Ide Kegiatan Stimulasi Anak dengan Titik & Lingkaran

 

Sebagai seorang ibu yang suka berkegiatan stimulasi dengan anak, aku sering menjelajahi beragam akun maupun artikel tentang kegiatan stimulasi anak. Hingga akhirnya aku tertarik mengambil tema 'titik' dan 'lingkaran'. Nah berikut beberapa ide Kegiatan stimulasi anak bertema tersebut. 


Oh ya ini cocok untuk usia 2 tahun ke atas ya.


1. Colorful Dot

Sediakan print out berisi lingkaran berukuran diameter 2cm dengan ragam warna. Perkenalkan ragam warna tersebut pada anak. Setelah beberapa waktu, minta anak menunjuk lingkaran dengan warna yang Moms sebutkan.

Setelah beberapa waktu, minta anak menyebutkan warna lingkaran yang ditunjuk.


2. Connecting The Dot

Sediakan kertas berisi kumpulan titik yang membentuk gambar tertentu. Sebagai permulaan Moms bisa memulai dengan gambar bangun datar seperti lingkaran, persegi dan lain sebagainya. Sediakan pula cat air.


Contohkan cara bermain yaiu dengan menyatukan titik-titik menggunakan kuas bercat air ataupun tangan yang dicelupkan ke dalam cat. Tawarkan pada anak untuk  mencobanya. Jika belum mau, jangan dipaksa ya.


3. Matching The Dots

Sediakan stik yang sudah ditempel lingkaran berwarna-warni. Sediakan kertas bergambar stik-stik tersebut. Contohkan pada anak cara bermain, mencocokkan stik dengan gambar di kertas. Tawarkan pada anak untuk  mencobanya. Jika belum mau, jangan dipaksa ya.


Demikian tiga permainan simple dengan tema titik dan lingkaran. Semoga bermanfaat ya Moms!

0 komentar: