Ads 468x60px

Selasa, 09 Oktober 2018

Manfaat ASI & Menyusui Untuk Bayi, Ibu & Ayah




"ASI adalah hak bayi. Menyusui bukan saja kewajiban tapi juga hak seorang ibu."

Sepenggal kalimat di atas menjadi peganganku ketika masa menyusuiku telah tiba. Ya, ketika bayiku terlahir ke dunia pada 16 Juli 2017. Duh, mengingat momen itu mata jadi merembes deh Moms.

Baca: Kisah Di Balik Prestasi Terbaikku

Rasanya ingat betul, saat itu aku masih meraba-raba pengetahuanku soal ASI & menyusui. Bayangkan aja, aku baru baca-baca buku berkaitan dengan itu beberapa pekan sebelum melahirkan dan berlanjut sampai pekan pekan awal pasca pprsalinan. Telat? Better than never. Walaupun sebenarnya ngga telat-telat juga menurutku.

Hari pertama ASI ku belum keluar. Sebagai seoramg ibu baru tentu bingung. Tapi untunglah suami keukeuh bayi kami tidak untuk diberi susu formula ketika dokter anak menyarankan demikian. Olala, lesson life banget sih ini Moms, untuk pilih rumah sakit/klinik persalinan dan bidan/dokter anak/dokter kandungan yang PRO ASI!


Alhamdulillah kami berhasil. Alhamdulillah ASI ku keluar jelang hari ketiga post partum. Segala puji hanya bagi Allah!

Perjalanan menyusui berikutnya berlsnjut dan masih penuh tantangan. Tak jarang kudengar orang-orang terdekat nyinyir.

"Ah kamu mah ASI nya ga berlemak makanya bayinya minta minun mulu."


Well Moms, FYI, adalah suatu hal yang wajar bayi baru lahir (0-3bulan) sangat sering menyusui. Apalagi mereka rentan berada pada fase wonder week. So, Moms yang 'bernasib' sama denganku ngga perlu minder ya!

Nah, pengalaman soal menyusui yang dulu dan masih hingga detik ini membawaku ke sebuah bincang bincang tentang ASI yang diadakan oleh KIS FM dan Asifit. Ada narasumber ketjeh, Ibu dr. Wiyarni Pambudi Sp.A. Berikut rangkuman materi yang beliau sampaikan.

Seiring bertambahnya usia bayi, perubahan komposisi ASI pun terjadi. Saat bayi baru lahir ASI mengandung kolostrum yang berguna sebagai imunitas & perlindungan saluran cerna. Ketika bayi berusia 4-6 minggu, kadar antibodi dalam ASI memuncak. Ini berguna sebagai prevensi alergi dan risiko infeksi. Ketika bayi berusia 3-4 bulan kalori ASI pun meningkat  untuk memenuhi kebutuhan perkembangan motorik.

Ketika bayi berusia 6 bulan, ASI mengandung asam omega esensial berlimpah untuk perkembangan sel otak dan tabungan HAMLET (Human Alpha Lactabulmin Made Lethal to Tumor Cells). Ketika bayi berusia 9-12 bulan, ASI mengandung asam amino untuk menjamin kebutuhan protein, pertumbuhan otot dan optimalisasi IQ.

Moms, ternyata SANGAT PENTING lho bagi bayi terlahir prematur untuk disusui secara langsung. Kenapa?

Karena imunitas mereka cenderung lebih rendah daripada bayi lahir cukup bulan. So, buat Moms dengan bayi premie, yuk semangat terus mengASIHI! 

Lantas apa saja sebenarnya manfaat ASI?


ASI & Menyusui Untuk Bayi
Pertama, ASI dapat memberikan efek positif bagi perkembangan otak bayi.
Kedua, ASI dapat memberikan oengaruh baik pada intelektualitas dan kebiasaan baik pada bayi di kemudian hari.
Ketiga, lamanya menyusui berperan penting dalam meningkan kecerdasan emosional bayi.
Keempat, bayi yang disusui lebih dari 8 bulan menunjukkan kemampuan di atas rata-darat dlama membaca, kemampuan matematis dan akademik pada rentang usia 10-13 tahun.
Kelima, bayi yang menyusu langsung dsri ibu memiliki kedekatan emosional lebih besar dengan ibunya.


Menyusui Untuk Ibu
Pertama, ibu menyusui berpeluang sebesar 60% terlindungi dari kanker payudara.
Kedua, ibu menyusui berat badannya cenderung mudah untuk kembali ideal.
Ketiga, ibu memiliki kedekatan emosional deegan bayi khususnya ketika menyusui (dilihat dari posisi yang begitu lekat).


Menyusui Untuk Ayah
Well jangan kira menyusui hanya bermanfaat untuk ibu dan bayi. Nyatanya, secara tidak langsung, ayah juga terdampak manfaatnya.

Pertama, bayi ASI tidaa butuh susu formula. Hal ini berdampak pada finansial keluarga terutama ayah sebagai pencari nafkah.
Kedua, uang yang tidak dialokasikan untuk susu formula dapat digunakan misalnya untuk tabungan pendidikan anak, dll.

Oh ya di sesi selanjutnya ada tanya jawab peserta bersama dr Wiyarni.

Eits, menyusui bayi bukan berarti PELIT ga mau keluar duit. No. Tentu setiap orangtua akan mengupayakan yang terbaik bagi anaknya sekalipun finansial harus keluar (banyak) kan Moms?

"Apakah ASI perah berbulan-bulan masih aman dalam freezer dan bisa dikonsumsi bayi?"
"Betul memang ASIP yang disimpan dalam freezer dapat bertahan hingga 6-12 bulan. Tapi coba bayangkan apakah kita sendiri mau mengkonsumsi susu yang sudha berbulan-bulan disimpan? Tebtu tidak, begitupun dengan bayi. Upayakan ASIP yang diminum bayi adalah ASIP fresh from the oven, belum smepat mencicipi aroma kulkas."


"Pentingkah menjadi dan meminta donor ASI?"
"Jika ibu masih sehat dan mampu menyusui, alangkah baiknya menyuaui bayi secara langsung. Ingat prinsip, semakin sering dihisap, semakin besar ASI mengalir deras. Sebab untuk donor ASI tidak biaa sembarang. MRNa Ibu terkandung dalam ASI. Besar peluang transimis penyakit seperti sifilis, hepatitis, dll). Jika sangat terpaksa donor ASI, ada baiknya dilakukan skrining pada ibu sepersusuan dan ASIP harus dipasteurisasi."


Ingat, donor ASI untuk kedaruratan bukan untuk memudah-mudahkan. Jika hanya sakit ringan, ibu SANGAT boleh menyusui. Hanya ibu terserang HIV pun ibu tidak boleh menyusui langsung dna ibu penderita gangguan jiwa berat. Bagaimana dengan ibu yang terkena campak? Boleh tetap menyusui langsung.

"Apakah ibu menyusui boleh minum obat?"
"Boleh, tapi perhatikan etiket atau label anjuran konsumsi obat. Ada onat-obat tertentu yang jelas tertulis ibu hamil dan menyusui tidak diperkenankan mengkonsumsinya."


dr. Wiyarni menyarankan aplikasi Lactamed untuk mengecek apakah obat yang hendak kota konsumsi aman bagi ibu menyusui atau tidak. Sangat membantu bukan Moms?

Last but not least, 1000 hari pertana kehidupan adalah momen penting dalam diri seorang manusia. Seribu hari pertama kehidupan terjadi sejak bayi ada dalma kandungan hingga bbrusia dua tahun. Pun anjuran menyusui hendaknya sampai usia dua tahun. Karena ASI adalah hak bayi yang harus diberikan, ketika sang ibu dinyatakan sehat lahir batin.

Dibutuhkan peran orang-orang terdekat, utamanya ayah sang bayi. Karena manfaat ASI & menyusui bukan hanya untuk bayi tapi juga ibu dan ayah. 
Semangat mengaASIhi!


19 comments:

  1. Hihihi, dulu saya pikir bakal saving lumayan pas bisa ASIX bayi kedua.
    Secara anak pertama saya pakai sufor, dan keuangan lumayan kesedot buat susu.

    Eh ternyata anak kedua malah pencernaannya kurang baik saat usia 0-6 bulan.
    Alhasil butuh pospak sehari bisa minimal 10 buah bahkan lebih.

    Udah gitu, kulitnya sensitif, jadi pakai pospak premium

    Belum lagi emaknya jadi rakus saat nyusuin, alhasil duit buat beli pospak ama jajanan emak busui hahaha...

    Tapi meskipun demikian, ASIX is the best daahh

    BalasHapus
  2. Allhamdulillah Bun, Erysha anak saya lulus ASI 2 tahun. Ada rasa syukur dan kebanggaan saya sebagai seorang ibu ketika telah berusaha memberikan yang terbaik untuk anak. Keliatan banget juga Erysha jadi jarang banget sakit. Allhamdulillah ya Allah

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ke 4 anak saya ekslusif semua...pernah kefikiran untuk memberikan formula,tapi kata suami malah "lebih baik uang sufornya untuk beli vit dan makanan sehat serta enak untuk ibu nya,biar asinya berkualitas"

    BalasHapus
  4. Semangat mengASIhi ya mba Evi..

