Ads 468x60px

Minggu, 15 September 2013

Reaktor Siwabessy bersama Science Club Family

akhirnyaaa bisa melaihat Siwabessy secara langsung! :D


Intro: 
Juli 2013 
MIPA Research Team adalah program yang dicanangkan oleh divisi RnD Science Club. MRT berisi para peneliti dari mahasiswa MIPA. Salah satu kegiatannya adalah kunjungan ilmiah. Kita sudah melakukan kunjungan ke Ditjen EBTKE dan LIPI. Selanjutnya mau ke BATAN Pasar Jumat aja, yang dekat. Tapi begitu kudatangi, mereka menyuruh langsung ke Serpong saja. Daaan..itu artinya aku harus bikin surat sementara aku juga harus mengurusi keberangkatanku ke desa untuk science project.


 Awalnya booking tanggal 19 Juli untuk kesana tapi batal karena kurang persiapan (belum dapat bus juga) dan peserta MRT pada ga bisa. Waktu itu aku benar2 hectic. Bayangkan saat aku lagi science project di desa, saat aku lagi mengajar di kelas, pihak BATAN dengan setianya terus mengkontakku menanyakan tanggal pasti. Masya Allah, salut banget deh buat mereka! Hingga akhirnya diputuskan tanggal 19 Agustus. 
Ok, di awal-awal Lebaran boleh aja aku agak santai di rumah karena tepar abis science project. Tapi tidak berhenti sampai disitu, tanggal belasan Agustus, mulailah aku hectic dengan yang namanya MPAF. Hingga tanggal 15 Agustus, surat belum juga dikasih ke pihak universitas untuk peminjaman bus. Mana tanggal 16 Agustus agendaku padat banget di kampus B, mana buat ngasih surat itu harus ke kampus B. Tapi masya Allah, tangan-tangan perantara Allah pun datang membantuku. Alhamdulillah, bus sudah terbooking.. 

Senin, 19 Agustus 2013 
 Sudah kujarkom ke peserta MRT yang berjumlah 30 orang untuk kumpul di kampus A pukul 6.00. Singkat cerita berkumpullah kita semua pukul 7.30 dan langsung berangkat. Janji dengan pihak sana pukul 9.00 tiba, tapi astagfirullah.. Cobaan itu selalu ada. Saat melaju di tol, tiba-tiba bus berhenti. You know what? Ada ranting nyangkut di bagian bawah bus! Akibatnya? Sistem pendingin dalam bus terganggu. Akibat selanjutnya? AC nya mati. Akibat selanjut selanjutnya? Kita berperjalanan tanpa AC, kita kepanasan, akhirnya pintu bus pun dibuka. Cobaan..cobaan.. Untung saja pihak BATAN yang kuhubungi, memaklumi keterlambatan kami. 
Singkat cerita pukul 9.30 kami tiba. Disambut dengan sangat ramah. Dan..bangunan reaktor yang selama ini kuliah di paper nuklirku, akhirnya kulihat secara langsung! Allahuakbar! Sesi pertama adalah diskusi dan materi dari pihak BATAN. Mereka menjelaskan mekanisme kerja BATAN Pasar Jumat dan BATAN Serpong. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sekitar pukul 10.30, langsung turun lapangan deh kita. 
Ya Allah.. Jadi ingat Reaktor Kartini.. Ingat Nuclear Youth Summit.. Ingat Jogja dan kenangan-kenangannya.. Allahurabbi.. Ups, move on move on (?)
 Tapi serius di dalamnya persis sama Reaktor Kartini (ya iyalah, sama sama reaktor). Tapi disana itu penjelasannya lebih detail, trus ditunjukkin setiap ruangan di reaktor yang berbeda catnya dengan makna tersendiri. Setelah dari reaktor, kita diajak ke Pusat Pengolahan Limbah Radioaktif. Ternyata eh ternyata semua limbah dari RS se-Indonesia seperti sarung tangan, peralatan medis tak terpakai, dibuang disini. Bisa bayangin dong, seberapa banyak kerjaan mereka disini? Trus untuk mengolahnya itu menggunakan alat semacam mesin cuci dilanjutkan pengepres. Kaleng yang tadinya berdiri tegak, ditaruh di mesin press, bisa jadi selembar seng. 
Wah! Tak terasa, sudah pukul 14.00, setelah menunaikan shalat dzuhur berjamaah, dilanjutkan berfoto ria, kami pun pamit pulang. Perjalanan kali ini benar-benar membuat kami lelah tapi sangat menyenangkan, termasuk aku. Senangnya bisa jalan-jalan bareng Science Club Family, walaupun sempat ada kendala di perjalanan.. Senangnya bisa menuntut ilmu bareng-bareng. 

Ok, Kartini, udah.. Siwabessy, udah.. Berarti yang belum reaktor di Bandung ya? Ok akan bersama siapakah aku pergi kesana? *jengjengjeng* Akhir kata, hiduplah MIPA Researchers! Semangat Meneliti! Semangat Berprestasi-Menginspirasi! \^.^/
photo session in nuclear safety cloak :D

pemberian plakat dari Science Club diwakili oleh sang chief kepada pihak BATAN

2 comments:

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!