#RumahAdalah Wadah Personalisasi dan Multifungsi, AvatarOn Schneider Electric Bantu Melengkapi

 

Home is where your heart stays at the most. 

Home is your family.

Ngomongin keluarga, ngga jauh-jauh dari kata rumah. Sebagian orang mendefinisikan rumah secara umum sebagai objek, sebuah tempat. Sebagian lagi mendefinisikan rumah berupa subjek, orang terdekat. Tak peduli seberapa ukurannya, dimana letak geografisnya, rumah adalah tempat pulang dan semua cerita terkumpul. Bahkan setiap orang punya definisi rujah yang berneda-beda. Bagaimana denganku, apa definiai #RumahAdalah versiku?

#RumahAdalah Wadah Personalisasi dan Multifungsi
Tujuh bulan sejak pandemi berlangsung, seolah kita diingatkanNya kembali untuk kembali ke rumah, sebuah bangunan berisi sekumpulan orang yang disebut keluarga. Tujuh bulan sejak pandemi, sebagian besar aktivitas seperti aktivitas rutin, belajar dan bekerja dilakukan dari rumah. Ragam kreativitas pun terlahir dari dalam rumah, mulai dari ide konten sosial media hingga ide bisnis. Tak hanya karena pandemi, teknologi digital yang semakin berkembang pun juga membuat setiap orang sangat mungkin bekerja dari rumah. Oleh karenanya rumah harus jadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh penghuninya.#RumahAdalah

Aku dan suami merasakan betapa tujuh bulan terakhir jalinan menjadi semakin erat, meski tentu dibarengi juga dengan  sedikit gesekan yang masih bisa kami komunikasikan, hingganya kami melahirkan komunitas bersama bernama Buku Berjalan Indonesia. Rumah bagi kami adalah tempat menjadi diri sendiri, mengeluarkan karakter dan kemampuan diri (personalisasi sebagai individu maupun personalisasi sebagai keluarga). Rumah bagi kami adalah sebuah tempat yang punya banyak fungsi dan manfaat secara eksplisit maupun implisit (multifungsi).

#RumahAdalah wadah personalisasi, dimana setiap penghuninya nyaman untuk menjadi diri sendiri dan mencapai mimpinya sebagai individu maupun keluarga. Personalisasi yang memungkinkan setiap penghuninya merasakan banyak rasa. Tak melulu soal kebahagiaan, tapi juga kesolidan, kebersamaan dan lain-lain. Sekalipun rasa yang cenderung rak mengenakkan tapi ada pembelajarn di baliknya. Anak belajar tentang kekalahan tapi bukan ditutup dengan kekecewaan melainkan semangat belajar lebih. Ibu belajar tentang rasa leah tapi bukan ditutup dengan keluhan melainkan kesyukuran.

#RumahAdalah sebuah tempat multifungsi. Di rumah kita tak hanya sekadar melakukan rutinitas dan aktivitas lainnya. Rumah bukan sekadar tempat berlindung dari sengatan matahari dan derasnya hujan. Rumah adalah tempat tempat ide-ide bertebaran sebelum dikeluarkan ke luar rumah. 

Sakelar AvatarOn Bantu Lengkapi Personalisasi dan Multifungsi Rumahmu
Sebagai orang yang punya gaya hidup minimalis, aku sangat memperhatikan fungsi dari setiap barang yang ada di rumah. Multifungsi dan personalisasi adalah dua kata kunciku setiap kali memilih furnitur, finishing hingga ornamen dekorasi rumah. Tak hanya soal gaya hidup, tapi juga alasan keterbatasan space. Multifungsi artinya barang-barang yang ada tak hanya berfokus pada satu fungsi saja. Misal, pisau yang bisa digunakan untuk mengupas bawang hingga memotong ayam.

Tapi perlu juga membatasi diri untuk tak langsung tergiur dengan barang multifungsi tanpa pertimbangan. Be mindful.

Sedangkan personalisasi merupakan perpaduan antara kejujuran terhadap diri sendiri, keunikan dan perhatian terhadap hal-hal detil. Personalisasi adalah memasukkan nilai-nilai personal/keluarga ke dalam objek. Personalisasi biasanya diterapkan dalam desain interior dengan tujuan menghidupkan rumah dengan nilai khas keluarga. Bagaimana caranya?

  • Memasukkan berbagai detail kecil yang memiliki makna khusus bagi kita dan keluarga seperti memaajang foto-foto, benda/barang yang memiliki cerita bersejarah
  • Penambahan aksen, pemilihan warna dan material yang dapat menghubungkan diri kita dengan alam

Salah satu barang yang sudah tentu ada mewarnai rumah adalah sakelar. Dimana lampu, di situ ada sakelar. Lampu bagaikan kehangatan keluarga dan sakelar adalah diri kita yang "memantiknya". Bicara soal sakelar, beberapa hari lalu, Schneider Electric baru saja meluncurkan produk terbarunya yaitu sakelar AvatarOn dengan desain personalisasi, sebuah sakelar yang tak hanya berfungsi mematikan dan menyalakan lampu, namun juga dilengkapi desain sesuai keinginan keluarga. Sebelumnya, Schneider juga telah meluncurkan sakelar AvatarOn namun dengan desain terbatas. Sakelar AvatarOn seri terbaru ini adalah sakelar dengan personalisasi cover sesuai desain dari customer.

Saklar
Sakelar Konvensional dan Sakelar AvatarOn
(sumber: dokumen pribadi)

Spesifikasi Sakelar AvatarOn 

Material:polycarbonate

Panjang: 86mm

Lebar: 86 mm

Tinggi: 34,2 - 40 mm tergantung jenisnya

Rated current : 16 AX at 250 V AC 50/60 Hz

Connections - terminals : Brass terminal

Local signalling : Off: LED indicator, LED (amber)

Pilihan Warna Dasar : White, Gold, Grey, Wood (desain lainnya dapat dikustomisasi/dipersonalisasi)
Saklar
Jenis Sakelar AvatarOn
(sumber: dokumen pribadi)


AvatarOn Schneider Electric
Contoh Pilihan Desain AvatarOn, Kamu Juga Bisa Personalisasi Desainmu
(sumber: dokumen pribadi)


Beberapa keunggulan AvatarOn Schneider antara lain:
  • AvatarOn hadir dengan kombinasi sempurna antara estetika, personalisasi dan multifungsi
  • AvatarOn meraih penghargaan iF Design Award 2017
  • Dilengkapi dengan teknologi "Slim Rocker, Sure Click", memiliki desain kontak yang tipis dan halus, meminimalisir resiko percikan api untuk memastikan penggunaan yang aman dan andal.
  • Soft LED locator-nya menyatu sempurna dengan permukaan sakelar yang lebar dan dilengkapi dengan fluorescent LED locators di bagian bawah dengan pencahayaan yang lembut dalam kondisi gelap.
  • Bagian kavernya bisa dengan mudah diganti sendiri dan dibersihkan
Saklar
Keunggulan Sakelar AvatarOn
(sumber: dokumen pribadi)

Mengapa disebut multifungsi?
Sakelar ini juga mencakup aksesori multifungsi seperti gantungan kunci dan soket pengisi daya USB untuk kenyamanan sehari-hari, cover sebagai pigura foto hingga sanggaan handphone ketika dicuarge. Secara tidak langsung ini menjawab kebutuhan rumah seluruh penghuninya.

Fungsi Saklar
Fungsi Sakelar AvatarOn
(sumber: dokumen pribadi)

Mengapa disebut personalisasi?
Desain muka sakelar AvatarOn dapat ditentukan oleh pengguna dan dapat pula diubah-ubah sesuai keinginan pengguna/pemilik rumah. Misal, bagi pasangan baru menikah, desainnya berupa foto pernikahan, ketika memiliki anak berganti menjadi foto anak atau replika kaki bayi dan momen bersejarah lainnya. Bisa juga memuat desain berisi visi misi ataupun motivasi hidup keluarga yang bisa membangkitkan energi dan semangat. Terlebih sakelar adalah benda yang nyaris setiap hari dilihat dan disentuh, secara otomatis para penghuninya akan melihat desain sakelar tersebut. Bentuknya yang ramping dan tanpa bingkai juga menjadikan sakelar AvatarOn pas menempel di dinding, dan memungkinkan personalisasi tampilan perangkat dengan mudah.

Bagaimana cara memesannya?
Para pemilik rumah dapat membeli sakelar AvatarOn di pusat elektronik maupun marketplace seperti Tokopedia. Untuk personalisasi desain penutup sakelar AvatarOn, kamu dapat membeli dan mencetak penutup sakelar AvatarOn di Snappy terdekat sebagai vendor percetakan resmi AvatarOn. Pencetakan dapat dilakukan secara offline dengan mengunjungi gerai Snapy terdekat ataupun online melalui website Snapy.
How to Personalize Your AvatarOn 
(sumber: Schneider Electric)

Snapy Tebet
Tampilan Pemesanan Online Desain Kaver AvatarOn
(sumber: dokumen pribadi)


Oh ya, selama masa kampanye #RumahAdalah, Schneider Electric bekerjasama dengan Tokopedia memberikan promo diskon 16% + cashback 5% untuk pembelian sakelar AvatarOn selama bulan September.


Schneider Electric dan Kampanye #RumahAdalah
Sebagaimana yang aku katakan di paragraf sebelumnya, Schneider punya kampanye #Rumah Adalah yang mengajak para pemilik dan penghuni rumah merefleksikan kembali arti rumah bagi mereka dan mengampanyekan pentingnya personalisasi untuk menghidupkan kembali rumah. Kampanye #RumahAdalah diluncurkan secara daring di acara diskusi media bertema “Wujudkan Tiap Ide #RumahAdalah Bagi Anda dengan Personalisasi”. Beberapa narasumber yang hadir antara lain Rina Renville (Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia DKI Jakarta), Nike Prima (Co-Founder & Creative Director Living Loving) dan Niken Widyasti (Operational Offer Manager Schneider Electric Indonesia). Kegiatan ini berlangsung pada 17 September 2020 lalu selama kurang lebih dua jam.
Schneider Electric
Virtual Media Briefing AvatarOn Schneider
(sumber: dokumen pribadi)


"Saat ini orang semakin banyak menghabiskan waktunya di rumah. Era digital memungkinkan setiap orang melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja, sekolah dan berkreativitas - seluruhnya di dalam rumah. Oleh karena itu perlu untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman agar dapat membangun energi positif untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. Salah satu caranya adalah dengan mendesain interior rumah yang lebih personal, unik dan dekat dengan alam yang mencerminkan nilai-nilai hidup Anda, dan hal-hal yang dapat membuat Anda merasa gembira dan terinspirasi." ungkap Rina Renville mengawali diskusi media.

Niken Widyasti juga menambahkan, 
“Kampanye #RumahAdalah yang diluncurkan Schneider Electric bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar menjadi diri sendiri, menghidupkan kembali rumah dengan menjadikannya tempat yang memungkinkan 
tiap penghuni rumah mencapai dirinya sendiri, mencerminkan siapa dirinya, gayanya, dan gaya 
hidupnya. Dalam kampanye #RumahAdalah, Schneider Electric menggandeng beberapa influencer seperti Living Loving, Rumah Nano, Nana Mirdad, Dr. Agnes, Ellyse Sinsilia untuk berbagi kisah bagaimana mereka memaknai arti rumah bagi dirinya dan keluarganya. Kami juga mengajak masyarakat untuk mengekspresikan dan mewujudkan ide-ide menghidupkan kembali rumah yang mungkin selama ini terkubur karena kesibukannya yang padat.”

Sejalan dengan kampanye tersebut, Schneider Electric juga kembali memperkenalkan terobosan terbarunya yang dapat menjawab kebutuhan personalisasi desain interior, yaitu sakelar AvatarOn yang memungkinkan sakelar menjadi satu kesatuan konsep interior rumah yang semakin memperkuat kesan stylish, personal, dan multifungsi.

Bagi Nike Prima dan keluarga, #RumahAdalah tempat kita bebas berekspresi menjadi diri sendiri. Dalam mendesain interior rumah, ia memiliki prinsip untuk membangun koneksi sedekat mungkin antara interior dengan apa yang menjadi nilai-nilai penting dalam keluarga kami. Oleh karenanya, penting sekali memilih finishing, fixtures, furniture hingga ornamen dekorasi yang selaras. Sakelar dari Schneider Electric yang dapat dicetak dengan berbagai desai juga bisa jadi pilihan untuk membuat desain ruangan jadi selaras dan sesuai karakter pemilik rumah.

Tentang Schneider Electric
Schneider Electric merupakan perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi. Schneider meyakini bahwa akses ke energi dan digital adalah hak asasi manusia yang mendasar. Komitmen Schneider memberdayakan semua orang untuk melakukan lebih banyak secara lebih efisien, memastikan Life Is On di mana saja, untuk siapa saja dan setiap saat dengan menyediakan solusi digital energi dan otomatisasi untuk efisiensi dan keberlanjutan.

Setiap produk dan langkah Schneider didasari dengan penggabungan teknologi energi terkemuka di dunia, otomatisasi real-time, perangkat lunak dan layanan ke dalam solusi terintegrasi untuk rumah, bangunan, pusat data, I serta industri.

Pada akhirnya dari rumahlah tercipta kenangan hingga impian yang terealisasi, karya yang bisa bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat.




#lifeison #schneiderelectricid #RumahAdalah


Sumber

Foto: dokumen pribadi & Schneider Electric

Desain grafis: Visya

Referensi: website Schneider Electric, rilis media virtual briefing

35 komentar:

  1. wah sudah dapat penghargaan juga artinay kualitas dijamin ya

    BalasHapus
  2. Aku semenjak banyak menghabiskan waktu di rumah, jadi merhatiin banget dekorasi dan isi rumah. Pokoknya, ga boleh ada barang-barang yang tidak berguna dan nggak sparks joy mengisi rumah. Akhirnya decluttering dan mendekor ulang rumah, alhamdulillah bikin makin nyaman di rumah aja. Lucu juga ya steker listrik dipersonalisasi dengan foto kita, bikin rumah semakin cantik dan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah akupun Mbak. Banyak hikmah pandemi ya

      Hapus
  3. Bentuk dan gambar saklarnya lucu-lucu juga nih, unik jadi membuat suasana sedikit berbeda, seru juga kalau pakai gambar sendiri dan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak banyak pilihannya bisa desain sendiri juga

      Hapus
  4. hahaha baru aja tadi sore aku dan suami membahas saklar rumah XD tukang listrik memasang tombol on off nya berbeda-beda tiap ruangan. ada yg on nya di atas, ada yg on nya di bawah. hehe, malah curhat :D eh iya, makasih info nya yaa ^^

    BalasHapus
  5. Selain bikin rumah lebih estetika ternyata sakelar AvatarOn juga multifungsi ya mba, buat ganti suasana rumah boleh nih!

    BalasHapus
  6. Cakep banget sakelarnya, Mbak. Multifungsi lagi. Dari kemarin udah mupeng aja liat sakelar schneider ini.

    BalasHapus
  7. Wah cakep yaa saklarnya bisa dipersonalisasi.. pas renov kemarin tuh nyari saklar yg oke emang jadi tantangan tersendiri deh.. eh ternyata udah ada saklar yg bisa kayak gini, kece bgt

    BalasHapus
  8. aku langsung kasih unjuk suami dong mba, terus dia tertarik banget sama yang motif kayu-kayu, duh gatel pengen juga, karena emang pasbanget lagi nyari hihi

    BalasHapus
  9. jadi aku pengen beli juga nih habis keren banget inovasinya dan juga gambar lucu2 sehingga rumah tampak sesuatu yg berbeda

    BalasHapus
  10. Waah inovatif sekali ya ini, jd pengen byk saklar biar fotonya yg kepajang makin byk drumah 😂

    BalasHapus
  11. Rumah nyaman adalah surga bagi penghuninya. Adanya sakelar kekinian di rumah bisa jadi kebanggaan tersendiri bagi penghuninya ya. Jadi mau coba juga hehehe

    BalasHapus
  12. lhooo jd gemes gitu hehehe.. keren nih inovasinya ya :)

    BalasHapus
  13. Wah sakelarnya keren bgt say, bergambar dengan bahan berkualitas, aku jadi pengen beli nih buat kamar anak-anak

    BalasHapus
  14. Punya rumah yang sesuai dengan personalisasi kita tuh emang impian banget ya karena rumah itu menggambarkan kita banget. Btw aku baru tau loh kalau ada saklar yang bisa disesuaikan dengan tema rumah kita gini. Jadi pengen mengganti saklar di rumah.

    BalasHapus
  15. Aku ngikutin banget nih mbak Nike dan Living Loving-nya. Btw, keren banget personalized sakelarnya. Bisa dicocokkan dengan desain interior rumah, jadi ga monoton ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun baru belakangan ikuti email webnya hehe insightful!

      Hapus
  16. Inovatif ya Schneider Electric ya Mbak Visya... mensupport masing2 kita untuk kembali menjadi diri sendiri dari rumah dengan sakelar cantik n custom Avataron

    BalasHapus
  17. setauku, schneider memang brand yang bagus dan berkualitas dalam hal peralatan rumah khususnya lampu ini, mbak. nggak boleh disepelekan sih, karena penerangan itu juga memiliki peranan penting untuk membangun suasana rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya merek berkualitas. Akupun sering denger

      Hapus
  18. Kebayang gimana cantiknya seisi rumah, kalau seluruh saklar diganti dengan saklar AvatarOn dari Schneider ini.

    BalasHapus
  19. Di sisi lain, pandemi ini membuat keluarga menjadi lebih dekat lagi ya. Duuhh gemess banget ini saklarnya, bisa custom gitu yaa, akkk lucuu. Keren banget nih Schneider.

    BalasHapus
  20. Jujur kenapa nggak kepikiran ya ada sakelar dengan desain cakep seperti ini. Bagus banget dan harganya aku cek juga terjangkau. Makasih rekomendasinya mba

    BalasHapus
  21. dengan adanya saklar ini rumah jadi terlihat lebih cantik ya mbak. bikin nyaman di rumah nih

    BalasHapus
  22. Karena pandemi ini, buatku rumah adalah zona ternyamanku. Keluar rumah udah kayak mau ke medan perang, ketemu orang waswas.

    Udah liat saklarnya di Living Loving kapan hari, ternyata emang sekece itu. Instagramable pula, eeaa

    BalasHapus
  23. Wah sakelarnya lucu.
    Ada avatarnya...
    Bikin rumah jadi kece ya mbak

    BalasHapus
  24. Rumah mampu membuat kebahagiaan tersendiri, btw saya senang banget dengan AvatarOn ini mbak, seandainya bisa mengubah semua sakelar rumah dengan avatarOn pasti lebih catching.

    BalasHapus