XL Future Leaders batch 2; My Unpredictable Experience!

My Nametag

Intro:
Sekitar bulan Juli 2013, kulihat salah seorang teman mem-posting info tentang open recruitmen XL Future Leaders. Tanpa pikir panjang kubuka link nya dan kuikuti alur pendaftarannya. Ternyata agak ribet mesti bikin esai jadi aku pending dulu, bikin esai, lalu refresh lagi link nya deh. Ada kolom biodata, daftar organisasi, daftar prestasi, esai, motivasi, dll. Alhamdulillah selesai. Tapi saat mengisi itu aku benar2 nggak menargetkan harus lolos, cuma iseng2. Registrasi. Lupakan.
Beberapa bulan kemudian sekitar akhir Agustus, ada email masuk yang memberitahukan aku lolos ke tahap selanjutnya. Eh emang aku daftar apa? Pikirku dengan polos (apa pikun? XD). Disitu dikatakan bahwa aku harus mengikuti seleksi tahap 2 dan tahap 3 di Grha XL tanggal 22 September. Okelah, pikirku, kayaknya ngga ada agenda. Dan cerita pun dimulai...



Oia XL Future Leaders adalah pemilihan delegasi mahasiswa se-Indonesia untuk diberikan beasiswa pelatihanan kepemimpinan selama 2 tahun dari XL.
Eits, tapi ternyata kayaknya hanya sekedar kayaknya. Tanggal 22 September ada agenda dadakan yang tidak bisa kutinggal. Sempat galau tuh, masa mau dilepas? Alhamdulillah ternyata bisa ganti tanggal jadi tanggal 29. Sebenarnya tanggal 29 juga ada agenda tapi bismillah kupilih untuk XLFL.
Oia seleksi tahap ini adalah tes kemampuan bahasa Inggris dan tes kepemimpinan. Aku sih cuma baca-baca buku TOEFL buat persiapan, hehe.

Sabtu, 28 September 2013
Hari H. Seleksi dimulai pukul 7.30. Karena posisi Grha di Kuningan, Jaksel, yang tidak dilalui kendaraan umum, ayahku pun mengantarkanku kesana. Oalala, emang suasana Jakarta di hari Sabtu pagi yang sangat lelang dan jaraknya yang dekat dari rumahku, jadi jam 6.15 aku sudah tiba disana. Cuma 15 menit. Nah lho. Akhirnya keliling komplek Kuningan sama ayahku. Masih jam 6.45, trus kuajak ayahku ke coffe shop, biasa aku sarapan roti dan susu
Balik lagi ke Grha jam 7.30 ternyata udah ngantri di meja registrasi. And you know what? Aku lupa bawa bukti nilai IP alias KHS.
"Emang disuruh bawa KHS ya?" tanyaku ke pengantri di sebelahku.
"Iya. Kamu bawa ga?"
"Yah aku lupa bawa, gimana dong?"
"Softcopy aja, kayak teman saya nih."
Alhamdulillah aku punya softcopynya. Setelah dapat nametag, akupun masuk ke ruangan. Di sana meja dan kuris disusun berpasangan. Maksudku mau duduk di tempat yang kosong, eh malah disuruh duduk di samping seorang mahasiswa. Oalah. Belum dimulai, malah diajak ngobrol aku dan aku cuma menanggapi singkat (maaf ya ^^).
Singkat cerita tes pun dimulai dengan tes bahasa Inggris selama 45 menit, 100 soal. Dilanjutkan soal tes kepemimpinan.
You know what? Soal tes kepemimpinannya berbau bisnis banget.
Misal; Kamu adalah seorang general manager PT XL Axiata. Berikut dipaparkan hasil penjualan..
Huaaa.. Demi apapun aku baru pertama kali ngerjain soal begituan. Alhamdulillah selesai juga 30 menit kemudian.
"Nanti kami akan tempel nama peserta yang lolos tahap selanjutnya. Sekarang kami persilakan anda untuk beristirahat. Lunch dapat diambil di kantin."
Ok saatnya istirahat. Aku sih benar2 nothing to lose. Tapi entah kenapa aku pede banget tadi ngerjain soal-soal bahasa Inggrisnya, semangat banget lah ngerjainnya, meski harus roaming di tes kepemimpinan, haha.
Satu jam kemudian, pengumuman pun keluar. Aku bersama 2 orang teman baruku melihatnya.
"Ngga ada namaku." kataku masih tetap tersenyum.
Eh tapi mendadak kulihat lagi ada namaku di kelompok 3! Alhamdulillah.
That's my name, alhamdulillah!

Tapi itu artinya aku harus bersiap ke tahap selanjutnya; presentasi oh presentasi. Dan tahukah kalian apa yang harus kupresentasikan?
'How To Develop Your Company?'
Intinya kita diposisikan sebagai general manager yang harus punya strategi untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan tersebut. Nah lho!
Ada jeda sekitar 1 jam sebelum presentasi. Aku mulai mencari teman-teman yang namanya sekelompok sama aku. Nemu 3 orang. Sambil nunggu, eh malah ngobrol sama teman-teman baru, hehehe.
Akhirnya yang ditunggu datang juga. Kelompokku masuk ke ruangan, lalu mulai mempresentasikan gagasannya. Selaku anak pendidikan, aku pun menekankan pada pendidikan dan pelatihan secara internal dan eksternal sementara 7 orang teman sekelompokku lainnya yang emang rata-rata anak Management or Bussiness menawarkan berbagai strategi pemasaran. Oh my god..
Setelah itu kita harus diskusi kelompok untuk mendapat kesimpulan. Seru diskusinya!
Singkat cerita presentasi pun selesai. Saatnya pulang karena pengumuman akan dismskan malam itu juga.
Daaann.. Guess what? Aku berhenti di tahap terakhir alias ga masuk 12 besar se Jabodetabek. Alhamdulillah.

Epilog:
Bener-bener ngga nyangka deh. Ingat banget waktu itu tahun 2012 lihat pengumuman XL Future Leaders batch I. Pengen ikut tapi telat banget. Akhirnya cuma berangan-angan. Eh ternyata Allah kabulkan mimpi itu. Yah meski hanya sampai tahap 3 udah bersyukur banget masuk 48 besar di antara ratusan orang lainnya. Senangnya bertemu dengan teman-teman baru dan dapat berdiskusi bersama.
Masya Allah.. Rencana Allah memang sangat indah :') *setelah ini apa lagi?*

2 komentar:

  1. Mbak, keren ceritanya... jadi nambah semangat nih :)
    Maaf nggak bisa login..


    Azhar Ritonga

    BalasHapus