Mengembangkan Ekonomi Digital Lewat Program DAYAMAYA

 

Ekonomi Digital

Internet  dan teknologi semakin berkembang pesat, menghubungkan mereka yang berbeda kota bahkan negara, di seluruh dunia. Beragam solusipun diciptakan oleh dan bagi masyarakat untuk kehidupan yang lebih produktif dan sejahtera melalui penggunaan teknologi internet.

Saat ini kesempatan untuk penghidupan yang lebih baik melalui ekonomi digital tidak hanya berputar di kota besar. Membangun ekonomi digital bisa di mana saja, bahkan bisa dimulai dari berdaya di dunia maya. Oleh karenanya pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi menciptakan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berdaya melaui program bernama DAYAMAYA.

Adakah yang sudah pernah mendengarnya?


Mengenal Program DAYAMAYA
Dayamaya adalah sebuah program inisiatif untuk membantu pertumbuhan startup, komunitas, kelompok masyarakat, dan UMKM digital dari daerah 3T atau luar daerah 3T untuk diterapkan pada lokasi 3T. Daya memiliki visi untuk mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia, khususnya di daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan) dengan semangat gotong royong bersama para stakeholder strategis bagi kesejahteraan masyarakat.

Dengan semangat gotong royong bersama para stakeholder strategis, Dayamaya ingin memantik upaya kolaborasi lintas sektor bagi kesejahteraan masyarakat. Nah.. untuk mewujudkannya, berikut adalah kompetensi digital yang harus dikuasai bersama* :

Digital Citizenship
Kemampuan untuk menggunakan teknologi dan media digital dengan cara yang aman, penuh tanggung jawab, dan etis.

Digital Creativity
Kemampuan untuk menjadi bagian dari ekosistem digital, dan untuk menciptakan pengetahuan, teknologi, dan konten baru untuk mengubah ide menjadi kenyataan.

Digital Competitiveness
Kemampuan untuk memecahkan tantangan global, berinovasi, dan menciptakan peluang baru dalam ekonomi digital dengan mendorong kewirausahaan, pekerjaan, dan pertumbuhan ekonomi daerah sekitar.

Bagaimana kita dapat membantu masyarakat di
daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan), pulau terluar, dan lokasi prioritas  untuk dapat menguasai kompetensi digital dan turut serta dalam pengembangan ekonomi digital di daerahnya?

DAYAMAYA adalah jawaban yang coba ditawarkan oleh BAKTI Kemkominfo. Berikut lokasi prioritas pendanaan DAYAMAYA.


Oh ya, ekonomi digital merupakan segala bentuk aktivitas ekonomi yang memanfaatkan teknologi informasi termasuk dunia maya.

Fokus sektor program DAYAMAYA antara lain Kesehatan, pendidikan, agribisnis, pariwisata, fintech, logistik, e-commerce.

sumber: @dayamaya.id


Siapa saja yang bisa mendaftar?
Seleksi ini terbuka dan dapat diikuti oleh startup, komunitas, kelompok masyarakat, dan UMKM digital yang diutamakan memiliki fokus pada sektor kesehatan, pendidikan, agribisnis, pariwisata, fintech, dan logistik serta tidak sedang mendapatkan bantuan lain dari pemerintah. 
Institusi yang belum mempunyai akta pendirian badan usaha boleh mendaftar dengan catatan calon penerima harus menyampaikan perjanjian pendiri (founder agreement).

Bagaimana cara pendaftarannya?
Pertama, penuhi dulu syarat administrasi Berikut adalah beberapa contoh persyaratan yang harus dipenuhi:
- Menjalankan kegiatan sebelum pengajuan proposal minimal 6 (enam) bulan sampai dengan 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan foto/video pendek
- Membuat rencana  kegiatan yang berkelanjutan minimal 2 (dua) tahun ke depan sejak tahun proposal diajukan.

Kedua, ajukan proposal detil berisi spesifikasi teknis, rencana anggaran biaya dan dokumen lain yang dipersyaratkan. Untuk pengajuan proposal, silakan daftarkan diri di penggerak.dayamaya.id. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan email konfirmasi akun. Setelah login pada akunmu, kamu akan diarahkan pada halaman untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai institusimu dan mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. FYI, setiap peserta hanya diperbolehkan untuk menyampaikan satu proposal.

