Rumus Masakan (1)

source: google.com


Bismillahirrahmanirrahim..
Pernahkah kalian mendengar kutipan kalimat di atas? Aku pernah. Ya. Waktu itu saat mengikuti Woemnpreneur Summit 2013, tepatnya saat sesi presentasi kelompok. Ada salah seorang peserta laki-laki (yah walau namanya Womenpreneur namun tetap ada peserta laki-lakinya) dari Universitas di Jawa Tengah mengatakan kalimat itu. Itulah yang sekiranya sedikit-banyak menggambarkan kondisi wanita di zaman dahulu, bahkan di zaman kini. Hmm aku sendiri tidak akan membahas kalimat itu secara substantif, aku hanya akan membahas tentang dapur. Ya, dapur.

Sejak SMP aku mengikuti ekstrakurikuler Tata Boga. Setiap minggu selalu praktik memasak lalu dijual. Di SMA kupraktikkan ini semua secara sendiri dengan berjualan kue. Hasilnya lumayan lah. Maka kuputuskan untuk melanjutkan hobiku ini dengan memasak dan bercerita. Ini adalah edisi perdana kolom ‘Rumus Masakan’. Semoga bermanfaat.
Jengjeng.. Coba tebak apa nama makanan di atas?
Bola Telur Elips Hijau (nanya sendiri, jawab sendiri).
Ya, aku gemar menamai masakanku dengan nama-nama berkaitan dengan Matematika, Fisika, Kimia maupun Biologi. Bola Telur Elips Hijau dibuat dengan bahan yang mudah didapat dan dalam waktu singkat. Mau tau cara buatnya? Yuk simak!
Bahan   :
Bawang merah 3 butir                    Cabai hijau 2 buah
Bawang putih 2 butir                      Garam secukupnya
Sawi hijau 1 genggam                     Telur puyuh matang 6 butir
Cara Meracik Rumus       :
Kupas dan iris bawang merah, bawang putih dan cabai hijau.
Cuci sawi hingga bersih lalu iris-iris.
Kupas telur puyuh lalu cuci hingga bersih.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai.
Tambahkan sawi. Aduk hingga layu.
Tambahkan sedikt garam. Aduk kembali.
Masukkan telur puyuh. Aduk perlahan agar telur tidak hancur.
Diamkan 3 menit. Angkat dan sajikan.
Oh ya, masakan ini dibuat hanya untuk 1 porsi (maklum waktu itu coba-coba aja), jadi kalau kalian mau bikin dalam jumlah banyak, sebaiknya bawang merahnya ditambah menjadi sekitar 5 butir dan bawang putih 3 butir. Trus cabe hijau bisa diganti maupun ditambah dengan cabe merah, sesuai selera. Maaf ya ini takarannya pakai penaksiran gitu. Hmm walaupun coba-coba tapi enak lho! *bukan narsis* Alhamdulillah...


















0 komentar: