Ads 468x60px

Senin, 30 September 2013

Selamat Datang di Semester 5, (calon) Bu Guru!


Assalammu'alaikum, readers! Siapa disini yang masih berstatus 'mahasiswa'? Ok lebih spesifik lagi, siapa disini yang berstatus 'mahasiswi pendidikan Matematika kelas SBI 2011 yang sangat menyukai warna biru'? Yeah, that's me, maybe..
Menjadi mahasiswi pendidikan ini super seru lho~ karena kita belajar matkul-matkul yang unik-unik plus ada praktik mengajar di kelas! Pura-pura jadi anak SD, pernah. Pura-pura jadi anak SMP, juga pernah. Ngajar sendirian di depan kelas trus dikomentarin, wuih berkali-kali. Seru banget lah pokoknya!
Laboratorium kita bukan berisi zat-zat atau medium-medium.. Laboratorium seorang pendidik, berbeda dengan seorang ilmuwan.. Ya, karena kami mendidik manusia..
Ok kali ini aku akan berbagi mata kuliah yang kuambil di semester ini. Mau tau? Atau mau tau banget banget?

1. PPEP
Asli ya, pas dengar ini tuh suka lupa kepanjangannya apa. Sejauh ini kita udah belajar tentang RPP, silabus 2013, kurikulum 2013 dan lain-lain. Oia ada cerita seru nih di kuliah perdana PPEP. Jadi waktu itu belum ada PJ kuliah kan, trus ibunya ngasih kuliah trus aku berkali-kali menyahuti gitu (karena aku paling depan juga kali yah, jadi suaraku kedengaran..).
"Ini sudah ada ketua kelasnya belum?"
"Ketua kelasnya Sultan, Bu."
"Masa iya kamu? Kamu mah berisik."
Asli itu jleb banget~
Lanjut sang ibu dosen. "Udah kamu aja ya, mbak, jadi ketua kelas. Daritadi kamu paling aktif." ibunya nunjuk ke arahku!
Katanya lagi, "Ketua kelas itu harus yang bisa mengayomi dan memotivasi. Kalo kayak kamu, Sultan, mana bisa?"
Ok jleb kedua buat Cutan, yang bikin dia langsung diam seribu bahasa~
Ok jadi resmilah aku diangkat secara langsung oleh dosen menjadi PJ! Pertama kalinya!
Bdw, kasihan Cutan jadi 'korban' mulu.. Cutaaan, sabar yah! :')

2. Analisis Real II
Setelah bermain dengan Anril I di semester 3, saatnya bermain dengan sang kakak alias Anril II. Disini konsep Kalkulus bab 0 dipake banget nih. Penuh dengan epsilon, delta dan kawan-kawannya lah ya.. Oia kadang Anril ini suka diplesetin dengan unreal alias tidak nyata, karena ya gitulah~

3. Seminar Matematika
Nah! Jangan bayangkan ini model seminar yang ada pembicaranya trus tanya jawab. Nooo! Ingat banget di akhir semester 4 kemarin aku pengen banget ngambil matkul ini, mendengar cerita teman-teman dan kakak kelas yang udah ngambil ini. Disini kita semacam simulai skripsi, mulai dari bikin judul, menyusunnya sampai sidangnya! Ah, mau banget.. Bismillah..

4. Metodologi Penelitian
Ok ini temanan dekatlah sama si Semat, sebab ngga mungkin bikin karya tulis tanpa metodenya, ya kan? Nah di Metlit ini ada design research, pengembangan dan kuantitatif. Mau pilih yang mana ya? Kayaknya tau deh.. Ini juga jadi syarat buat ngambil SPS alias Seminar Pra Skripsi yang berlanjut dengan skripsi.. Secepatnya.. Insya Allah..

5. Metode Numerik
Ok kalo tadi metode penelitian, yang ini metnum. Numerik, berhubungan dengan angka dong pastinya (ya iyalah, Matematika gitu lho!). Tapiii ini beda, why? Sebab kita belajarnya di lab komputer karena menggunakan software gitu. Kita mengolah angka pakai software. Bab awal sih masih belajar tentang angka penting dan penaksiran gitu, abis itu disuruh nyari akar pake metode berbagai macam. Entahlah gimana lagi setelahnya~

6. Persamaan Diferensial Lanjut
Kalo di semester 4 dapat Persamaan Diferensial Elementer alias dasar, ini nih lanjutannya. Bab awal sih masih belajar tentang Laplace Transformation, seru banget!

7. Pembelajaran Matematika SMA (PM SMA)
Disini kita diajarkan materi tentang Math SMA. Cieee, nostalgi(l)a masa SMA yang penuh cerita *eheem* :p Sejauh ini kita sudah belajar tentang how to make problem solving and analyse the student response.

Sejauh ini yang kusimpulkan adalah matkul semester 5 ga jauh-jauh dari metode metode dan bikin soal-bikin conjecture-ujicoba di kelas SMP/SMA-analisis jawaban siswa. Wah, seru banget lah! Seru banget lho!
Bdw tidak terasa sudah semester 5. Heemm..
Ok sekian share dariku. Semoga semester ini dapat kulalui dengan lebih baik, baik dari sisi akademik, sosial maupun religinya. Aamiin. Semangat berprestasi-menginsp­irasi!
\^.^/

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!