Personalisasi Diet Bareng Ahli Gizi dan SIRKA

 








Masa-masa SMP mengingatkan akan berbagai memori termasuk memori aku pernah berada di titik nyaris tidak makan nasi. Ya, aku melakukan diet (keras)! 


Entah bagaimana semua bermula, yang jelas saat itu usiaku masih 14 tahun. Aku merasa "gendut" dengan lemak disana sini. Di satu sisi aku melihat postur tubuh teman-temanku yang rasanya tampak ideal di mataku. Aku menjadu insecure, overthinking dan minder hingga sampai pada suatu keputusan; aku harus diet! 



Sayangnya diet yang kulakukan atas dasar nafsu saja. Aku bahkan berhenti mengkonsumsi nasi dan hanya makan roti serta susu. Meski begitu aku juga melakukan aktivitaa fisik seperti berjalan kaki. 


Gayung bersambut, perlahan bobot tubuhku menurun. Aku merasa lebih percaya diri. Sayangnya itu semua tak berlangsung lama. Perlahan bobot tubuhku naik kembali meski tak se-ekstrim dulu. 


Personalisasi Diet, Diet Sesuai Kondisi & Kebutuhan 

Seiring bertambahnya usia aku mengetahui sekaligus meyakini bahwa diet bukanlah pantangan atau larangan makan saja. Diet yang sehat menekankan pada pengaturan pola makan individu terhadap jenis dan jumlah bahan makanan yang diperbolehkan, dibatasi/dihindari dan yang tidak diperbolehkan serta frekuensi dan waktu makan. Hal ini diamini oleh para ahli nutrisi. 


Diet dilakukan bukan semata mengurangi berat badan, bahkan semakin bertambahnya waktu diet dilakukan karena alasan kondisi kesehatan seseorang. Misal, orang dengan penyakit tertentu membutuhkan diet yang tepat agar bisa menghindari bejalan yang semakin parah atau bahkan menuju kesembuhan. Semua berlari pada pengaturan pola makan. 


Pengaturan pola makan (diet) ini berbeda-beda untuk setiap, tergantung pada kondisi fisik dan klinis, umur,tinggi badan, berat badan, kesukaan dan alergi makanan, hasil pemeriksaan laboratorium atau medical check up dan keadaan sosial ekonomi masing-masing. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa diet bersifat personal. Ya, diet itu butuh personalisasi atau biasa disebut juga personalized nutrition


Personalisasi diet dinilai lebih efektif dengan mengandalkan informasi individual untuk memberikan saran, produk, atau pelayanan nutrisi yang tepat. Konsep ini diawali oleh Thomas Addis Jr, seorang ahli nefrologi dari Universitas Stanford, di tahun 1920. Beliau melakukan terapi diet pada pasien penderita Bright’s disease (sebuah penyakit ginjal) melalui penyesuaian asupan makanan dengan mempertimbangkan status kesehatan dan keseimbangan nutrisi pasiennya. Pada akhirnya, terapi diet ini dinilai berhasil  dalam menangani dan merawat pasien dengan Bright’s disease



Mengenal Sirka, Layanan Kesehatan Digital Untuk Personalisasi Diet

Memulai diet artinya memulai kebiasaan baru. Biasanya dalam memulai sesuatu yang baru perlu pendampingan dan circle yang tepat. Sirka hadir menjadi teman perjalanan menerapkan personaliasi diet. 

Sirka adalah layanan kesehatan berbasis digital yang menyediakan layanan kesehatan untuk permasalahan berat badan, kesehatan wanita, dan penyakit kronis dengan pendampingan tenaga medis dan produk nutrisi kurasi tenaga medis. Sirka hadir untuk membantu mengoptimalkan kesehatan melalui nutrisi. Sirka berada di bawah bendera PT Sejuta Kawan Sehat. 


Program Sirka tidak menjual atau menggunakan obat. Program Sirka dilakukan dengan penerapan pola makan teratur, sehat dan bergizi seimbang hingga manajemen stress. Selama program, tim ahli Sirka akan membantu dengan memberikan target zat gizi, rekomendasi meal plan dan rekomendasi olahraga yang disesuaikan dengan keadaan tubuh dan goal masing masing personal. 


Beberapa prinsip layanana kesehatan Sirka antara lain: 

  • Mendampingi perjalanan sehat secara komprehensif dari pola makan, aktivitas fisik, hingga manajemen stres

  • Membangun kebiasaan sehat, secara bertahap, mudah, dan menyenangkan

  • Bimbingan dan pendampingan tenaga medis berlisensi, untuk memandu perjalanan sehat secara bertahap

  • Penggunaan teknologi untuk memantau progress harian secara praktis dengan edukasi kesehatan

  • Penggunaan bukti ilmiah dan keilmuan terbaru di ilmu gizi dan medis. Sirka menggunakan pendekatan Enam Langkah Kern dalam pengembangan layanan kesehatan

  • Dukungan komunitas sebagai tempat berbagi cerita, berdiskusi, dan saling support dalam perjalanan sehat #TemanSirka.



Program & Produk Sirka

Beberapa program Sirka yang tersedis sesuai kebutuhan terbagi atas

Women Health

Program Hamil (Prekonsepsi)

Pendampingan Ahli Nutrisi secara ekslusif bagi calon Ibu untuk persiapan kehamilan yang optimal melalui nutrisi yang tepat (sudah termasuk rencana olahraga dari Sport Coach).