Ada dua tahapan seleksi yang dilakukan, yaitu seleksi administrasi berdasarkan dokumen yang kamu unggah dan seleksi interview yang dilakukan setelah kamu dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Tampilan Website dayamaya.id
(sumebr: dokumen pribadi)


Oh ya batch pertama sudah dibuka sejak September - November 2019, namun saat ini, pendaftaran belum dibuka kembali. Tertarik untuk mendaftar di batch selanjutnya? Silakan isi form ini untuk jadi yang pertama tahu saat pendaftaran batch selanjutnya dibuka.

Apa saja fasilitas yang didapatkan?
Melalui Dayamaya, BAKTI  memberikan fasilitas bagi UMKM terpilih sebagai berikut:
  • Pelatihan SDM
  • Eksekusi survey pasar
  • Infrastrukturteknologi
  • Sosialisasi & pemasaran

Bagaimana tahapan programnya?
Setelah inisiatifmu dinyatakan lolos didanai, ada beberapa tahapan program yang harus dilakukan antara lain:
  1. Workshop Persiapan Riset
  2. Koordinasi Pra Riset Lapangan
  3. Riset Lapangan
  4. Mentoring Pasca Riset Lapangan

Bersama-sama, kita dorong adopsi dan pemanfaatan internet oleh masyarakat untuk mengembangkan ekonomi digital, hingga pelosok Indonesia.

Mengenal Jahitin, Insiatif Didanai DAYAMA Batch 1
Jahitin adalah sebuah platform start up berupa website  yang mempertemukan penjahit dan para calon pemakai jasa. Perbedaan besar antara Jahitin dengan perusahaan penjahitan lainnya adalah orang-orang yang terlibat dalam Jahitin. Setiap dari mereka punya passion dalam menciptakan hidup yang lebih baik dan ditakdirkan untuk membuat sebuah perbedaan.
Jahitin Academy
(sumber: DAYAMAYA)


Jahitin hadir dengan visi 'fashion for living' atau fashion untuk kehidupan. Visi Jahitin adalah 'transforming lives of local tailor across Indonesia with education' atau mengubah kehidupan penjahit lokal di seluruh Indonesia dengan edukasi. Impact Customer Oriented Support Local Innovation adalah nilai yang berusaha dibawa start up ini.

Bagaimana cara menggunakan jasa penjahit di Jahitin?
Pertama, pilih model pakaian yang akan kamu buat dengan detail lengkap perbagiannya.

Kedua, tentukan jenis dan warna kain sesuai dengan model pakaian yang ingin kamu buat.

Ketiga, pilih metode pengukuran yang paling memudahkan kamu saat melakukan pemesanan. Tiga metode pengukuran tersebut adalah regular size (calon customer  langsung  memilih  ukuran  umum S, M, L, XL), self measurement (calon customer menghitung sendiri) dan mademeasurement (tim Jahitin akan mengukur langsung).

Setelah ukuran, model dan bahan sudah fixed, customer membayar total biaya lewat transfer bank. Jahitin akan berkoordinasi dengan penjahit lokal untuk pengerjaannya. Masa pengerjaan selama  14 hari kerja (Senin-Jumat) sejak dilakukan pembayaran dan fixednya bahan, ukuran dan model baju.

Jahitin mempunyai program bernama Jahitin Academy, program dari Jahitin untuk para penjahit untuk mengembangkan skill dan wawasannya di bidang menjahit. Tujuan yang ingin dicapai Jahitin Academy adalah untuk mempermudah para penjahit mencapai pasar yang mereka tuju. Nah, melalui program Dayamaya, Jahitin Academy ini memfasilitasi mereka untuk hal tersebut.

(sumber: @dayamaya.id)


Cara mendaftarnya juga mudah, cukup registrasi akun di website Jahitin Academy, pilih workshop yang diinginkan dan lengkapi form pendaftaran.

Jahitin buka setiap Senin hingga Sabtu pukul 09.00-18.00 WIB.

Memudahkan sekali bukan? Terlebih untuk kita yang ingin menjahit baju dengan tetap #dirumahaja.

Tentang BAKTI KOMINFO
BAKTI atau Badan Aksesibilitas Telekomunikasi & Informasi merupakan unit organisasi non-eselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang memiliki visi untuk mengatasi kesenjangan digital secara adil dan merata, terintegrasi dan berkelanjutan dengan mewujudkan layanan bidang telekomunikasi dan informasi dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat.

Jika kamu adalah pegiat startup, komunitas, dan bisnis digital yang ingingcvc mendorong daerah 3T untuk merdeka dalam berkarya, mari bergerak bersama! Yuk segera bersiap untuk daftarkan inisiatifmu.

sumber: @dayamaya.id

*Sumber: DQ Global Standards Report 2019 - Digital Intelligence (DQ) Framework

0 komentar: