Cara Nia Ramadhani Mengambil Hikmah & Bangkit dari Ujian


 
Setiap orang tentu punya kisah hidupnya tersendiri. Kisah yang tidak hanya penuh kebahagiaan tapi juga ujian. Entah ujian karena kelalaian diri ataupun bukan. Yang jelas ujian tidak memandang usia, gender apalagi strata sosial. 


Nia Tersandung Kasus Narkoba & Menjalani Rehabilitasi 
Juli 2021 bisa jadi merupakan momen hidup tak terlupakan bagi seorang Nia Ramadhani. Saat itu, dirinya resmi menjalani rehabilitasi akibat kasus pemakaian narkoba. Saat itu juga, suaminya, Ardi Bakrie, ikut menyerahkan diri dan menjalani rehabilitasi. 
sumber: CNN


Selama delapan lamanya bulan keduanya menjalani proses rehabilitasi di  Balai Rehabilitasi Fan Campus, Cisarua, Kabupaten Bogor. Pasti bukan momen yang mudah dilalui tapi Nia bersyukur karena dirinya banyak belajar selama proses rehabilitasi tersebut, salah satunya lewat program rohani yang disediakan disana. Nia menjadi lebih dekat dengan Tuhannya, Allah. 


Nia Bangkit dengan Mendekatkan Diri secara Spiritual 
Selama menjalani rehabilitasi di Fan Campus Bogor, Nia Ramadhani sering mendengarkan tausiyah dan berkonsultasi dgn ustaz di sana. Dia memperkuat sisi rohaninya untuk lepas dari narkoba dan mencoba  mengenali dirinya sendiri.

Bersama Ardi Bakrie yang juga menjalani rehabilitasi, Nia mencoba memperbaiki komunikasi dengan Ardi. Selepas proses rehabilitasi, Nia pun semakin meningkatkan bonding time dengan anak-anak dan keluarganya. 

Nia juga lebih memperhatikan kesehatan fisiknya. Ia mulai menekuni olahraga marathon. Bahkan mengikuti berbagai kompetisi marathon mulai dari dalam hingga luar kota, mulai dari 1k hingga puluhan ribu. Ardi Bakrie yang melihat rutinitas baru Nia menjadi ikut terpacu. 

"Yang sulit itu melawan rasa malas ketika bangun subuh untuk lari." begitu kurang lebih tulis Nia. 

Ya, berolahraga memang bukan urusan fisik semata tapi juga mental untuk bangkit melawan hawa malas. 

Nia Bangkit dari Keterpurukan dengan Menulis
Pasca terjerat narkoba dan menjalani rehabilitasi, Nia pun menjadi sosok yang religius dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tak hanya itu, tak ingin hikmah kisah hidupnya berhenti di dirinya, Nia mulai memberanikan menulis. Yap, ngga ada yang menyangka seorang Nia Ramadhani ternyata punya kegemaran menulis juga. Ini Nia lakukan selama menjalani proses rehabilitasi.  

Masih ingat novel Cerita Ade yang tempo hari aku ceritakan? Novel karya perdana Nia Ramadhani tersebut bercerita kisah hidup Nia mulai dari kecil hingga kini, termasuk fase hidupnya saat tersandung kasus narkoba.

Dalam cuplikan bukunya yang ditulis Nia dengan judul “Cerita Ade”, Nia menceritakan salah satu sosok orang yang penting dalam hidupnya adalah Ivan sang supir pribadinya. 
Ia pun pernah menanyakan hal penting seperti tertulis dalam bukunya “kenapa si Van, dulu, gak ngajarin gue sholat?”


Di tanggal 28 November lalu, Nia Ramadhani mengadakan soft launching bukunya di tempat dimana ia pernah menjalani delapan bulan fase hidup yang berbeda. Ya, di FUN CAMPUS, Bogor

Kemudian di tanggal 11 Desember, Nia mengadakan meet and greet sekaligus grand launching novelnya di toko buku Kinokuniya Grand Indonesia, Jakarta. 

Ujian yang menghampiri adalah bentuk kasih sayangNya kepada kita. Tak semua orang mampu mengambil hikmah dari kejadian, hanya mereka yang berpikiran positif dan mau berubah yang mampu. Hikmah-hikmah tersebut menjadikan Nia Ramadhani semakin kuat dan tangguh. Semoga begitupun dengan kita ya!

By the way, siapa yang tempo hari sudah memesan novel Cerita Ade? Kalau yang belum, tunggu ulasan dariku ya. Akupun sedang menanti kedatangan bukunya, hehe. 

0 komentar: