#LengkapiCintadanKebaikan Untuk Keluarga di Bulan Ramadan, Astra Life Syariah Jadi Pilihan



Menikah adalah hijrah, setidaknya itulah hal yang kuyakini, bahkan sejak awal memulai masa perkenalan dengan suami, hampir tujuh tahun yang lalu.

Ya, aku dan suami menikah lewat proses ta'aruf. Sejak masih berstatus single, aku memang sebisa mungkin menjaga diri dan hati  serta membulatkan tekad untuk menikah dengan cara yang syar'i, yang diridhoi Allah. 


Menikah adalah hijrah, sebuah perpindahan dari satu titik ke titik lainnya. Bukan sekedar berpindah namun juga menjadi lebih baik. 


"Saya pengen banget kita mulai hijrah, setidaknya dengan menggubakan produk keuangan yang berprinsip syariah.." ujar suami saat itu.

Sebentar sebentar.. jadi berprinsip syariah itu maksudnya gimana? 

Syariah sendiri artinya komponen ajaran Islam yang mengatur tentang kehidupan seorang muslim baik dalam bidang ibadah (habluminAllah) maupun dalam bidang muamalah (hablumminannas) yang merupakan aktualisasi dari akidah yang menjadi keyakinannya (sumber: OJK). Produk keuangan berbasis syariah setidaknya harus memenuhi enam prinsip.

Pertama, secara menyeluruh atau kaffah. Prinsip kaffah meliputi berbagai macam aspek, seperti akad, agunan, sengketa, kepailitan, dan lain-lain.

Kedua, prinsip keadilan.  Ini artinya berbagi keuntungan atas dasar penjualan riil sesuai kontribusi dan resiko masing-masing pihak

Ketiga, prinsip transparansi atau al mas’uliyah. Artinya,  lembaga keuangan syariah akan memberikan laporan keuangan secara terbuka dan berkesinambungan agar nasabah investor dapat mengetahui kondisi dananyaSelain itu prinsip ini menekankan pentingnya tanggung jawab antara individu dengan individu (mas’uliyah al-afrad) , tanggung jawab dalam masyarakat (mas’uliyah al-mujtama), serta tanggung jawab pemerintah (mas’uliyah al-daulah).


Prinsip keempat, prinsip keseimbangan, menekankan pentingnya keseimbangan antara kepentingan individu dengan kepentingan masyarakat. 


Prinsip kelima, prinsip al kifayah, bertujuan untuk membasmi kefakiran dan mencukupi kebutuhan seluruh anggota masyarakat. 


Ke-enam, prinsip kejujuran dan kebenaran yang merupakan sendi akhlak karimah. Dengan menerapkan keenam prinsip tersebut, maka pengelolaan keuangan akan terhindar dari riba.


Aku yang memang belum terlalu paham tentang keuangan syariah, sedikit mengernyitkan dahi tapi setelah suami menjelaskan, aku bersepakat untuk sebisa mungkin menggunakan produk keuangan yang sesuai prinsip syariah. Di pekan pertama, kami mengalihkan semua produk keuangan ke perbankan syariah. Semua demi #LengkapiCintadanKebaikan dalam koridorNya.


Memang, apa saja produk keuangan syariah? 


Mengenal Asuransi Jiwa Syariah

Mengapa asuransi syariah; hadits jauhi api neraka, melindungi keluarga 

Bulan Ramadan perbanyak ilmu agama & momen berbagi

Memilih produk asuransi syariah di bulan Ramadan sebagai kado bagi diri dan keluarga 

Tentang Astra Life Syariah 

Astra Life Syariah merupakan produk turunan dari asuransi #AstraLife dengan mengedepankan prinsip-prinsip syariah. Astra Life Syariah menjadi rekomendasi asuransi syariah yang sebagai kado bagi keluarga di momen Ramadan. Yuk berkenalan lebih lanjut denngan ragam produk #AstraLifeSyariah!

Flexi Life Syariah

Asuransi jiwa murni dengan manfaat santunan tutup usia hingga Rp2M tanpa cek medis. Persentase santunan tutup usia akibat kecelakaan mencapai 200%. Tentunya perlindungan sesuai prinsip syariah. Asuransi ini juga mencakup perlindungan atas Covid-19. Dapat dibeli secara online di https://ilovelife.co.id/products/product-life-syariah/6448.

Sstt.. ada yang sudah pernah coba kalkulator kontribusi dan manfaat dari Flexi Life Syariah? Cobain deh di sini! Dengan kalkulator kontribusi dan manfaat dari Flexi Life Syariah, kita bisa mengetahui besaran kontribusi dan persentase manfaat yang bisa didapatkan untuk produk tersebut.


ASLI Asya Proteksi Syariah

Asuransi jiwa unit link sesuai prinsip syariah dengan manfaat perlindungan menyeluruh mulai dari jiwa, terminal illness, cacat total dan tetap hingga manfaat mudik lebaran. Bonus loyalitas awal tahun polis ke-11 dan ke-16 masing-masing 25%*. Selain itu, terdapat pula tambahan booster investasi 3% mulai awal tahun polis ke-11 hingga berakhirnya polis*. Para pemegang polis bisa mendapatkan manfaat nilai dana 100% di akhir masa polis. Pembayaran kontribusi berkalanya pun bisa dibilang cukup terjangkau. Dapatkan dengan mengunjungi link ini https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/asli-asya-syariah-protection/

AVA iFamily Protection Syariah

Asuransi jiwa berjangka sesuai prinsip syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU. Yang menjadi nilai plus, produk ini memberikan tambahan manfaat berupa manfaat meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umrah serta mudik lebaran. Pemegang polis dikenakan biaya kontribusi terjangkau mulai dari Rp90.000,- per bulan. Ada diskon kontribusi hingga 20% jika menambahkan keluarga inti sebagai Peserta Tambahan Yang Diasuransikan dalam satu polis.

Kalian bisa mendaftar polis produk ini di cabang PermataBank terdekat https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/ava-ifamily-protection-syariah.

Dengan tagline  #LoveLife, Astra Life Syariah mengajak masyarakat untuk menyayangi hidup dengan mencari keberkahan tidak hanya di dunia namun juga untuk akhirat. Oh ya, info selengkapnya seputar Astra Life Syariah, kalian bisa kunjungi dan ikuti instagram @ilovelife.co.id dan @astralifeid ya!


Referensi:

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Prinsip-dan-Konsep-PB-Syariah.aspx

https://fh.unair.ac.id/sekilas-tentang-prinsip-syariah-dalam-industri-keuangan/

0 komentar: