Ads 468x60px

Selasa, 23 Oktober 2018

Tiga Skill Utama Bagi Mom Blogger Pemula


Bismillahirrahmanirrahim..
Dear MOMbloggers! Gimana kabarnya? Malam ini udah nidurin anak? Ngapain me-timenya? Semoga everything runs well ya Moms.

Btw sudah sejak kapan kalian ngeblog? Duh, datang datang langsung nyodorin pertanyaan, hehe. Well, let me tell you. Aku pribadi masuk ke dunia tulis menulis sejak duduk di bangku SMP di tahun 2007. Saat itu udah  kenal blog, sudah punya akun blogspot tapi SELALU lupa password. Seriuously!

Alhasil ngga pernah diisi deh. Barulah di tahun 2013 aku punya blog dan berdomain. Merasa ngga mau sia-sia alhasil blog itu kuisi secara konsisten hingga hari ini.

Pengalaman ngeblog selama lima tahun ngga lantas menjadikanku sebagai professional blogger. Lha wong saat itu ngeblog baru sebatas suka suka. Suka-suka kalo mau isi ya isi, lagi malas ya kosong. Hehe. 


Tapi seiring berjalannya waktu aku belajar menjadi seorang momblogger. Bagaimana konsisten menulis di saat sudah beramanah 'bunda'. Bagaimana mngatur waktu. Bagaimana membuat konten positif yang bermanfaat dan menarik. Pokoknya banyak hal yang kupelajari dengan berjejaring sesama blogger.

Seorang mom blogger itu harus punya skill. Dia bukan sekadar penulis, tapi blogger yang harus memperhatikan desain blo. Apalagi momblogger seperti kita ya Moms, yang kerjaan utamanya ngurus anak dan suami. Tapi di satu sisi ingin tetap berkarya lewat tulisan dan kegiatan ngeblog.

Tenang, aku merangkumnya dalam tulisan ini. 


Time Management


Sebagai seorang ibu, istri juga blogger penting banget mengatur skala prioritas dan pengaturan waktu ya Moms. Kalo aku pribadi prefer menuliskan jadwal bulanna, mingguan bahkan hingga harian dalam sebuah planner. Apalagi aku orangnya pelupa, hehe. Menjadi ibu itu WOW banget deh Moms. Bahkan aku pernah dengar kepanjangan dari MOM itu Master of Multitasking alias ahlinya banyak ekrjaan dalam satu waktu. Wow!

Writing Skill
Yang ini sih sudah pasti ya Moms. Kemampuan menulis bukan sekadar mengetik lho, tapi kemampuan memilih diksi, membuat prolog dan judul menarik. Dalam menulis pun baik fiksi maupun nonfiksi, disarankan kita membaca terlebih dahulu beberapa referensi terkait yang ingin kita tulis.

Smartphone Photography
Di era kini perkembangan smartphone makin canggih termasuk fitur kameranya. Bahkan sudah menyaingi DSLR! Waw keren ya! Kita semua tentu tahu grafis memiliki peran penting dalam suatu konten blog, karenanya penting bagi kita untuk tahu ilmu fotografi, walaupun sedikit-sedikit.

Moms tahukah bedanya penulis (buku fisik) dengan blogger? Yap blogger mengedepankan kombinasi gamba/grafis  dan tulisan. So butuh banget para blogger punya stok gambar yang keren abis.

Pernah dengan Shutterstock? Saya yakin sebagian besar blogger sudah tahu atau bahkan sudah memanfaatkannya. Shutterstock adal web penyedia jasa gambar baik animasi, ilustrasi maupun foto yang sangat menunjang bagi para blogger. Moms bisa memiliki akun premium Shutterstock lho!
Tamilan Web Shutterstock

"Ah ribet, harus pakai dolar!"
"Ah ribet harus isi data ini itu."

 Eits tenang Moms. Aku mau ngenalin jasa unduh foto-foto di Shuttersctock  namanya Jasa Shutterstock ID.
Tampilan Awal Web Jasashutterstock.id

Pertama-tama Moms cari gambar yang ingin dibeli. Bisa di-skrinsut atau dicopy link. Lalu cukup dengan meng-klik Beli Sekarang, Moms akan langsung terhubung dengan nomor Whatsapp admin .  Setor link atau skrinsutnya. Tunggu totalan yang harus dibayar. Transfer. Tinggal tunggu foto yang Moms inginkan akan dikirimkan deh.

Oh ya jika ingin tahu pricelist harga bisa langsung buka web Jasa Shutterstock ID dan klik label Harga ya Moms. Overall, harganya worth it lho!

Apa sih keuntungan memiliki akun premium Shutterstock?
Tentunya Moms punya stok gambar ataupun video yang antimainstream. Penting banget buat blogger seperti kita ya Moms. Tahu kan, grafis itu memiliki peran penting dalam konten blog kita?

Tertarik punya akun premium Shutterstock? Cuss langsung menuju web Jasa Shutterstock ID ya Moms!

Selamat ngeblog! Jangan lupa berkonten positif ya Moms! :)

2 comments:

  1. Wah, ternyata sekarang ada juga Shutterstock milik lokal. Bermanfaat banget buat blogger untuk publish foto dan gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul kak. Saya juga baru rau daa langsung merekomendasikan :)

      Hapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!