Ads 468x60px

Kamis, 30 Januari 2014

YERT 2013: Karena Kita Pe(ndidik)muda! [2nd Day]

our certificate
Baca cerita sebelumnya ya di hari pertama
Minggu, 29 Desember 2013
Saatnya bersua kembali dengan para pendidik muda. Sip, udah kece nih. Saatnya berangkat!
Aku tiba di tempat acara pukul 07.30 sementara registrasi dibuka pukul 08.00. Aku pikir aku orang pertama yang datang. Ternyata? Olala sudah banyak nian yang datang. Salut deh sama semangat semangat para pendidik muda ini. Mantaps!

Sesi pertama dibuka dengan sharing session mengenai permasalahan yang tengah dihadapinya dan solusi yang akan dia lakukan. Setiap peserta memberikan pendapatnya. Waah macam-macam.
"Saya seringkali merasa malas."
"Saya kurang bisa memanage waktu dan keuangan."
Aku?
"Saya sering kesulitan mengatur anak di dalam kelas."
Edisi curhat KBM di TPA -__-
Oke setelah itu dilanjutkan dengan pengalaman public speaking. Beberapa orang peserta menuangkan pengalamannya. Widih hebat-hebat lah mereka dibandingkan aku?
"Pengalaman yang paling berkesan saat presentasi di Petrogas Days Student Conference. Saya dan tim mencoba metode presentasi yang baru yakni menggunakan skenario."
Setelah itu kami diberi materi tentang public speaking. Tak hanya itu, kami pun diminta mempraktekannya per kelompok dan saling mengomentari. Ada juga sesi diskusi kelompok. Kelompokku terdiri dari aku, Kholil, Ishaq, Nurul dan Kak Ayun. Ishaq yang memang udah pernah beberapa kali ikut kelas public speaking banyak sharing dengan kita. Mulai dari gestur presentasi yang pas, hingga langkah kaki! Wow!
Ishoma pun tiba. Oh ya di hari itu ada lomba twee. Entah kenapa aku tertarik buat ngetweet, pengen berbagi apa yang kudapat disini bagi teman-teman di luar sana. Ehem, bonusnya pengen dapat hadiah buku Jadilah saat yang lain pada sholat, aku yang sedang berhalangan pun memutuskan untuk ngetweet aja~
Setelah itu kita lunch bareng. Disini kita sharing sharing khususnya seputar pengalaman voluntary kita. Peserta dari Medan menceritakan kisahnya sebagai relawan orang-orang(maaf) stres. Lalu kita menyampaikan mimpi-mimpi kita di masa depan. Hmm, semoga Allah mengijabahnya. Aamiin.
Usai ishoma, balik lagi ke ruangan. Disini kita presentasi materi terakhir tentang 'apa yang akan kamu lakukan usai acara ini?'. Nah ini jadi the most important session di setiap aku ikut training. Bukti nyata, bro, sist!
Ada yang bikin komunitas bimbel anak jalanan, komunitas bank sampah, dan lain-lain dengan nama yang unik-unik. Subhanallah, inspiratif sekali! Semoga bisa benar-benar terwujud.. Aamiin ya Allah.
Jengjeng.. Sebelum penutupan ada pengumuman pemenang lomba live tweet.
"Kita sudah mengecek dengan aplikasi khusus untuk live tweet competition. Ga sekedar ngetweet 'halo, aku ikut YERT' tapi juga memberikan inspirasi pada pengguna twitter lainnya. Dan pemenang pertama atas nama....visyabiru!"
What? That's me! Alhamdulillah..
Pemenang keduanya Afif dan pemenang ketiga Kak Aye. Kita pun dipersilahkan memilih buku yang ada. Pertama-tama aku yang memilih, kupilih buku 360 Leaders yang kayaknya kece banget.
Sesi terakhir pun tiba. Perpisahan. Hiks. Kami pun berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Sungguh dua hari yang luar biasa bersama para pendidik muda. Ternyata mereka adalah orang-orang hebat. Bersyukur sekali bisa bertemu, berdiskusi dan saling menginspirasi. Saatnya kita kembali ke tempat masing-masing guna mempraktikan ilmu yang telah kita dapatkan.
Sampai jumpa di lain kesempatan!
YERT 2013? Muda, Mendidik Bangsa!
Our Dreams ^^

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!