Ads 468x60px

Sabtu, 27 April 2019

Tips dan Trik Belajar Infografis Bagi Pemula



Di bangku kuliah aku sempat merintis komunitas Blogger UNJ bersama salah seorang temanku. Sejak itu aku ngeh bahwa yang namanya blogger bukan hanya harus bisa nulis,  tapi juga desain. Setidaknya basic design. Tapi masalah desain aku rada kurang-kurang, that's why aku hadir di pelatihan infografis yang diadakan ISB dan CNI.

Kegiatan  ini bertempat di VROffices, Jakarta Selatan. VROffices adalah sebuah coworking space.  Yes, tempat ini cocok banget buat para freelancer maupun tim.  Ngga hanya itu,  VROffices biasa digunakan untuk tempat meeting,  seminar,  dan lain-lain.

Jujur aja,  saya terkesan dengan desain interiornya yang kece dan pastinya instagramable. Ngga percaya?  Nih lihat foto-fotonya.





Jenuh bekerja? Kamu bisa ngopi-ngopi dulu di pantry yang telah disediakan. Atau mau rehat dengan main bilyard? Bisa banget. Banyaknya penghijauan disini bikin pikiran makin adem deh.


Oke lanjut ke sharing session. Acara dibuka oleh Mas Raden (VROffices Representative),  dilanjutkan oleh Teh Ani (Founder Komunitas Indonesian Special Blogpreneur). Kemudian masuk ke sharing session oleh kak Ardan (Desainer Grafis &  Blogger).

Di era seperti kini,  dimana penggunaan internet meningkat tajam, penggunaan sosial media dan platform semacam blog pun kian digandrungi. Keduanya menjadi tempat berkomunikasi hingga bertukar informasi. Foto dan video adalah dua jenis konten yang paling umum dibagikan. Opsi lainnya yaitu infografis yang juga tak kalah menarik.

Bahkan sebagian besar orang merasa lebih tertarik membaca informasi dalam bentuk infografis dibandingkan tulisan biasa,  foto maupun video.

Menurut houseofinfographics.com, infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information dan Graphics. Jadi infografis adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

Infografis terdiri dari judul,  pengantar,  isi dan sumber. Yap, bagian sumber membedakan infografis dengan sebuah postingan blog.

Jenis Jenis Infografis
Menurut Narasumber,  terdapat beberapa jenis infografis antara lain:

  • Informasi
Poin utamanya adalah kata kunci dan penjabaran singkatnya. Meski terlihat paling simple tapi ia memegang 'amanah'  bahwa dengan kah  kunci itu pembaca harus dibuat paham isi informasi keseluruhan.


  • Visualisasi Data
Sesuai namanya,  infografis ini menampilkan data angka yang bis ajukan diolah dalam bentuk diagram. Biasanya digunakan untuk membuat poster ilmiah. Tantangan ya tentu terletak pada kecermatan kita memilih dan mengolah angka. 



  • Perbandingan
Mirip2 mirip jenis infografis Informasi,  hanya saja ada minimal dua informasi berbeda yang disampaikan sebagai bahan perbandingan. Pastikan informasi yang dibandingkan apple to apple ya!



  • Garis Waktu
Jenis ini sangat cocok bagi yang ingin memberikan informasi berkaitan dengan sejarah atau riwayat. Ciri khas dari infografis ini biasanya berbentuk diagram ke samping atau ke bawah maupun ke atas.

Tips dari narasumber untuk jenis ini,  perhatikan dengan baik penanda waktu yang ada di sebuah tulisan.


Tips Membuat Infografis 
Setiap orang tentunya ingin infografis yang dibuatnya bermanfaat dan nyaman dibaca. Sst,  ternyata dalam membuat infografis,  ada tipsnya lho. 
💙 ada baiknya dibuat dalam mode portrait
💙cantumkan sumber pengambilan gambar
💙 usahakan menggunakan jenis huruf dengan ukuran berbeda. Untuk mempercepat mana poin yang paling penting. 
💙jangan terlalu banyak menggunakan varian huruf,  maksimal 3 varian saja. 
💙warna pastel adalah kunci. Sebaiknya pilihlah warna-warna pastel agar lebih enak dipandang mata. 
💙gunakan maksimal 3 warna saja,  tidak ada salahnya menggunakan warna senada.


Note: terlalu banyak info akan membunuhmu. Infografis dibuat agar pembaca lebih nyaman dan tertarik dengan informasi yang ingin disampaikan.  Namun terlalu banyak informasi juga malah membuat infografis tak dilirik.

Practices Make Perfect
Setelah dibenarkan segala pengetahuan dasar soal infografis, saatnya MEMPRAKTIKANNYA. Sebelum acara,  kami sudah diminta mengundurkan aplikasi Photoshop melalui link yang dibagikan Kak Ardan. Yap,  Photoshop pun otomatis terpasang.


Pertama,  buka website Canva.com. For your information, Canva adalah platform desain bagi pemula. Pernahkah kamu merasa bingung harus memulai desain dari mana? Canva helps. Ada banyak sekali template desain dan kita cukup mengedit jenis huruf maupun menambahkan ikon lainnya.

Kedua, pilih template yang kamu inginkan.

Ketiga, unduh ikon yang ingin ditambahkan pada desain di flaticon.com
Keempat, buka aplikasi Photoshop untuk mengedit ikon.  Kamu bisa memotong,  mengubah warna maupun menanyakan goretan.


Kelima, unggah Ikon yang telah diedit pada template Canva.

Keenam, edit informasi yang ingin kamu sampaikan. Dan lakukan hal yang sama jika ingin menambah Ikon.

Selamat berkreasi!

Untuk menjadi blogger aktif,  selain menguasai ilmu menulis,  desain dan teknis,  tentunya kita juga harus menjaga kesehatan. Salah satu organ yang rentan terkena penyakit adalah pencernaan. So,  lebih baik mencegah daripada mengobati. Salah satu pencegahan ya dengan mengkonsumsi #CNIBIOPLUS.

Tentang CNI Bio Plus


BioPlus adalah produk terbaru dari CNI berupa suplemen sinbiotik lagi (probiotikPr & prebiotik lagi dalam satu produk) untuk menjaga keseimbangan bakteri baik untuk melawan bakteri buruk. Pencernaan pun sehat.

BioPlus mengandung  tiga jenis bakteri menguntungkan yaitu Clostridium butyricum, Bacillus mesentericus, dan Bifidobacterium breve; serta mengandung Ester-C, vitamin B1, B2, B6, prebiotik, dan enzim.
No worries,  harganya pun sangat sebanding dengan khasiatnya. Cuss bis akangsung cek disini.   

Bio Plus tersedia dalam dua varian; Package 10 stik dan Package 30 stik. Untuk dewasa sebaiknya 2 stik/hari. Untuk anak-anak (3 -12 th) dianjurkan 1 stik/hari.

So,  lets be a productive Blogger guys!

18 comments:

  1. Terimakasih info mendetail nya Mbak. Saya yang gak ikut acara seolah ada di sana. Izin menyerap ilmu ya ya. Insyaallah mau belajar juga hehehe...

    BalasHapus
  2. Benar sekali, kak. Practices make perfect. Semangat berkarya! Terima kasih sudah datang.

    BalasHapus
  3. Seru ya belajarnya aku jadi pengen belajad infografis juga ini biar lebih bagus lagi blognya..

    BalasHapus
  4. asik belajar infografis, apalagi langsung praktek, buat orang visual kayak aku, baca infografis tuh membntu banget

    BalasHapus
  5. Seru banget ini acara kemarin ya mbak, langsung belajar infografisnya secara langsung.

    BalasHapus
  6. Bener banget, dengan adanya infografis, artikel blog jadi lebih cantik dan menarik. Saya juga pengin belajar infografis nih, tapi belum kesampaian..

    BalasHapus
  7. Belajar hal baru itu menyenangkan ya kak evi, apalagi infografos berguna sekali untuk blogger. Tentu supaya produktive terus jangan lupa vitamin dari bio plus

    BalasHapus
  8. Noted nih poin2 ttg infografisnya. Ternyata lebih bagus menggunakan portrait ya, mungkin krna lebih enak dibacanya yah. Font dan warna jg emang ngaruh, biar makin eyecatching ya, gak pusingin orang saat baca kalau infonya terlalu ramai, heheheh.
    Makasih sharingnya ya Mbak :)

    BalasHapus
  9. Aku tuh pengen banget belajar lebih banyak soal infografis tapi belum sempat euy. Padahal aku senang jika lihat tampilan infoigrafis yang menarik

    BalasHapus
  10. Sebagai blogger pemula kayaknya musti mulai belajar pelan2 nih biar pada betah baca postinganku. Makasih bunda Visya jadi nambah deh ilmunya

    BalasHapus
  11. Informasi penting banget ini bagi aku yang pingin belajar infografis. Biar blog ku bisa lebih variatif. Lihat dulu deh ke canva.com

    BalasHapus
  12. Wah, keren banget deh acara ini. Udah bisa ngumpul bareng temen2, dapet ilmu bermanfaat pula. Kepengen atuhlah bikin di Bandung juga. :D

    BalasHapus
  13. Tipsnya berguna banget nih mbak. Sebagai blogger infografis itu penting biar blognya lebih berwarna.

    BalasHapus
  14. Aku dr dulu pengen belajar infografis tapi kyknya ada bbrp yg kudu langganan gambar atau vektornya ya mbak. Kyknya pas trial kudu unduh sebanyak2nya hehe. Bisa jg sih pakai canva niu2in desainya gtu :D

    BalasHapus
  15. VROffices komplit ya...
    Dan etuju, jadi blogger mesti tahu basic desain...maka belajar infografis kek gini penting

    BalasHapus
  16. selama ini saya juga menggunakan canva untuk infografis, lebih mudah soalnya kalau pakai kayak photoshop, corel nyerah deh :D

    BalasHapus
  17. Wah aku jadi pengen belajar infografis gini belum pernah nyoba sama sekali.makasih yah mba sharingnya

    BalasHapus
  18. Betul, blogger harus ngerti seputar basic desain yah, jadi bisa bikin infographis untuk postingan blog nya juga.

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!