Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Inovasi Danone Specialized Nutrition Indonesia untuk Mitigasi Perubahan Iklim dan Ciptakan Sirkularitas Produk Pertanian

 


Sejak duduk di bangku kuliah, aku mulai terjun ke dunia energi baru dan terbarukan. Apakah maksudnya aku adalah mahasiswi jurusan tersebut? Sayang sekali jawabannya bukan, hehe.

Aku adalah mahasiswi pendidikan Matematika, Fakultas MIPA yang kebetulan punya ketertarikan soal sains sampai akhirnya mulai menulis esai dan paper yang berkaitan dengan energi baru terbarukan. Mulai dari energis surya, panas bumi hingga biogas dan biomasa.

Saat itu aku tidak terlalu aware dengan dampak positif ke lingkungan yang ditimbulkan dari kehadiran energi tersebut. Salah satunya mengurangi jejak karbon di bumi. Seperti yang kita tahu, singkatnya, jejak karbon menghasilkan gas rumah kaca yang berbahaya bagi para penghuni bumi. 

Sampai tiba hari ini aku semakin menyadari...

Bahwa kehadiran energi baru terbarukan tak bisa dianggap sepele. Kehadiran energi baru dan terbarukan bukan lagi impian masa depan melainkan realisasi masa kini yang punya dampak besar terhadap lingkungan.

Itulah mengapa aku sangat excited ketika tahu Danone Indonesia menginisiasi pabrik berbahan bakar surya beberapa waktu lalu. Ngga berhenti sampai disitu, ternyata baru-baru ini Danone Indonesia juga menginspirasi pabrik berbahan bakar sekam padi atau biasa disebut energi biomasa!

Inagurasi Bioler Biomass
Bertempat di Klaten pada hari Rabu 15 Juni 2022 dan dilaksanakan secara daring dan luring, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia meresmikan pembangunan Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi, di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan. Hal ini dilakukan sebagai komitmen perusahaan yang menyediakan produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan.





FYI, biomassa merupakan bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotointetik, baik berupa produk atau buangan seperti tanaman, pohon, ubi, rumput, kotoran ternak, tinja, limbah pertanian, dan sebagainya (sumber: tirto.id). Biomassa yang dijadikan sumber energi umumnya adalah limbah setelah diambil produk primernya dan nilai ekonomisnya rendah (sumber: tirto.id).

Sebagai bentuk teknologi ramah lingkungan, Boiler Biomassa ini menggunakan bahan baku sekam padi. Sekam padi yang merupakan limbah pertanian ini didapatkan dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Tengah, termasuk dari lahan pertanian di sekitar fasilitas Boiler Biomassa, yang merupakan salah satu penyumbang produksi padi terbesar secara nasional.

Melalui sambutan yang diberikan bapak Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, mengapresiasi terobosan yang diambil oleh Danone SN Indonesia.

“Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sangat mengapresiasi insiatif dari PT Sarihusada Generasi Mahardhika, dimana saat ini Energi Baru Terbarukan menjadi isu yang cukup krusial di Indonesia. Saat ini sekam padi kurang dimaksimalkan penggunaannya, padahal sekam padi memiliki banyak potensi untuk lingkungan, salah satunya dapat bermanfaat sebagai bahan bakar Boiler Biomassa. Abu sekam yang dihasilkan dari produksi Boiler Biomassa ini juga bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi oleh petani sebagai pupuk pertanian organik. Ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk praktek yang berkelanjutan dan juga menimplementasikan konsep Circular Economy. Kami berharap inisiatif ini turut mengembangkan produk pertanian serta menginspirasi badan usaha lainnya di Indonesia.”

 

bapak Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, 
“Perubahan iklim merupakan tantangan yang kian mengemuka dan efeknya sangat kita rasakan saat ini. Sebagai perusahaan yang mengusung Visi One Planet One Health, Danone percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan, serta mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat."


Danone Indonesia juga memastikan bahwa selain menggunakan teknologi ramah lingkungan dan bahan baku yang bersumber dari energi terbarukan, fasilitas Boiler Biomassa ini juga berkontribusi untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian.

Sambutan ketiga dari Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS turut menjelaskan bahwa sebagai penyedia layanan solusi energi terbarukan, BECIS percaya bahwa dekarbonisasi, desentralisasi dan digitalisasi energi menjadi kunci bagi perusahaan-perusahaan untuk menjalankan operasionalnya secara berkelanjutan. Pada kesempatan ini, BECIS sangat antusias karena dapat mendukung Danone di Indonesia dalam mewujudkan visinya dalam pemanfaatan energi terbarukan melalui pembangunan dan operasional Boiler Biomassa ini. 


Adapun fasilitas ini juga telah didukung dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atap yang menjadikannya pengoperasiannya sangat ramah lingkungan. Selain dampak ke lingkungan, melalui kerjasama ini, kami juga berhasil menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui sumber bahan bakar yang diambil secara lokal, dan memberikan abu sekam yang dihasilkan, kembali kepada petani yang berguna sebagai pupuk organik.

Di sesi kedua, tepatnya sesi talkshow dan diskusi bersama-sama hadir  Edi Wibowo (Direktur Bioenergi Kementerian ESDM), Marzuki Mohamad (Rapper & Pegiat Pertanian) dan

“Pemanfaatan terbesar bioenergi khususnya biomassa saat ini adalah sebagai pembangkit listrik biomassa yang mencapai 2.116 MW, sehingga peluang pengembangan bioenergi masih sangat terbuka, terlebih didukung isu lingkungan, perubahan Iklim, kesadaran masyarakat untuk mewujudkan transisi energi menuju energi bersih dan peningkatan konsumsi listrik per kapita. Kami sangat mengapresiasi upaya Danone Indonesia selaku pelaku usaha yang bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mendukung upaya transisi energi melalui penyediaan energi yang berbasis energi terbarukan dengan menggunakan biomassa sekam padi. Ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat serta mendukung upaya pemerintah dalam pencapaian target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. Semoga dapat menjadi contoh bagi badan usaha lain utk secara masif mewujudkan efisiensi energi dan energi hijau yang lebih baik bagi lingkungan dan kesehatan.” ungkap Edi Wibowo.

Dalam sesi ini, Marzuki Mohamad atau yang lebih dikenal sebagai Kill the DJ menyampaikan pendapatnya,
“Saya lahir dan tumbuh sebagai anak petani dan selalu ingin berkontribusi terhadap kesejahteraan mereka. Sektor industri dan pertanian harus bersinergi dalam hal memitigasi perubahan iklim. Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi ini merupakan salah satu solusi pemanfaatan sumber energi terbarukan yang bukan hanya menurunkan emisi karbon, tapi hasil dari pembakaran proses produksinya yang berupa abu sekam juga dapat menyejahterakan petani dan meningkatkan produktivitas kegiatan bertani mereka.”


Berikut ini proses operasional boiler biomass.


sekam dibawa ke gudang









Dampak Lingkungan Boiler Biomass
Danone tidak sendiri, bekerjasama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS), membangun dan mengoperasionalkan Boiler Biomassa berbahan baku sekam padi. Diperkirakan dalam operasionalnya, akan menggunakan 10.500 ton sekam padi per tahun dan mampu menghasilkan energi hingga 6 ton uap (steam) per jam, sehingga menjadikannya Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi yang pertama di Jawa Tengah.


Boiler Biomassa ini dapat menurunkan emisi karbon sebesar 8.300 Ton CO2 atau setara dengan emisi karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon, sehingga dapat mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari proses produksinya. Tak tanggung-tanggung, jejak karbon dari kegiatan produksi di Pabrik Prambanan berkurang hingga 32% lewat operasional ini!

Memang, ini semua merupakan satu dari komitmen Danone memitigasi perubahan iklim dengan target penggunaan energi listrik dari energi terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050.

FYI, karbon netral adalah adalah keadaan ketika emisi karbon yang diproduksi manusia terserap kembali sehingga tak sempat menguap ke atmosfer. Istilah lain “nol bersih emisi” atau net-zero emission (sumber: forestdigest.com).

Ini juga upaya mendukung target Pemerintah meningkatkan bauran energi baru terbarukan
hingga 23% pada tahun 2025 dan mencapai karbon netral pada tahun 2060. Sejalan banget ya!

Dampak Sosial Ekonomi Boiler Biomass
Tak hanya dampak lingkungan, Boiler Biomassa berbahan bakar sekam pada ini juga menciptakan dampak sosial dan ekonomi lho! Sekam padi biasanya hanya menjadi "sampah" dalam proses pertanian. Tapi kehadiran Bioler Biomass membuat kehadiran sekam padi tak lagi sia-sia. Sekam padi berasal dari penggilingan beras masyarakat sekitar khususnya petani digunakan sebagai bahan bakar utama bioler biomass. Abu sekam yang dihasilkan dari kegiatan operasional pun dikembalikan ke para petani untuk dijadikan pupuk.


Abu sekam yang dihasilkan dari proses produksi Boiler Biomassa ini mengandung Silika yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian hingga 10 ton/Ha. Danone dan BECIS telah mendistribusikan abu sekam ini bagi kelompok tani dan mendampingi aplikasinya bersama pupuk ke lahan pertanian padi seluas 159 Ha.

See, disinilah sirkulaitas produk pertanian begitu berjalan.

Danone SN Indonesia berharap dengan dibangunnya Boiler Biomass ini, tujuan perusahaan sebagai penyedia produk bernutrisi, dan turut memitigasi perubahan iklim dengan penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050 serta sirkularitas produk pertanian  dapat tercapai, termaksimalkan dan konsisten berjalan.

Tentang Danone Specialized Nutrition Indonesia
Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia. PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia), PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) dan PT Nutricia Advanced Medical Nutrition berrada di bawah naungan Danone Specialized Nutrition Indonesia. 

Di Indonesia, Nutricia berdiri sejak tahun 1987 dan Sarihusada sejak tahun 1954. Keduanya berkomitmen untuk memastikan tingkat kehidupan yang lebih baik untuk generasi sekarang dan akan datang melalui pemenuhan nutrisi pada tahap awal kehidupan. Nutricia dan Sarihusada percaya bahwa pemenuhan nutrisi sehat selama 1.000 hari pertama sejak kandungan hingga tahun ke-2 akan berdampak seumur hidup.

12 komentar:

  1. MasyaAllah inovasi dan langkah nyata Danone untuk membantu mengurangi dampak perubahan iklim ya, emisi karbon bisa berkurang sampe 32%

    BalasHapus
  2. MasyaAllah. Senang banget kalau ada yang peduli dengan kesejahteraan petani. Sekaligus peduli juga dengan perubahan iklim

    BalasHapus
  3. Inovasi yg sangat bagus dan berguna banget untuk masa depan juga nih.. Tadinya sisa padi hanya menjadi sampah sekarang bisa diolah, bahkan bisa mengurangi emisi karbon ya..

    BalasHapus
  4. Selamat buat Danone yang baru saja meluncurkan energi terbarunya, sungguh inovasi yang luar biasa dalam pengelolan limbah

    BalasHapus
  5. Dengan adanya Bioler Biomasa bisa mengutangi emisi karbon, sebuah langkah untuk menjaga lingkungan. Bagus juga programnya Danone ini.

    BalasHapus
  6. Inovasi Danone selalu keren ya, dan tentunya mementingkan kepentingan bersama seperti dengan visi mereka One Planet One Health, perubahan iklim yang kita alami saat ini memang tanggung jawab kita bersama agar Bumi tidak semakin panas dan rusak :(

    BalasHapus
  7. setiap tahun danone selalu punya campaign yang menarik dan membanggakan untuk diapresiasi, apalagi tahun ini manfaatnya sangat terasa yah karena telah berhasil mengurangi jejak karbon sampai 32% semoga campaign terus berlanjut dan ada yang terbarukan terus

    BalasHapus
  8. Kontribusi yang baik sekali dari Danone Indonesia untuk bangsa.
    semoga langkah yang baik dengan membuat inovasi boiler biomass berbahan bakar sekam padi bisa menjadi salah satu sumber energi alternatif unggulan untuk tetap ramah lingkungan.

    BalasHapus
  9. Dulu temen kelas ada beberapa yg penelitian sekam dari bonggol jagung, sabut kelapa, kulit durian, meskipun prototype baru tahap awal penelitian, kalau diterusin mungkin bisa langsung diaplikasikan ya

    BalasHapus
  10. boiler biomass ini digunakan untuk masyarakat umum atau untuk penggunaan perusahaan, mbak? saya penasaran sama biogass ini soalnya di tempat saya tidak ada

    BalasHapus
  11. Nggak ada lagi sampah bekas penggilingan padi lagi kalau dikelola dengan baik seperti ini.

    BalasHapus
  12. Ini bahasannya cukup berat ya, tapi menarik sekali tulisan dari mbak Visya.. Aku jadi tahu kegunaan biomass berbahan bakar sekam padi, terutama untuk lingkungan

    BalasHapus