Program PCOS

Pendampingan Ahli Nutrisi ekslusif bagi penderita PCOS & haid tidak teratur. Program sudah termasuk rencana olahraga dari Sport Coach.


Program Post-partum & Menyusui

Pendampingan Ahli Nutrisi ekslusif bagi ibu setelah melahirkan & sedang menyusui. Cocok untuk Ibu yang ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan, meningkatkan jumlah ASI, dsb.


Weight Management

Program Penurunan Berat Badan

Program 3 bulan pendampingan dengan ahli nutrisi & sport coach secara personalized untuk manajemen berat badan dan membangun pola hidup yang lebih sehat dengan mulai menerapkan pola makan, aktivitas fisik, pola tidur dan manajemen stress yang sesuai dengan kondisi individu masing-masing (baik kondisi kesehatan, goal, dan preferensi). Pilihan durasi program yaitu 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.


Program Maintain Berat Badan

Pendampingan ahli nutrisi secara ekslusif untuk mencapai berat ideal. Program akan disesuaikan dengan goal & kondisi kesehatanmu (sudah termasuk rencana olahraga dari Sport Coach). Pilihan durasi program yaitu 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.


Penyakit Kronis

Program Hipertensi

Program Diabetes

Program Gastritis & GERD

Tak hanya program pendampingan, Sirka juga menyediakan produk kebutuhan nutrisi kesehatan kita melalui Sirka Health. Beberapa kategori produk uang tersedia antara lain camilan & minuman sehat, vitamin & suplemen, groceries, supporting tools, dsn superfoods. 


Pembelian produk maupun program dapat dilakukan melalui tiga cara; aplikasi, website dan e-commerce Tokopedia. 


Cara Memulai Personalisasi Diet Bareng SIRKA

Sirka menyediakan sesi konsultasi virtual gratis selanma 30 menit bersama ahli gizi Sirka. Cara booking-nya sangat mudah, dapat dilakukan melalui aplikasi Sirka, web Sirka ataupun dengan klik link pada bio Instagram @sirka.io. 

Nantinya kamu akan dihubungi tim admin untuk diminta mengisi health assesment sebelum konsultasi berlangsung. Hasil asesmen ini akan menjadi panduan ahli nutrisi dalam memberikan konsultasi sesuai kebutuhanmu mulai dari berat dan tinggi badan, Indeks Massa Tubuh, data laboratorium, kondisi fisik/klinis, hingga pola makan.


Oh ya, konsultasi dapat dilakukan Senin-Jumat di antara jam 10.00-17.00 WIB. Konsultasi ini menjadi ajang diskusi untuk menentukan goal sehatmu, dan ahli nutrisi akan merekomendasikan rencana perjalanan programmu. Apabila ada pertanyaan seputar kesehatan, kamu bisa menanyakan pula pada konsultasi call ini.



Berbagi Pengalaman Konsultasi bareng Sirka

Di hari Senin pekan lalu aku melakukan sesi konsultasi bersama ahli gizi Sirka,  Himawati Harisatul, S. Gz. Sebelumnya aku sempat skip mengisi asesmen namun dengan sabar ahli nutrisi menungguku mengisi. Dari hasil konsultasi aku mendapatkan pengetahuan dan pencerahan tentang kondisi nutrisiku serta apa yang perlu kulakukan untuk mencapai target sehatku. Konsultasi berlangsung pukul 12.30-13.00 WIB. 


Kalian juga bisa melakukan booking konsultasi melaluu website ataupun aplikasi. No ribet-ribet club, tinggal pilih tanggal dan isi data diri.



Keunggulan SIRKA 

Sirka memiliki beberapa keunggukan antara lain: 

  • 99% pengguna program Sirka berhasil turun Berat Badan (BB)

  • Seluruh praktisi kesehatan kami terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan

  • Terdapat berbagai promo menarik yang bisa dimanfaatkan

  • 100% produk asli dan menyehatkan

  • Gratis konsultasi dengan ahli gizi Sirka*

  • Produk terkurasi dengan baik oleh ahli gizi

  • Bebas ongkir minimal belanja Rp0**


*untuk produk tertentu

**hingga Rp20.000 di Tokopedia dan Rp10.000 di Shopee 

"Sehat itu maknanya beda buat setiap orang. Goal aku dan kamu bisa berbeda, kondisi badanku dan kamu juga, sehingga cara mencapai sehat idaman itu akan berbeda juga. Nutrisi adalah fondasi dari segala aspek kesehatan, mulai dari berat ideal, mood, imunitas tubuh, dan tampil awet muda. Perubahan gaya hidup yang akan memberikan hasil permanen, bukan obat. Sirka hadir untuk mendampingi perjalanan hidup sehatmu secara  menyenangkan dan efektif."

(Rifanditto Adhikara, Founder Sirka) 


Ayo kenali dirimu dan tubuhmu; manajemen berat badan, kesehatan perempuan dan penyakit kronis yang berpotensi ada dengan konsultasi dan program bersama ahli nutrisi Sirka! 


Selengkapnya tentang Sirka 

Web: https://sirka.io

Tokopedia: Sirka Health

Shopee: SIRKA.IO


Referensi:

https://www.sirka.io/tentang-kami

https://www.sirka.io/commerce

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1639/apakah-kita-perlu-diet

https://www.kumparan.com/amp/ashari-yusuf/personalized-nutrition-pemutakhiran-pedoman-nutrisi-1yD6ZGgovp6


Referensi Gambar:

Canva.com

Sirka


0 komentar: