Ads 468x60px

Kamis, 26 September 2019

Jelajah Jakarta Empat Jam (Saja)? Lakukan Empat Hal Ini



"Ajak aku ke tempat wisata Jakarta dong."
"Di Jakarta tempat yang bagus mana aja sih?"

Sejak duduk di bangku akhir SMA, aku mempredikati diriku sebagai seorang backpacker.

Tak hanya gemar melangkahi buana me berbagi daerahmu, akupun sering sekali  dikunjungi teman-teman dari daerah: Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan lain-lain. Dan.. Percakapan di atas sering banget terjadi tapi aku selalu bingung menjawabnya. Hmm.. selain Monas, Ancol, TMII, Ragunan, apalagi sih wisata di Jakarta?


Malu dan bingung rasanya aku sebagai warga Jakarta yang sudah lahir dan besar disini. Untungnya kebingungan tereduksi saat aku berkesempatan mengikuti #ISBTrip jelajah Jakarta hari ini. Acara ini diselenggarakan oleh komunitas Indonesian Social Blogpreneur pukul 08.30 pagi higga 12.30 siang. Ternyata BANYAK gaesss wisata di Jakarta yang masih "tersembunyi"! 

Apa aja sih yang kami lakukan selama empat jam itu?


Menjelajahi Pelabuhan Sunda Kelapa

Pukul 08.00 kami bertemu di meeting point di Kota Tua. Tak menunggu lama, perjalanan dimulai dengan menjelajahi pelabuhan Sunda Kelapa.


Pukul 08.30 kami mengawali dengan penjelasan seputar sejarah pelabuhan oleh mba Ira Lathief, travel blogger sekaligus founder @wisatakreatifjakarta. Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan terbesar di Asia Tenggara pada masa itu. Banyak para pedagang hilir mudik mengirimkan dagangannya.
Mbak Ira memberikan penjelasan
(sumber: dokumen pribadi)

Hingga detik ini, pelabuhan Sunda Kelapa masih  aktif melakukan pelayaran kapal untuk mengirimkan barang me berbagi daerah di Indonesia. Tampak begitu banyak truk hilir mudik dan kapal-kapal besar menepi.
Berfoto di depan peti kemas
(sumber: dokumen pribadi)

Berfoto di depan kapal aktif
(sumber: dokumen pribadi)

Bersama teman-teman Blogger ISB
(sumber: ISB)

Pukul 09.45 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Museum Syahbandar yang bisa ditempuh berjalan kaki selama 5 hingga 10 menit saja.

Menelusuri Jejak Sejarah Menara Syahbandar


Museum Syahbandar
(sumber: dokumen pribadi)

Pukul 10.00 WIB kami tiba di lokasi selanjutnya. Menara Syahbandar merupakan bangun berbentuk menara, terdiri dari lima lantai. Lantai paling atas berisi informasi seputar menara. Kita juga bisa menikmati pemandangan Jakarta dari atas sana.

Dahulu menara ini berfungsi sebagai menara pemantau bagi kapal-kapal yang keluar-masuk  Pelabuhan Sunda Kelapa. Tak hanya itu, menara ini juga tempat pengumpulan pajak barang-barang yang dibongkar di pelabuhan.

Menara Syahbandar sudah mengalami rekonstruksi pada masa pemerintah Ali Sadikin. Bangunan ini tidak begitu luas sehingga tak perlu waktu lama berburu konten.


Menengok Sejarah Museum Bahari


Salah Satu bangunan Museum Bahari
(sumber: dokumen pribadi)

Puas menelusuri Museum Syahbandar, perjalanan berlanjut ke Museum Bahari yang terletak kurang lebih 200meter dari Syahbandar. Pukul 10.30 kami tiba di lokasi. Bangunan khas Belanda-nya membuat kami berlama-lama berfoto disini sebelum akhirnya diajak mba Ira menengok sejarah museum di lantai 2.
Instagramable kan?
(sumber: dokumen pribadi)

Museum Bahari merupakan gudangnya rempah semasa pemerintah Belanda. Di lantai 2 terdapat ruang diorama yang berisi patung para pemimpin dan tokoh zaman Belanda sepertinya Laksamana Chengho, Ibnu Batuta, dan lain-lain. Tak hanya itu, ada pula ruang penyimpanan rempah dengan rempah asli yang tersaji.

Wah, makin bangga dengan Indonesia yang kaya alamnya.

Belajar Ngejamu di Acaraki Cafe
Lelah menjelajah, saatnya ngadem sambil ngo.. ups, ngejamu. Yap, kali ini kita diajak ngejamu di Acaraki Jamu  Café yang terletak di kawasan Kota Tua. Hanya 10 menit berkendara dari Museum Bahari, kita sudah tiba di lokasi. Pukul 11.15 acara ngejamu pun dimulai.


Menurut Pak Jony, pemilik Acaraki, kata jamu  berasal dari kata jampi dan husodo yang artinya obat kesehatan. Sedangkan acaraki merujuk pada peramu jamu. Para penikmat jamu ulung umumnya membuat racikan jamu sendiri, karenanya membuat jamu membutuhkan ilmu takaran sesuai "perasaan".
Sharing session yang sungguh insightful!
(sumber: dokumen pribadi)


Setelah sharing session, kami diajak membuat jamu dengan alat dan bahan yang disediakan. Ada beras hitam roasted & unroasted serta beras putih roasted/unroasted. Rasanya sungguh unik!
Aku meracik jamu
(sumber: dokumen pribadi)

Menu yang disediakan bukan sekadar jamu original namun juga jamu yang sudah dikombinasikan dengan pelengkap, sepertinya
  • SARIANTI(kunyit asem, creamer)
  • BARESKRIM (es krim, beras kencur)
  • JAMAN BATU (jahe, madu, lemon)
  • dan lain-lain.


Sambil menikmati makan siang, kami asyik menikmati jamu yang disajikan. Aku sendiri prsan BARESKRIM. Sebagai pecinta es krim, ingin tahu dong bagaimana rasa jamu dicampur es krim?
BARESKRIM
(sumber: dokumen pribadi)


Hasilnya? ENAK BANGET. Ups, maaf, capslock jebol. Hehe.

Perut kenyang, saatnya fokus menyinak sharing session dari mba Ira Lathief seputar penulisan konten sejarah di blog. Beberapa point yang kudapat antara lain:
💙Jangan hanya fokus menyaksikan data angka, olahlah sedemikian rupa
💙Ceritakan seputar sejarah tempat, bukan sekadar perasaan ketika berkunjung
💙Buatlah judul yange menarik atau click bait
💙Carilah momentum untuk membagikannya tulisan, misal saat liburan sekolah.
Mba Ira memberikan materi
(sumber: dokumen pribadi)


Pukul 12.30 acarapun ditutup. Yap, kurang lebih empat jam saja kami mengabaikan waktu untuk empat kegiatan di atas.

Cuma punya waktu empat jam jelajah Jakarta? Coba lakukan ke-empat hal di atas ya, guys!

Sebelumnya Menjelajah, Jangan Lupa Berbekal
Berburu konten untuk blog dan foto-foto keren nan unik di perjalanan kali ini, tentunya perlu persiapan sebagai berikut:
1. Masker Nexcare Indonesia 
For your information, debu di pelabuhan banyak banget, karena truk-truk terus hilir mudik. Masker Nexcare ngebantu bamget untuk melindungi dari debu-debu itu. No worries, ada varian Daily Hijab Mask yang tinggal masukkan ke kepala. Varian lainnya yaitu Daily Kids Mask dan Daily Mask.

Masker Nexcare memiliki 3 lapis filter dan tambahan lapisan filter karbon aktif untuk Varian Nexcare™ Ekstra Carbon Mask.

Respirator KN95 Air Pollution & Haze, dengan filter Elektrostatis pada masker Nexcare, melindungi dari asap dan polusi tinggi. 95% efektif menyaring partikel berukuran hingga 2.5 mikron.

2. Air mineral Aqua
Tahu 'kan, betapa pamasnya cuaca ibukota? Rasanya haus terus. Air mineral Aqua ngebantu banget menghilangkan dahaga dalam sekejap. Airnya dari mata air alami. Kemasanya pun sangat mudah dibawa-bawa. Aqua merupakan merek dari Danone yang merupakan perusahaan multinternasional yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman.


3. Cemilan
Yang namanya berperjalanan tentu ada rasa lelah dan lapar. Ngga ada salahnya sedia cemilan.
4. Kamera dan charger/power bank
Sesuai dengan tujuannya: berburu konten dan foto, tentunya kamera plus baterai ataupun smartphone dengan powerbank harus ready juga.
5. Uang tunai



Kalimat penutup yang jleb banget dari Alm Rendra, kurang lebih begini:

"Percuma kamu sekolah tinggi-tinggi di luar, jika kamu merasa asing di kotamu."
Terimakasih, Indonesian Social Blogpreneur💙

Jadi, kapan kita kemana (lagi)?

51 comments:

  1. Seru bangeett ini mupeng ama ISB Trip, sayangnya terkendala jarak hehe. Mana belom sempet ke Sunda Kelapa wkt tinggal di Jakarta.. Mudah2an ada kesempatan main-main ke Jakarta lagi bawa anak-anak biar sekalian edukasi.

    "Percuma kamu sekolah tinggi-tinggi di luar, jika kamu merasa asing di kotamu." ahaaaiiii JLEB JLEB JLEB.

    BalasHapus
  2. Itu jamunya bikin ngiler pingin nyobain deh. Penasaran kayak apa rasanya

    BalasHapus
  3. Asik ya Mbak berwisata sambil melihat-lihat sisi lain Jakarta terutama dalam hal sejarah apalagi dilakukan dengan banyak teman sehingga tidak hanya berwisata tetapi juga menjalin Silaturahim

    BalasHapus
  4. makasi tulisannya ya. jadi ga sedih lagi karena tempo hari pengen daftar ikutan tapi ga bisa karna urusan rumah lagi riweuh.
    pasti bakal ikutin itin-nya nanti kalo ke kota tua :)

    BalasHapus
  5. Rasanya kurang puas yah kak kemaren ; pengennya mah gak cuma 4 jam, bahkan seharian juga kurang cukup aja klo untuk jalan2 mah hehehe. Semoga bsa berjumpa di trip berikutnya yah kak :)

    BalasHapus
  6. Wah ternyata mbak Visya terpilih ikutan acara ini ya, senangnya bisa dapat banyak input pastinya. Daku gak ikutan, karena pas ada jadwal ngajar

    BalasHapus
  7. Itu jamu di Acaraki, bener bener antimainstream, baru sekali makan jamu pakai ice cream :)

    BalasHapus
  8. Aku ga lupa bawa minum sama masker buat trip k sekitaran sunda kelapa ini mbaa. Seru banget ya!

    BalasHapus
  9. Keren dan seru yah ISB Trip kemarin, semoga bisa menjelajah jakarta lebih lahi yah kak ;)

    BalasHapus
  10. Jalan-jalan bareng komunitas ISB seru banget ya... Rasanya pengen terus sampe sore. Ahaha

    BalasHapus
  11. Lain kali kalo ada kerabat yang main ke Jakarta, maka Kota Tua tepatnya Acaraki Cafe bisa jadi pilihan. Kalo punya waktu lebih bisa melipir ke Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari. Iya ga mba?

    BalasHapus
  12. Wah gimana rasanya ya es krim campur jamu? Jadi penasaran banget hehehe. Btw, ini jelajah Jakarta selama 4 jam ini bisa juga nih dicoba kalau ada sahabat atau saudara yang pengen berwisata di Jakarta.

    BalasHapus
  13. Kok sepertinya seru banget ya, bisa nih dijadiin referensi kalo berkunjung ke Jakarta. Hanya 4 jam udah bisa menjelajah tempat2 bagus dong😍

    BalasHapus
  14. Bawa uang cash itu emang penting banget ya kalau travelling, meskipun pembayaran banyak yang bisa dilakukan secara digital, tapi kan nggak semua pembayaran bisa, so sebaiknya sedia uang cash selalu ya. Hehe

    BalasHapus
  15. Waah, aku belum pernah ke daerah sana, Mba. Menarik banget, nih, bisa untuk wisata bareng keluarga juga. Dengan waktu yang singkat, aktivitasnya bisa padat tanpa perlu terlalu capek, ya. Makasih rekomendasinya, ya, Mba... Btw nama jamunya unik-unik, nih.

    BalasHapus
  16. aku tuuh pingin banget bisa enjoy menjelajah jakarta dan seseruan kayak gini...
    soale pernah baca jakarta tempo dulu dan pingin banget dapet gambaran yg real saat ini sbg perbandingan...

    BalasHapus
  17. Wah lokasinya deket dari rumahku nih.. nanti boleh juga jadi tempat wisata singkat sama suami hehe.. cuma naik motor bisa sampe ke beberapa tempat deh.. makasi info dan referensinya mba..

    BalasHapus
  18. Aku penasaran juga rasa jamu campur es krim, seperti menggiurkan. Asik ya acara jalan-jalan dalam kotanya. Aku malah belum pernah sekalipun ke tempat-tempat tersebut.

    BalasHapus
  19. Museum Bahari keliatannya adem ya mbak, rapi pula.. kalo ke jakarta mesti sempetin kesana nih, biasa aku kalo ke jakarta suka nggak sempet main lama karena khawatir macet.. hehe

    BalasHapus
  20. Ternyata jalan-jalan di Kota Tua menarik juga ya. Setuju sih sama alm. Rendra, harusnya kita mengenal kota sendiri dulu sebelum bertualang ke tempat lain.

    BalasHapus
  21. Wah enak tu jamunya Acaraki :D
    Aku belum sampai Pelabuhan SUnda Kelapa nih. Konon katanya kalau sewa ojek sepeda bisa tu. Paling direkomendasikan sore2 ke sana dna bisa liat matahari terbenam. Ah pengen melakukan hal2 kyk gtu, ntr deh nunggu anak gedean haha

    BalasHapus
  22. Dari semua tempat di atas, aku belum pernah kunjungi semua :( Baru tahu aja tapi belum pernah main ke sana padahal udah lama juga di Jakarta huhu
    Seru banget mbak bisa eksplore Jakarta bareng ISB, mau banget ikutan tapi hari kerja

    BalasHapus
  23. aih mantap ini acara bareng ISB ya mba jelajah Jakarta 4 jam menarik banget udah lama ga ke Jakarta nih jadi pengen ke sana lagi

    BalasHapus
  24. Waduh langsung ngiler Bareskrimnyaa niiih... beras kencur itu jamu favoritku, soalnya aku gak doyan jamu yang pahit wakakakaa...

    Sunda Kelapa nih masuk list buat dikunjungin, makasi infonya kak!

    BalasHapus
  25. Nah aku pengen nih ngejamu di Acaraki Cafe. Kalau ga salah d Kemang ada juuga ya? Tapi kan feelnya beda sama yang ada di daerah KOta Tua hihi. Anw seru yaa bisa jalan-jalan kesini :D sekalian me-time

    BalasHapus
  26. yg lainnya udah pernah tau dan mampir sih tapi acaraki baru tahu.
    saya tu pernah kepikiran pengen punya cafe jamu hehehe. Persis macam acaraki cafe ini. Coba deh diniatin siapa tahu kalau ke Jakarta bisa ke cafe ini.

    BalasHapus
  27. Menarik nih meracik minuman di acaraki cafe. Aku paling seneng ikut eksperimen begini mom.

    BalasHapus
  28. aku malu deh, dari lahir sampai sekarang tinggal di jakarta tapi belum pernah ke pelabuhan sunda kelapa dan menara syahbandar. ke museum bahari pun cuma sekali itupun saat study tour sd. duh malu deh kebanyakan main ke mall.

    BalasHapus
  29. Saya suka jalan2 di daerah ini. Ga bosenin. Sehari2 pakai Nexcare juga, bisa diandalkan

    BalasHapus
  30. Wah seneng ny bisa ikutan event ini. Jalan-jalan sekaligus belajar ini namanya. Semoga ISB mau ngadain event di Jogja juga

    BalasHapus
  31. saya suka ke museum. apalagi ini museum bahari, yg belum pernah saya datangi. pasti saya antusias banget menjelajahinya. dan butuh waktu lebih lama lagi. boleh kan yaa

    BalasHapus
  32. Liburan sekolah aku rencnananya mau ke KOta Tua juga sama anak nih, mba. Dan asyik juga kalau mau mencoba jamu ama ice cream ya :)

    BalasHapus
  33. Wow dalam waktu 4 jam bisa ngunjungu banyak tempat ya mbak. Kapan waktu aku mw cobain , soalnya pernah ke jkt tp seharian cm bs bbrp tempat krn lama dinjalan huhuhuu

    BalasHapus
  34. Wah seru banget ini pikniknya keliling sebagain Kota Jakarta. Dari beberapa tempat yang disebutkan aku baru mampir ke Museum Bahari aja hehe. Besok-besok explore yang lain juga deh hhee

    BalasHapus
  35. Masih terasa sesalnya Tidak bisa ikut #ISBtrip, Saya mau daftar tapi Sayang, si semata wayang tak Ada yg Jaga jadilah Aku mundur.

    BalasHapus
  36. Wah, aq belum pernah mengunjungi tempat wisata-tempat wisata ini

    BalasHapus
  37. Wah seru ...aku pengen ikut sebenarnya acara ini tp sayang hanya utk jabotabek y.. Bdg kejauhan mungkin hehe .

    BalasHapus
  38. Duh, aku dulu 1,5 tahun di jakarta belum smepat kesini..

    Smg next waktu liburan bisa main kesini, tak lupa bawa bekal seperti yg sudah di tips kan..

    BalasHapus
  39. Mbak Visya itu Bareskrim unik juga ya hehe. Aku jadi pengen ke sana. Rencana dalam waktu dekat mau ke Jakarta lagi hehe.

    BalasHapus
  40. Ya ampun itinerary keren nih, kalau ada saudara atau teman datang suka bingung, kalau cuma beberapa jam di Jakarta kemana ya..
    Thanks infonya dan jamunya sungguh menggoda!!

    BalasHapus
  41. Wah iya nih aku belum sempat eksplore Jakarta. Padahal pas masih di Sby dulu kalau ke Jkt selalu sempetin liat bbrp kawasan di Jkt yg terkenal, justru pas tinggal di sini blm hehe.
    Kapan2 mau ah ke Pelabuhan Sunda Kelapa, denger2 kalau sore bagus banget mataharinya di sana.

    BalasHapus
  42. belum pernah semua ke tempat ini di Jakarta mba asik yah 4 jam jelajah Jakarta keren deh ISBTripnya sayang ga bisa ikutan euy hahaha

    BalasHapus
  43. 4 jam jadi sangat berharga banget ya mba saat bisa explore k lokasi wisata sejarah Batavia dan d tutup dengan minum jamu yg d sajikan ala Cafe

    BalasHapus
  44. Wah jamu diracik ala cafe gitu pasti enak-enak semua ya? Jadi pengen..udah dapet sehatnya dapet enaknya pula

    BalasHapus
  45. Jakarta ternyata menyimpan banyak tempat kece ya, aku belum pernah keliling kesana. Duhh kayaknya harus explore Jakarta lagi nih sama anak anak, biasanya ngemall atau ke kidzania gitu

    BalasHapus
  46. baiklah tipsnya oke punya nih jangan lupa masker emang iya mba lagi musim debu gini mesti bekel masker aku bleum cobain masker nextcare nih jadi pengen cari stokck yang banyak

    BalasHapus
  47. Aku belum pernah main-main ke sini,cuma kota tua aja yang pernah, kalau sunda kelapa dan museum syahbandar belum, mau ah diagendakan ke sana kalau pas main ke Jakarta lagi, seru banget kayaknya :)

    BalasHapus
  48. Wah quote di akhir artikel ini menohokku banget. Masih banyak tempat di Jakarta dan sekitarnya yang belum kujelajahi nih hehe

    BalasHapus
  49. Wah asik juga jelajah kali ini ya mbak.. ehya, inovasi jamunya itu lho, unik banget. Pastinya enak yaaaa mbak..

    BalasHapus
  50. Seneng banget nih mbak Evi ikutan tripnya, apalagi bisa jelajah Jakarta dan menambah wawasan soal Kuliner dan sejarah

    BalasHapus
  51. Semoga nanti lebih panjang lagi waktu Trip nya Mba :)

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!