    Saya Alhamdulillah bisa kasih ASI ke anak pertama selama 2 tahun 1 bulan dan ke anak kedua 2 tahum 2 bulan.

    1 atau 2 bulannya itu proses nyapihnya
    Dan terasa bedanya, kini anak lebih sehat dan tumbuh kembangnya optimal

    BalasHapus
  5. ASI is number one. Aku bersyukur banget tahun 2012 dulu kenal sama AIMI dan bisa paham apa itu pentingnya ASI.

    Suamiku juga aku kasih tahu, aku kasih lihat artikelnya. Alhamdulillah dia dukung aku banget

    BalasHapus
  6. aku pejuang ASI dari anak pertama hingga kini anak kedua dan memang bayi ASI ga boros beli susu krena Alloh udah kasih sepaket rezeki ASI dan bayinya :) aku belum pernah donor ASI sih mba jg blm nerima donor ASI krn ASI ku cukup

    BalasHapus
  7. Pasti ibu-ibu punya kisahnya sendiri-sendiri tentang ASI. Aku belum nikah dan belum punya anak jadi setelah baca ini bisa dapat gambaran seputar ASI dan menyusui.

    BalasHapus
  8. Untuk donor ASI harus jelas betul yah mbak, karena kan nanti jadi ibu sepersusuan, dan harus dikenalkan dengan anak, biar besar nanti paham kalau punya saudara sepersusuan

    BalasHapus
  9. Manfaat asi juga membuat kakek dan nenek senang karena cucunya sehat, ngegemesin. bikin kakek tambah sayang sama cucu dan sering main kerumah.

    BalasHapus
  10. Anak ak tipe yg ga mau sama sekali mnm asi dr kulkas. Perjuangan mompanya udh berjam jam tp minumnya susah. Haha. Kalo lgsg dr pd dy mah HAP. Positifnya anak sehat n hemat. Negatifnya emaknya ga bisa jauh2 sedikit bahkan me time n nitipin anak g bs. Huhu. Sampe umur 2 tahun br emak bs keluar rmh sendirian. Perjuangannya melelahkan. Ad perasaan jera jd ga mau hamil lg.. Eeeh, udh 5 tahun kok kangen menyusui? Haha. Dsr emak2. Smg anak ke dua ini jg sukses menyusuinya..

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah anak ku Ayska dapat asiX walopun cuma sampe 6 bulan selebihnya dibantu sufor

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, anak ke dua ASI full, ngotot asi karena pengalaman anak pertma gak keluar asi karena gak punya ilmunya... sedihh deh klo ingatnya :(

    BalasHapus
  13. aku ngerasain banget sih manfaat ASI tuh luar biasa, meskipu penuh perjuangan untuk bertahan dg ASI eksklusif.

    BalasHapus
  14. Dulu anakku jg paling gk suka Asip lama, maunya yg fresh atau paling lama 2 hari di kulkas.
    Kuncinya selain gk setres saat menyusui baiknya ibu makan makanan bergizi trus kalau bisa tambahan suplemen asi jg yaa

    BalasHapus
  15. Aku pas hamil 5 bulan malah udah dimarahin Mamaku, kenapa belum baca baca soal kehamilan dan merawat bayi hahaha. Tapi bener kerasa manfaatnya pas udah melahirkan jadi lebih siap.

    BalasHapus
  16. aku dulu ga bayangin kalo sampe ga kasih asi naufal. pasti payudara juga bakalan sakit buangettt ... Alhamdulillah Naufal juga doyan asi smpe 2tahun.. ini anaknya mau 3tahun masih aja keluar asinya.. kadang sbel sih tapi siapa tau besoj adeknya lebih gampang jd gausa dipancing lagi

    BalasHapus
  17. Anakku 4, hanya yang pertama yang gagal memberi ASI sampai 2 tahun. Mungkin karena kurangnya pengetahuan. Dan saat itu mencari informasi belum semudah saat ini. Tapi belajar dari pengalaman, anak ke 2,3, dan 4 alhamdulillah sukses. 😊😊

    BalasHapus
  18. Masa-masa pemberian asi, harus siap mental terutama dari omongan orang2 di sekitar. Kadang2 emang harus sok gak dengar sih.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah sampai sekarang aku masih Menyusui Sagara dengan lancar. Manfaat ASI nggak bisa dibayar dengan apapun .

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!