Ads 468x60px

Minggu, 20 Oktober 2013

ASEAN Conference 2013

Photo
Preparation for Gala Dinner
Intro:
Berawal dari lomba menulis paper internasional yang bertemakan "The Role of Educators and Students to Build Integrity". Wah jarang banget selama ini aku ikut lomba menulis bertema pendidikan. So i decided to join it.

Waktu itu deadline-nya masih agak lama. Tapi entah kenapa belum kepikiran mau nulis apa. Akhirnya konsul ke dosen, dapat pencerahan, mulai nulis draft deh.
Eits, tapi baru sekedar draft, belum ditindaklanjuti lagi karena harus menyelesaikan amanah-amanah lainnya. Nah, baru deh H-3 rempong sendiri. Saatnya bertapa. Yap, aku bertapa di suatu tempat selama 1-2 jam selama dua hari berturut-turut di salah satu tempat favouriteku. Sebenarnya agak ngga enak sih, tapi cuek aja. Alhamdulillah paperku selesai, 11 halaman full in English! Masya Allah!
Jengjeng.. Saatnya menunggu pengumuman. Oia ini lombanya tingkat internasional lho! Nggak hanya lomba nulis tapi juga ada konferensi pendidikan tingkat ASEAN. Wuih wuih, gimana ngga mupeng cobaaa? Beberapa hari kemudian pengumuman pun keluar, yang dipilih juara 1-3, aku ngga masuk. Ngga apa-apalah, maklum baru eksperimen pertama (?) lalu panitia menyeleksi lagi yang berhak ikut international conference. And you know what? I got it! Alhamdulillahirrabbi­lalaamiin..
Di form registrasi ulang, ditanyakan apakah aku mau ikut tampil di cultural performance? Hmm dengan berat hati kucentang no karena kondisinya akan benar-benar perjuangan yang tidak memungkinkanku untuk terus standby di conference.
FYI, this conferece attended in Borobudur Hotel, Jakarta. Sebelumnya aku sudah melaksanakan survey ke hotel ini bersama ayahku. Jadi ngga bakal nyasar, insya Allah.

Rabu, 2 April 2013
Duh sebenarnya agak galau nih ikutan konferensinya atau ngga. Masalahnya aku ngga mau bolos, ngga mau ketinggalan kuliah. Konferensinya mulainya hari Rabu pagi, selesai Kamis malam. Mana hari Rabu jadwal kuliahku full dari jam 10.00 - 17.00. Akhirnya aku menyusun strategi yang kemudian kueksekusi. Paginya jam 7-9.30 aku ke Borobudur. Disitu ada sesi materi. Pas kulihat, lah kok banyak yang udah berumur gitu yak? Aku baru ingat kalo forum itu diperuntukkan buat para dosen juga. Oh ya aku kenalan dengan salah satu dosen Universitas Mercubuana namanya Bu Siti, dosen Komunikasi. Wah welcome banget beliau.
Lanjut jam 9.30-15.00 aku kuliah. Nah pengen izin di kelas terakhir tapi ragu-ragu gitu tapi akhirnya bilang sih. Dan alhamdulillah banget dosennya support banget. Malah pake bilang.
"Kamu kenapa pake ke kampus segala? Bukannya disana aja?"
Aku yakin itu bukan sindiran kok, tapi dukungan, hahaha. Ok segera kumeluncur ke tempat acara.
Saat itu berlangsung kembali diskusi. Materi saat itu adalah tentang betapa pentingnya religi dalam membangun integritas. Ada seorang bapak yang kritis banget, mempertanyakan hubungan keduanya. Wuih panas banget lah pokoknya diskusi kala itu! Dan menurut info yang kudapat dari Bu Siti bapak itu memang kerap kritis di setiap diskusi dan dari pemikirannya dapat terhipotesis bahwa beliau (maaf) atheis. Naudzubullahi min dzalik!
Ok karena besok masih ada kuliah, kuputuskan untuk mengikutinya sampai jam 17.00 saja. Setelah itu go home. Bismillah..

Kamis, 3 April 2013
Hari ini ke kampus dulu paginya, kuliah. Nah baru deh siangnya ke Borobudur. Hari ini juga closing ASEAN Conference. Oke semua berjalan sesuai rencana, sudah sejak pukul 13.00 aku ada disini. Udah niat juga mau bermalam di kamar hotel malam itu karena mau ikut closing sampai selesai.
Siang itu ada materi tentang integritas dari berbagai bidang; agama, pendidikan, dll. Oh ya ada salah satu peserta (sesuai kakek kakek gitu) mengkritisi tentang integritas di bidang agama.
"Orang itu sudah pernah tanya sebelumnya dan pertanyaannya selalu menjurus ke arah agama? 'untuk apa ada integritas di agama? Apa pentingnya?'" kata Bu Aisyah.
"Maksudnya, Bu? Hmm, atheis?"
"Ngga tahu sih, tapi gejalanya seperti itu."
Ihh ngeri banget. Ok skip. Setelah materi, ada coffe break dan peserta conference kembali ke kamar masing-masing untuk persiapan closing nanti malam. Saat berjalan menuju lift, aku bertemu Kak Juni. Oalah, ternyata kakaknya peserta juga tapi ikut tampil di closing. Hiks jadi sedih ngga bisa ikut tampil bareng delegasi dari negara ASEAN lainnya :')
Aku pun kembali ke kamar, bersih-bersih, sholat magrib dan kembali lagi ke aula. Sebenarnya aku mau nyari teman mahasiswa tapi entah kenapa sulit membedakan mana mahasiswa, mana dosen? Yap, konferensi ini menghadirkan peserta dari kalangan mahasiswa, juga dosen.
Yap saat yang kunantikan tiba, cultural performance dari delegasi mahasiswa. Mereka menampilkan sebuah drama kecil dan menyanyi bersama. Wah lagu Heal The World. Berasa menyatu banget deh, hehe. Akhir kata, ASEAN Conference pun ditutup. Masya Allah senangnya bertemu dengan mereka meski ngga lama. Ini benar benar perjuangan banget ikut konferensi ini karena harus bolak balik kampus-hotel-kampus tapi insya Allah ngga menyesal kok :')
Photo
The Delegates of Educator
Photo
Student Delegates from ASEAN countries, i am not here since  i was the photographer :p

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!