Cerita Masa Kecil dari Keluarga Broken Home dalam Cerita Ade 

Cerita masa kecil dan trauma yang pernah dialami Nia adalah pembelajaran hidup yang mungkin tak akan dilupakan olehnya. Nia juga ingin berbagi pengalaman dan menuliskan apa yang pernah dialami. Karenanya ia memutuskan menulis novel. 


“Cerita Ade” adalah calon novel karya Nia Ramadhani dan Pidi Baiq. Karena sering menyaksikan kedua orangtuanya bertengkar dan merasa diabaikan, Ade memiliki emosi yang tumpul dan mengalami kekosongan atau krisis eksistensialis. Hingga akhirnya bagaimana ia bangkit, semua diceritakan dalam novel yang akan segera terbit tersebut.


Duh, jujur aku ngga sabar pengen baca deh!


Oh ya, meskipun orangtua Nia sudah bercerai, Nia masih rutin bertemu dengan keduanya terutama ayahnya yang sudah tidak lagi seatap dengannya sejak perceraian orangtuanya. Sang ayah sendiri sudah berpulang, sebuah momen dimana Nia pernah merasa kehilangan. Tapi bersyukurnya Nia, hingga kini pun hubungannya dan mamanya terlihat akur. 



Semoga kita bisa mengambil hikmah dan pembelajaran dari kisah keluarga broken home Nia "Ade" Ramadhani kecil hingga bagaimana ia mampu bangkit, ya!


Oh iya, akun @cerita.ade lagi ngadain giveaway lho! Caranya, ceritakan kenangan atau cerita bersama ayah versi kalian. Unggah ke reels dan tag @cerita.ade ya! Sst.. bakal ada hadiah menarik buat peserta terpilih, lho! 


Hanya sampai 14 November 2022. Iyes, dikit lagi nih. 


By the way siapa nih yang penasaran juga pengen baca novel "Cerita Ade"? 

0 komentar: