Ads 468x60px

Kamis, 01 Agustus 2019

Jadikan Rumah Minimalis Tampak Eksotis dan Manis



Saking sukanya dengan warna biru, aku mendekor kamarku semua berwarna biru, sedemikian rupa.

Kemudian ketika menikah, hal yang Sama Aku lakukan pada rumahku. Tak pedili biru tua, biru muda atau biru elektrik.

Pokoknya yang PENTING biru!


Barulah aku tahu, ternyata dalam mendekor rumah ada hal-hal penting yang harus diperhatikan. Kesemua ilmu soal itu aku dapat saat hadir di sesi talkshow Serba Serbi Desain Rumah bersama. Acara ini diadakan bersamaan dengan rangkaian Indonesian Property Expo (IPEX). Acara yang digelar oleh Bank BTN INI menghadirkan Adelya Vivian dan Zata Ligouw.

Sesi talkshow memulai pembahasan soal small space living oleh Mbak Adelya. Meskipun kecil, rumah harus jadi tempat ternyaman untuk pulang, di kala suka maupun duka.




Small Space Living adalah hidup di ruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan. Karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang. So, harus pandai memilah-milah barang apa saja yang ingin diletakkan di rumah.

Tahap-tahap Perencanaan
Dalam menata rumah, dibutuhkan perencanaan agar hasilnya sesuai yang diharapkan. Tahapan tersebut antara lain:

  • Menentukan apa saja kebutuhan seluruh keluarga
  • Memperbanyak referensi
  • Mengestimasi budget yg tersedia


Tips Menata Rumah Minimalis ala Adelya
Mba Adel mempraktikkan small space living pada rumahnya sensitive yang berukuran 30/60 meter, Luas bangunan 30 meter dan luas tanah 60 meter. Tergolong rumah minimalist.

Berikut beberapa tips menata rumah ala Mbak Adel:
1. Perhatikan pencahayaan
Cahaya PENTING bagibrumah Dan  oenghubinya. Pencahayaan  bisa nenggunakan biayanya  maupun alami. Untuk rumah yang tidak ada sekat antara ruang tamu Dan dapur, Dalam hal pencahayaan bisa pakai konsep skylight.

Lighting buatan biaa diaplikasikan dengan beberapa lampu. Lampu baca & lampu makanan sebaiknya pakai warna kuning. Sedangkan lampu langit-langit pakailah warna putih.

2. Berikut sirkulasi udara yang cukup
Untuk sirlulasi udara, beliau menggunakan cooker hood. Untuk tambahan, bisa juga menggunakan exhaust fan. Dan tentunya jendela yang besar dengan lubang udara yang cukup.


3. Pemiihan Cat
Selanjutnya, pemilihan cat itu PENTING. Warna dinding biaa mempengaruhi mood Dan kinerja seseorang. Untuk rumah minialmalis sebaiknya menggunakan cat Yang memberikan kesan luas. Oleh karenanya, gunakanlah cat berwarna natural supaya terlihat "lapang".


4. Pengadaan storage
Small space living biasanya tidak menyediakan gudang. Meskipun keberadaannya dibutuhkan. Solusinya?
Bisa menggunakan kemarin kecil untuk menyimpan barang-barang kecil atau tools bebersih.


Untuk storage berupa rak buku, Dalam pengaturan buku, sampul bisa saling menumpuk agar menghasilkan satu warna saja yakni warna kertas.

5. Berikan Penghijauan
Selanjutnya, penghijauan. Ini juga penting. Sekalipun hanya pohon kaktus.


6. Kesesuaian Furnitur dan Tema Rumah
Ketepatan pemiihan furnitur terhadap tema perlu diperhatikan.  Sebaiknya menentukan tema rumah terlebih dahulu di awal agar bisa menyesuaikan pemilihan furniture.


Beberapa tema rumah antara lain:

  • Rustic:
  • Bohemian: Biasanya pemilihan warnanya putih dan banyak terdapat tanaman. Biasanya banyak menampilkan barang
  • Skandinavian: identik dengan putih, hitam, abu-abu. Biasanya lebih teduh dan minimalist.
  • Modern Japanese Korean: mengedepankan kerapihan. Biasanya barang-barang ditaruh di kotak-kotak sehingga tampilan luar terlihat clean.

Sudut Kerja di Rumah Minimalis
Pemaparan selanjutnya oleh Mba Zata yang diawali oleh kisah di balik menangnya beliau pada lomba blog salah brand jam tangan.


Tema tulisan beliau saat itu adalah sudut kerja di rumah. Oleh karenanya beliau akan  berbagi tips menata ruang kerja. Apa saja ya?

Pertama, siapkan tempat khusus untuk meja kerja seperti meja ruang tamu, ruang makan atau ruang keluarga. Jika punya uang lebih, boleh pakai satu ruang khusus. Gunakan meja yang pas, bisa gunakan meja yg ada, beli meja baru. Bisa juga bikin meja sendiri dan yang pasti harus ergonomis.

Kedua, berikan aksesoris. Fungsinya?
Membantu pekerjaan, menaikkan mood dan mempercantik ruangan. Mba Zata sendiri adalah pegiat DIY. Beliau suka membuat DIY Mood Board, papan berisi simbolisasi perasaan kita hari itu. Bahannya dari majalah. Bisa ditempel gambar-gambar yang relate dengan mimpi kita. DIY Mood Board bisa juga ditempel foto pribadi, keluarga, saat liburan. Selain itu bisa juga menuliskan quotes favorit sebagai penyemangat. MOOD Board dapat pula digunakan sebagai kalender.


Ketiga, lengkapi dengan tanaman. Berkaitan dengan apa yang disampaikan Mba Adel, menurut Mba Zata, penting lho adanya tanaman di ruang kerja. Kenapa? Tanaman dapat menghilangkan stress, memberikan ketenangan, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, nih ada hasil penelitian dari Michigan yang menunjukkan manfaat tanaman.

Tanya Jawab
(1)Bagi yg Baru memiliki rumah, adalah panduan menata rumah? Misal dari ruang tamu ke belakang atau dari dapur ke depan.

Jawab: Terlebih dahulu, tentukan tema rumah. Beli dulu furniture yang urgent. Yg utama adalah sofa/kursi/bangku. Selanjutnya kasur. Lalu, kitchenset. Untuk kitchen set, jika tidak mau terlihat berantakan  tapi di satu sisi dapur dan ruang tamu tanpa sekat, pilihlah wastafel dengan bak yang dalam supaya kalau cucian piring menumpuk tidak terlihat dari ruang tamu.

Jika ada budget lebih, bisa ganti lantai rumah dengan vinyl. Lalu jangan lupa soal lighting, sejak awal renovasi harus dikomunikasikan dengan pekerja.

Pertanyaan (2):
Bagaimana tips memilih tanaman?

Jawab: Pilihlah tanaman untuk di dalam dan luar ruangan. Jika kita "jarang pulang", pilih seperti kaktus atau tanaman lain yang tidak harus disiram setiap hari.

Pertanyaan (3): Adalah tips bagi yang suka berantakan dan malas membereskan?
Jawab: Pilihlah meja yang berlaci banyak atau berlaci besar. Buat juga wadah wadah kecil. Jadi jika berantakan, cukup ditaruh di laci atau wadah untuk sementara. Tapi sebaiknya memang membiasakan diri langsung membereskan begitu selesai bekerja agar enak ketika bekerja selanjutnya.

Pertanyaan (4): Saya tipe yang hobi bolak balik ambil makanan. Ada tips pemilihan ruang kerja untuk itu?
Jawab: Selalu sediakan meja kecil atau nampan berisi makanan dan minuman sehingga tidak harus bolak balik, yang bisa memecah konsentrasi.

Pertanyaannya (5): Qdakah tips "menyembunyikan" kabel agar tidak terlihat berantakan?
Jawab: Biasakan ikat kabel dengan pengikat warna putih, dekatkan colokan dengan barang elektronik dan sembunyikan kabel dalam "rumah-rumahan" yang bisa dibeli di toko material. Bisa juga memanfaatka  kotak sepatu yang dibolong untuk merapihkan kabel. Bisa dicek di Pinterest untuk modelnya.


Pertanyaan (6): Bagaimana merawat barang berwarna putih? Untuk furniture haruskah dicat ulang?
Jawab: Seminggu sekali sebaiknya ambalan atau rak divacum. Berdebu itu pasti. So harus rajin memvacum. Ya, ada kalanya dicat ulang supaya lebih bersih lagi.


Sebagai penutup, kedua pembicara  menyampaikan:
"Jika banyak bekerja di rumah, siapkan sudut kerja. Tak perlu berpikir panjang, mulai aja dulu."
"Utamakan lighting setiap kali merenov atau mendekor rumah, penting bagi kesehatan juga."

Kesimpulannya:

  1. Untuk menciptakan rumah yangg nyaman tidak harus mahal, yg penting kreatif dan gemar mencari referensi.
  2. Pilah pilih barang-barang yang sekiranta kurang bermanfaat supaya rumah tidak penuh.

Sungguh ilmu-ilmunya worthed. Tinggal praktiknyanya aja nih.


For your information, IPEX 2019 masih berlangsung lho sampai hari Minggu 4 Agustus 2019. Ada banyak developer properti di IPEX  siap membantumu menemukan properti yang cocok untukmu. Yuk kunjungi Indonesia Property Expo di JCC Senayan!

Info lebih lanjutin silakan meluncurkan ke Instagram IPEX 2019

22 comments:

  1. I got the point... kreatif.

    Nice share mba. Salam kenal. ijin follow yak

    BalasHapus
  2. Ilmu dari talkshow di IPEX kemarin membuat saya jadi lebih pintar memilih warna cat dan menyusun furniture apalagi rumah yang saya tempati juga minimalis. Jadi gimana mba, tetap mau pakai warna biru?

    BalasHapus
  3. Keren banget nih buat yang lagi mau merencanakan membuat atau merenov rumah wajib dateng ke IPEX 2019 yang hari ini terakhir yah mbak?

    BalasHapus
  4. Keren nh infonya bs jd referensi buat menata rumah mungil saya :)

    BalasHapus
  5. Bagus banget infonya. Ternyata penting banget ya mengetahui tips tips seperti ini sebelum menata rumah. Trs mba

    BalasHapus
  6. Kesesuaian furniture nih yg masih jadi kendala kami. Di rumah banyaknya perabotan jadul milik mama mertua. Mau diganti ga enak, ga diganti ya ga sesuai jaman nya lagi itu lho...

    Gimana baiknya ya?

    BalasHapus
  7. Akupun mau punya d renov kayak gini mba, meskipun kecil tapi nyaman Dan indah banget bikin betah penghuninya

    BalasHapus
  8. kalau aku nanti punya rumah pengen punya tema scandhavian karena temanya warna putih sama abu-abu yang bikin rumah adem deeh, dalam waktu dekat aku pengen bikin ruang kerja di rumah

    BalasHapus
  9. sepertinya ini juga bisa diterapkan ke apartement minimalist ya mbak?

    BalasHapus
  10. Ternyata rumah mungil klo bisa ditata dgn apik bisa keren juga ya

    BalasHapus
  11. Aku jadi penasaran sama rumahmu mba yang serba biru gitu. Serasa ada di awan kali ya. Rumah kecil bisa juga diotak-atik segal segal isinya, asal sesuai dengan budget dan ruangannya.

    BalasHapus
  12. Haha, yang penting biru. Daku juga gitu waktu bapakku tanya rumahnya di cat warna apa?
    Daku jawab, biru aja.
    Wkwkwk

    BalasHapus
  13. Acara yang keren dan bermanfaat nih terutama untuk yang sedang membangun atau renovasi rumah. Jadi kepikiran mau renov kamar :D

    BalasHapus
  14. Tipsnya keren banget nih vii, dan pas banget sama rumah aku yang manis minimalis gitu hehe. Jadi pengen langsung bongkar sana-sini kan, kereenn.

    BalasHapus
  15. Waahh aku tim kayak gini juga kak. Pantesan akun Instagram kak visya ada birunya. Pecinta biruu ya kak. Toooss aah

    BalasHapus
  16. Warna dan penataan ruang memang mempengaruhi mood kita. Bagi yang bekerja dari rumah, memikirkan tempat kerja yang nyaman agar yang mendukung produktivitas sangatlah penting. Senang ada event seperti IPEX 2019 yang bisa menjadi sumber inspirasi penataan ruang dan rumah..tfs mb..

    BalasHapus
  17. Pada dasarnya yang penting kreatif dan punya barang yang dibutuhin aja ya. Selain biar gak mubazir, biar gak menuh2in rumah. Hehe.

    BalasHapus
  18. Duh, kepengen banget deh bisa punya rumah impian yang eksotik dan manis. Gak masalah walopun kecil. Jadinya enak buat dipake kerja. Kudu direnovasi nih rumah aku yang sekarang :D

    BalasHapus
  19. Pemilihan warna cat memang bener banget ikut mempengaruhi mba. Dan secara keseluruhan rumah mungil juga bisa tampak luas jika penataan bagus ya

    BalasHapus
  20. Acara IPEX ini bermanfaat banget infonya kalo pas pindah rumah jadi tau ruangan yang harus diubah yg mana agar cantik setiap ruangan heheh

    BalasHapus
  21. Aku setuju punya rumah nyaman gak mesti harus luas, tinggal penataannya aja kaykanya yaaa. Seru banget acaranya dapat banyak tips nata rumah yg gk seberapa luas. Yg penting kyknya buang2in barang gk penting dan dekornya ditata sefungsional mungkin.

    BalasHapus
  22. aku pun merasa nih kalo rumah udah kebanyakan barang pengennya d hempas aja semuanya wkwk. Impian banget sih punya rumah yg clean.

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!