Ads 468x60px

Minggu, 15 September 2013

Sepekan Penuh Kenangan dalam MUN 2013

source: mipauntuknegeri.org

Assalammu'alaikum, readers! Apa kabar semua? Kangen sama cerita2ku ga? *selalu saja, Sya..* Ok kali ini aku akan menceritakan pengalamanku di luar, seminggu yang lalu, sebelum aku kembali berkutat dengan amanah2 di kampus.. Here i go! Have a nice reading ^__^ 

 Intro
Sekedar 'iseng' kirim 2 gagasan ke sebuah konferensi mahasiswa. Yang satu kelompok, yang satu individu. Kirim, lupakan. Mendadak diberitahu teman abstrak individuku lolos. Itu artinya aku harus mengembangkan abstrak itu jadi KTI. Kalo pas NYS, formatnya sih paper, lebih bebas, tapi tantangannya dikasih waktu seminggu doang buat menyelesaikannya dan dalam bahasa Inggris. Nah, MUN? Emang sih dikasih waktu 20 hari dan pake bahasa Indonesia, tapi tantangannya formatnya persis skripsi, pake dosen pembimbing, pake bikin video. Mana aku individu, nah makin mirip skripsweet kan? Mana waktu itu lagi liburan Lebaran dan abis lebaran aku sibuk2nya ngurusin MPA. Nah lho! 
Dan..jadilah..di saat lagi sibuk2nya ngurusin MPA, jadi pendamping, mentor dan pembicara, aku harus menyelesaikan tulisanku plus ngejar2 dosen pembimbing. Itu tuh rasanya..heemm.. Ingat sekali, waktu itu disuruh bikin video. Berhubung kameraku ga bisa buat video, aku minta bantuan 2 org teman. Yang satu sebagai videographer, yang satu sebagai produser. Bisa bayangin ga, aku terpaksa shooting di tengah waktu luang MPA di kampus? So pasti itu dilihatin panitia lain, dan aku harus buang rasa maluku jauh2.. Masya Allah! Dan waktu itu H-2 deadline pengiriman tapi aku belum dapat tanda tangan dosen pembimbing. H-1 ketemu dosen, you know what? Disuruh revisi sampe jam 12 siang! Alhamdulillah ada satu orang yg membantuku bolak balik warnet ngeprint dan ngurusin tandatangan hingga akhirnya KTI ku pun selesai dan siap kiri. Alhamdulillah.. Tinggal bersiap presentasi menuju hari H..

Senin, 2 September 
Grand Opening MIPA Untuk Negeri 2013. Kami para mahasiswa dari seluruh Indonesia berkumpul. Ada dari Surabaya, Jogja, bahkan Jambi! Kami disajikan berbagai performance yang menyentuh sanubari, tentang Indonesia. Indonesia Sepanjang Masa! Lalu malam harinya kami menikmati gala dinner dan suasana malam di tepi danau Balairung Universitas Indonesia.. 

Selasa, 3 September 
Hari ini jadwalnya talkshow. Nah hari ini tantangan banget. Bayangkan ba'da subuh aku harus ke Rawamangun dulu buat ngurus matkul. Karena aku yang jadi PJnya dan dosennya itu udah percaya banget sama aku, jadi aku ga enak gitu, akhirnya aku ke kampus dulu. Aku jelasin blablabla, lalu aku langsung ke Depok lagi. Masya Allah, begitu lelahnya hari itu, naik turun kendaraan~
Tapi terbayar dengan keseruan talkshow. Sesi I tentang 'Sains Sebagai Landasan Bangsa' disampaikan oleh pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kemenristek. Di sesi ke II ada Ibu Evvy Kartini. Aku baru ingat, beliau pernah ngisi di NYS tapi waktu itu aku ga terlalu fokus karena beliau ngisinya pas kita semua abis dinner dan waktu itu aku lagi mendengarkan percakapan antara pembicara dari IAEA dengan peserta NYS di lobby hotel. Wah luar biasa sekali beliau, ilmuwan wanita! Cita2ku dulu..heemm.. Baiklah..

Rabu, 4-6 September
 Tiga hari adalah jadwalnya Konferensi Ilmuwan Muda Indonesia. Tiap pagi kami diberi kuliah umum yang temanya seputar energi. Hari Rabu materi tentang nuklir dari BATAN. O-M-G.. Bulan Mei ke reaktor Kartini, bulan Agustus ke reaktor Siwabessy dan..awal September dapat kuliah umum nuklir? Masya Allah..kenapa sejak hari itu hidupku ga jauh2 dari NUKLIR? Apakah itu artinya.....#eaa apa sih, Sya? Ok fokus.. Hari Kamis dapat materi pendidikan konservasi energi dari dosen FK UI dan hari Jumat dapat materi konservasi lingkungan dari dosen Biologi UI. Setelah kuliah umum, di tiga hari itu ada presentasi paper. Di grand opening udah dikasih tau jadwal presentasinya dan aku dapat Jumat sore. Yak, lagi lagi..sama seperti NYS! Bismillahirrahmanirrahim.. 
Oia di MUN ini ada 3 subtema; konservasi energi, konservasi lingkungan dan pendidikan konservasi. Konservasi energi di lt.6 perpus UI, konservasi lingkungan di lt.5 perpus UI dan pendidikan konservasi di MIPA UI. Kenapa jadi 'terbelakang' gini sih? Well, no problem.. Ok singkat cerita hari Jumat pun tiba.. Sebenarnya agak sedih sih, ga ada yang bantuin nyiapin slide presentasi seperti waktu NYS, abis materi, minta temenin teman buat ngerjain slide di teras ballroom, sampe2 dikunciin teman sekamar, coba! Tapi sekarang..aku benar-benar sendiri malam itu...udah mana di satu sisi aku dapat kabar tidak mengenakkan..makin menjadi jadi aja deh.. Tapi bismillah, kumantapkan niatku kesini untuk saling menginspirasi! 
Oh ya untuk presentasi ini, aku sudah menyiapkan berbagai media yang kudapat dari Ditjen EBTKE. Nah media2 ini juga penuh perjuangan kudapatkan. Bayangkan masih di saat hectic2nya ngurusin MPA, ngurusin surat peminjaman bus ke BATAN Serpong, ngurusin KTI buat MUN dan ngurusin surat pengajuan peralatan ke EBTKE! Terus pihak EBTKE minta ambil alatnya Senin sementara Senin aku udah di UI! Alhamdulillah Allah hadirkan 1 tangan penolong lagi yang bersedia megambilkan alat2 itu.. Masya Allah..
Ok back to story, tibalah Jumat sore saat presentasi. Saat itu massanya udh sedikit banget, ga sampe dua puluhan tapi entah kenapa aku jauh lebih grogi dibandingkan saat NYS berhadapan dengan ratusan orang.. Benar2 grogi deh aku.. Tapi alhamdulillah dapat respon positif dari juri.. Dan selesailah sesi presentasi MUN 2013.. Sebenarnya beberapa peserta sempat menanyakan, ini kok 3 hari jurinya beda2 yah? Memang sih udah dikasih tau indikatornya, tapi namanya orang kan beda2? Sebab kuliaht di hari ketiga itu ada presentasi yang bagus banget? Well, lupakan.. Bersyukur sajalah.. 

Sabtu, 7 September
 Pagi harinya ada acara jalan-jalan tapi rupanya kondisi fisikku sudah benar-benar drop. Terpaksa istirahat sajalah untuk nanti malam closing MUN. Nah di rundown kan acaranya jam 16.30 di FIB UI, kuputuskan untuk berangkat kesana duluan. Eh ga taunya diundur jadi jam 19.00. O-M-G, jadilah aku sendirian di FIB UI meskipun beberapa panitia itu temanku tapi mereka sibuk nyiapin acara, tidak bisa menemaniku. Akhirnya reunian sama anak2 Soulamtematika deh. Wah.. Hingga akhirnya pukul 19.00.. 
Tahu tidak? Disini lagi-lagi aku bergerak (duh ga bisa diam banget sih, Sya!). Aku jalan2 ke tempat duduk rombongan Universitas Brawijaya, aku presentasi tentang hemat energi di depan mereka lalu bagi2 stiker. Lanjut ke rombongan Unsoed, presentasi lalu bagi2 stiker. Lanjut ke rombongan UNY, presentasi lalu bagi2 stiker. You know what? Sampe2 aku dilihatin seisi auditorium FIB pas lagi presentasi di depan setiap rombongan universitas itu! Malu sih..tapi cuek ajalah..aku kan hanya ingin berbagi dan menginspirasi.. Ok selesai 'touring', duduk lagi.. Eh belum mulai, udah isya, shalat dulu lah.. Pas balik, ternyata udah mulai.. Dibuka dengan sambutan2 dan penganugerahan ilmuwan muda terkontributif, ilmuwan bio terkontributif, ilmuwan fisika terkontributif, ilmuwan math terkontributif, ilmuwan kimia terkontributi, ilmuwan geo terkontributif dan ilmuwan dengan penghargaan seumur hidup. Masya Allah, luar biasa lah mereka semua! Smoga aku bisa mengikuti jejak mereka, tentu saja bukan ilmuwan, melainkan pendidik. Aamiin. 
Nah, di sesi pengumuman, sebenarnya aku sih nothing to lose aja, toh aku hanya ingin berbagi inspirasi di acara ini. Oia juara untuk tema pendidikan konservasi dari Unsoed, UB dan UNY. Wah barakallah! Acara pun ditutup dengan sesi foto bareng. Pukul 23.00 para peserta pun kembali ke asrama. 

Minggu, 8 September
Pagi hari jam 4, satu persatu peserta meninggalkan asrama.. Benar2 makin sepi.. Kita yang 6 hari ini selalu bareng2, tiba2 harus berpisah.. Terimakasih untuk sepekan kenangannya, teman2.. Ya Allah, semoga Kau jaga ukhuwah kami.. Aamiin.. 
Daaan..pagi itu juga aku pulang.. Ya Allah kangen banget banget, kangen ibu, ayahku, saudariku, rumahku! Rasanya ga mau pergi lagi *meskipun harus* 

Closing
 Ingat banget MUN 2012..saat itu aku sama sekali ga apply abstrak buat jadi peserta tapi aku datang di satu hari presentasi..melihat para peseta presentasi, ada kekaguman tersendiri dalam benakku..bahkan pas closing MUN 2012 aku pun turut hadir! Dan tahun ini? Aku sendiri menjadi peserta.. Ya Allah, takdirmu memang tak pernah terduga... Special thanks to perantara2 Allah yang sudah membantuku bikin video, menyelesaikan revisi KTI, ngambilin peralatan ke EBTKE dan semua orang yang sudah mendukungku...khususnya orangtuaku yang sudah rela melepasku selama seminggu.. Setelah berjuang di luar, saatnya berjuang di dalam.. Bismillahirrahmanirrahim.. 
Semangat Berprestasi-Menginspirasi!  \^_^/
public lecture ^^

Konferensi Ilmuwan Muda subtema Pendidikan Konservasi @Aula BSM FMIPA UI

2 comments:

  1. Wah ternyata single Fighter.
    Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah.. Semoga masih ada kesempatan lain untuk single fighter maupun souble fighter..

      Hapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!